30 March 2009

30 March 2009

7 Tips Praktis untuk Meningkatkan Page View Blog Anda

page view blog

Sesuai janji saya di akhir artikel sebelumnya, kali ini saya akan mengupas beberapa tips praktis yang bisa anda jalankan untuk lebih meningkatkan page view blog anda.

Tujuan kita menjalankan tips-tips ini pada dasarnya yaitu untuk lebih menambah daya pikat dan daya ikat blog kita. Dengan harapan, pengunjung bisa lebih lama mampir dan lebih merasakan manfaat dari berbagai postingan di blog kita. Juga agar pengunjung merasa lebih nyaman ketika berada di blog kita. Selain itu, tentu saja demi lebih meng-optimalkan postingan-postingan lama (agar tidak sekedar menjadi arsip tanpa pembaca).


7 Tips Praktis untuk Meningkatkan Page View Blog Anda

1. Gunakanlah warna putih sebagai warna latar posting dan hitam sebagai warna utama hurufnya.

Ini poin pertama dan utama yang wajib diperhatikan jika anda tidak ingin pengunjung cepat kabur dari blog anda. Percaya atau tidak, warna background posting yang gelap (atau selain putih) akan mengurangi kesan ramah dan terbuka dari blog anda. Pengunjung akan merasa bahwa blog anda lebih bersifat personal dan tertutup (walaupun sebenarnya tidak demikian). Imbasnya tentu saja kurang baik bagi peningkatan page view blog anda.

Sebaliknya, warna latar posting yang cerah (terutama putih) akan lebih memancarkan kesan ramah, hangat, dan terbuka pada para pengunjung. Silakan bandingkan sendiri rasanya (antara warna putih dan warna selain putih sebagai latar posting).

2. Perbanyaklah menulis satu jenis topik, minimal setiap topik berisikan lima postingan/artikel. Jangan lupa pula untuk memberikan label kategori pada tiap postingan di topik tersebut.

Dengan banyak memposting tulisan/artikel untuk satu jenis topik, berarti anda punya peluang untuk menarik dan mengikat satu segmen pembaca yang tertarik dengan topik tersebut. Nah, segmen topik tersebut biasanya dengan suka rela akan mengklik/membuka link-link dalam topik yang disukai atau dibutuhkannya pada blog anda.

Tentunya hal itu akan berdampak positif pada peningkatan page-view blog anda. Apalagi kalau jumlah postingan anda untuk satu topik tersebut sudah banyak (lebih dari 10 postingan misalnya). Hal ini jauh lebih baik daripada anda menulis postingan dengan topik yang sangat beragam, tapi untuk setiap kategori ternyata cuma berisi satu postingan/artikel


3. Pasanglah menu Kategori pada sidebar dan Artikel Terkait (Related Post) pada akhir postingan anda.

Dua menu ini ibarat 2 sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan (karena saling berkaitan). Agar menu Related Post bisa ditampilkan, anda terlebih dahulu harus memberi label/kategori untuk setiap postingan anda. Dan sebelum memutuskan untuk memasang menu Related Post tersebut, sebaiknya anda harus sudah punya banyak postingan untuk beberapa topik/kategori (ingat poin ke-2 di atas).

Lalu, apa hubungannya dengan peningkatan page view?

Tentu saja sangat berdampak positif. Keberadaan menu Kategori dan Artikel Terkait (Related Post) akan mempermudah pengunjung blog anda untuk menemukan link artikel yang diminati atau dibutuhkannya.

Menu Kategori akan sangat berguna jika pengunjung datang melalui halaman utama (home). Sedangkan menu Related Post akan terasa sangat bermanfaat jika pengunjung sedang berada pada halaman posting/artikel.

Tentu saja keberadaan 2 menu tersebut akan lebih berpotensi untuk meningkatkan page view blog anda (ketimbang tidak ada keduanya).

4. Pasanglah menu Recent Post (posting terbaru) dan Random Post (posting acak) pada sidebar blog anda.

Adanya menu Recent Post akan mempermudah pengunjung blog anda untuk menemukan link judul beberapa postingan yang masih hangat, terutama jika ia berada pada halaman posting (bukan halaman utama). Kalaupun ia sedang berada pada halaman utama, menu Recent Post tetap akan berguna untuk mempermudah/mempercepat ia menemukan link judul posting terbaru, tanpa perlu men-scroll halaman home lebih jauh ke bawah.

Sedangkan adanya menu Random Post juga berpotensi untuk menambah page view blog anda. Menu ini cukup penting untuk menarik lebih banyak segmen pengunjung karena isinya yang merupakan gabungan/daftar posting dari berbagai kategori topik. Bisa jadi, menu Random Post ini akan menjadi gerbang pembuka untuk menarik dan mengikat segmen pengunjung tertentu.

5. Pasanglah menu Top Commentators dan Recent Comments pada sidebar blog anda.

Top Commentators adalah menu yang berisikan daftar nama+link pengomentar terbanyak pada suatu blog (disertai dengan angka jumlah komentar yang telah diberikannya). Keberadaan menu ini akan sangat berpotensi untuk mendorong pengunjung (terutama dari kalangan blogger) untuk banyak berkomentar pada berbagai postingan di blog anda. Sebelum berkomentar, tentu saja ia harus membuka link artikel dan membaca isinya. Nah, dari situlah page view blog anda akan terjadi dan berpotensi untuk mengalami peningkatan dalam waktu tertentu. Banyak komentar = page view meningkat!

Sedangkan mengenai menu Recent Comments sudah saya kupas habis dalam sebuah artikel khusus yang berjudul ”Menu Recent Comments : Antara Penting dan Tidak Penting” (silakan klik link judul artikel tersebut untuk menyimak isinya). Hubungannya dengan peningkatan page view? Tentu saja sangat berpengaruh positif dalam mendorong para pengunjung untuk berkomentar. Ingat pesan saya sebelumnya, banyak komentar = page view meningkat!

6. Tulislah judul postingan yang sekiranya menarik, memancing rasa ingin tahu, membuat penasaran, atau kontroversial.

Intinya, minimal dapat memancing keinginan pengunjung untuk meng-klik dan membaca isinya. Namun satu hal yang perlu anda perhatikan : JANGAN MENIPU PEMBACA! Jangan sekali-sekali berusaha menjebak/menipu pembaca dengan sengaja membuat judul yang menggoda, namun ternyata kurang nyambung dengan isi postingannya. Atau bahkan berbalik 180°.

Saya cukup sering menemukan blogger yang dengan sengaja menjebak para pengunjung dari search-engine lewat MANIPULASI JUDUL POSTINGAN yang terkesan menipu (demi memperoleh trafik gratis).
Bagaimana pun juga, pengunjung anda adalah manusia yang punya perasaan. Janganlah mengecewakan pengunjung dengan sengaja membuat judul yang menipu atau menjebak. Imbasnya, pengunjung akan menjadi kurang simpati dengan blog anda. Akhirnya, kemungkinan besar ia cuma mampir sebentar dan lalu akan segera ngacir ke blog lain untuk mencari artikel yang sesuai dengan kebutuhannya.

Tentu saja hal ini kurang baik bagi peningkatan page view blog anda bukan? Anda cuma berhasil memperoleh trafik (sesaat). Namun anda gagal mengikat dan memikat pengunjung tersebut untuk lebih lama mampir atau lebih banyak meng-klik link-link artikel lain pada blog anda.

7. Sisipkanlah minimal 1 link inbound dalam
setiap postingan anda.

Link inbound yaitu link yang tertuju pada salah satu halaman artikel di blog anda (bukan link menuju halaman blog/website lain).

Nah, dengan menyisipkan link inbound dalam setiap postingan anda (yang menuju ke halaman artikel/postingan lain), diharapkan pembaca akan penasaran meng-kliknya. Terlebih jika pembaca merasa perlu meng-kliknya karena dianggap sangat berkaitan dengan topik postingan yang sedang dibacanya.

Untuk itu, anda perlu menyesuaikan link inbound yang akan disisipkan tersebut dengan tema/topik yang sedang anda bahas di postingan. Semakin berkaitan dengan topik, maka akan semakin berpotensi untuk di-klik oleh pembaca. Terlebih jika secara sopan dan halus, anda ikut mendorong pembaca untuk meng-kliknya.

Untuk lebih menarik perhatian pembaca agar meng-kliknya, anda bisa berikan warna berbeda pada link tersebut. Bila perlu, dicetak tebal. Bisa pula disetting agar bergaris bawah saat disorot oleh mouse.

***

Sebenarnya masih ada beberapa tips lagi yang bisa dilakukan untuk meningkatkan page view blog anda. Misalnya dengan memasang menu Recommended Post (yang isinya berupa daftar link artikel-artikel penting yang sekiranya dibutuhkan oleh pengunjung blog anda). Ini jika blog anda sudah punya banyak postingan yang berbobot atau bernilai manfaat tinggi untuk jangka panjang.

Atau bisa juga anda pasang menu Popular Post (yang isinya berupa daftar link postingan yang paling banyak dikomentari).

***

Nah, semoga tips-tips di atas bisa berguna bagi anda. Semua tips di atas saya dasarkan atas hasil pengamatan dan pembelajaran pada blog-blog yang punya page view harian tinggi. Saya sendiri masih belum maksimal dalam menggunakannya.

53 comments:

  • Pertamaxxx...!
    Tips yang bermanfaat sekali, bro. Alhamdulillah saya sudah melakukan beberapa hal yg disebutkan. Cuma khusus untuk yg menu-menus seperti Top Post, Tops Commentators, dll itu kan memakai javascript. Nah, takutnya terlalu banyak kode javascript membuat loading blog jadi lebih lambat. Gimana th solusinya?

    30 March, 2009 15:26

  • @ Ecko : makasih buat pertamaxnya :) Soal menu2 tsb, emang sih pake javasrcript. Solusinya, ya gunakan beberapa saja (gak perlu semua menu yg saya sarankan itu). Mungkin cukup pasang recent post, recent comments, dan random post.

    Tapi widget random post kayaknya akhir2 ini suka bermasalah mas. Makanya saya hilangkan sementara ini (sebelumnya saya pasang).

    Kembali lagi deh ke pertimbangan kita soal menu yang mana mau lebih diutamakan untuk dipasang. Kalo demi membuat pengunjung lebih lama mampir, kenapa tidak sedikit berkorban? hehehe

    30 March, 2009 15:36

  • Wow...ko,plit mas...saya belum mengoptimalkan yg ini nih...thanks

    30 March, 2009 16:42

  • keren kalee nih tipsnya..

    mantabs bangat dah....

    thanks....

    30 March, 2009 22:50

  • Terima kasih mas is atas info nya....
    Blog baruku ini masih uc...postingan ini bisa jadi reff koe...

    31 March, 2009 08:32

  • Sudah lengkap tips-nya, Om!
    Btw, soal Top Commentator, hehe, pengen juga sih masangnya. Lihat nanti deh.

    Dan utk pageviews sendiri, emang penting banget. Sekarang saya sedang mengejar PageViews - supaya bs pasang KlikSaya.
    Syaratnya kan Pageviews-nya harus 10rb yah, Om.
    Masih belom nyampe' nih.
    :(

    Semangat-semangat!

    31 March, 2009 12:53

  • @ narmadi : dicoba aja sesuai kemampuan ya mas. Thx udah mau baca ulasan sepanjang ini :)

    @ pencerah : saya tunggu ya pelaksanaannya di blog mas :) Dicoba secara bertahap aja dulu. Oya, sorry ya, saya belum pernah komen di blognya mas. Jadi ga enak nih, coz mas pencerah rajin komen di sini.

    @ arikaka : masih baru ya ternyata. Dicoba dulu secara bertahap. Mulai dari yang nomer 1. Thx.

    @ HeLL-dA : weleh..weleh.. Mau pasang KlikSaya ternyata. Rada berat tuh HeLL syaratnya. Blog ini aja page-view bulanannya belum sampe 10 ribu. Masih jauh banget :)

    Tapi emang kudu tetep semangat yach. Thx.

    31 March, 2009 17:11

  • @ ammadis : oya, saya salah kasih tanggepan ternyata. Blog mas ammadis masih baru yach. Moga ulasan saya di atas bisa sedikit membantu ya. Makasih.

    31 March, 2009 17:13

  • tipsnya cantik dan menarik;
    pageview yahhhh? bener, saya rasa semua tips di atas bisa dipraktekkan dengan mudah asal bertahap.

    31 March, 2009 19:17

  • wahh...sy prlu berguru sm mas yg satu ini..
    keren mas.
    loading page nya jg g lambat kok.
    salam knal juga ya mas.

    01 April, 2009 14:56

  • Setuju mas,
    tapi sebenarnya ada beberapa point yang belum diterapin nih
    makasih tipsnya :D

    01 April, 2009 16:31

  • tips yang sangat mantap sekali..thank sharingnya

    01 April, 2009 17:26

  • Tipsnya Ok banget Mas Kandar..
    Sering 2 ke Blogku ya..

    01 April, 2009 18:24

  • Jangan lupa promosi lewat SMS juga, huehehee

    01 April, 2009 21:31

  • Keren keren nich tipsnya.
    Thanks ya.

    02 April, 2009 07:56

  • MANTAP tipsnya

    LENGKAP

    nyoba dulu aaah satu persatu

    02 April, 2009 08:07

  • Wah, mantap bos...tapi kalo websitedownload gitu bagusnya seh yg backround hitam tulisan putih bos..hehehehe

    02 April, 2009 08:23

  • @ semua yg udah komen : makasih banyak ya sudah meluangkan waktu untuk membaca tutorial panjang di atas :) Saya bahagia kalau akhirnya bisa sedikit memberikan inspirasi bagi rekan-rekan blogger semua. Thx. Buat septian, website download lebih bagus pake background hitam? gak tau juga ya. Soalnya tips di atas lebih tertuju bagi blog yang ingin banyak berbagi.

    02 April, 2009 13:36

  • Salam Kenal...
    Kalo menurut artikel yang saya pernah baca di salah satu blog ternama.. sebenarnya malah blog yang kita komentari yang naik ranknya.. bukan punya yang memberi komentar. Kecuali kalo yang punya blog tadi mau mengunjungi balik blog si pengomentar... itu baru pageviewnya naik. Jadi ada istilahnya simbiosis mutualisme (sama-sama menguntungkan)... bukan begitu Mas Iskandaria..

    14 May, 2009 16:06

  • @ beat2ws >>> thx ya buat siiip-nya :)

    @ biroe21 >>> bener sih, tapi yang saya bahas di atas lebih kepada usaha agar banyak terjadi klik atas link-link postingan di blog kita. Masalah blog yang kita komentari lebih untung, iya juga sih. Tapi setidaknya kita sudah berupaya untuk memperoleh backlink darinya dan juga dari pengunjung lain yang tertarik dengan isi komentar kita. Jadi, berkomentar tetap punya potensi untuk memperoleh keuntungan berupa backlink, walau bukan dari si pemilik blog yang kita komentari. Thx ya.

    15 May, 2009 12:52

  • artikel di atas sangat sangat menarik sekali! jujur saja merasa mendapat pencerahan sekaligus tersentil di beberapa bagian, khususnya mengenai judul yang kontroversial :)

    ditunggu lagi artikel menarik lainnya

    Blog Untuk SEO

    21 July, 2009 16:51

  • @ Stop Dreaming Start Action >>> saya senang sekali jika tulisan-tulisan saya di blog ini bisa memberikan sedikit inspirasi/pencerahan buat para pembacanya. Itu sudah sebuah kepuasan batin tiada tara bagi saya. Makasih sudah berkunjung ke sini ya. Salam kenal dan sukses selalu.

    21 July, 2009 17:11

  • tapi semua berdasarkan apa tujuan kita membuat web juga kan...
    kalo untuk penghasilan, pageview banyak tapi earning nol yah sama aja..hehehe..
    kutipan dari master adsense..hiks...

    28 August, 2009 12:25

  • @ solusi internet >>> hehehe. Bener juga yach. Tapi untuk meningkatkan rangking alexa dan pagerank, pageview yang banyak sangat mendukung kok menurut saya.

    28 August, 2009 12:27

  • Salam Kenal

    Sy akan coba melakukan proses sesaui content...mak kasih mas. butuh petunjuk

    30 August, 2009 13:41

  • Salam Kenal

    Sy akan coba melakukan proses sesaui content...mak kasih mas. butuh petunjuk

    30 August, 2009 13:43

  • @ thalib >>> kembali ya mas. Semoga bermanfaat ya.

    30 August, 2009 15:43

  • Hm... Sepertinya poin 4 dan 5 nih yang belum dan harus segera saya tambahkan...

    Maklum PV blog saya masih kecil Mas...

    18 October, 2009 06:51

  • @ Hangga >>> pageview blog ini juga masih kecil, tapi malah berani-berani nulis postingan di atas..hehe. Cuma sharing pendapat aja kok.

    18 October, 2009 21:55

  • untuk membuat top komentator bagaimana caranya mas?

    19 October, 2009 15:52

  • tak rugi berkunjung ke sini...mendapatkan banyak manfaat...

    21 October, 2009 22:28

  • top markotop pokoknya.,.,.,., :)

    31 October, 2009 05:29

  • Makasih sudah share kang, blog saya baru 2 minggu nih

    08 November, 2009 16:00

  • makasih tipsnya mas...akan saya coba terapkan dan semoga hasilnya juga bagus,hehe..

    20 April, 2010 11:19

  • iya..klo pake banyak widget jadi lama loadnya, sementara klo lagi masuk ke page artikel, sidebar saya g tak tampilin dulu..tapi dari recent post, recent comment, top commentator, related post, dll sih sudah saya pake... :)

    20 April, 2010 11:22

  • lumayan ni nambah ilmu..
    thank berat ya infonya

    28 April, 2010 18:53

  • saya pemula yang baru mo buka blog sekalian cari informasi lain.. terima kasih bos.. atas infonya.. sangat bermanfaat bagi saya.. bravo..

    10 October, 2010 23:38

  • makasih mas atas tipsnya... bermanfaat banget bagi newbie seperti ane

    13 October, 2010 14:41

  • Mantap gan tipsnya,,,, Ini wajib di baca oleh blogger pemula seperti saya....

    01 March, 2011 10:59

  • Menjual branded shoes secara online dengan harga lebih murah dari toko
    sepatu on line

    22 March, 2011 21:10

  • nice bro. Itu yang penting buat setiap blog, bagaimana membuat pembaca gak henti2nya membrowse halaman kita, jadi hal2/posting2 terkait atau navigasi blog juga harus memadi, bukannya widget2 yang gak penting malah dinongolin. salam kenal.

    16 April, 2011 20:30

  • ok, kan menag seperti itu seharusnya, hehehe
    salam kenla lagi,,,

    29 May, 2011 13:19

  • tips yg mantap, tapi blog ane malah kebalik, latar hitam tulisannya putih ^_^

    01 November, 2011 10:19

  • Thx bgt atas infonya... bnr2 nambah wawasan buat newbie kyk saya... mohon kritik, saran dan masukannya untuk blog saya ya mas, thx.

    15 November, 2011 23:08

  • widiih mantap mas, sangat bermanfaat terrrrimakasih, ya

    26 February, 2013 22:50

  • terimakasih gan atas infonya salam kenal yah gan
    maaf gan numpang promonya yah
    rajalistrik.com ialah toko online kami yang menjual produk-produk teknik industri terbesar, terlengkap, termurah, dan terpercaya di Indonesia yang menawarkan lebih dari 200.000 item produk dari kurang lebih 200 merek. rajalistrik.com berupaya memudahkan Anda untuk mendapatkan produk-produk teknik yang Anda inginkan dengan jaminan orisinalitas, kemudahan bertransaksi, kecepatan pengiriman, dan harga yang kompetitif.http://rajalistrik.com/

    17 May, 2013 08:23

  • Post a Comment

    Silakan tulis komentar sesuai pendapat pribadi kamu

    Back to Top
     

    kafe28 Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template | Top