15 March 2009

15 March 2009

5 Komedian Termahal Indonesia, Layakkah Mereka?

Dunia hiburan (entertainment) rasanya tidak bisa dilepaskan dari profesi yang satu ini. Anda boleh menyebutnya sebagai pelawak. Namun di sini saya lebih senang menyebutnya sebagai komedian. Makna komedian lebih luas menurut saya. Seorang komedian lebih multy-talented dan lebih serba bisa dibandingkan dengan seorang pelawak.

Lalu, siapa sajakah yang layak digolongkan sebagai komedian (sejati) ? Anda boleh menyebutkan beberapa nama yang anda anggap memenuhi kriteria sebagai seorang entertainer sejati. Di sini saya punya 5 nama. Sebagian besar dari mereka mengawali karir sebagai pelawak (spesialis pentas). Sisanya (1 orang) ternyata tidak punya basic sebagai pelawak, namun akhirnya menjelma menjadi seorang komedian yang sangat populer saat ini.

Siapa sajakah kelima komedian tersebut? Sebelum saya sebutkan, saya ingin memberi kabar, bahwa kelimanya saat ini tergolong sebagai 5 komedian termahal Indonesia ! Wow… tepuktangan Ini menurut versi acara On The Spot yang ditayangkan oleh Trans7 pada hari Rabu 11 Maret 2009 kemarin.

Kelimanya saat ini memang sedang laris-larisnya. Ada muka lama. Ada pula wajah baru yang sedang naik daun. Siapa sajakah mereka?

tukul arwana1. Tukul Arwana

Komedian yang satu ini memang luar biasa. Mempertahankan kualitas lelucon/banyolan dalam jangka waktu beberapa tahun sebagai presenter acara Empat Mata bukanlah sesuatu yang mudah untuk dilakukan. Namun Tukul ternyata mampu melakukannya. Salut! tepuktangan Sampai tulisan ini saya tulis, daya tarik Tukul sebagai komedian belum menunjukkan tanda-tanda untuk memudar. Lelucon Tukul Arwana ketika membawakan acara Empat Mata masih mampu mengocok perut para penonton (termasuk saya tentunya).

Hampir setiap kata dan bahasa tubuhnya mampu mengundang tawa Ya, Tukul adalah seorang entertainer sejati, sekaligus komedian sejati. Tak heran jika akhirnya tarif/honor sekali tampilnya bisa sampai puluhan juta rupiah.

Sebagai seorang komedian, Tukul tergolong sangat cepat merespon sesuatu dengan cara/banyolan yang cerdas dan pas. Kemampuan improvisasi lawakan dan komunikasinya bisa dibilang cukup brillian. Termasuk kemampuan blockingnya juga. Selain itu, ia juga punya kemampuan untuk menghargai lawan bicaranya dan memperlakukan mereka layaknya manusia yang butuh perhatian dan penghargaan.

komeng2. Komeng

Berawal dari pelawak spesialis pentas, Komeng kini menjelma menjadi seorang komedian sejati. Ia terbilang sangat laris (banyak job). Mungkin sudah puluhan acara televisi yang melibatkan ia sebagai salah satu pengisi acaranya. Anda mungkin sering menyaksikan Komeng tampil di tv ketika bulan ramadhan, tepatnya saat jam-jam sahur. Untuk saat ini, anda bisa saksikan banyolan khas Komeng di acara Gong Show yang ditayangkan oleh Trans TV.

Sebagai komedian, Komeng tergolong punya ciri khas yang sangat kuat. Apa itu? Tak lain tak bukan adalah celotehan spontannya. Ada juga yang bilang celetukan Ya, celotehan/celetukan Komeng hampir bisa dipastikan akan mengundang gelak tawa. Oya, ada satu lagi keunikan Komeng, yaitu suara sengaunya yang khas ketika berceloteh atau nyeletuk.

Kelebihan lain dari Komeng yaitu terletak pada kemampuan blocking dan improvisasinya yang luar biasa ketika melucu. Dan itu sudah ditunjukkan/dibuktikan olehnya ketika tampil sebagai salah satu peserta dalam acara uji akting tanpa naskah/skenario yang berjudul “Akhirnya Datang Juga” (ditayangkan oleh Trans TV).

Jika akhirnya Komeng masuk deretan kedua Komedian Termahal Indonesia, saya rasa memang sangat layak.

eko patrio3. Eko Patrio

Beberapa tahun yang lalu ia mungkin cuma dikenal sebagai salah satu anggota grup lawak yang bernama Patrio. Namun secara perlahan, Eko mulai menunjukkan talentanya yang luar biasa sebagai seorang presenter. Tentunya bukan sekedar presenter biasa yang identik dengan formalitas. Eko mampu membuat acara apa pun yang dibawakannya menjadi lebih segar dengan banyolan-banyolan khasnya.

Sudah tak terhitung acara tv yang pernah dipandu oleh Eko saking larisnya ia. Berkali-kali pula ia masuk nominasi sebagai prsenter terfavorit dalam berbagai ajang penghargaan. Puncak popularitasnya mungkin terjadi saat ia (bersama Ruben Onsu) membawakan acara Supermama di Indosiar.

Lalu, apa sih nilai jual atau kelebihan Eko Patrio?
Menurut saya sih terletak pada keluwesannya dalam berinteraksi dengan para audiens dan lawan bicaranya ketika tampil sebagai pembawa acara maupun sebagai pelawak. Selain itu, Eko juga punya gaya banyolan yang sangat khas. Kemampuan improvisasi dan blockingnya juga bagus, sehingga tak pernah/jarang sekali kehabisan ide untuk membuat lelucon segar.

Dari kelebihan-kelebihan tersebut, cukup layak kiranya jika Eko memasang tarif tinggi untuk setiap penampilannya, sehingga masuk jajaran komedian termahal Indonesia urutan ketiga.

parto4. Parto

Jujur saja, sebenarnya gaya banyolan Parto tidak terlalu istimewa bagi saya. Walau demikian, Parto tetap punya ciri khas sebagai seorang pelawak maupun komedian. Fakta memuktikan ia cukup laris. Namun entah mengapa, banyolan-banyolan Parto seringkali terasa garing dan hambar bagi saya. Ia masih terlalu mengandalkan gaya banyolan lamanya. Spontanitas dan kemampuan blockingnya juga masih kurang. Kalaupun akhirnya ia masuk deretan komedian termahal Indonesia, saya kira Parto harus lebih kreatif dan berupaya keras menemukan ciri khas yang pas buatnya.

olga syahputra5. Olga Syahputra

Ini dia komedian yang sedang naik daun saat ini. Tahun 2009 seakan menjadi tahun puncak popularitas lelaki yang rada kemayu ini. Kiprahnya di dunia entertain mungkin masih terbilang baru. Namun dengan keunikan yang dimilikinya, Olga mampu mencuri hati para produser acara tv dari berbagai stasiun tv untuk menggunakan jasanya (melibatkan ia) sebagai salah satu pengisi acara. Dan bahkan sebagai pemandu acara (seperti pada acara komedi sahur bersama Komeng dan Adul, Ceriwis, Akhirnya Datang Juga, dan yang paling hot saat ini yaitu Dahsyat). Mungkin sudah tak terhitung jumlah acara tv yang pernah diikuti oleh Olga (saking larisnya ia).

Jujur saja, setahun yang lalu saya lihat Olga masih belum menemukan gaya banyolan dan ciri khasnya. Waktu itu Olga masih rada kaku dan suka kebingungan (kehabisan kata-kata atau ide lelucon) saat tampil mengisi acara di tv. Namun seiring bertambahnya jam terbang dan pengalaman, Olga terlihat makin luwes dan makin mahir membanyol.

Puncaknya adalah saat ini. Olga terlihat makin profesional dan layak dikategorikan sebagai salah satu komedian paling bersinar di tahun 2009 (termasuk di tahun 2008 kemarin). Ia sudah menemukan karakter yang sesuai dengan dirinya. Bahasa gampangnya, udah jadi gitu deh…hehehe. Banyolan-banyolannya pun makin segar dan hampir bisa dipastikan bakalan mengundang gelak tawa.

***

Oya, sebenarnya maih ada satu lagi komedian yang bisa dibilang sedang naik daun juga saat ini. Siapa dia? Dia adalah SULE. Saya rasa Sule layak masuk jajaran komedian sejati (walaupun tarifnya mungkin belum sebesar lima komedian di atas).

Nah, bagaimana menurut anda sendiri? Layakkah mereka di atas masuk jajaran komedian termahal Indonesia saat ini?

(foto-foto diambil dari situs/blog pangeran229.wordpress.com, rileks.com, krosceknews.com, agungbudi.com, dan rmblitz.com)

Dukungan kontes >>> apa sih asyiknya belajar seo?

60 comments:

  • Wah... Menurut saya sih layak... Salut untuk mereka semua!!

    O ya, Pak Bolot koq ga masuk ya? Truz, yang biasanya jadi kembarannya pak JK itu koq ga masuk juga ya??? Hehehe..

    15 March, 2009 11:22

  • 2 Hangga Nuarta : hehehe. Pak Bolot kayaknya layak juga tuh masuk nominasi, termasuk Jojon juga kali ya mas :) Kembaran pak JK? boleh juga tuh. Termasuk kembarannya Gusdur, Mega, pak Habibie, dan SBY..hehehe

    15 March, 2009 11:40

  • Sepakat. kelik pelipur lara jg bagus tuch

    15 March, 2009 18:00

  • saya paling suka klo komeng,olga,adul bersama-sama dalam 1 panggung.. pasti kocak... :D

    15 March, 2009 18:16

  • wah aq sih suka ma OLga tu yang pertama baru tukul...
    pkoknya kalau aq gi sedih atau stress tapi kalau dah tonton mereka aq jadi suuuuuuueueeeggggaaarrrr bangat........
    kok tarifnya kagak dicantumkan....???

    15 March, 2009 20:21

  • Eko...
    ;)

    Dia itu punya karisma gitu.
    Keren dahhh...

    15 March, 2009 23:30

  • komedian yang termahal, aku pikir...
    selebritas parpol layak masuk nominasi...=))

    15 March, 2009 23:52

  • @ pencerah : iya mas, kelik juga unik dan lucu kalo ngebanyol. Cuma sekarang udah mulai tenggelam kayaknya tuh.

    @ anggi : ketiganya kalo lagi nampil bareng emang kocak abiz deh. Cocok banget pula. Trio komedian paling serasi saat ini menurut saya.

    @ iwan : Soal tarif saya kurang tau persis sih. Abisnya mereka juga gak mau nyebutin secara jelas. Cuma kisarannya aja (ampe puluhan juta).

    @ HeLL-dA : eko emang punya kharisma tersendiri sebagai komedian. Banyolannya khas n gak pernah kehabisan ide :)

    @ antokoe : hmm, selebritas parpol? kayak para kembaran tokoh parpol ya? hihihi. Emang pantes kok mas. Mereka tergolong kreatif dan punya intelejensia tersendiri. Termasuk Ahmad Ghazali juga tuh :)

    16 March, 2009 13:32

  • Postingnya menarik baget ni, saya suka banget..
    saya yajin pasti bermanfaat.
    Salam kenal ya.
    Silahkan berkunjung ke BLOG HEBOH dan kirim komentar untuk

    mendapatkan backlink GRATIS karena BLOG HEBOH menggunakan sistem

    DOFOLLOW alias KASIH COMMENT = TUKERAN LINK. hehehe..

    Di tunggu yah kedatangannya,.

    http://blogheboh.blogspot.com

    16 March, 2009 22:13

  • menurut saya layak, karena lawakan mereka sangat mengibur dan up to date.

    17 March, 2009 14:08

  • iya tuh,.. si sule keren banget di OKB

    18 March, 2009 08:21

  • @ Rendy BlogHeboh : makasih banyak ya buat pujiannya. Semoga jadi pemacu saya untuk terus meningkatkan kualitas tulisan di blog ini.

    @ Website Gratis : betul mas. Gaya melucu mereka tergolong kreatif dan punya ciri khas. Semoga mereka bisa terus mempertahankan kualitas banyolannya. Kalo bisa sih ditingkatkan lagi.

    @ zoel : suka nonton OKB ya ternyata. Abis lucu banget yach. Saya juga suka nonton tuh. Thx. Sule emang lagi naik daun saat ini.

    18 March, 2009 13:18

  • jelas sangat layak sekali. aku secara pribadi, lebih memilih nonton film yang komedian dari pada sinetron or film laga. soalnya nih, katanya sih..kalo banyak tersenyum itu bisa mengurangi beban pikiran. nah lu. artinya khan para intertainer komediantuh banyak pahalanya lho*yaelah* karna bisa membuat orang lain ketawa ketiwi,hi..hi..

    btw, txs kunjungan siangnya ya?

    18 March, 2009 15:54

  • @ Kristina Dian Safitry : saya juga suka nonton komedian mbak. Bisa bikin stess ilang dan seger jadinya. Emang kok, mereka banyak pahalanya coz sering bikin orang jadi gembira. Bukankah membahagiakan/menggembirakan orang lain itu berpahala yach.

    Thx juga buat kunjungan baliknya. Mbak seorang jurnalis ya kayaknya? hihihi

    18 March, 2009 16:17

  • layak dong...mereka kerja keras bukan hasil karbitan

    18 March, 2009 16:22

  • ssttt..diem diem aje ya mas,jika dah tahu diriku seorang jurnalis.soalnya diriku masih penulis junior and jalanan nih,he..he..

    btw, mau bilang sorry,soalnya gak isa follow balik blog ini. tapi sekembalinya dari sini, link blog ini bisa di jumpai di: Sahabat Pilihan Update..gak apa apa khan? hbisnya aku jarang masuk ke kontrol panel..

    18 March, 2009 17:16

  • Saya tidak terlalu suka komedian yang cenderung menjelekan lawan main saat melawak.

    18 March, 2009 19:48

  • Kalo menurut saya lawakan mereka tidak bermutu, mereka melawak dengan memperjelekan orang lain atau pelawak lain. Padahal tanpa di sadari atau tidak itu membawa pengaruh pada penonton.

    Polawak yang menurut saya bagus adalah Topik Savalas, banyolanya tidak memperjelekan orang lain :D

    18 March, 2009 19:54

  • kalo mereka termahal setuju.
    tapi kalo terbaik, saya bakalan protes.
    hehehe...

    18 March, 2009 20:12

  • waa...kira 2 berapa tarif-nya ya...?
    kalo Budi anduk gimana mas, buat saya dia kocak juga tuh :D

    post yg menarik, Thanks

    18 March, 2009 21:35

  • gak peduli siapa yg termahal
    yg kupeduli siapa yg mau bagi duitnya ke aku $-)
    (pletakk..) adow..
    dasar mata uangan

    19 March, 2009 09:52

  • @ cebong ipiet : betul banget mas. Perjuangan mereka untuk sampai pada posisi sekarang ini mungkin bisa dikatakan berdarah-darah :)

    @ mbak Kristina Dian Safitry : hihihi. Gitu ya. Iya deh, ntar saya diem-diem azza ya. Wah, makasih banget udah masukin blog ini dlm list sahabat pilihan update-nya mbak. Semoga itu bisa memacu saya buat lebih produktif lagi dlm menulis, plus lebih meningkatkan kualitas postingan selanjutnya.

    @ imcw : soal itu, sebenernya sih tergantung kerelaan yg dijelekkan saja. Sepanjang yg disindir ikhlas, saya kira nggak papa. Namanya juga buat lucu-lucuan. Tapi gaya melucu seperti itu emang lama-lama bisa bikin orang jenuh menontonnya. Sudah saatnya memang para komedian harus menggunakan lawakan yg lebih kreatif dan cerdas. Seperti Jarwo Kuat contohnya. Atau seperti Effendi Ghazali kali ya? Thx.

    @ Cak Win : ada benarnya juga sih kalau ditinjau dari sisi tsb. Namun saya lebih menilai kualitas mereka dari sisi kemampuan improvisasi dan komunikasinya yg luar biasa. Toh, tidak semuanya lawakan mereka berupa ejekan. Banyak juga yg kreatif dan cerdas.

    @ Ekco : termahal bukan berarti yg terbaik ya ternyata :) Saya setuju juga mas. Mereka harus lebih baik lagi dlm menampilkan banyolannya kalo gitu ya.

    @ infopemula : soal tarif, saya masih kurang tahu berapa detailnya. Yang pasti sih ampe puluhan juta. Budi anduk? Kocak juga tuh. Lagi naik daun juga saat ini yach. Makasih.

    @ cengkunek : hmm, dasar mata duitan..hihihi (saya juga mau kalo gitu)..

    19 March, 2009 16:14

  • Aku cocok kalau Tukul No. 1 :D ckckck ..

    Namanya juga pelawak..
    Kalau dia kadang menjelek2an itu kan cuman lawakan dan aku yakin mereka g ada niatan menghina :D namanya juga lawakan :D ckckckck ..

    Salam :)

    19 March, 2009 16:51

  • @ Aribicara : hihihi.. Setuju juga deh. Itu kan udah ciri khas banyolan Tukul. Kalo nggak ada ejek-ejekan kayak gitu, kayaknya nggak bakalan lucu khan? hehehe (niatnya kan cuma buat lucu-lucuan ya)

    19 March, 2009 17:06

  • kalo cuma 5 aja terlalu sedikit, susah milihnya.
    haha..

    19 March, 2009 20:42

  • kalo saya mas lebeh seneng ke si komeng, dia punya sesuatu yang khas di dunia komedian, tapi kadang kala saya prihatin dengan komedian, bagaimana pun bentuk dan asalnya, biasanya komedian cenderung meminimalizkan seseorang dari kekurangan, itu yang menjadikan gelak tawa para audiennnya, kadang saya merasa prihatin mas, biasanya ada ada subjek, objek dan bahkan keduanya, kan kasian mas, walaupun memang itu cara mereka mendapatkan rupiah, opini bagus mas..salut..:)

    20 March, 2009 06:31

  • Wah hebat, tukul tetep yang paling mahal... :D

    20 March, 2009 13:19

  • Tukul emang hebat. Kaya tapi very very low profile, tapi kayaknya sekarang agak jaim daripada pertama2 tampil dulu. Ini pendapat pribadi saya saja lho...

    20 March, 2009 13:59

  • @ aprie : kalo gitu, tambahin dunks..hihihi

    @ anonymous : itulah faktanya mas. Gaya banyolan mayoritas pelawak kita saat ini memang masih terlalu mengumbar ejekan terhadap kekurangan lawan bicaranya. Semoga ke depannya bisa lebih baik lagi yach. Makasih buat komentarnya.

    @ mamas86 : Tukul masih ga ada matinya khan? hihi

    @ firanza : hmm, agak jaim ya sekarang. Saya kurang memperhatikan sih. Tapi bisa aja emang bener yach. Semoga Tukul tetap low profile n gak sombong. Thx.

    20 March, 2009 14:13

  • masih terjadi perbedaan tarif tang besar katyanya...

    22 March, 2009 10:54

  • Artikel anda di

    http://tv.infogue.com/5_komedian_termahal_indonesia_layakkah_mereka_

    promosikan artikel anda di infoGue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur musikgue.infogue.com, info cinema, game online & kamus online untuk para netter Indonesia. Salam!

    23 March, 2009 17:41

  • Wahh.. ok!!!
    trus tahun depan sapa yach.. :D

    25 March, 2009 15:55

  • olga sama tukul lucunya mirip yaitu dirinya sering jadi obyek celaan kalau tiga yang lain sih lucunya sering mencela orang dan menurut saya itu ga lucu. Patrio, komeng dan parto agak heran saya mereka bisa jadi yang termahal karena model guyonnya udah jadul dan agak2 kaya srimulat. kalau saya lebih suka srimulat yang asli daripada mereka bertiga. Buat olga ma tukul, maju terusss ...

    20 June, 2009 16:00

  • olga lagi, olga lagi. cape deh

    05 July, 2009 09:07

  • @ gunawan >>> gak suka ama olga ya mas kayaknya. Tapi bagi saya, Olga pantes kok jadi komedian laris. Mungkin aja gaya melucunya kurang berkenan bagi mas GUnawan. Tapi ia juga punya banyak penggemar dan banyak pula yang suka model guyonannya.

    05 July, 2009 11:02

  • eh sob...
    blocking apaan sih, hehehe...
    kagak tahu gue...
    klo lagi dipanggung sih stahu gue blocking membelakangi penonton... :-D

    03 December, 2009 14:14

  • @ yos >> blocking dalam dunia lawak itu sama dengan kemampuan berimprovisasi ketika menghadapi situasi khusus bro :-D Ngerti kan? hihihi (contohnya ketika jalan cerita sudah melenceng dari skenario).

    04 December, 2009 14:27

  • Yang Wajib dan Kudu dibayar Mahal dalam hal melawak cuma satu nama SULE ENTIS SUTISNA.. kenapa ??? silahkan compare sendiri, dia multitalented.. komplit menurut saya.

    06 May, 2010 09:20

  • Bwt mbax OLGA SYAHPUTRA gokiiiil abiizzzzzzz salut aku
    terusin bakatmu yang bwt orang-orang gemeeeeeezzzzzzzzzzzz

    13 May, 2010 11:01

  • saya sih setuju dengan 5 daftar pelawak diatas tapi memang benar saat ini SULE dan AZIS GAGAP kenapa gak dimaksudkan gan....

    02 October, 2010 12:36

  • tapi kalo sekarang, SULE udah setara gan

    04 November, 2010 18:51

  • Seharusnya sule termasuk dalam kategori tu gan...

    01 March, 2011 10:16

  • Menjual branded shoes secara online dengan harga lebih murah dari toko
    sepatu on line

    22 March, 2011 21:13

  • olga donk.....liat aksi na olga aja ku udh g bisa berhenti ketawa...olga bisa ngilangin stres

    19 April, 2011 00:01

  • saya memilih SULE ajja ah,,

    soal nya koCAk banget..

    hahaha

    16 June, 2011 09:08

  • menurut saya sih mereka semua pantas jika menjadi komedian termahal...
    karena mereka memang lucu-lucu kalo ngelawak..

    14 October, 2011 09:01

  • saya juga setuju kalau sule di masukan dalam jajaran komedian sejati.

    14 October, 2011 09:37

  • saya suka banget sama komeng...
    karena banyolan nya yang cerdas...

    14 October, 2011 09:49

  • semoga mereka semua bisa menjaga kepopuleran nya....
    dan selalu memberikan lawakan yang sangat mengocok perut..

    14 October, 2011 09:59

  • iya tuh kenapa sule gak dimasukan kategori komedian trmahal padahkan kocakn dan seru bangett

    27 May, 2012 12:00

  • sekarang tambah lagi sule juga bisa mahal loh bayarannya, tapi dari dulu tukul bisa mengalahkan pelawak yang lain

    29 September, 2012 16:21

  • Wah, untuk olga saya setuju betul gan ,
    paling mahal kayaknya ..

    04 January, 2013 18:16

  • sya setuju bgt,mereka itu layak bgt terkenal dan mahal...krna setiap mereka ngelwak mereka itu paham menenpatkan kata dlm situasiny...dan natural......salut deh buat mereka dan tetap berkarya...

    09 June, 2013 22:00

  • Low yg mahal mah olga ma tukul dehh nd paling kocak nd laris tapi napa sule gk ada ya

    07 December, 2013 23:49

  • Kalo komeng aku setuju gan. Contoh nya aja dia jd bintang iklan yamaha, komedian jd bntang iklan motor ternama, pasti mahal bgt tu bayaran nya.

    10 January, 2014 13:12

  • Post a Comment

    Silakan tulis komentar sesuai pendapat pribadi kamu

    Back to Top
     

    kafe28 Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template | Top