09 January 2009

09 January 2009

GRAND FINAL MISS CELEBRITY 2008 : Pemenangnya di luar Dugaan Saya

Akhirnya pergelaran Grand Final Miss Celebrity 2008 yang berlangsung tadi malam (Jumat, 21 November 2008 – pukul 21.15–23.45 Wib) menobatkan Stevani Nepa sebagai pemenangnya. Acara puncak yang ditayangkan secara live oleh SCTV tersebut memang sudah saya tunggu-tunggu. Penasaran saja dengan konsep dan sistem penjuriannya.

Berdasarkan hasil pantauan atau pengamatan saya semalam, penjurian mengacu kepada 4 hal, yaitu :

- performa saat berjalan di catwalk (di hadapan para audience).
- performa saat tampil sebagai presenter dalam sebuah infotainment.
- performa saat berakting sebagai pemain sinetron, dan
- performa saat menjawab pertanyaan dari host serta juri (kemampuan public speaking).

Jalannnya penjurian terbagi dalam 3 saringan, yaitu :

- penentuan yang masuk 10 besar, dimana pada tahap ini penilaian mengacu kepada performa setiap peserta saat berjalan di catwalk.

- penentuan yang masuk 5 besar, dimana pada tahap ini penilaian mengacu kepada performa setiap peserta saat tampil di babak 10 besar sebelumnya (saat tampil sebagai presenter dan berakting).

- dan penentuan sang juara, dimana pada tahap ini penilaian mengacu kepada performa setiap peserta saat tampil di babak 5 besar sebelumnya (saat menjawab pertanyaan dari para juri).

Jujur saja, sang juara Miss Celebrity 2008 ternyata di luar dugaan saya sama sekali (yang
lebih memprediksikan salah satu wakil dari Jakarta atau dari Bandung sebagai pemenangnya). Jika mengacu kepada performa saat tampil di catwalk dan sebagai presenter, sebenarnya Corry (Jakarta) lebih bagus daripada Stevani Nepa (sang juara dari Manado). Lebih bagusnya yaitu dari segi face dan ekspresi di kamera. Saat tampil sebagai presenter pun, Corry terlihat lebih baik menurut saya (dari sisi artikulasi, ekspresi, intonasi, aksen, penekanan kata, dan tingkat ketenangan).

Namun keunggulan Stevani (di mata para juri) mungkin terletak pada kemampuan aktingnya dan juga pada jawaban yang diberikannya saat mendapatkan pertanyaan dari juri+host. Mungkin juga pada orisinilitas gaya/pembawaannya saat tampil sebagai presenter.

Di sisi lain, para juri yang terlibat bukanlah orang sembarangan karena sangat berkompeten di dunia hiburan. Sebut saja Anjasmara (aktor terkenal papan atas), Tamara Bleszinsky (aktris sinetron yang sangat laris dengan bayaran mahal), Dedy Mizwar dan Hanung Bramantyo (sutradara jempolan), Darwis Triadi (fotografer senior), Nadine Chandrawinata (mantan Putri Indonesia), hingga pimpinan PH ternama (Manoj Punjabi – bosnya MD Entertainment).

Saya pribadi berharap agar ajang Miss Celebrity ini bukan sekedar latah-latahan dengan beberapa kontes mis-misan serupa yang telah lebih dahulu hadir. Jangan sampai kontes semacam ini hanya dijadikan kedok untuk kepentingan komersil pihak penyelenggara dan para sponsornya.

Terlihat sekali masih ada kepentingan seperti itu, salah satunya dari adanya polling via SMS pemium (berkedok kuis berhadiah 20 juta untuk 20 orang pemenang).

Tapi apa pun itu, Miss Celebrity 2008 ini ibarat pembuka jalan bagi para calon artis untuk memasuki dan berkecimpung di dunia entertainment (sebagai pelaku seni di dalamnya).

Saya pribadi tetap menilai positif kontes-kontes semacam ini, walau ada 'suara sumbang' yang menganggap kontes-kontes seperti ini hanya mengekspos fisik wanita. Kalau cuma menilai fisik atau kecantikan, buat apa ada penilaian kemampuan akting dan presenter? Buat apa pula ada penilaian kemampuan public speaking?

Toh, selama proses seleksi dan workshop (karantina), para peserta dibekali dengan berbagai ilmu seputar modelling, akting, public speaking, dan presentasi.

Jadi, saya kira tidak perlu terlalu serius mencela kontes-kontes semacam ini. Anggap saja sebagai hiburan dan sebuah permainan.

Ada yang berbeda pendapat?

Dukungan kontes >>> apa sih asyiknya belajar seo?

1 comments:

  • Sama gan, dulu juga saya tidak mengira kalau Stevanni akan terpilih sebagai pemenang.

    01 March, 2011 11:52

  • Post a Comment

    Silakan tulis komentar sesuai pendapat pribadi kamu

    Back to Top
     

    kafe28 Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template | Top