21 February 2009

21 February 2009

Cara Pasang Recent Post di Blogspot


Recent Post merupakan menu yang berfungsi untuk menampilkan daftar beberapa judul postingan terakhir yang telah kita publish di blog kita. Untuk blog yang berbasiskan blogspot, menu ini belum tersedia dalam default settingan blogger. Jika ingin menampilkannya, kita mesti melakukan setingan secara manual.

Tapi jangan khawatir, cara menampilkan/memasang menu Recent Post ini sangat mudah kok. Berikut ini langkah-langkahnya :

- Login ke akun blogger anda.


- Klik menu ’Tata Letak’ atau ’Lay-out’ pada blog yang akan anda pasangi menu Recent Post ini.


- Lalu klik tulisan ’Tambah Gadget’ atau ’Add Gadget’ pada sidebar.


- Setelah muncul jendela atau pop-up, klik tulisan ’Feed’.


-Pada bagian url, isikan dengan format seperti ini: http://namabloganda.blogspot.com/feeds/posts/default (Bagian berwarna merah isikan dengan nama blog anda).


- Klik "Lanjutkan" atau "Continue".


- Setelah muncul kotak khusus, isikan dengan kalimat ’Recent Post’ atau ’Posting Terbaru’ pada bagian judul.
Pada bagian "tampilkan" yang terdapat pilihan angka, pilih saja 5 (untuk menampilkan 5 posting terbaru). Lalu beri tanda centang pada kotak tanggal atau pengarang/nama anda jika ingin menampilkan tanggal posting dan nama anda sebagai pengarangnya. Namun saran saya, sebaiknya kosongkan saja.

- Klik simpan atau save.


- Selesai.


Coba lihat tampilan blog kamu pada halaman utama. Jika berhasil, akan muncul menu Recent Post ini yang berisi daftar judul 5 postingan terbaru kamu.

Mungkin ada yang bertanya, apa sih pentingnya memasang menu ini di blog kita? Kan udah ada menu arsip blog yang nampilin semua judul postingan terbaru kita secara lebih lengkap? Emang bener sih.

Tapi masalahnya, daftar arsip blog agak kurang enak dilihat tampilannya karena cuma menampilkan sepenggal judul (jika judul posting agak panjang).

Selain itu, tampilan default arsip blog juga terlalu menumpuk jika kita banyak memposting artikel dalam satu bulan, sehingga terasa kurang estetis (terlalu mendominasi ruang sidebar).

Nah, dalam kondisi itu, menu Recent Post terasa lebih membantu karena tampilannya lebih enak dilihat (selain menampilkan judul postingan secara utuh).

Menu Recent Post (posting terbaru) juga akan sangat memudahkan para pengunjung blog kita untuk menemukan link postingan lainnya yang masih hangat usai ia membuka/membaca sebuah posting (atau ketika tidak berada pada halaman utama).

Nah, selamat mencoba.

(Tips ini saya peroleh dari mas adipramana).

Dukungan kontes >>> apa sih asyiknya belajar seo?

3 comments:

  • @ not important diary >>> nggak tau juga yach. Maksudnya gimana ya? Kalo judul postingnya udah pernah ditulis (ada yang sama), ya nggak bisa dihindari.

    26 May, 2009 14:06

  • thanks atas infonya...
    jangan lupa kunjungi blog aku juga ya
    www.phatinjo.blogspot.com

    maklum pemula...hehehehehehe

    02 November, 2009 23:52

  • Post a Comment

    Silakan tulis komentar sesuai pendapat pribadi kamu

    Back to Top
     

    kafe28 Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template | Top