03 March 2009

03 March 2009

Mau Akses Internet Murah Tanpa Batas Kuota ?

Bagi anda yang tergolong pecandu internet (dengan lama browsing per hari di atas 2 jam), punya PC atau laptop pribadi, dan ingin bisa akses internet sepuasnya per bulan tanpa takut tagihan membengkak, mungkin bisa mencoba layanan terbaru dari Telkomsel ini. Namanya Telkomsel Unlimited Internet.

Layanan penyedia akses internet ini berjenis wireless-broadband (yang menggunakan jaringan data Telkomsel, seperti GPRS/EDGE/3G/HSDPA). Artinya, layanan ini bersifat nirkabel alias tanpa menggunakan kabel. Namun sifatnya tergolong koneksi berjenis broadband semacam Speedy – dimana perhitungan biaya akses bukan didasarkan pada waktu atau lamanya koneksi, melainkan pada volume data yang didownload per satuan waktu tertentu.

Yang menjadi KEISTIMEWAAN layanan Telkomsel Unlimited Internet ini dibandingkan dengan Speedy yaitu :

  • Kita (sebagai pelanggan) bebas meng-akses internet sepuasnya (browsing dan download), tanpa takut tagihan akan membengkak atau harus bayar mahal. Sebab tarif layanan Telkomsel Unlimited Internet ini dihitung secara flat per bulan (alias tarif tetap, tanpa memperhitungkan volume data yang didownload)). Beda dengan Speedy yang membatasi kuota per bulan dan ada tambahan biaya pula jika pemakaian melebihi jatah kuota.

  • Dengan layanan Telkomsel Unlimited Internet ini, Anda hanya perlu membayar biaya langganan koneksi internet sebesar Rp 140.000 (belum ppn) tiap bulan. Anda bisa browsing dan download sepuasnya tanpa perlu khawatir tagihan bakal membengkak.


Untuk mempermudah pemahaman anda mengenai layanan ini, silakan simak baik-baik daftar tanya-jawab berikut:

Saya sering bepergian ke luar kota, bisakah saya koneksi internet berpindah-pindah tempat menggunakan layanan ini?

Ya, SANGAT BISA! Anda bisa berkoneksi internet di manapun Anda berada dengan menggunakan layanan ini (sepanjang masih berada dalam coverage-area jaringan data Telkomsel - seperti GPRS, EDGE, 3G, atau HSDPA). Jangan khawatir, bukankah jaringan Telkomsel sangat luas?

Apakah perlengkapan yang saya butuhkan untuk berlangganan koneksi internet unlimited ini?

Anda perlu komputer (PC ataupun notebook) dan modem external untuk meletakkan SIM Card Koneksi Internet Unlimited dari layanan ini. Modem dan SIM Card sudah disediakan. Anda tidak perlu beli sendiri karena sudah termasuk dalam paket layanan ini.

Modem seperti apakah yang bisa digunakan untuk Koneksi Internet Unlimited ini?

Anda bisa menggunakan modem berupa HP, PCMCIA atau USB yang mendukung akses jaringan data GPRS/EDGE/UMTS/3G/HSDPA.

Saya mempunyai laptop yang terdapat modem didalamnya, apakah saya masih memerlukan modem lagi?

Ya, Anda masih memerlukan modem lagi, karena modem yang dibutuhkan adalah external, bukan modem internal. Untuk itu Anda perlu membeli HP atau PCMCIA sebagai modem untuk koneksi internet Anda.

Bagaimana kecepatan Koneksi Internet Unlimited ini? Cepat mana dengan SPEEDY?

Untuk kecepatan secara umum lebih cepat Speedy, karena Speedy adalah ADSL, sedangkan koneksi internet unlimited ini adalah wireless broadband (60x lebih cepat dari dial-up). Tapi untuk daerah/wilayah yang mendukung jaringan 3,5G - koneksi internet unlimited ini bisa lebih unggul.

Bagaimanakah cara setting koneksi internet unlimited ini?

Semua panduan setting koneksi internet unlimited ini bisa Anda download di member area setelah Anda membayar biaya pendaftaran kepada situs penyedia layanan ini.

Apakah kartu yang digunakan untuk koneksi internet unlimited ini?

Kartu akan dikirimkan oleh situs penyedia layanan ini kepada Anda setelah melakukan pembayaran biaya pendaftaran, jadi Anda tidak perlu membeli kartu untuk koneksi internet unlimited ini.

Khan ada trik internetan gratis, ngapain harus bayar mahal-mahal?

Memang ada trik internet gratis, tapi dijamin Anda tidak bisa akses website https seperti Yahoo, Google, Klik BCA, Paypal dan lain-lain. Percuma khan Anda browsing tapi tidak bisa buat email?

Mengapa layanan ini lebih mahal dari Telkomsel Flash Unlimited resmi dari Telkomsel ?

Layanan ini adalah Telkomsel Unlimited Internet, bukan Telkomsel Flash Unlimited. Dan sebetulnya layanan ini cocok untuk Anda yang tidak mau repot datang ke GRAPARI dan juga tidak mau repot di survey oleh telkomsel. Anggaplah ini sebagai ongkos kirim mondar-mandir untuk melayani pendaftaran Anda ke GRAPARI dan juga untuk biaya operasional lain yang perlu ditanggung pihak penyedia layanan (untuk dapat memberikan layanan kepada Anda, tanpa Anda perlu repot keluar rumah).

Apalagi saat ini pendaftaran Telkomsel Flash Unlimited via GRAPARI telah ditutup, jadi Anda hanya bisa mendaftar paket Telkomsel Unlimited Internet melalui mitra telkomsel seperti ini.

Berapa speed yang didapat saat ini jika saya berlangganan Telkomsel Unlimited Internet?

Speed yang didapat saat ini untuk cover wilayah GPRS up to 256 Kbps, 3G up to 384 kbps dan HSDPA up to 3,6 Mpbs

Apakah ada batasan quota pemakaian setelah 2GB selama 1 bulan pemakaian?

Telkomsel Unlimited Internet adalah share connection, sehingga setiap user harus mau berbagi bandwidth dengan user yang lain agar semua mendapatkan hak yang sama, Telkomsel Unlimited Internet akan menurunkan kecepatannya menjadi 64 Kbps setelah pelanggan menggunakan quota pemakaian 2GB dalam sebulan.

Namun itu bukan berarti kuota anda selanjutnya dibatasi. Tidak! Yang diturunkan/dibatasi selanjutnya cuma kecepatan akses, yaitu menjadi 64 Kbps.

Di mana saja kita dapat mengakses internet dengan menggunakan jaringan data TELKOMSEL (GPRS/EDGE/3G/HSDPA) atau Telkomsel Unlimited Internet ini?

Saat ini, akses internet dengan menggunakan Telkomsel Unlimited Internet bisa dilakukan di semua jaringan data TELKOMSEL.

Mengapa speed saya bisa beda dengan speed pelanggan lain dalam jarak radius yang tidak terlalu jauh dengan saya? Speed saya malah kadang-kadang lebih lambat dari pelanggan yang lain?

Kecepatan koneksi yang diperoleh akan sangat bergantung kepada :

  • COVERAGE, kecepatan maksimum tertinggi dapat diperoleh bila kita berada pada coverage HSDPA.

  • KUALITAS JARINGAN, jarak dan interferensi dari kita ke NODE-B (istilah untuk BTS 3G) mempengaruhi kualitas jaringan yang akan kita dapatkan. Semakin jauh dan semakin banyak interferensi (misal di dalam gedung dengan dinding beton yang sangat tebal) yang kita dapat, semakin berkurang kecepatan akses yang akan kita dapatkan.

  • BANYAKNYA ORANG YANG TERKONEKSI PADA SAAT BERSAMAAN, semakin banyak orang mengakses pada saat yang bersamaan, semakin berkurang kecepatan akses yang bisa dinikmati. Hal ini terjadi karena teknologi jaringan data (khususnya 3G dan HSDPA) merupkan sistem bandwidth shared, sehingga bandwidth akan dibagi rata dengan pengguna lain yang ikut juga mengakses.

  • TIPE & VOLUME DATA YANG DIAKSES, kecepatan maksimum hanya akan bisa dicapai jika kita melakukan koneksi FTP (file transfer protocol) atau melakukan download data/file/streaming dengan volume yang sangat besar (maksimal). Jika kita hanya melakukan browsing ringan (HTTP), kemungkinan besar kita tidak memperoleh kecepatan maksimum karena memang tidak diperlukan kecepatan tinggi untuk melakukan HTTP.

Mengapa kadang-kadang di wilayah saya jika sedang online tiba-tiba suka putus/diskonek sendiri dan harus konek ulang untuk bisa menggunakan internet kembali?

TELKOMSEL tidak menjamin bahwa Telkomsel Unlimited Internet tidak akan terputus secara tiba-tiba ketika digunakan dan TELKOMSEL tidak menjamin Telkomsel Unlimited Internet tidak akan pernah terganggu (error free);

Kapan kartu/chip dikirim?

Untuk cycle 1 ==> Kartu/chip mulai dikirim 3 hari setelah kartu/chip Anda aktif tepatnya + tanggal 5 , jadi Anda menerima kartu/chip dalam keadaan sudah aktif dan siap untuk online ke internet.

Untuk cycle 2 ==> Kartu/chip mulai dikirim 3 hari setelah kartu/chip Anda aktif tepatnya + tanggal 19, jadi Anda menerima kartu/chip dalam keadaan sudah aktif dan siap untuk online ke internet.

Bagaimana ketentuan pengaktifan kartu/chip dan pembayaran bulanan ?

Jika kartu Anda aktif pada cycle 1 ==> Maka kartu Anda mulai aktif tanggal 1 dan untuk Anda yang ingin mendaftar pada cycle 1 pendaftaran maksimum adalah sampai tanggal 23 tiap bulannya. (Sistem pembayarannya prabayar, Anda bayar di muka baru dapat layanan dan jatuh temponya maksimal tiap tanggal 24, Apabila tidak ada perpanjangan sampai tanggal 27 maka layanan internet unlimited akan terputus).

Jika kartu Anda aktif pada cycle 2 ==> Maka kartu Anda mulai aktif tanggal 16 dan untuk Anda yang ingin mendaftar pada cycle 2 pendaftaran maksimum adalah sampai tanggal 9 tiap bulannya. (Sistem pembayarannya prabayar, Anda bayar di muka baru dapat layanan dan jatuh temponya maksimal tiap tanggal 9, Apabila tidak ada perpanjangan sampai tanggal 12 maka layanan internet unlimited akan terputus).


***


Untuk informasi yang lebih lengkap, silakan KLIK DI SINI. Untuk daftar tanya-jawab yang lebih rinci, bisa dilihat DI SINI.

Sedangkan untuk melakukan order atau pemesanan, anda bisa KLIK DI SINI.

Selamat mencoba.







21 comments:

  • Rp 220rb masih mahal buat saya, lagian cuma 64kbps.
    nanti aj deh nunggu yang lebih murah lagi...

    03 March, 2009 21:24

  • @ dwiprayogo : yach, soal mahal atau murah emang relatif sih mas, tergantung kantong kita aja ya..hehe. Makasih udah mampir.

    04 March, 2009 11:17

  • wah.. saya sudah kadung klop dengan sppedy..

    info bgus gan ;;)

    04 March, 2009 16:05

  • saya sepertinya masih harus menunggu sampai yang dibutuhkan itu (sugnal) di kampungku bisa bener sudah support; kali aja sampai pada saatnya sudah semakin murah

    04 March, 2009 18:22

  • @ anggi : wah, pake Speedy ya rupanya. Kalo udah kadung, kayaknya bakalan susah ya mau berpaling ke lain hati :)

    @ kang Nawar : ditunggu aja ya kang. Siapa tau nantinya bakalan masuk tuh BTS atau towernya Telkomsel. Saya doain deh semoga cepat terealisasi. Makasih dah mampir.

    05 March, 2009 15:51

  • iya membenci emang buat sedih.
    good info

    05 March, 2009 17:13

  • @ aura : kok malah nanggepin komen saya di blog kamu sih..hihi. Thx aja.

    @ Rusa Bawean : kembali bos

    06 March, 2009 09:34

  • Info yang menarik.
    Saya aka mempertimbangkan juga.
    Masalahnya, saya sudah berlangganan pada pihak ketiga.
    Rp. 200 ribu / bulan, unlimited juga, wireless juga.
    Saya pakai bertiga dengan anak saya masih joss juga.
    Cuman yg saya pakai ini nggak bisa dibawa kemana2...

    06 March, 2009 11:33

  • Loe sendiri pake gak layanan ini?

    06 March, 2009 16:35

  • @ marsudiyanto : semoga bisa menjadi bahan pertimbangan ya mas, soalnya keistimewaan layanan ini terletak pada fleksibilitasnya yg bisa dipake di mana aja, sepanjang masih dalam coverage-area jaringan data Telkomsel. Makasih.

    @ Danish04 : saya di sini cuma berperan sebagai agen mbak :) Makanya saya nggak nyantumin unsur penilaian dan pengalaman pribadi saya. Tapi dari penjelasan di atas, kayaknya udah cukup jelas ya :)

    07 March, 2009 14:57

  • Wah bagus banget infonya.Skrg saya pakai speedy tampa flash.Dan tagihan sy memang suka membengkak.

    14 March, 2009 08:56

  • @ single parent blog : kalo gitu, ga ada salahnya nyoba yg ini. Siapa tau cocok buat anda. Thx.

    16 March, 2009 15:26

  • Emang bener koq Telkomsel terluas jaringannya, beritanya Telkomsel lagi ngajuin penmbhan frekuensi ke pemerintah. Klo y disetujui bisa nambah kuota, pelanggan n cepat lagi tuh... dan akan lebih murah lho....

    Kita tunggu aja deh perkembangannya

    27 March, 2009 13:41

  • Update: sy skrg pk telkomsel flash, lumayan cepet walau kadang2 suka lemot. Ini setelah t-sel nambah bandwidth

    08 September, 2009 15:10

  • @ Hadi >>> wah, trims ya buat infonya mas.

    23 September, 2009 01:16

  • ntu mah sma aje pk kuota.....

    09 June, 2010 00:18

  • Maap ne gan, cm mw share aja, ane jg pernah pakai Flash unlimited kuota 2GB, memang kecepatan lumayan lha, 3G/HSDPA dapet, tapi lebih sering lemod koneksinya bahkan sebelum kuota habis, akhirnya saya memilih untuk berpindah ke provider lain saja, tapi sekarang saya sedang berpikir ulang untuk kembali ke Flash setelah saya membaca beberapa kabar baik dari Flash akhir2 ini, nice inpo gan...

    21 September, 2010 01:19

  • oh ngk unlimited murni
    ada ketentuan dan syarat rupanya

    22 February, 2011 13:50

  • Maap ni gan, ane cuman mau share,,, skrg ane pake unlimited stareone, lumayan murah gan (cuman 45 ribu/bulan). Sampai saat ini koneksinya juga bagus, saya belum pernah mengalami masalah dengan koneksi (bekicot syndrom).

    01 March, 2011 11:02

  • Kyknya saat ini lebih milih im3 deh, leih murah soale!

    12 January, 2012 21:39

  • Post a Comment

    Silakan tulis komentar sesuai pendapat pribadi kamu

    Back to Top
     

    kafe28 Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template | Top