09 January 2009

09 January 2009

The Changcuters : Band Paling Sensasional 2008?

the changcutersPertama kali melihat performa live band ini di layar televisi, saya merasa sangat aneh. Betapa tidak, aksi panggung sang vokalisnya kayak ‘cacing kepanasan’ …! hehehe. Belum lagi dandanan para personelnya yang terlihat cukup nyetrik. Celana super ketat, setelan kostum dan model rambut ala 70-an. Namun yang paling aneh ialah gaya sang vokalisnya yang kayak cacing kepanasan itu..hihi. Apa nggak capek ya?


Tapi saya akui, lagu-lagu mereka ternyata asyik-asyik. Mereka tidak hanya menjual penampilan atau performa live yang aneh, tapi juga punya musikalitas yang sangat baik. Aransemen musik yang mereka ciptakan tergolong cukup berkualitas, walau simpel. Harmonisasi iramanya juga cukup oke dan enak untuk dinikmati.

Boleh dibilang, tahun 2008 ini ialah tahunnya The Changcuters. Album mereka meledak di pasaran. Buktinya, album kedua mereka yang bertitel “Mencoba Sukses Kembali” diganjar dengan Platinum Award. Belum lagi job manggung yang super padat. Di hampir setiap acara live musik di televisi, bisa dipastikan mereka ikut sebagai salah satu pengisi acaranya.

Lalu, mengapa The Changcuters bisa sukses besar di tahun 2008 ini? Tak lain karena mereka punya ‘konsep jualan’ yang sangat kuat, di antaranya :

1. mereka menawarkan konsep musik ala 70-an (musik jadul) yang sederhana, mudah dicerna, dan enak untuk dinikmati. Pada segmen ini, saingan terberat mereka mungkin cuma Naif (yang sekarang malah tenggelam).

2. mereka menawarkan konsep performa live yang unik, terutama aksi ala ‘cacing kepanasan’ dari sang vokalisnya..hehehe. Dan itu membuahkan hasil dan pengakuan lewat penghargaan sebagai The Best Performance di ajang MTV Indonesia Awards 2008 yang lalu.

3. mereka menawarkan konsep kostum dan dandanan yang nyentrik (plus kompak).

Intinya, mereka punya keunikan yang mampu membuat orang-orang mudah mengenali sekaligus menyukai mereka. Di tengah gempuran band-band baru beraliran pop mellow (semacam d’Masiv, Seventeen, dan Nineball), The Changcuters hadir memberikan sesuatu yang berbeda dan segar. Tak mengherankan jika pada akhirnya mereka dengan mudah diterima oleh pasar musik tanah air.

Padahal, banyak juga band baru yang hadir dan turut meramaikan blantika musik Indonesia pada tahun 2008 ini. Namun yang mudah dikenali dan banyak disukai bisa dihitung dengan jari. Kalau boleh menilai, band pendatang baru terpopuler dan tersukses di tahun 2008 ini hanya 5, yaitu Yovie & Nuno, d’Masiv, The Rock, Andra & The Backbone, dan The Changcuters!

Anda punya pendapat lain? Jangan sungkan untuk berkomentar ya..

Dukungan kontes >>> apa sih asyiknya belajar seo?

9 comments:

  • the changcuters ngebuktiin bahwa jd terkenal tuh gk harus bawain musik yang pop gitu2 aja..
    gk harus mirip ungu, so7,gigi, radja, kangen, st12..

    siip.mudah2an bnyk yang buat band2 kreatif lainnya. spy warna musik indonesia makin kaya..

    23 March, 2009 13:02

  • @ neyra07 : setuju banget. Harapan saya juga gitu. Kreativitas emang barang paling laku untuk dijual (sebagai ciri khas). Moga makin banyak yg kre4atif ya. Thx buat komennya.

    23 March, 2009 14:37

  • Meraka adalah sebuah group musik yang punya ciri khas..dan beruntungnya ciri khas mereka ini mendapat sambutan yang postiif dari pencinta lagu tanah air....
    *numpang keren Is*
    salam hangad

    29 August, 2009 03:19

  • @ Mengembalikan Hati Diri Bangsa >>> betul mas. Semoga makin banyak band yang unik deh ya. Salam kembali. Kayaknya bakalan menag kontes nih :D

    30 August, 2009 16:06

  • saya setuju gan kalo changcuters itu band paling sensasional 2008 lagunya pun bagus-bagus.

    28 October, 2011 10:44

  • changcuters memang sensasional.....
    dadan nya itu beda sendiri dari band-band lain..

    28 October, 2011 10:59

  • lagu-lagu dari changcuters sangat berkarakter...
    penampilan di panggung juga sangat energik...

    28 October, 2011 11:15

  • di tahun 2008 memang changcuters sangat terkenal..
    tapi di tahun 2011 ini tidak begitu terdengar namanya..karena banyak band pendatang baru yang bagus-bagus..

    28 October, 2011 12:27

  • Post a Comment

    Silakan tulis komentar sesuai pendapat pribadi kamu

    Back to Top
     

    kafe28 Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template | Top