06 March 2009

06 March 2009

Antara Blog Bertema Khusus dan Blog Gado-Gado

Sebelumnya saya mau tanya kepada sobat blogger sekalian. Apakah jenis blog anda? Lebih tepatnya, apakah blog anda tergolong blog gado-gado atau blog bertema khusus? Apa pun jenis blog anda, tidak menjadi masalah sepanjang anda merasa enjoy dengan kondisi blog anda tersebut.

Jika mengacu pada kuantitas, saya yakin, jumlah blog yang tergolong blog gado-gado masih jauh lebih besar daripada jumlah blog bertema spesifik (khususnya di Indonesia). Toh, bukankah jumlah dokter umum lebih banyak ketimbang dokter spesialis? Kira-kira begitulah analoginya, walaupun antara profesi dokter dan blogger agak kurang nyambung

Blog saya ini sendiri pada mulanya tergolong blog yang bertema spesifik, yaitu khusus membahas seputar dunia entertainment (seperti musik, film, sinetron, acara tv, kontes, dan selebriti). Dan jujur saja, sebelumnya saya memang sudah bertekad untuk hanya mengisi postingan-postingan di blog ini sesuai dengan idealisme awal saya tersebut.

Namun seiring berjalannya waktu, idealisme tersebut seakan sulit sekali saya pertahankan. Pada saat-saat tertentu, di mana otak ini lagi mandeg atau buntu, seringkali timbul keinginan untuk menulis dan memposting masalah lain (di luar tema blog yang telah saya tetapkan semula).

Akhirnya, secara perlahan saya mulai keluar dari jalur awal. Tema favorit saya selain dunia hiburan yaitu seputar blogging. Meluncurlah artikel pertama tentang blog yang berjudul Tips Ngeblog untuk Para Pemula (Bag.1). Disusul kemudian oleh beberapa artikel serupa.

Dan setelah saya timbang-timbang, akhirnya saya mengambil keputusan untuk lebih memperlebar dan memperluas cakupan tema blog ini. Dari yang semula hanya fokus mengulas seputar dunia entertain, kini sedikit melebar ke seputar dunia blog (blogging). Tak menutup kemungkinan nantinya melebar lagi ke bidang lainnya (mudah-mudahan maksimal 3 bidang saja deh). Ah, ternyata mempertahankan idealisme tak semudah seperti yang saya bayangkan semula

Mungkin hal ini tidak dialami oleh blogger-blogger lain yang hingga saat ini tetap berupaya konsisten dan teguh dengan idealismenya dalam membangun sebuah blog bertema khusus (niche blog). Sebut saja mas Medhy Aginta dengan blogguebo-nya yang khusus berisi hal-hal seputar cara menghasilkan uang lewat blog.

Atau PANGERAN 229™ yang tetap konsisten dengan blog musik dan acara tv-nya. Contoh lain yaitu mas Teguh Imawan dengan blog KAMELIA TV-nya yang khusus berisikan berita/hal seputar dunia televisi. Siapa lagi ya?

Nah, masalah blog bertema khusus atau niche blog ini sebenarnya sudah pernah dikupas dengan sangat gamblang dan argumentatif oleh mas Medhy Aginta dalam artikel di blognya yang berjudul 10 Alasan Kenapa Niche Blogging Lebih Menguntungkan. Dalam artikel tersebut, mas Medhy lebih memberikan dorongan moril bagi para blogger yang ingin mempertahankan idealisme ngeblognya lewat blog bertema khusus.

Namun yang jelas, kondisi setiap blogger bisa saja berbeda-beda. Ada yang merasa lebih enak mengelola blog gado-gado ketimbang blog bertema khusus. Alasannya, mungkin karena merasa lebih bebas saja dalam mengisi postingan dengan tema yang beragam (tidak terikat pada satu atau dua tema). Mungkin juga dianggap lebih mampu mendatangkan trafik, walaupun tak selalu demikian kenyataannya. Mungkin pula dinilai lebih berpotensi untuk merangkul lebih banyak segmen pengunjung. Alasan yang cukup masuk akal dan bisa diterima saya kira.

Sedangkan yang tetap kukuh dengan idealismenya (ingin konsisten mengisi postingan sesuai tema blog yang telah ditetapkan semula) mungkin beralasan ingin lebih mengembangkan dirinya menjadi seorang spesialis. Toh, selalu ada nilai plus untuk seorang spesialis (yang tidak dimiliki oleh seorang generalis). Pendapat/pandangan seorang spesialis biasanya lebih didengar, lebih dihargai, lebih dipercaya, dan sekaligus punya kharisma tersendiri pula dalam tulisan-tulisannya. Setujukah anda dalam hal ini?

Namun apa pun pilihan anda, masing-masing punya resiko yang bakal anda hadapi. Bagi sobat blogger yang lebih memilih karir di jalur niche blog (blog bertema spesifik), ada satu hal yang PASTI akan datang menghinggapi, yaitu KEJENUHAN !

Saya yakin, para blogger yang punya blog bertema khusus pasti PERNAH TERGODA untuk menulis hal lain di luar tema blognya. Solusinya, anda bisa buat blog baru dan kemudian menulis/memposting hal lain tersebut di blog baru itu.

Namun dari pengalaman pribadi saya, mengelola lebih dari satu blog rasanya kok agak repot ya? Terlebih jika punya waktu dan dana terbatas untuk browsing internet. Biasanya akan ada yang terkesan diterlantarkan (kurang terurus..hehehe). Lagipula, akan lebih asyik rasanya kalau kita fokus mengembangkan satu blog saja (agar hasilnya lebih optimal). Entahlah kalau menurut pengalaman sobat blogger lainnya?

Dukungan kontes >>> apa sih asyiknya belajar seo?

24 comments:

  • aku sich gaya nulis yang dipertahankan bukan temanya

    06 March, 2009 11:29

  • niche blog belum tentu nice blog hehe..
    gado-gado aja biar penuh warna dan menyentuh semua kalangan.

    salam kenal juga..kunjungan balik ni hehe..

    06 March, 2009 13:33

  • ya bener bgt..saya gk pernah bisa buat blog yang bertema khusus. pasti nanti tergoda juga buat nulis tema laennya..hiks

    Salam kenal. makasih atas kunjungan nya

    06 March, 2009 16:39

  • klo saya sih lebih suka blog gado-gado.
    enak.. banyak rasanya.. :D

    06 March, 2009 21:28

  • kl blog saya isinya yang ada dikepala saya ya itu yang saya tulis... blog apa tuh yah? gado-gado kali yah, soale kepala saya isinya jg campur aduk yah. salam merdeka!

    07 March, 2009 01:25

  • Niat saya juga mau bikin blog bertema khusus, tapi malah jadi gado2... hue hue hue....

    07 March, 2009 13:31

  • @ bayuhebat : gaya menulis juga penting banget ya mas buat ngasih ciri khas dan karakter bagi seorang blogger. Beberapa blogger yg saya anggap sukses juga punya gaya tulisan yg khas. Kayak mas Zalukhu, mas Medhy, OOM, kang Rohman, dsb. Thx.

    @ muhamaze : apa yg kita anggap sbg.niche blog seringkali isinya malah beragam ya mas..hehe. Mungkin karena si pemiliknya lagi jenuh. Itulah resikonya. Liat aja blognya kang Rohman. Gak semuanya berupa tutorial kan? :)) Thx.

    @ neyra07 : saya juga gitu loh =)) Makasih juga ya buat kunjungan baliknya. Hidup blog gado-gado!

    @ anggi : bener juga sih. Biar nggak menghambat kreativitas kali ya.

    @ bisnisway : kayaknya itu blog gado-gado mas, soalnya kan campur-campur sari..hehehe

    @ dwiprayogo : saya juga ngalamin kayak gitu mas..huek..hueek.. Susah juga ya mempertahankan idealisme. Thx ya komentarnya.

    07 March, 2009 14:15

  • ah,,jangan terikat aja,...
    rileks...
    apa yang mau ditulis ya ditulis....
    gak terbebani...
    asal aja....
    herhehehehe

    07 March, 2009 18:53

  • saya memang memilih blog utama sebagai blog gado-gado, blog yang lain lebih spesifik(maunya seperti itu, tapi belum dibikin)

    07 March, 2009 23:39

  • @ kakve_santi : tergantung visi ngeblog kita aja kali ya kak. Kalo cuma buat tempat curhat sih, ya nulis apa aja, gak perlu pake idealisme n terikat..hehe

    @ kang nawar : iya kang, maksud ulasan saya di atas sebenernya tertuju pada BLOG UTAMA. Makasih ya udah ngingetin. Saya juga gitu kayaknya. Mau menjadikan blog utama lebih beragam isinya. Tapi blog saya yg lain (yg lebih spesifik) malah jadi terbengkalai akhirnya, gara-gara lebih fokus ke blog utama. Duh..

    09 March, 2009 14:07

  • Iya, Om..
    Kadang kepengen posting kayak di blog saya yg dulu.
    :)

    Sebenernya di blog saya sekarang, ini juga kadang menyelip-nyelipkan yg lain-lain. Hanya saja tetep ditarik ke tema utama.
    ;)

    Semuanya punya kendala masing-masing.
    Yg penting tetep enjoy nge-blog aja deh.

    11 March, 2009 17:41

  • @ HeLL-dA : bener banget HeLL. Sebisa mungkin sih kudu ditarik ato dikaitin ama tema utama blog kita. Tapi kalo pun ga ada kaitannya, ya ga papa. Buat variasi aja, biar gak jenuh yach.

    Coz yg paling penting tuh sebenernya gimana pengunjung blog kita bisa dengan mudah menemukan link kategori/tema postingan yg diminatinya atau dibutuhkannya.

    Setuju? Thx ya buat komennya.

    12 March, 2009 13:39

  • Syamsul Alam ini juga blognya bertema gado2 loh... meski pingin nulis mengenai mindset yang benar mengenai blogger saja, ujung2nya ke lain2nya.... wkwkwkwkkwk.... well, but whatever deh.... yang penting tetep rocks!

    Salam kenal mas, dari author of Alam*Pintar. Huheuheuheu.... (padahal aslinya situ dah tau yah? hihihihi....) Mohon bimbingannya dan terima kasih buat segala komennya. Saya yang masih muda ini memang masih butuh banyak bimbingan... :D

    12 March, 2009 18:35

  • Kalo blog utama gado2. tp yg spesifik jg ada

    13 March, 2009 10:18

  • @ Syamsul Alam : wekekeek...Ternyata juga ngalamin kayak saya yach :) ga papa kali ye. Yang lebih penting sebenernya yaitu gimana agar kita bisa konsisten menjaga kualitas postingan2 kita aja. Makasih juga buat kunjungan baliknya di sini. Soal komen saya, biasalah, saya orangnya suka menggurui kalo pas komen di blog laen..hiiks..hiiks (sebenernya cuma mau diskusi n nyumbang pemikiran pribadi saya aja kok). Thx ya.

    14 March, 2009 14:02

  • kalo saya ngambil simpelnya aja, cukup mengelola satu blog. kalo banyak tetapi bingung mau diisi apa, bisa berabe ~x( .

    lagipula saya terkesan dengan blognya pak Harry Sufehmi dan berusaha mencontoh gaya blogging beliau, walaupun pokok bahasan dan keahliannya beda.

    salam kenal dan ngeblog selalu mas^^d

    20 March, 2009 00:00

  • @ Nardi : setuju banget mas. Saya juga berpikir begitu. Oya, blognya pak Harry Sufehmi itu di bidang apa ya temanya? Saya belum pernah mampir ke situ kayaknya.

    Salam kenal juga dan tetap semangat ya dalam ngeblognya :)

    20 March, 2009 14:03

  • Kalau saya, cenderung lebih senang mengurus 1 blog saja, tapi isinya bermacam-macam. Dari pada urus banyak blog yang topiknya lain-lain. Makanya saya berinama blog saya Rumah Sejuta Ide (http://rumahsejutaide.wordpress.com), jadi semua ide bisa masuk hehe... Kapan2 mampirlah....
    thanks...

    08 April, 2009 10:38

  • @ Anonim : hehehe. Ntar deh saya mampir. Thx ya. Semoga blognya makin maju dan berkembang deh.

    08 April, 2009 13:53

  • Kalau saya mengalir saja, jdnya ya tema gado2

    08 September, 2009 15:26

  • Ga ada link sahabat sy lihat dsn, betulkah

    08 September, 2009 15:31

  • @ hadikurnia >>> link sahabat ada di menu my favorit blog mas :)

    15 September, 2009 22:42

  • Blog aku namanya blog gado-gado ya ?
    Padahal aku suka pecel lho ? ;)

    10 December, 2009 15:41

  • @ Yep >> weh, ternyata lebih doyan pecel. Tapi gado-gado kan pake pecel juga? ;)

    11 December, 2009 12:26

  • Post a Comment

    Silakan tulis komentar sesuai pendapat pribadi kamu

    Back to Top
     

    kafe28 Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template | Top