23 January 2009

23 January 2009

Tips Ngeblog untuk Para Pemula (Bag.1)


Tips berikut ini sekedar urun saran berdasarkan pengalaman pribadi saya ketika berkutat di dunia blogging pada 3 bulan pertama. Cukup banyak proses pembelajaran yang saya tempuh selama itu. Beberapa kali saya mengalami trial and error (hehehe).

Sampai saat ini pun (dengan blog baru ini), saya masih terus belajar seluk beluk dunia blogging. Mulai dari pengaturan tampilan (lay-out) blog, modifikasi template, utak-atik kode html, optimasi keyword (trik SEO), tips membangun trafik, mengatur tampilan widget, dan masih banyak lagi. Sebuah hobi dan keasyikan baru yang sangat menyenangkan

Bagi anda yang baru terjun di dunia blogging, atau bahasa kerennya : baru memulai karir sebagai blogger (ceillee), mungkin beberapa tips berikut ini bisa sedikit memberikan arahan. Tak menutup kemungkinan juga bagi para blogger yang sudah cukup senior (terutama yang kurang memperhatikan poin-poin di bawah ini).

Tips ini lebih saya tujukan buat anda yang benar-benar suka menulis dan menulis bukan hanya untuk diri sendiri, tapi juga ingin dibaca oleh banyak orang. Apa saja tipsnya?

1. Tulislah sesuatu (materi postingan) yang benar-benar anda sukai topiknya.

Salah satu kunci untuk memperlancar aliran ide ketika menulis yaitu jika kita memfokuskan untuk menulis hal-hal yang kita sukai topiknya. Contoh : anda suka menulis pengalaman-pengalaman pribadi anda yang mengandung hikmah/pelajaran untuk dipetik oleh orang lain. Maka tulislah terlebih dahulu hal-hal seputar itu. Pada dasarnya, kita memang lebih suka menulis hal-hal yang bersifat pengalaman pribadi (atau yang sifatnya naratif). Anda termasuk seperti itu?

Atau anda suka mengamati dunia politik? Kalau iya, maka tulislah terlebih dahulu hal-hal seputar dunia politik tersebut ketika anda baru mulai ngeblog. Atau seperti saya yang suka mengamati dunia hiburan (entertainment). Saya pun lebih memfokuskan atau mendahulukan untuk menulis hal-hal seputar musik, film, sinetron, acara tv, dan selebriti (pada awal-awal ngeblog).

Setelah itu, kita bisa atau boleh mencoba menulis hal-hal lainnya.

2. Usahakan agar tampilan postingan di blog anda nyaman di mata para pembaca.

Untuk hal ini, ukuran font, jenis font, jarak tinggi spasi antar baris, warna huruf, warna latar posting, dan pengaturan paragraf menjadi sangat penting untuk diperhatikan. Ukuran font yang terlalu kecil atau kombinasi warna huruf dan warna latar posting yang kurang pas bisa membuat pengunjung malas untuk membaca isi postingan kita. Begitu pula jika banyak paragraf yang terlalu panjang (menumpuk). Pembaca bisa cepat lelah olehnya.

Maka dari itu, usahakanlah agar tampilan posting blog anda tidak membuat mata pengunjung cepat lelah. Untuk warna huruf pada postingan, saya pribadi lebih menyarankan untuk memilih warna netral seperti hitam (dengan warna putih sebagai warna latar postingnya – seperti pada blog ini). Namun bagi anda yang lebih mementingkan nilai estetika (seni), pemilihan warna lain (selain kombinasi hitam-putih) sah-sah saja.

Yang patut diperhatikan, gunakan warna-wana cerah sebagai warna latar posting jika anda memilih warna gelap sebagai warna hurufnya. Begitu pula sebaliknya, gunakan warna-warna gelap sebagai warna latar posting jika anda memilih warna cerah sebagai warna hurufnya.

Namun pada umumnya, blog-blog yang berpage-rank atau bertrafik tinggi menggunakan kombinasi hitam-putih pada tampilan postingannya. Anda boleh survei sendiri mengenai fakta tersebut.

Dan masalah pengaturan paragraf, saya pribadi lebih menyarankan agar menggunakan perataan Justify (rata kiri dan rata kanan). Itu akan terlihat lebih rapi ketimbang cuma rata kiri. Satu hal lagi, hindari menumpuk terlalu banyak kalimat dalam satu paragraf. Standar sebuah paragraf atau alinea yang nyaman di mata umumnya tak lebih dari 5 cm tingginya. Lebih dari itu, biasanya akan terkesan menumpuk atau terlalu panjang.

Bersambung ke seri 2

Dukungan kontes >>> apa sih asyiknya belajar seo?

1 comments:

  • Wah... Benarkah warna postingan berpengaruh pada pagerank???

    "...blog-blog yang berpage-rank atau bertrafik tinggi menggunakan kombinasi hitam-putih pada tampilan postingannya."

    25 December, 2009 13:56

  • Post a Comment

    Silakan tulis komentar sesuai pendapat pribadi kamu

    Back to Top
     

    kafe28 Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template | Top