21 February 2009

21 February 2009

Cara Pasang Recent Comment di Blogspot


Buat teman-teman yang punya blog gratisan di blogger alias blogspot, mungkin sebagian masih bingung bagaimana caranya memasang menu recent comments atau komentar terbaru. Fungsi menu ini tentu saja menampilkan daftar komentar terbaru yang masuk pada berbagai postingan di blog kita.


Dengan bantuan menu ini, kita jadi lebih mudah melacak (mengetahui) jika ada komentar baru, terutama yang perlu segera dijawab atau difollow-up. Terlebih lagi jika komentar tesebut masuk pada postingan-postingan lawas kita yang sudah tidak tampil lagi pada halaman utama blog.

Pada kondisi tersebutlah kehadiran menu recent comments terasa
sangat membantu. Nah, masalahnya menu ini tidak tersedia dalam default settingan blogger. Tidak seperti layanan blog di wordpress yang sudah tersedia secara default. Untuk para blogger yang menggunakan blogspot harus menambahkan sendiri menu ini. Caranya?

Ada 3 cara untuk memasang recent comments di blogger/blogspot, yaitu :

1. menggunakan feed pada bagian elemen halaman.
2. menggunakan layanan widget dari blogger-templates.blogspot.com
3. menggunakan javasrcript dari grazr.

Di sini saya cuma akan memaparkan langkah-langkah pasang recent comments dengan cara 1, yaitu :

- Login ke akun blogger anda.


- Klik ’Tata Letak’ atau ’Lay-out’ pada blog yang akan dipasangi recent comments.


- Lalu klik ’Tambah Gadget’ atau ’Add Gadget’ pada bagian sidebar atau footer yang akan anda tempatkan menu recent comment ini. Saran saya, sebaiknya tempatkan pada sidebar agar lebih mudah terlihat dan sekaligus agar pengomentar/pengunjung merasa lebih dihargai.


- Klik tulisan ’Feed’ pada pop-up/jendela yang terbuka.


-Pada bagian url, isikan dengan format seperti ini: http://namabloganda.blogspot.com/feeds/comments/default (Bagian berwarna merah isikan dengan nama blog anda).


- Klik "Lanjutkan" atau "Continue".


- Setelah muncul kotak khusus, beri judul ’Recent Comment’ atau ’Komentar Terbaru’ pada bagian judul.


- Pada bagian "tampilkan" yang terdapat pilihan angka, pilih saja 5 (untuk menampilkan 5 komentar terbaru). Lalu beri tanda centang pada kotak "Sumber/pengarang item".


- Klik simpan atau save.


- Selesai.


Setiap ada komentar baru pada postingan di blog anda, menu Recent Comments yang telah anda pasang ini akan menampilkannya. Oya, kelebihan recent comments dengan menggunakan feed ini yaitu terletak pada kesederhanaan tampilannya dan loadingnya yang sangat cepat bila dibandingkan dengan menggunakan cara (2) atau cara (3).


Namun kekurangan cara (1) ini yaitu terletak pada keterbatasannya dalam menampilkan jumlah komentar terbaru (maksimal cuma 5 komentar). Namun jika blog anda masih rendah trafiknya, menggunakan media feed ini untuk menampilkan menu recent comment sudah cukup baik.

Selamat mencoba. Untuk cara pasang recent comment menggunakan cara (2) dan (3) nanti akan saya bahas. Lengkap dengan plus minusnya.

(Tips ini saya peroleh dari mas adipramana).

Dukungan kontes >>> apa sih asyiknya belajar seo?


2 comments:

  • :D maturnuwon mas . . . .

    gue coba langsung bisa, terima kasih. jangan lupa berkunjung ke blog quw eya mas. saya tunggu

    19 April, 2009 00:02

  • Post a Comment

    Silakan tulis komentar sesuai pendapat pribadi kamu

    Back to Top
     

    kafe28 Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template | Top