09 January 2009

09 January 2009

KONSER TUNGGAL ROSSA dan Kelayakan Gelar Diva Musik Pop Indonesia

rossa

Mojang priangan berwajah senyum dan berpipi tembem ini saya kira sudah sangat layak menyandang predikat sebagai salah satu Diva Musik Pop Indonesia (sejajar dengan Ruth Sahanaya, Krisdayanti, Titi DJ, maupun Agnes Monica).

Dari beberapa indikator atau parameter penilaian, Rossa sudah memenuhinya. Tentu saja indikator/parameter tersebut bisa berbeda-beda antara satu pengamat dengan pengamat musik lainnya. Saya pribadi selaku pemerhati musik tanah air punya ukuran tersendiri dalam menilai layak tidaknya seorang penyanyi solo wanita dinobatkan sebagai diva.

Di antara ukuran/kriteria saya tersebut yaitu :

>> Kurun waktu berkiprah di dunia musik.

Tidak banyak penyanyi solo yang mampu bertahan dalam kurun waktu minimal 10 tahun di dunia industri rekaman dan dunia musik panggung. Terlebih yang cuma mengandalkan tampang, penampilan seronok, aji mumpung, atau bahkan suara pas-pasan (baik dari segi teknis maupun karakter).

Bagaimana dengan Rossa? Saya pribadi sudah mulai mengenal dan mulai menyukai suaranya semenjak belasan tahun yang lalu (kira-kira tahun 94-95 gitu deh). Saat itu lagu “Nada-Nada Cinta” yang dinyanyikannya begitu booming dan banyak disukai, termasuk oleh saya. Liriknya begitu syahdu nan romantis. Komposisi nada dan iramanya pun begitu indah. Apalagi dilantunkan dengan sangat merdu pula oleh Rossa lewat suara lembutnya. Duh, saya sempat merinding loh dibuatnya ^_^

Jadi, jika dihitung-hitung, kiprah Rossa di dunia musik tanah air sudah melebihi 10 tahun lamanya. Apa artinya? Itu menandakan bahwa Rossa punya kualitas. Jarang lho ada penyanyi solo yang bisa survive dan eksis sampai melebihi 1o tahun. Bisa dihitung dengan jari deh kalau di Indonesia.

>> Banyak menelurkan hits yang disukai oleh masyarakat.

Coba hitung sendiri, ada berapa lagu Rossa yang pernah booming dan merajai berbagai chart. Mulai dari Nada-Nada Cinta, Tegar, Kini, Perawan Cinta, Sakura, Malam Pertama, Pudar, Atas Nama Cinta, Hati Yang Terpilih, Kembali, Wanita Pilihan, Aku Bukan Untukmu, Ayat-Ayat Cinta, Takdir Cinta, dan yang terbaru yaitu Terlalu Cinta.

Untuk poin ini, ada beberapa musisi ternama yang sangat berjasa dalam melejitkan Rossa, terutama lewat kekuatan lagu-lagu ciptaannya. Mereka adalah Yongky Suwarno (pencipta hits Nada-Nada Cinta), Fariz RM (pencipta Sakura), Melly Goeslaw (pencipta hits Tegar, Perawan Cinta, Atas Nama Cinta, Ayat-Ayat Cinta, dan Takdir Cinta), serta Yovie Widianto (pencipta hits Kini dan Terlalu Cinta).

>> Memiliki teknik vokal yang mumpuni dan sekaligus punya karakter suara yang khas.

Dua hal tersebut dimiliki oleh Rossa. Secara teknis, kualitas vokal Rossa tergolong bagus menurut saya. Sangat pas untuk tipikal jalur musik pop. Begitu pula warna dan karakter suaranya. Tidak mudah meniru cara bernyanyi Rossa. Jika anda penggemar lagu-lagu Rossa, anda pasti tahu keunikan cara bernyanyinya. Selain itu, Rossa juga mampu memberikan feel (ruh) pada setiap lagu yang dilantunkannya. Entah itu yang bernuansa ceria, romantis, maupun sendu.

>> Sudah pernah menggelar konser tunggal.

Nah, ini dia kriteria tersulit yang belum banyak dimiliki oleh para penyanyi solo wanita Indonesia. Coba anda sebutkan nama-nama penyanyi cewek yang sudah pernah menggelar konser tunggal. Setahu saya baru Ruth Sahanaya, Vina Panduwinata, KD, Agnes Monica, dan yang baru-baru ini yaitu Rossa!

Alhamdulillah, saya berkesempatan menyaksikan Konser Tunggal Rossa yang bertitel PERSEMBAHAN CINTA beberapa hari yang lalu di layar SCTV (Jumat 28 Nov 2008, pukul 23.30 Wib hingga selesai). Dengan konsep panggung minimalis tapi megah, Rossa tampil layaknya seorang Diva. Salut!

Kalau seorang penyanyi solo sudah sanggup menggelar konser tunggal, itu pasti karena kualitas dan eksistensinya di dunia musik selama ini. Dan Rossa punya itu!

So, siapa lagi ya yang layak disebut sebagai Diva musik pop Indonesia? Atau siapa saja calonnya? Gita Gutawa? Sepertinya kurang layak. Sherina? Masih jauh deh. Melly Goeslaw? Rasanya lebih pas disebut sebagai hits maker deh. Audy? Suka timbul tenggelam dan tidak konsisten, padahal sebenarnya layak dan punya potensi bagus. Bunga Citra Lestari? Suaranya pas-pasan dan terkesan aji mumpung.

Anda punya calon atau nominasi tersendiri?

Untuk profil lengkap Rossa, silakan klik link berikut ini :

id.wikipedia.org/wiki/Rossa


Dukungan kontes >>> apa sih asyiknya belajar seo?

16 comments:

  • kalau rossa tidak perlu diragukan lagi!
    tapi agnes... aku rasa masih kurang...
    walau tekhnik bagus, bisa dance, lagu2nya hits, pernah konser tunggal, tapi...
    mungkin terlalu cepat untuk mengatakan ia seorang diva

    bisa katakan alasan anda menyebut ia layak disebut diva?

    28 March, 2009 22:56

  • @ devil whisper : lho, saya gak pernah bilang kalo Agnes Monica itu pantes disebut diva. Saya cuma bilang ia pernah menggelar konser tunggal.

    Secara kualitas vokal, menurut saya tekniknya bagus kok. Dan satu lagi, lagu2 Agmon itu punya tingkat kesulitan yang CUKUP TINGGI untuk dinyanyikan. Gak sembarang penyanyi bisa.

    01 April, 2009 16:02

  • This comment has been removed by the author.

    This comment has been removed by the author.
  • This comment has been removed by the author.

    This comment has been removed by the author.
  • SI AGNES TUH SUARANYA PAS-PASAN CUMA KETUTUP SAMA TARIANNYA AJAH...KONSER TUNGGAL JUGA DI NEGRI ORANG...KLO DIINDONESIA SENDIRI SIH BELUM PERNAH, CUMA OMONG BESAR AJAH...SEKARANG KUALITAS SUARANYA JUGA DAH MENURUN PADAHAL UMURNYA BARU 20AN DENGER DEH KLO DIA TAMPIL LIVE SAMA SINGLE DIA YANG BARU, MAKSAIN BANGET....YANG DIVA ITU Si KD...KD ITU DIVA YANG LENGKAP...PERFORMNYA SELALU OK...KONSER TUNGGALNYA DAH DIMANA-MANA...MELAYU DAN DANGDUT DIA JAGONYA MELEBIHI PENYANYI DANGDUT SENDIRI YANG CUMA MENGANDALKAN GOYANG...SEMUA PENYANYI SENIOR SENANG BERKOLABORASI SAMA KD...PERNAH PUNYA PROGRAM ACARA SENDIRI...SELALU PUNYA TEROBOSAN BARU BUAT FANS2NYA...YANG MENYALAKAN KEMBALI LAGI IDE KONSER TUNGGAL TUH YA KONSER KD 2001 SETELAHNYA YANG LAIN IKUT-IKUTAN...NGEKOR...DARI SEMUA YANG PERNAH GELAR KONSER CUMA KONSER KD YANG DIBUATIN ALBUM DAN ALBUMNYA MELEDAK DIPASARAN...AYO ADALAGI YANG BISA MENYAMAI KEDAHSYATAN KONSER KD..HO HO..

    19 July, 2009 11:16

  • This comment has been removed by the author.

    This comment has been removed by the author.
  • This comment has been removed by the author.

    This comment has been removed by the author.
  • This comment has been removed by the author.

    This comment has been removed by the author.
  • SETELAH KONSER...POPULARITAS KD WUUW MENDIVA...DIMANA-MANA SUARA EMASNYA KD...WOW...DARI MULAI ALBUM KONSER...PROGRAM TV SHOW..PROGRAM PARIWARA, SAMPAI HAMPIR SEMUA STASIUN TELEVISI...SEMUANYA MENGUNDANG KD...BUAT NGISI ACARA...MASIH INGAT IKLAN MC D VERSI DANGDUT YANG DBINTANGI KD...WOW KEREN BANGET...SEBELUMNYA DIBINTANGI REZA YANG TERNYATA IMPACTNYA BEDA BANGET...DIBINTANGI KD IKLAN MC D JADI LEBIH MENARIK DENGAN VERSI DANGDUTNYA, KARENA REZA GA BISA NYANYI LAGU MELAYU....KLO ROSSA HABIS KONSER BIASA-BIASA AJAH TUH...

    19 July, 2009 12:14

  • Krisdayanti is one and only... seratus tahun belum ada yg komplit kayak KD.. suara, akting, penjiwaan, sensasi, totalitas, perjuangan dari bawah... harusnya KD dah selevl dengan Madona, Marlyn MOnroe, Maria Carey, Celine Dion, Shakira, barbara streisand... jadi KD jangan di bandingkan dengan Diva LOkal deh...

    21 March, 2010 19:55

  • agnes monica tetap yang terbaik.dia gak cuma melejit di bidang nyanyi dan dance tapi di bidang sinetron juga dia selalu mendapatkan penghargaan.penyanyi yang lainnya apa??? menurutku mereka cuma disertai upil doank

    23 April, 2010 00:28

  • 4 Me... Agnes Monica is the BEST deh poko'nya... nyanyi, akting, nyiptain lagu, dance semuanya bisa... penghargaan musik n acting udah banyak banget... di Asian Song Festival 2 tahun bertahun berturut2 selalu dapet award, dan yang terbaru lagu Karena Kusanggup yang diciptain bareng Andi Rianto kereen banget apalagi high notenya... TOP BANGET... Kapan dia gelar konser tunggal di Indo ya..??? Wajib Nonton..

    17 December, 2010 11:25

  • Sukses terus dah buat Rossa. Dia termasuk salah satu aset bangsa di bidang Musik. Kita tahu kualitas vokalnya yang bisa di kategorikan sebagai vokalis yang mumpuni, beskill dan profesional. Hampir setiap penampilan di panggung dia selalu bernyanyi dengan maksimal.

    01 March, 2011 11:44

  • mungkin negara ini memiliki 6 penyanyi top....ruth sahanaya,krisdayanti,titi dj,vina panduwinata,reza artamevia dan rossa.....belum bisa tergantikan......

    26 March, 2012 12:07

  • secara genetika , penhayatan, kwalitet suara tetap rossa no. 1.

    07 April, 2012 10:45

  • kenapa kesannya klo yg disebut diva itu yg dah nikah dan berumur ? tidak ada ketentuan seperti itu. Yg penting karyanya kan. Secara kualitas, menurutku diva2 yang disebut di atas masih dilibas/kalah sama Dira Sugandhi, Joy Tobing, Eka Deli. Klo Ketiga biduanita ini populer, maka penyanyi yg sering disebut diva selama ini menjadi diva ecek2/ asal2an...

    18 September, 2012 21:46

  • Post a Comment

    Silakan tulis komentar sesuai pendapat pribadi kamu

    Back to Top
     

    kafe28 Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template | Top