27 February 2009

27 February 2009

Tips Memback-up Link Blogroll Saat Akan Ganti Template


Salah satu hal yang bikin kita super repot saat berganti template blogger dengan yang baru ialah masalah lenyapnya widget-widget (yang sebelumnya kita simpan pada elemen template lama).


Salah satu widget/menu yang paling membuat kita pusing saat mau menambahkannya pada template baru yaitu menu blogroll (yang menyimpan daftar link blogger-blogger sahabat kita).

Jika koleksi blogroll kita masih sedikit (di bawah 10 misalnya), tentu tidak menjadi masalah. Namun akan bikin puyeng tujuh keliling kalau koleksi blogroll kita sudah mencapai puluhan dan tidak kita back-up dulu sebelum mengganti template. Sebab menu blogroll ini biasanya akan ikut lenyap saat kita mengganti template.


Tapi jangan khawatir, kita bisa memback-upnya terlebih dahulu agar link-linknya masih bisa kita copy-pastekan pada daftar blogroll di template baru nantinya. Jangan buru-buru mengganti template sebelum mengamankan data-data link blogroll anda. Caranya?

● Sesaat sebelum mengganti template (tepatnya sebelum meng-upload kode template baru), coba anda buka halaman utama blog anda yang masih menggunakan template lama.

● Lalu klik menu ’Page Source’ yang terdapat dalam menu ’View’ pada bagian kiri atas browser anda. Kalau bingung, letak menu View yaitu setelah menu File dan Edit pada top-bar (kiri atas). Dan untuk membuka menu Page Source, anda harus meng-klik menu View tersebut terlebih dahulu.

● Setelah anda meng-klik menu Page Source dalam menu View, akan muncul box/kotak khusus dalam notepad yang berisikan kode-kode html dan kode-kode widget blog anda.

● Nah, coba cari kode-kode pada bagian blogroll. Di situ pasti tercantum semua link url blogger yang telah anda simpan dalam blogroll.

● Jangan tutup dulu box/kotak Page Source yang berisikan link-link blogroll tersebut. Biarkan saja tetap terbuka. Sementara itu, anda bisa langsung meng-upload kode template baru ke kolom ’edit html’.

● Nah, setelah template baru berhasil anda upload, anda bisa langsung membuat menu blogroll dengan bermodalkan data Page Source dalam kotak yang telah anda buka sebelumnya. Caranya? Copy dan pastekan saja semua link blog teman anda dalam Page Source tersebut secara satu per satu ke menu blogroll yang baru. Mudah kan?

● Nah, dengan demikian, tentunya akan lebih mempercepat waktu dan sekaligus lebih menghemat tenaga ketimbang anda mengetikkan satu per satu link blog teman anda secara manual pada menu blogroll yang baru.

Oya, anda bisa juga memback-up link blogroll pada template lama dengan cara menyimpan menu Page Source-nya. Caranya, setelah Page Source-nya anda buka, coba simpan/save dengan cara mengklik menu ’File’ dan ’Save As yang ada pada bagian kiri atas kotak Page Source tersebut. Simpan saja pada harddisc PC anda atau bisa juga pada USB Flashdisk (jika anda ngenet di warnet atau kantor). Cara ini harus anda lakukan jika anda belum sempat membuat menu blogroll baru usai mengganti template.

Selamat mencoba.


Dukungan kontes >>> apa sih asyiknya belajar seo?

5 comments:

  • wah...
    tips yang keren neh...
    makasih banyak mas

    27 February, 2009 14:29

  • Sama-sama mas :) Cuma mau sharing aja kok..

    27 February, 2009 18:41

  • Sayang aku pake blogdetik jadi kayaknya g bisa di Backup dech atau aku saja yach yg g bisa :D

    Kalau buat link temen2 kita yg misalkan setiap comment ketahuan judul tulisan terakhir pengunjung gimana caranya .. KAsicgh tau dong bang ...

    Makasih ..
    Aku tunggu yach :) *Ngarep :)

    Salam :)

    27 February, 2009 21:00

  • @ Aribicara : kayaknya sih berlaku juga kok untuk platform blog-blog lain. Cuma yang beda mungkin cara setting menu blogrollnya. Kalo untuk blogdetik, saya kurang tau mas :) Tapi kalo mau back-up dengan cara di atas, coba aja mas. Siapa tau bisa.

    Buat link di komentar yg ditinggalin komentator? Nah, saya juga gak tau tuh gimana caranya. Kayaknya cuma buat blog yang punya domain sendiri dan hosting sendiri juga (bukan gratisan kayak kita-kita)..hihi

    Thx ya mas Ari. Dah lama nih saya gak mampir di blognya.

    28 February, 2009 10:59

  • Wah!! Baru tau trik begini mas, Thanks Info nya bro. Izin bookmark dulu ah! hehe..

    07 July, 2009 17:49

  • Post a Comment

    Silakan tulis komentar sesuai pendapat pribadi kamu

    Back to Top
     

    kafe28 Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template | Top