21 February 2009

21 February 2009

6 Tips Agar Pengunjung Merasa Lebih Nyaman di Blog Anda

Ketika mampir ke sebuah blog, pernahkah anda merasa ingin cepat-cepat pergi meninggalkannya? (bukan karena terburu waktu lho). Pernahkah pula anda merasa betah ketika berlama-lama di dalamnya? Pasti ada something yang membuat anda merasa ingin cepat pergi atau malah ingin berlama-lama di dalamnya.


Nah, bagi sobat yang punya blog untuk dikunjungi oleh banyak orang (bukan cuma buat curhat untuk diri sendiri), pasti tidak ada yang ingin pengunjung blognya sekedar mampir, lalu beberapa detik kemudian ngacir entah ke mana Well, bagaimana ya caranya biar yang mampir di blog kita tidak cepat pergi?

Tips berikut ini mungkin bisa sedikit diaplikasikan.

1. Usahakan agar tampilan fisik blog anda tidak terkesan suram atau malah menyilaukan mata pengunjung

Kesan suram biasanya timbul dari pilihan warna background yang gelap. Aura yang terpancar pun biasanya menyiratkan kesuraman Sedangkan kesan silau umumnya muncul dari pilihan warna background yang terlalu mencolok.

Solusinya : pilihlah warna background yang terkesan soft (lembut) dan cerah. Tidak harus putih sih. Jika tetap ingin menggunakan warna-warna gelap atau mencolok untuk latar, usahakan agar tidak terlalu dominan.

Sekedar penguat : survei pribadi saya menyimpulkan, bahwa blog-blog yang punya PR dan page-view tinggi umumnya punya tampilan latar yang cerah dan nyaman di mata.


2. Usahakan agar penempatan widget anda agar tidak terkesan terlalu ramai dan mengganggu tampilan postingan.

Yang termasuk widget di sini yaitu berupa banner iklan, text link, dan berbagai aksesoris pemanis blog. Kalaupun ingin menampilkan banyak widget, aturlah agar posisi penempatannya tersebar secara proporsional (tidak menumpuk pada salah satu bagian saja). Sebab jika penempatannya pas, maka widget-widget tersebut bisa mempercantik tampilan blog anda. Sebaliknya, jika kurang pas dan kurang proporsional dalam penempatannya, widget-widget tersebut malah akan mengacaukan tampilan blog anda. Efeknya bisa berdampak pada pikiran/mood pengunjung.

Jadi, pergunakanlah jiwa desainer atau jiwa seniman anda dalam hal ini.


3. Usahakan menulis konten/postingan secara maksimal, sesuai potensi dan kemampuan terbaik anda.

Kalau bisa 100% kenapa mesti cuma 50% ? Maksimal di sini bisa berarti detail, punya nilai manfaat bagi pembaca, dan tidak sekedar berupa postingan ‘kejar setoran’ Contoh, jika ingin menulis postingan yang berupa tutorial, maka tempatkanlah diri anda sebagai pembaca yang butuh sesuatu yang detail, lengkap, dan mudah dipahami. Atau kalau ingin menulis sebuah pengalaman pribadi, usahakan agar yang baca bisa memperoleh hikmah atau pelajaran untuk dipetik.

Maksimal bisa pula berarti melakukan pengeditan secara matang terhadap tata bahasa tulisan sebelum dipublish. Intinya, pergunakanlah segenap kemampuan penalaran, pengetahuan, atau keterampilan verbal anda ketika menulis. Maksimalkan jiwa seni dan jiwa penulis anda dalam hal ini.

Intinya, menulis posting secara maksimal akan lebih berpotensi untuk membuat pengunjung merasa lebih terkesan dengan blog anda. Efeknya, kemungkinan ia akan penasaran untuk membaca postingan-postingan lainnya. Dalam hal ini, tentunya pengunjung akan jadi lebih lama mampir bukan?


4. Gunakanlah gaya bahasa yang ramah, bersahabat, dan terkesan santai ketika ingin menulis sesuatu yang agak serius.

Lho, gimana tuh? Nah, saya sendiri dalam hal ini masih terus belajar bagaimana caranya. Bingung nggak? Namun pengertian santai di sini tidak selalu harus banyak menyelipkan guyonan dalam postingan. Sewajarnya dan seperlunya saja. Sebab kalau terlalu banyak guyonan malah akan bikin garing postingan anda. So, jadikan saja candaan sebagai bumbu.

Namun yang jelas, biasanya pembaca/pengunjung blog akan lebih mudah menerima sesuatu yang disampaikan dengan kemasan yang ramah, bersahabat, proporsional, dan santai (walaupun konteks yang dibahas adalah masalah serius).

Bandingkan dengan gaya bahasa yang terlalu ekstrim, kasar, dan penuh makian tanpa dasar argumentasi yang jelas/kuat. Pembaca pun biasanya akan mudah tegang bin mumet dibuatnya


5. Gunakanlah emoticon dalam postingan anda.

Sebuah emoticon (simbol emosi) tertentu yang diselipkan dalam salah satu bagian posting biasanya akan memberi nuansa tersendiri. Tidak peduli apa pun jenis emoticon-nya. Terlebih jika pemilihan jenisnya pas (sesuai konteks kalimat atau kata-kata sebelum penempatannya). Yang penting tidak berlebihan.

Oya, sebuah emoticon dalam bentuk senyuman yang terdapat pada sebuah posting akan memberikan kehangatan tersendiri bagi pembacanya. Efeknya pun bisa membuat pembaca merasa sedikit lebih nyaman (banyak juga nggak papa..hehe). Percaya tidak percaya, itu cuma penilaian pribadi saya aja.


6. Pasanglah menu Recent Comments dan Categories pada blog anda.

Dengan adanya menu Recent Comments (komentar terbaru), pengunjung biasanya akan merasa lebih dihargai dan sekaligus lebih semangat untuk mengomentari postingan yang dibuka/dibacanya. Kenapa? Sebab ia merasa, jejak komentar yang ditinggalkannya akan mudah terlihat/terlacak oleh sang pemilik blog dan juga oleh pengunjung lain. Terlebih jika postingan yang dikomentarinya tergolong postingan lawas yang sudah tidak tampil lagi pada halaman utama.

Oya, jika trafik blog anda tergolong tinggi atau anda punya jalinan relasi yang luas dengan blogger lain, sebaiknya mensetting menu Recent Comments ini agar menampilkan minimal 10 komentar terbaru. Kalau trafik blog anda masih rendah, 5 komentar terakhir saja sudah cukup. Fasilitas Recent Comment ini bisa saja berbeda settingan defaultnya antara satu hosting blog dengan hosting blog lainnya.

Sedangkan adanya menu Categories (kategori posting atau label) akan mempermudah pengunjung untuk mencari/menemukan tema postingan yang sekiranya menarik minat atau sesuai kebutuhannya. Tentunya hal ini memberikan peluang untuk mengikat pengunjung (agar bisa lebih lama mampir di blog kita).

Keberadaan menu kategori ini sangat penting, terutama jika deretan postingan terbaru yang tampil pada halaman utama tidak ada yang menarik perhatian pengunjung untuk dibaca. Ini bisa saja terjadi, terutama jika pengunjung datang ke blog anda via halaman utama (home).



***

Nah, semoga keenam tips sederhana di atas bisa sedikit berguna bagi para sobat blogger sekalian. Saya sendiri masih belum maksimal dalam mengunakannya, terutama poin (2), (3), dan (4). Jika sobat ingin menambahkan atau mengoreksi, silakan sampaikan lewat kolom komentar di bawah ini.


(oya, ngomong-ngomong, blog ini belum tentu mampu membuat pengunjungnya merasa betah loh…soalnya masih banyak kekurangan yang mesti diperbaiki..hehehe)

Dukungan kontes >>> apa sih asyiknya belajar seo?

23 comments:

  • o, gitu ya
    saya coba praktekin lah
    makasih tipsnya

    22 February, 2009 17:58

  • Semoga bermanfaat ya mas. Makasih udah mau baca.

    22 February, 2009 22:02

  • sajikan artikel selengkapnya... biar pengunjung betah buat balik lagi... :))

    23 February, 2009 13:54

  • nice post bro.. segera dipraktekan nih.. :D

    oia, nunut jadi followers nya... :)

    23 February, 2009 15:30

  • menurut saya yg menjadi problem adalah masalah me-load halaman blog :D kalo lama load-nya mending langsung kabur :D

    23 February, 2009 20:18

  • aku suka tuh pake emoticon.
    asal ga terlalu banyak itu bikin blog kita jadi segar

    24 February, 2009 01:25

  • @ online marketing : setuju :)
    @ Masenchipz : bener juga ya..hehe
    @ anggi : nunut juga deh :D
    @ rio2000 : itu karena kebanyakan widget, sehingga loading jadi berat n lama.
    @ easy : aku juga suka kok, bikin tampilan posting jadi beda deh pokoknya. Thx.

    25 February, 2009 10:20

  • sepakat!!

    aku paling sebel ada blog dengan background hitam, trus font nya warna putih. susah dibaca. mungkin harus pake kacamata kuda (delman) gitu ya! kayaknya menarik tuh
    www.totalisme.blogspot.com

    25 February, 2009 10:40

  • wah
    setuju banget neh tipsnya
    nice info
    makasih boss

    25 February, 2009 11:45

  • Sama-sama bos :) Gak mau nambahin nih? :D

    27 February, 2009 18:51

  • kalau aku sich namanya juga blog ku . yang penting info tersampaikan dengan baik dan benar :D

    02 March, 2009 06:28

  • Wah bagus juga nich topsnya, kalau warna backgrounnya putih gimana ya

    04 March, 2009 09:34

  • @ bayuhebat : iya sih. Tapi biar infonya bisa tersampaikan dengan nyaman bagi para pembaca, kita juga perlu memperhatikan beberapa hal, seperti yg saya kupas di atas :) Thx ya mas.

    @ Ibnu : warna background putih mah bagus kang. Mayoritas blog yang punya trafik dan page view tinggi menggunakan warna putih sbg. warna background-nya. Makasih.

    05 March, 2009 17:22

  • @ heri >>> blog mas sih udah keren desainnya. Lay-uot juga udah oke. Tapi sayang, kurang nyaman di mata karena pengaruh warna background yang gelap (hitam). Kalo mau sih pake background warna putih/cerah aja buat warna latar postingnya.

    03 August, 2009 15:13

  • khusus layar postingannya ya? dicoba duludeh

    03 August, 2009 15:18

  • @ heri >>> betul mas, khusus untuk area posting saja deh.

    03 August, 2009 16:10

  • postingannya bermanfaat skali sob.......
    trims ya

    23 August, 2009 11:15

  • @ Rahad TheKill >>> makasih ya sob. Semoga sedikit memberikan input yang membangun.

    @ heri >>> selamat otak-atik deh mas. Tapi jangan kelamaan otak-atiknya. Ntar jadi gak update :)

    23 August, 2009 15:12

  • mencoba menerapkannya mas

    posting yang bagus..

    25 October, 2009 08:54

  • Wah artikelnya menarik mas :D

    Mencoba menerapkan de

    12 April, 2012 14:08

  • Post a Comment

    Silakan tulis komentar sesuai pendapat pribadi kamu

    Back to Top
     

    kafe28 Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template | Top