09 January 2009

09 January 2009

Manakah di antara Keempat Pencipta Lagu Berikut Ini yang Lebih Anda Sukai Lagu-Lagunya?

Sebagai seorang penikmat sekaligus pencinta musik tanah air, tidak afdol rasanya jika saya tidak memberikan apresiasi terhadap beberapa musisi yang saya kagumi. Terlebih mereka yang selama ini telah memberikan sumbangsih yang begitu besar terhadap perkembangan dunia musik tanah air, khususnya musik pop. Mereka semua layak digolongkan sebagai hits maker karena kekuatan lirik-lirik lagu yang telah mereka ciptakan (yang mampu menyihir para pendengar untuk menyukainya). Siapa saja mereka?


  1. melly goeslawMelly Goeslaw

Kiprahnya dalam meramaikan blantika musik tanah air sudah dimulai sejak belasan tahun yang lalu. Berawal sebagai vokalis band Potret (yang masih survive hingga saat ini), ia pun menjelma menjadi seorang pencipta lagu andal. Selain seorang spesialis pembuat lagu-lagu untuk soundtrack film - ia juga banyak berjasa dalam melejitkan beberapa penyanyi pop, seperti Krisdayanti, Agnes Monica, Rossa, dan juga Gita Gutawa. Berkat keunikan hits-hits yang tercipta darinya, para penyanyi tersebut turut mendulang popularitas.


Beberapa penyanyi lain juga pernah merasakan tangan dingin seorang Melly lewat kekuatan lagu-lagu ciptaannya. Untuk tren lirik lagu, Melly tergolong cukup kreatif ketika menciptakan perpaduan lirik bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dalam satu lagu. Lagu My Heart ialah pelopornya. Disusul kemudian oleh lagu Bukan Bintang Biasa dan Butterfly. Bahkan satu lagu hits terbarunya cuma berisi kumpulan satu bait lirik yang terus diulang-ulang. Tau kan lagunya? hihihi (lagu I Just Want I Say I Love You).



  1. yovie widiantoYovie Widianto

Ini dia pencipta lagu favorit saya untuk urusan lagu-lagu cinta. Kapasitasnya sebagai seorang musisi andal sudah tidak diragukan lagi. Menurut sebuah sumber yang saya baca, ia telah berkiprah selama 23 tahun di dunia musik tanah air! Woow. Jika mau tahu kekuatan dan keunikan lagu-lagu ciptaannya, coba saja anda dengarkan berbagai hits dari grup Kahitna dan Yovie & Nuno. Selain pada 2 grup bentukannya itu, karya-karya Yovie juga banyak dinyanyikan oleh penyanyi pop solo, mulai dari Rossa, Audy, Dea Mirella, Glen Fredly, alm.Chrisye, Rio Febrian, dan banyak lagi yang lainnya.


Seorang aktris, yaitu Dian Nitami, pernah menyebutnya sebagai pria paling romantis sedunia ^_^ Tidak berlebihan saya kira. Itu karena lagu-lagu cinta ciptaannya memang terkenal punya nilai keromantisan yang sangat tinggi, plus punya kekuatan maha dahsyat dalam lirik-liriknya. Bagi saya pribadi, lagu-lagu cinta ciptaan Yovie memang punya ciri khas tersendiri. Lirik-liriknya tidak norak. Tidak pula klise atau pasaran. Lirik-lirik yang rada “nakal” pun mampu dikemasnya dengan dinamika note yang begitu indah. Harmonisasi irama dan perpindahan note-notenya juga unik. Wah, pokoknya lagu ciptaan Yovie is the best deh.


Salah satu hits terbarunya yang dinyanyikan oleh Rossa sangat saya sukai, yaitu lagu “Terlalu Cinta”. Beberapa waktu yang lalu saya pun sempat menyimak pergelaran “Perjalanan Musik Cinta Yovie Widianto” yang disiarkan oleh Global Tv. Acara tersebut merupakan salah satu wujud penghargaan terhadap eksistensi Yovie selama ini di dunia musik Indonesia.


Dan jika ingin tahu lagu hits apa saja yang pernah banyak disukai, yang dic
iptakan oleh Yovie, berikut ini di antaranya:

- Kini dan Terlalu Cinta (Rossa)

- Janji di Atas Ingkar (Audy)

- Dua Hati Menjadi Satu (Gita Gutawa)

- Andai Ada (Elfa’s Singer)

- Untukku (alm.Chrisye)

- Ada Cinta (Bening)

- Merenda Kasih (Ruth Sahanaya)

- Bila Kuingat dan Bintang (Lingua)

- Menanti (Dea Mirella)

- Glenn Fredly (Kasih Putih)

- Andai Dia Tahu dan Soulmate (Kahitna)

- Takkan Terganti (Dea)



  1. ahmad dhaniAhmad Dhani

Banyak yang bilang ia seorang penjiplak karya-karya sufistik yang berupa syair dan juga penjiplak irama beberapa lagu dari Queen. Benar tidaknya, saya masih kurang tahu. Namun yang jelas, karya-karya ciptaannya memang punya nuansa tersendiri. Mayoritas lagu-lagu Dewa 19 (dari zaman Ari lasso sebagai vokalisnya hingga Once) ialah contoh konkret betapa khasnya lagu-lagu ciptaan Ahmad Dhani. Kebanyakan bernuansa filsafat. Namun ternyata ia jago pula menciptakan lagu-lagu berlirik “nakal” – yang ditujukan untuk grup DEWI-DEWI dan kini MULAN JAMEELA. Lagu “Dokter Cinta”, “Makhluk Tuhan Paling Seksi”, "Wonder Woman", “Sakit Minta Ampun”, "Jangan Tusuk Aku dari Belakang", dan "Perempuan Paling Cantik di Negeriku" ialah beberapa contoh karyanya yang berlirik agak nakal.



  1. dewiqDewiq

Dibandingkan dengan ketiga pencipta lagu di atas, popularitasnya mungkin masih kalah. Namun semenjak 2 buah lagu ciptaannya booming, yaitu lagu OK (T2) dan Klik (Ussy), nama Dewiq seolah menjelma menjadi icon baru hits maker di Indonesia. Kedua lagu tersebut begitu booming dan banyak disukai oleh para penikmat musik.


Sederet penyanyi tenar lainnya pun pernah merasakan kekuatan lagu yang diciptakannya, seperti Once, Bunga Citra Lestari, Audy, Iwan Fals, Syahrini, Agnes Monica, Gita Gutawa, Rio Febrian, dan Pinkan Mambo.


Bagi saya, lagu-lagu Dewiq cukup punya ciri khas dalam hal lirik, irama, dan dinamika note-notenya. Liriknya rata-rata bergaya bercerita dan sangat familiar. Salah satu bukti nyata apresiasi insan musik terhadap karya-karyanya yaitu dengan dianugerahinya ia sebagai HITS MAKER dalam pagelaran SCTV MUSIC AWARD 2008 yang lalu. Bahkan sebuah rumor yang saya baca di tabloid Bintang menyebutkan bahwa ia masuk dalam jajaran pencipta lagu termahal saat ini!


Mau tau apa saja judul lagu hits yang pernah diciptakan oleh Dewiq? Ini dia daftarnya berikut nama penyanyi yang membawakannya:


- Aku Mau (Once)

- Sunny, Tentang Kamu, dan Pernah Muda (BCL)

- Temui Aku (Audy)

- Bohong dan My Lovely (Syahrini)

- Cinta di Ujung Jalan (Agnes Monica)

- Bukan Permainan (Gita Gutawa)

- Jenuh (Rio Febrian)

- BeTe (Dewiq feat Ipang)

- Koq Gitu Sih (Dewiq feat Indra Bekti)

- OK (T2)

- Klik (Ussy Sulistyawati)

- 50 Tahun Lagi (Warna)

- Kiss Me (Gretha)

- Teruskanlah (Agnes Monica)


dan beberapa lagi yang luput dari pantauan saya.


Di luar keempat yang saya kupas di atas, sebenarnya masih ada beberapa lagi komposer yang tergolong cukup sering menelurkan hits, seperti Maia Estianty (pencipta hits TTM, Lelaki Buaya Darat, Dear Diary, Ingat Kamu, EGP, Jangan Bilang Siapa-Siapa, dan Aku Baik-Baik Saja). Lalu ada pula Pia-Utopia, Pongky Jikustik, Tompi, Ariel Peterpan, Eross SO7, dan siapa lagi ya?

Tapi kalau ditanya saya lebih suka lagu ciptaan siapa, jawabnya ialah: saya menyukai semuanya! Sebab masing-masing dari mereka punya kejeniusan tersendiri dalam menciptakan lagu. Namun khusus untuk lagu-lagu bertemakan cinta, kasmaran, dan romantisme, jujur saja, saya lebih suka lagu-lagu Yovie Widianto. Nggak ada tandingannya! ^_^ Alias nggak ada duanya deh (he..he)

So, kalau anda?

51 comments:

  • setuju! aku juga suka yovie!
    jadi ingin dibuatkan lagu olehnya...

    aku juga suka badai kerispatih dan pembuat lagu2 tanga (harry budiman?)

    28 March, 2009 23:19

  • Kalo saya suka semua'nya aj Mas + semua para pencipta lagu.. Soal'nya pada hebat-2 bisa nyiptain lagu.. Saya aj susah buat nyiptain lagu.. Pol mentok lagu ttg cinta Mas.. Hi.hi.. :D

    08 May, 2009 10:42

  • kalau gubahannya Melly lama-lama jadi ngebosenin, walaupun memang karakternya paling kuat dan khas diantara yang lain.
    Kalau Yovie, lagunya cuma cocok buat cewek; cowok kalo ngedengerin pasti ngerasa gimana gitu, jadi agak2 jayus n klise.
    Lagu2 ahmad dhani bagus-bagus, cuman terkadang nadanya kurang harmonius (coba lagunya dinyanyikan tanpa ada musik latar, pasti agak garing).
    Kalo Dewiq, oke banget walaupun nggak semuanya jadi hits besar. Kadang bisa melankolis, kadang bisa riang gembira.

    20 June, 2009 13:13

  • saya suka semuanya, walau selera saya lebih ke dhani sama dewiq. saya ngelihatnya sih mereka sangat berdedikasi terhadap pekerjaannya. Yang dibutuhkan agar musik indonesia maju bukanlah penyanyi dengan kemampuan vokal yang dahsyat seperti mariah carey atau yg lain, tapi lebih ke penyanyi yang juga bisa menciptakan lagu sendiri. Amat sangat sedikit solis jaman sekarang yang bisa menciptakan lagu sendiri. Bravo musik Indonesia..

    20 June, 2009 16:27

  • saya suka Yovie Widianto donk... prestasinya baik di dalam maupun luar negri sudah tak bisa diragukan lagi...

    23 August, 2009 23:20

  • ehmm klu sya sih bilang ahmad dhani deh.soalnya ia bisa membuat kata kata mutiara buatan sendiri lalu dijadikan sebuah musik,tapi klo sekanrg sya gak tau deh g mna yang penting ahmad dhani is the best

    22 December, 2009 11:30

  • saya suka dewiq banget,dia itu gak sombong kayak yang lain

    23 April, 2010 00:55

  • klo ane lbh demen sama ciptaannya dhani.. maklum, baladewa kan udah kadung cinta ma ciptaannya ahmad dhani.. hehehe

    13 October, 2010 14:10

  • saya sua mas yovie banget.. yovie musisi terbai deh :)

    07 January, 2011 18:34

  • Dan kitapun melupakan pencipta lagu sekaliber Mas Bebi "Romeo", yang kalau gak salah info, dia sempat dinobatkan sebagai pencipta lagu terbaik se-Asia lewat lagu "Mencintaimu" yang dibawakan Krisdayanti kala itu.
    Ada juga Eross "So7" yang juga sempat mendapat penghargaan pencipta lagu terbaik se-ASEAN dengan lagu "Berhenti Berharap". Bahkan menurut saya, Eross merupakan seorang revolusioner dalam kesusastraan musik Indonesia. Mengapa tidak? Coba kita bedakan syair-syair lagu tanah air pra & pasca hadirnya Sheila On Seven di blantika musik tanah air yang memiliki pengaruh kuat.
    Terlebih untuk komposer sekelas Piyu "PADI" yang meskipun lagu-lagunya tidak sepopuler komposer lain, namun karya-karyanya cukup disegani dan memiliki makna mendalam. Coba kita amati dan renungi semua lirik lagu Band Padi, terutama dalam album "Save My Soul". Saat mendengar album tersebut, kita akan terhanyut dan seakan bisa merasakan apa yang ada pada lirik-liriknya. Padi juga sukses menentukan aransemen musik yang khas yang bisa kita ketahui bahwa itu musiknya Padi, walaupun kita belum pernah mendengar sebelumnya.

    11 February, 2011 15:47

  • Ane tetap ska Ahmad Dani, lagunya berskill dan mengen. Dewiq juga bagus...

    01 March, 2011 12:34

  • saya lebih suka sama teteh MELyy..


    smoga sukses aja buat Teteh MElly

    16 June, 2011 09:05

  • saya suka sama dewiq...
    karna banyak para penyanyi indonesia yang membawakan lagu nya dan sukses.

    13 October, 2011 17:09

  • bingung nih mau pilih yang mana..
    soal nya mereka semua pencipta lagu yang hebat..

    13 October, 2011 17:21

  • charly ga ikutan nih...
    dia kan juga pencipta lagu yang handal...

    13 October, 2011 20:28

  • Terimakasih mas share nya bagus banget.. Salam sukses.

    14 November, 2011 15:55

  • Wah Charlie St12 kagak masuk ya... Padahal Lirik lagunya lumayan bagus.. Salam Kenal Gan dari Cafe Amaliun Indah

    09 January, 2012 03:35

  • keempatnya memang bagus, tpi kalau gw lbih suka sama Ariel.. mskipun gk disebut diatas, tpi karya-karyanya ariel keren2.. arensemen lagu yg dibuat ariel mantab.. lirik-liriknya ungkapan2 yg oke..

    10 February, 2012 22:04

  • eross chandra tetep terbaik... dia pernah dinobatkan sebagai pencipta lagu terbaik se-asean... dan gitaris handal juga

    24 February, 2012 10:53

  • ia bener tuhh.. eross chandra layak jadi yang nomer satu..... 3 album pernah mencetak rekor penjualan lebih dari 1juta copy.... kurang apa lagi????

    24 February, 2012 10:56

  • Bebi romeo, romantis tp ga cengeng. Tiap lagu punya nuansa msg2 yg ga saling mirip. Evergreen juga. Didaur ulang berkali2 jg tetep enak.

    27 February, 2012 00:39

  • Dewiq bukannya melejit belakangan, tapi bahkan sebelum-sebelumnya sudah nankring sebagai komposer handal. Mungkin anda kenalnya sesudah Dewiq terjun langsung menyanyikan karyanya.
    Bahkan Diva selevel Siti Nurhaliza dulu-dulu sudah menyanyikan karya Dewiq, seperti "Cintaku Bukan Diatas Kertas".
    Menurut saya Ariel belum bisa disejajarkan dengan mereka. Bahkan Maia Estianty lebih baik dalam menulis lagu daripada Ariel. Kebanyakan liriknya ngambang dan gak nyambung dan fans-nya menganggap itu misterinya Ariel

    27 February, 2012 01:34

  • aku suka yovie widianto.

    19 April, 2012 11:55

  • pengarang lagu yang baik adalah yang liriknya mengunakan kata'' baik,, dan musik yang terdengar ringan ,,

    ariel, dengan karyanya yang baik dan musik yang ringan,, dan lirik lagu ariel akan dimengerti oleh orang yang merasa ..

    19 April, 2012 12:43

  • Entah kenapa saya suka Melly Goeslaw terutama ciptaan lagu2nya yang dinyanyikan oleh Rosa, sangat bagus dan enak didengar

    24 April, 2012 05:25

  • saya suka mba melly ..
    mba melly layak jadi nomor wahid .. :D

    01 May, 2012 08:00

  • semuanya juga hebat,,
    gak terkalahkan,punya ciri has masing2..
    top deh!!
    terus berkarya di belantika musik indonesia..

    27 May, 2012 11:50

  • semuanya bagus2 untuk menciptakan lagu buat siapapun dan mereka punya ciri khas unutk menciptakan lagu itu, seperti dewiq lagu ciptaannya gampang dicerna orang

    29 September, 2012 16:19

  • wow dewiq keren suka banget aku ma dewiq..

    02 February, 2013 09:34

  • Setuju.... Aku juga Suka lagunya Yovie Widianto donk....

    mampir yaaa di blog aku http://www.annisapulungan.blogspot.com/

    28 February, 2013 06:54

  • semuanya bagus" si,, tp yg pas di aku yh teh melly goeslaw. :)

    16 March, 2013 09:57

  • I'll right away grasp your rss as I can not in finding your email subscription hyperlink or newsletter service. Do you've any?

    Pleasе pеrmit me recognizе ѕо that І cоuld subscrіbe.
    Thanκs.

    Herе iѕ my web blοg ... Arjun Kanuri

    08 May, 2013 12:59

  • Smua bgs brow tp pencpta lagu terbaik ya saya sendri(gx sombong), knp krna lagu saya pernah dnyanyikn oleh penyanyi papan atas di indonesia brow..

    29 May, 2013 16:47

  • Hellο, і think that i saw yоu ѵisіted mу webѕite
    thuѕ і cаme tо “return the favor”.
    I am attempting tо find things tο improve
    my ѕite!I suppoѕe its ok tо use some of уour ideas!
    !

    mу pagе ... Lloyd Irvin

    04 June, 2013 13:23

  • Since the аdmіn of this site is worκing, no question
    vегy shortly it wіll be fаmоuѕ,
    due to іts quality contents.

    Also visit my web ρage :: reputation management social media

    05 June, 2013 05:39

  • I know thіs if οff topic but I'm looking into starting my own blog and was wondering what all is needed to get set up? I'm aѕsuming havіng а blog like yours would сost a pretty ρenny?
    I'm not very web smart so I'm not 100% certaіn. Anу tips
    or advice ωould be grеatly aрpreciаted.
    Αppreciаte it

    Аlso visіt my site :: Lloyd Irvin

    05 June, 2013 15:41

  • AKU SUKA DODHY KANGEN BAND...WALAU PUN MASIH DI BILANG MUSISI PENDATANG BARU LAGU CIPTAANNYA GAK KALAH BAGUS SAMA MAZ DHANI DAN YOVIE...CUMA ALIRAN MUSIKNYA YANG BERBEDA...

    27 June, 2013 13:18

  • Ahmad Dhani .... !!! (y)

    26 December, 2013 21:07

  • maz DHANI ... :D

    26 December, 2013 21:07

  • AHMAD DHANI dongg ...
    lagu2nya melegenda ... TOP abiss dehh pokonya :)

    26 December, 2013 21:08




  • Buat temen-temen semua yg punya masalah dlm bercinta.skrg sy sdh tau solusinya,ada seseorang yg bs
    membatu namanya MBAH SUGEL.dlu sy di campakkan suami bahkan menikah lg,setelah sy minta tlg sm
    beliau suami sy langsung ceraiin istrinya dan balik sm sy lg dan sgt setia pd sy
    ilmu MBAH SUGEL betul2 ajaib,sy sdh melihat buktinya....bagi teman teman yg ada masalah
    dlm rumahtangga baik laki atau perempuan,suami atau istri selingkuh,kawin lagi,
    mau menang sendiri,atau ada masalah dgn pacar,ada yg di sukai tp tdk menyukai kita,segra hub
    MBAH SUGEL di nmr;085 340 790 799..beliau pasti membantu kalian....terim kasih.

    29 September, 2014 10:13

  • Saya suka lagu-lagu yang diciptakan atau yang dibawakan langsung melly.. .

    28 August, 2015 16:17

  • Iwan fals ..erros candra ..piyu ..ma yoffy ama aku sendiri

    02 December, 2016 02:26

  • Post a Comment

    Silakan tulis komentar sesuai pendapat pribadi kamu

    Back to Top
     

    kafe28 Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template | Top