09 January 2009

09 January 2009

For Gita Gutawa : Please Deh…Jangan Gunakan Teknik Falsetto Secara Berlebihan Dong

gita gutawaSebagai seorang pendatang baru (new comer) di blantika musik tanah air, artis belia berparas imut yang melesat via hits Sempurna ini sebenarnya cukup punya ciri khas menurut saya. Dan itu menjadi modal yang sangat baik baginya untuk bisa diterima atau disukai oleh pasar musik.

Secara teknis bernyanyi, khususnya untuk nada-nada rendah, Gita Gutawa tergolong punya keunikan dalam hal cara ia melantunkan/melafalkan lirik-lirik lagu. Tepatnya dari sisi artikulasi dan aksentuasi. Coba saja anda simak cara bernyanyinya di bagian pendahuluan (part pertama) pada lagu Bukan Permainan, Aku Cinta Dia, Doo Be Doo, Dua Hati Menjadi Satu, dan Sempurna. Dari situ akan sangat jelas tercermin ciri khasnya dalam melantunkan lirik-lirik bernada rendah.

Lalu, bagaimana saat di nada-nada tinggi?

Nah, hal inilah yang menjadi titik lemah dan sekaligus (mungkin) menjadi kelebihannya pula. Saya pribadi menilainya sebagai kelemahan Gita Gutawa yang mesti diperbaikinya. Haruskah selalu mengandalkan teknik falsetto ketika bernyanyi pada nada-nada tinggi? Saya amati Gita masih terlalu sering dan bahkan selalu menggunakan teknik tersebut ketika harus berurusan dengan nada-nada tinggi. Memang, teknik falsetto sangat bermanfaat untuk menghemat energi ketika berupaya menjangkau hight-tone. Namun kalau terlalu sering digunakan, akan menjadi kurang enak didengar.

Sebenarnya tidak masalah sih kalau Gita menyanyikan lagu seriosa. Namun begita gutawarhubung lagu-lagunya bergenre pop, jadi agak aneh rasanya kalau terlalu mengumbar teknik falsetto. Terkesan ‘cari aman’ dan monoton (tidak ada dinamika) ketika ia melantunkan note-note tinggi. Vibrasinya juga masih lemah dan tipis. Itu sangat jelas saat ia melantunkan lagu Kembang Perawan dan Bukan Permainan.

Khusus untuk lagu Kembang Perawan, rasa-rasanya Gita Gutawa harus malu dan banyak belajar kepada Williana (runner up MamaMia 2008) yang jauh lebih bagus dalam menyanyikan lagu hitsnya tersebut. Dalam arti, untuk Lagu Kembang Perawan, teknik bernyanyi Williana jauh lebih baik daripada Gita Gutawa (dengan usia yang sama).

Tak percaya dan penasaran sebagus apakah Williana membawakan lagu Kembang Perawan? Silakan kunjungi link berikut ini, yaitu:
http://www.indosiar.com/videofiesta/747/williana---mama-ratna-konser-6-besar---1
(yang berisi video performa live Williana saat tampil menyanyikan lagu Kembang Perawan pada konser 6 besar MamaMia Show 2008).

Namun untuk lagu-lagu pada album terbarunya, saya amati Gita sudah mulai memperbaiki teknik bernyanyinya. Teknik vokalnya sudah semakin matang dan tidak begitu kaku. Dengar saja lagu Sempurna (yang sempat membuat saya merinding). Dengar pula lagu Doo Be Doo, Aku Cinta Dia, dan Dua Hati Menjadi Satu (yang kesemuanya bernuansa ceria).

Dari kesemua lagunya, yang paling saya sukai ialah lagu berjudul Doo Be Doo. Aransemen musiknya sangat asyik dan mampu membawa keceriaan bagi saya. Menyusul lagu Dua hati Menjadi Satu.
gita gutawa
Terlepas dari masalah teknik falsetto yang masih over, Gita Gutawa telah memberikan warna tersendiri bagi perkembangan musik Indonesia. Gadis belia berusia 14 tahun ini ternyata cukup diperhitungkan pula oleh para insan musik tanah air. Itu terbukti lewat 4 buah penghargaan yang diperoleh via 2 ajang bergengsi, yaitu AMI AWARD 2008 (sebagai Penyanyi Pendatang Baru Terbaik dan Album Terbaik) dan pada SCTV MUSIC AWARDS 2008 (sebagai Penyanyi Pop Solo Terfavorit dan Album Solo Terfavorit).

Tak hanya itu, tahun lalu (2007) ia juga dinobatkan sebagai Penyanyi Paling Ngetop versi SCTV AWARDS dan juga sebagai “Artis Baru Wanita Terbaik” dalam ajang Anugerah Planet Musik. Masih ada sederet lagi penghargaan lain yang pernah diterima olehnya. Kalau saya sebutkan satu per satu, bisa panjang jadinya ^_^

Dengan warna dan materi suara soprannya yang khas, Gita cukup bisa eksis saya rasa, walau masih perlu pembuktian lebih lanjut ke depannya. Dengan catatan, harus mengurangi teknik falsetto dan lebih banyak lagi berlatih teknik vibrasi yang baik. Sebab teknik vibrasinya cenderung masih lemah, monoton, dan mirip penyanyi seriosa.

Dan satu lagi, Gita sebaiknya lebih memfokuskan diri untuk menyanyikan lagu-lagu bernuansa ceria. Mengapa? Karakter suaranya terasa lebih cocok untuk lagu-lagu tersebut (seperti pada lagu Doo Be Doo dan Dua hati Menjadi Satu).

Dukungan kontes >>> apa sih asyiknya belajar seo?

24 comments:

  • salah satu artis yg melejit namanya karna prestasi, bukan skandal yah bocah ini.... salut saya sama ayahnya... :D

    12 March, 2009 18:30

  • @ Syamsul Alam : iya sih, tapi buat saya teknik bernyanyinya masih perlu perbaikan loh.

    16 March, 2009 16:00

  • Dulu aku comment disini gagal terus yach yg belum dikasih id nama nya :D

    16 March, 2009 23:03

  • @ Aribicara : duh, sorry ya mas. Abisnya waktu itu saya masih newbie dan buta soal ilmu blogging. Tapi sekarang, alhamdulillah udah banyak mengerti. Moga nggak kapok ya komen di sini. Settingan komentarnya udah saya ubah buat semua kalangan loh (termasuk buat yg nggak punya blog pun bisa ikutan komentar).

    18 March, 2009 14:47

  • sebagai penggemar berat gita, aku setuju dengan pendapatmu
    tapi... aku yakin suatu saat nanti... gita akan jadi sempurna dan tidak terkalahkan

    28 March, 2009 22:33

  • oh iya, aku juga penggemar williana mamamia
    sayang sekali kalau ia langsung tenggelam begitu saja dan tidak muncul2 lagi
    padahal mungkin di masa depan ia bisa sehebat atau bahkan lebih dari rossa

    kabar terakhir, williana jadi salah satu pemeran dalam drama musikal you & me
    mudah2an dengan itu bisa membuatnya bertahan di dunia musik

    28 March, 2009 23:02

  • jenis suara gita emang bukan jenis yang powerfull, jadi untuk nada2 tinggi dia gag bisa memakai nada secara full voice.. suara seperti gita memang langka, coloratura piccolo soprano, tidak bertenaga, cenderung lembut, tipis... tapi range vocalnya lumayan lebar, antara D#3 smp C7...

    27 August, 2009 16:52

  • @ devil whisper >>> wah, penggemar Williana juga nih ternyata. Iya ya, menurut saya Williana juga punya potensi luar biasa sebagai calon diva musik pop. Rossa bisa-bisa kalah tuh! Semoga nanti dia bisa meroket di dunia musik pop Indonesia. Sayang banget kalo potensi luar biasanya disia-siakan begitu aja. Makasih buat komentar kamu. Sorry baru dibales.

    @ anonim >>> bener banget. Makasih banyak buat tambahannya yang sangat berbobot. Sepertinya anda seorang pengamat musik yang baik yach.

    28 August, 2009 09:35

  • stuju ma mas anonim no 7..
    tapi D#3 sampai C7 maksudnya apaan ya..
    apakah tuh maksudnya 4 oktaf, (d#(3)-F(3)-G(3)-A(3)-B(3)-C#(3)-...............C(7) )
    hehehe
    tapi setahu gue C7 acord deh, hihihihi...
    maaf klo ngomongnya ngawur, :-D
    maklum bukan anak sekolah musik..
    cuma otodidak, hehehe
    mohon bimbinganya...

    03 December, 2009 13:35

  • tiap penyanyi kan punya karakter sendiri2...
    yg penting enak didengar...
    lagian didukung sm musik yg mendukung kekhasan suaranya...
    untuk seusia gita gutawa, itu udh bgs bgt tuh...

    29 December, 2009 09:19

  • @ franz :
    Iya sih, bener juga kata kamu. Cuma cara bernyanyinya mesti lebih remaja dan tidak terkesan terlalu seperti orang dewasa untuk nada-nada tinggi.

    10 January, 2010 19:03

  • hhhmmm.. .menurut saya sih,gita punya karakter tersendiri. itu yg buat saya kagum. layaknya james blunt ,josh groban dll. mreka2 bgtu berani dg suara yg ga populer ky "pop" pd umumnya.dn itu nilai tersendiri. bgtupun bwd gita.

    19 April, 2010 21:23

  • hmm.....aq sebagai slh satu pnggmr gita lho.....

    14 January, 2011 13:46

  • emm....menurut aq....gita dch baguzzz ko',,,,,
    knp hrzz zrh lat agye......
    huufftt......hmmm.......

    14 January, 2011 13:47

  • emang da bagus,bagus lg di rumah aja,hwhhehehehe

    01 February, 2011 22:06

  • Gita gutawa hmmm.. oke juga penampilan and suaranya.

    23 February, 2011 01:51

  • Benar juga gan, mengambil nada falset adalah cari aman saat bernyanyi, tapi menurut saya, melakukan falset dengan bersih dan sempurna merupakan skill yang juga sulit dilakukan oleh para penyanyi. Masing-masing penyanyi pasti memiliki kelemahan masing-masing, tinggal bagaimana memperbaiki kekurangannya itu.

    01 March, 2011 11:50

  • semua manusia pasti punya kelebihan dan kekurangan tapi menurut saya gite gutawa penyanyi yang bagus banget

    28 July, 2011 15:19

  • Mungkin semua kelemahan (menurut anda) Gita Gutawa itu menjadi Ciri Khas tersendiri.
    kalau saya sih dengernya bagus-bagus aja.


    Gita Gutawa idola saya loh hehe

    04 December, 2011 14:16

  • makasih banyak ya gan infonya berguna nih

    25 April, 2012 19:51

  • salam kenal ya...thanks bangetya atas infonya

    25 April, 2012 19:52

  • SCTV AWARDS 2012 kena siapa gan

    21 May, 2012 20:54

  • sebuah keharusan belajar untuk gita dan kita semua..
    selain latihan, ada hal yang penting yaitu pemeliharaan.. karena terkadang suara dapat berubah seiring usia.
    dan itu sangat berpengaruh pada teknik dan hasil suaranya.

    maju terus gita gutawa. maju terus musik indonesia..

    18 July, 2012 01:27

  • menurut aku..teknik vokal gita gutawa dipengaruhi mentornya,yth ibu catharina leimena yg adalah mezzo soprano yg mendapat gelar Diploma per il canto(diploma u/ menyanyi) dari conservatorium musik klasik Monteverdi Milan.
    gita adalah penyanyi popera indonesia..(di negara spt korea popera or pop opera digemari loh,kyk penyanyi lim hyun jung♥

    05 September, 2012 21:08

  • Post a Comment

    Silakan tulis komentar sesuai pendapat pribadi kamu

    Back to Top
     

    kafe28 Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template | Top