09 January 2009

09 January 2009

MULAN JAMEELA : Makin Melejit dengan Image Barunya

Nama aslinya sih Wulansari (ndeso banget yach ^-^). Tapi saat menjadi vokalis RATU, lebih dikenal dengan sebutan Mulan Kwok. Menurut kabar yang saya dengar, nama tersebut memang sengaja dipilihkan oleh Ahmad Dhani ketika ia akan didaulat menjadi vokalis RATU. Biar terkesan unik dan komersil gitu deh.

Buktinya, nama Mulan Kwok akhirnya memang begitu melekat di benak khalayak sebagai pasangan Maia di grup RATU. Maia dan Mulan. Kedengarannya memang jauh lebih serasi ketimbang Maia dan Wulan. Bener nggak? Hehehe.

Oya, saya sendiri pernah menyaksikan secara langsung konser RATU di kota Pontianak (beberapa tahun yang lalu). Saat itu, performa Maia dan Mulan sangat menggoda, terutama kostum dan aksi panggung mereka.

Nah, usai cabut dari RATU, ternyata sang manajer (yaitu Ahmad Dhani) masih melihat potensi Mulan untuk dijadikan sebagai salah satu tambang emasnya guna meraup rupiah. Nama Kwok di belakang nama Mulan pun diganti dengan nama baru yang rada berbau ‘Arabia’, yaitu Jameela (dari kata jamilah yang artinya cantik).

Saya tahu, itu merupakan salah satu strategi untuk membentuk image baru pada diri Mulan (sekaligus guna melepaskan bayang-bayang RATU dari dirinya). Dalam ilmu self marketing, apa yang dilakukan oleh Ahmad Dhani tersebut dikenal juga dengan personal branding.

Yups…Dhani memang begitu jeli dan cukup jenius dalam upaya untuk membranding para artis
yang bernaung di bawah manajemen REPUBLIK CINTA-nya (mulai dari Andra and The Backbone, Once, Dewi-Dewi, The Rock, hingga Mulan Jameela).

Dhani sangat pintar dalam melihat celah pasar musik Indonesia. Diorbitkanlah salah satu icon baru yang bernama Mulan Jameela (sebagai penyanyi solo wanita dengan konsep musik, kostum, lirik lagu, dan performa live yang khas). Beda dari para pesaingnya sesama penyanyi solo.

Dan ternyata, menurut saya Ahmad Dhani sangat sukses dalam upayanya membranding Mulan Jameela sebagai icon baru di dunia musik tanah air. Mulan punya daya jual yang cukup kuat. Semenjak meledaknya hits Makhluk Tuhan Paling Seksi, Mulan Jameela menjelma menjadi salah satu penyanyi solo wanita terpopuler dan terlaris saat ini. Cukup sering saya melihat ia menjadi salah satu pengisi acara live musik.

Di sisi lain, perubahan konsep kostum dan performa live cukup terlihat pada diri Mulan
usai hengkang dari RATU. Sudah tidak seperti saat dirinya masih menjadi vokalis RATU. Kostum Mulan terlihat lebih feminim dan lebih simpel, walau gayanya tetap genit dan sensual.

Dari sisi vokal (cara bernyanyi) sih tidak banyak berubah. Yang sedikit berubah mungkin konsep musik dan lirik lagu-lagu hits yang dibawakannya (yang mayoritas ciptaan Ahmad Dhani, seperti lagu Makhluk Tuhan Paling Seksi, Wonder Woman, Jatuh Cinta Lagi, dan Sakit Minta Ampun).

Overall, MULAN JAMEELA cukup layak masuk nominasi penyanyi yang punya nilai jual cukup kuat saat ini. Terlebih ia punya karakter vokal dan cara bernyanyi yang cukup khas (sulit ditiru lho). Serba bisa pula. Mau pop? Oke. Rock dan alternative? Jago banget. Blues? Masuk juga tuh.

Dukungan kontes >>> apa sih asyiknya belajar seo?

8 comments:

  • Dani memang musisi yana pandai membaca peluang,,, Sukses terus mbak mulan,,,,

    01 March, 2011 11:59

  • hebat nih dhani kalo ngrekrut orang untuk masuk manajemen nya...

    09 November, 2011 16:21

  • selain vokal nya yang bagus penampilan mulan jameela juga bagus....

    09 November, 2011 16:32

  • semoga mulan jameela bisa selalu eksis dalam indutri musik indonesia.......

    09 November, 2011 17:05

  • Pingin dapet info tentang mulan dan foto2nya yg lbh sexy. Punya instagram dong (hari gini) fill follow akun @mulanjameelaqueen ditunggu ya. Thx

    05 February, 2016 20:13

  • Post a Comment

    Silakan tulis komentar sesuai pendapat pribadi kamu

    Back to Top
     

    kafe28 Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template | Top