21 February 2009

21 February 2009

Analisis dan Hasil The Master (RCTI) Edisi 20 Februari 2009

Mengecewakan! Itulah tanggapan dan gambaran perasaan saya terhadap hasil akhir dari acara The Master : Mencari Bintang Tanpa Mantra episode ketiga tadi malam (Jumat 20 Februari 2009, pukul 21.00 – 00.15 Wib di RCTI).

Betapa tidak, dalam episode ”Duel Adrenalin” itu, Aldi Sungkar yang menunjukkan performa cukup bagus akhirnya harus tersingkir dari persaingan untuk menjadi The Master (gara-gara ia memperoleh hasil vote paling rendah dari polling SMS pemirsa). Inilah resiko dan sekaligus kelemahan sistem penjurian yang menggunakan metode vote SMS

Peserta yang menunjukkan performa lebih baik belum tentu akan aman. Bahkan bisa saja kalah suara dengan peserta yang tampil lebih buruk darinya. Itulah yang terjadi pada hasil akhir polling SMS dalam The Master episode ketiga semalam. Vote tertinggi justru diraih oleh Angel (satu-satunya peserta wanita) yang pada episode tadi malam menunjukkan performa sangat buruk.

Atraksi mendeteksi cairan kimia berbahaya yang dilakukan Angel terasa kurang greget, membosankan, dan kurang meyakinkan. Benar sekali komentar pedas dari Deddy Corbuzier maupun Rommy Rafael yang melihat banyak sekali kekurangan pada performa Angel. Saya pun melihat kekurangan Angel terletak pada sisi komunikasi, tidak ada pesan yang jelas dari atraksinya, dan konsep yang terkesan kurang matang dalam show performanya.

Peserta lainnya, yaitu Abu Marlo, juga tampil mengecewakan dengan konsep yang kurang jelas (mengambang). Kelemahan utamanya terletak pada cara berkomunikasi yang masih terkesan amburadul. Ditambah dengan kurang mampu menguatkan pesan pada atraksinya. Performa Abu yang menampilkan atraksi menghindari bahaya bambu runcing tampak membingungkan penonton. Bahkan menurut saya masih terlihat unsur rekayasanya. Abu kurang mampu meyakinkan penonton dalam meminimalisir kesan adanya rekayasa.

Di sisi lain, Richard Rain (peserta berikutnya) malah menampilkan atraksi yang cukup menjijikkan menurut Deddy sang juri. Walau demikian, atraksi pertamanya yang berkaitan dengan konsep ”benda padat mampu menembus benda padat” itu terlihat cukup memukau. Yang patut disayangkan adalah atraksi keduanya, yang ternyata meniru salah satu atraksi yang pernah dilakukan oleh Deddy Corbuzier pada acara HUT RCTI beberapa bulan lalu. Ironisnya, Richard akhirnya malah lolos ke babak berikutnya minggu depan.

Namun Richard saya lihat punya kemampuan komunikasi yang cukup baik dan masih pantas untuk lolos ke babak selanjutnya. Satu-satunya kesalahan yang dilakukannya semalam ialah membawakan atraksi yang sudah pernah dilakukan oleh orang lain. Bahkan tidak lebih baik.

Nah, peserta yang menurut saya tampil paling maksimal tadi malam yaitu Joe. Dari segala aspek penilaian, seharusnya Joe yang memperoleh vote tertinggi. Namun ternyata Joe cuma berada di posisi kedua di bawah Angel (dalam perolehan akhir dari polling SMS).

Yang patut disayangkan ialah tersingkirnya Aldi Padahal aksi yang diperlihatkan olehnya semalam tergolong lebih baik ketimbang 3 peserta lainnya (Abu Marlo, Angelina Zhi, dan Richard Rain).

Ah, sistem polling SMS memang kurang fair Saya pribadi mengusulkan agar para juri juga dilibatkan dalam menentukan peserta yang harus tersingkir. Setidaknya, juri juga diberi wewenang untuk memberikan hak istimewa guna menyelamatkan peserta tertentu yang dianggap paling layak untuk maju ke babak berikutnya. Lalu selanjutnya bisa dipadukan dengan hasil polling SMS.

Bagaimana pihak produser?

Hasil vote SMS The Master edisi ketiga (duel adrenalin) :
1. Angel (tertinggi)
2. Joe (kedua)
3. Abu Marlo (ketiga)
4. Richard Rain (keempat)
5. Aldi Sungkar (terendah dan harus tereliminasi)

5 comments:

  • saya gak nonton
    cuma dengar sekilas suaranya aja pas lagi ngenet

    21 February, 2009 13:32

  • Acaranya seru loh mas. Sayang banget kalo sampe gak nonton. Mungkin lagi keasyikan ngenet ya..hehe. Makasih.

    21 February, 2009 13:53

  • yang saya kurang simpati:
    knapa juri ikut campur dalam permainan mereka(jantung kundalini)misalnya...knapa dc ikut berperan?
    padahal permainan ini.tidak berbahaya sama skali!
    tugas juri harusnya menilai kekurangannya aja misalnya kurang maching, lagu, pakaian, partner, ato penampilannya.kritik yang membangun...yang wise gitu loh!
    jangan membunuhan karakter peserta!
    aldi the best pada jum'at malam kmaren!;)).menegangkan sayang kalo harus tereliminasi...memang gak fair.
    karna yang lain mempunyai cara permainan yang sama cuma beda objectnya aja..disini yang kaya yang menang!..
    YANG saya ketahui:
    ALDI adalah THE BEST MAGICIAN EXTRAVAGANZA INDONESIA 2008.dia satu satunya yg di utus ke thailand untuk perwakilan dari indonesia.
    saya doakan cita citanya tercapai!amin

    21 February, 2009 15:44

  • minta replaynya dong yang pas si richard rein sama Joe shandy

    sayng banget gw ketiduran
    pdhal ktnya 2 orang itu lumayan menghibur..
    kalo yang ada replaynya minta yah

    bisa di kirim ke willzkeren@yahoo.com
    thx.

    22 February, 2009 12:34

  • Makasih buat komentar dan tambahan info dari anonim. Semoga bisa jadi masukan bagi pengelola acara ini.

    22 February, 2009 21:19

  • Post a Comment

    Silakan tulis komentar sesuai pendapat pribadi kamu

    Back to Top
     

    kafe28 Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template | Top