20 March 2009

20 March 2009

Menu Recent Comments : Antara Penting dan Tidak Penting

Sebenarnya saya tidak terlalu pede untuk mengangkat topik tentang sesuatu yang terkesan sepele ini. Yach, daripada terlalu idealis dalam memilih topik postingan, saya pikir lebih baik sekali-sekali mengupas sesuatu yang terkesan remeh (biar remeh, tapi punya pengaruh besar lho..hehehe).

Oke deh. Kita langsung ke pokok bahasan saja ya. Saya yakin, sebagian besar blogger mungkin sudah mengetahui apa itu menu Recent Comments. Kalaupun ada yang belum tau, baiklah, saya jelaskan sedikit. Recent Comments adalah suatu menu yang berfungsi menampilkan list/deretan komentar terbaru yang masuk pada sebuah blog. Nah, sudah jelas kan maknanya?

Masalahnya, pada platform blog tertentu (misalnya blogger/blogspot), menu ini tidak tersedia dalam default settingan bawaan template-nya. Untuk memasangnya, kita mesti menambahkan secara manual.

Ok. Kalau begitu, kira-kira penting nggak ya menu Komentar Terbaru ini kita pasang pada blog kita? Jawabannya tentu saja terpulang pada diri kita masing-masing sebagai blogger.

Bagi saya sendiri ketika masih newbie sebagai blogger, menu ini sama sekali saya acuhkan dan anggap tidak penting. Namun seiiring bertambahnya pengalaman dan jam terbang saya di dunia blogging (ceilleee), menu Recent Comments ini akhirnya saya anggap sangat penting untuk dipasang pada blog saya.

Maklumlah, semakin bertambahnya umur blog ini, jumlah postingannya pun semakin banyak. Begitu pula dengan trafik pengunjungnya. Terlebih usai saya blogwalking atau usai memposting suatu topik yang sedang hangat. Nah, dari situ biasanya akan masuk banyak komentar.

Bayangkan, kalau saya tidak punya menu perekam (tracker) semacam Recent Comments, tentunya saya akan kesulitan untuk melacak postingan mana saja yang terdapat komentar baru. Nggak mungkin dong kalo saya harus membuka satu per satu postingan untuk mengeceknya Terlebih jika komentar tersebut masuk pada postingan-postingan yang agak lawas (terutama yang sudah tidak tampil pada halaman utama). Apalagi kalau komentar tersebut perlu segera ditanggapi atau dijawab. Terlebih pula, saya cuma punya satu kali kesempatan untuk online dalam sehari, sehingga bisa saja ada komentar yang luput dari pengamatan saya saat online.

Untunglah sekarang saya sudah memasang menu Recent Comments (yang berisikan list 10 komentar terbaru). Sebelumnya saya setting 5 komentar terbaru saja yang tampil (dengan menggunakan menu feed pada bagian add gadget di elemen halaman blogger). Namun seiiring bertambahnya trafik blog ini dalam 2 minggu terakhir, akhirnya saya menggunakan widget Recent Comments dalam bentuk javascript, yang memuat 10 komentar terbaru. Widget tersebut lebih cepat dalam menampilkan komentar yang baru masuk (ketimbang menu feed comments yang saya gunakan sebelumnya).

Asyiknya lagi, jumlah list komentar yang tampil bisa kita atur sendiri sesuai dengan kondisi trafik komentar yang masuk pada blog kita dalam sehari.

Sementara ini saya setting 10 komentar saja. Namun jika suatu saat trafik harian blog ini makin bertambah, saya akan menambah jumlah settingan list-nya (bisa menjadi 15 atau bahkan 20 komentar terbaru).

Nah, bagaimana dengan blog anda? Seberapa pentingkah keberadaan menu Recent Comments ini bagi blog anda? Apakah anda merasa cukup membutuhkan keberadaan menu ini? Apakah anda merasa cukup terbantu dengan keberadaannya? Atau malah kurang mempedulikan dan merasa kurang memerlukannya? Atau bahkan tidak memasangnya pada blog anda?

Tanpa bermaksud menggurui. Jika anda termasuk blogger yang ingin menjadikan blog anda lebih ramah pengunjung, ada baiknya mempertimbangkan untuk memasang menu Recent Comments ini pada sidebar blog anda. Terutama jika jumlah postingan anda sudah lebih dari 5. Apalagi jika sudah mencapai puluhan.

Kalaupun sobat sekalian merasa menu ini kurang begitu penting, setidaknya sobat bisa mempertimbangkan sisi positif lain dari adanya menu ini. Bagaimanapun juga, pengunjung anda adalah manusia (yang punya perasaan). Manusia yang terkadang juga butuh penghargaan. Manusia yang merasa senang ketika eksistensi dan sumbangsihnya pada suatu blog bisa segera terlihat usai ia memberikan komentar. Efek psikologis yang tentu saja sangat baik bagi kenyamanan dan kepuasan pengunjung blog anda. Dari efek tersebut, anda sebagai pemilik blog berpotensi untuk mendulang lebih banyak lagi komentar (dari si pengunjung yang merasa senang tersebut).

Nah, sama-sama untung kan pada akhirnya?

Sepintas memang terlihat sepele dan kurang berarti, namun setelah saya renungkan, keberadaan menu Recent Comments ternyata punya pengaruh dan andil cukup besar dalam menambah daya pikat dan daya ikat blog kita.

Bagaimana menurut anda? Senang sekali jika anda mau berbagi pendapat lewat kolom komentar di bawah ini.

Dukungan kontes >>> apa sih asyiknya belajar seo?

17 comments:

  • pede aza mas. bermanfaat kok.swer deh..

    20 March, 2009 15:07

  • @ Wah, udah ada yg komen ternyata. Thx berat yach. Ternyata dugaan awal diriku keliru..hihihi

    20 March, 2009 15:12

  • saya suwda pasang recent comments :D

    memang sangat bermanfaat boz ;)

    20 March, 2009 20:09

  • sip. komentar itu salah satu gizi ngeblog. bisa mati gaya klo gak ada yg komentar. seras ngomong sendiri :P

    20 March, 2009 20:43

  • Wah... jadi pikir2 lagi nih mau pasang ginian atau nggak... Pilih tempat yang cocok dulu ah... :d

    20 March, 2009 21:43

  • rencana saya juga begitu, memasang recent comments untuk mentracking komen2 yang masuk. setelah di-pikir2 malah akhirnya subscribe ke comments feed blog saya sendiri untuk memonitor dan sekalian menghidupkan notifikasi email di blogger.

    untuk sementara ini mungkin cukup dengan memanfaatkan comment feed untuk sumber recent comment. lalu sekalian ingin tanya, nama widget recent comment yang anda pakai apa? mungkin ada linknya secara saya masih jarang meng-ulik2 template:)

    salam

    21 March, 2009 02:32

  • ups, sudah ketemu. ternyata warnanya sama2 merah-coklat tetapi dicetak tebal aja sehingga saya kurang memperhatikan:-o

    salam lagi

    21 March, 2009 02:47

  • bagus bos.. lanjutin aja. salam kenal

    21 March, 2009 05:32

  • @ rio2000 : kalo gitu, segera pasang gih :)

    @ anggi : bagus deh kalo gitu, biar yg dateng lebih semangat lagi buat ngasih komen. Thx.

    @ sibaho : begitulah mas. Selain itu, bisa ngilangin semangat ngeblog kan pada akhirnya.

    @ pencerah : sama-sama ya. Semoga bisa jadi inspirasi deh.

    @ Hangga Nuarta : jangan kelamaan mikir ya mas. Kudu cepet ngambil keputusan...hehe. Ditaruh di footer juga ga papa kalo ga mau di sidebar.

    @ nardi : soal link widgetnya, bisa dicari di google kok mas. Tinggal pilih yang sesuai selera aja. Coba googling dengan keyword "widget recent comments for blogger". Di halaman pertama hasil pencarian banyak banget blog yg merekomendasikan. Tinggal pilih. Tapi kalo mas hosting sendiri/hosting berbayar, saya kurang tau, apa cocok n bisa dipake juga. Makasih.

    @ buruh internet : salam kenal balik aja ya. Makasih udah mampir ke sini. Semoga bermanfaat.

    21 March, 2009 12:59

  • penting gak penting saya sudah memasang..., daripada dipasangi gambar2 ngeres atau link2 ke blog ngeres, he he he

    21 March, 2009 14:21

  • @ munawar am : bener banget mas..hehehe. Setuju abiz deh. Thx ya.

    21 March, 2009 14:36

  • Setuju bozz...
    Blog jadi terlihat interaktif :)

    21 March, 2009 14:39

  • @ Sofwan : setuju juga bos dengan kesimpulannya. Blog akan TERASA LEBIH HIDUP kan pada akhirnya? hehe. Makasih ya. Udah pasang blum nih? :)

    21 March, 2009 14:49

  • kembali lagi kepada pemilik blog sob..apakah recent comment penting atau tidak..kalo menurut kami semua recent comment tdk terlalu penting, kami lebih suka memakai cara pemberitahuan via email..

    23 March, 2009 15:00

  • Tul bgt, tergantung orangnya..
    kadang perlu kadang gak perlu :D
    dan juga tergantung kebutuhan :D

    25 March, 2009 16:09

  • Post a Comment

    Silakan tulis komentar sesuai pendapat pribadi kamu

    Back to Top
     

    kafe28 Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template | Top