02 March 2009

02 March 2009

Seberapa Pentingkah Page View Bagi Blog Anda?


Page view pada dasarnya merupakan jumlah link inbound yang di-klik oleh pengunjung suatu website dalam waktu tertentu. Link inbound sendiri adalah link artikel atau link halaman yang terdapat pada sebuah web/blog. Ketika di-klik, link tersebut hanya akan tertuju pada salah satu halaman website tersebut.

Di samping link inbound, ada pula link outbound. Yaitu link yang terdapat pada sebuah website, yang ketika di-klik akan menuju halaman website lain. Di sini saya hanya akan mengupas tentang link inbound.

Untuk website berjenis blog, contoh konkret link inbound yaitu link-link artikel yang terdapat pada menu Recent Post (posting terbaru), Random Post (posting acak), Related Post (artikel terkait), dan link yang sengaja disisipkan dalam postingan (tentunya yang menuju halaman lain dari blog tersebut).

Lalu, apa kaitannya dengan page view?

Nah, sudah saya jelaskan di awal artikel ini, bahwa page view sangat erat kaitannya dengan jumlah link inbound yang di-klik oleh para pengunjung blog/web dalam waktu tertentu (misalnya dalam sehari atau sebulan). Atau bisa juga dirata-ratakan menjadi harian atau bulanan.

Semakin populer atau semakin berkualitas sebuah blog (di mata para pengunjung), maka biasanya akan semakin tinggi atau semakin besar pula jumlah page view harian/bulanan blog tersebut.

Popularitas biasanya berkaitan dengan jalinan relasi yang luas dengan sesama blogger. Di samping itu, berhubungan pula dengan kemampuan sang pemilik blog dalam menerapkan teknik SEO, sehingga artikel-artikel yang ada di blog tersebut mudah/sering terindeks pada halaman pertama search engine. Dan itu termasuk bagian dari asyiknya belajar SEO.

Sedangkan kualitas blog umumnya berkaitan erat dengan kualitas materi-materi artikel/postingan yang tersaji di dalamnya. Jika para pengunjung sudah merasa jatuh hati dengan sebuah blog, biasanya ia akan melakukan kunjungan kembali usai kunjungan perdana (untuk kemudian menjadi pengunjung tetap atau pengunjung setia). Lalu biasanya pula ia akan meng-klik minimal 2 postingan artikel setiap kali berkunjung ke blog tersebut. Bahkan bisa meng-klik/membuka 5 link artikel sekaligus dalam satu kali kunjungan. Tentunya hal itu akan sangat berdampak positif bagi peningkatan page view blog tersebut.

Lalu, seberapa pentingkah page view bagi seorang blogger?

Hmm, jawabannya tentu saja sangat subyektif dan relatif. Bagi yang ngeblog sekedar buat tempat curhat pribadi atau diary online, tentu saja page view sama sekali tidak penting baginya. Toh, blogger seperti itu biasanya tidak mau ambil pusing, apakah curhatnya mau dibaca oleh orang lain atau tidak.

Sedangkan bagi blogger yang ngeblog dengan tujuan utama untuk berbagi, tentunya page view menjadi cukup penting (baik disadarinya atau tidak). Contohnya blog-blog berjenis tutorial, tips praktis, atau blog bertema seputar informasi penting yang banyak dibutuhkan oleh pembaca. Untuk blogger tipe ini, mengikat pengunjung agar lebih lama mampir (sehingga meningkatkan page view harian/bulanan) tentunya menjadi cukup penting. Mengapa? Itu demi lebih memaksimalkan niat untuk menyebarkan ilmu yang bermanfaat bagi pengunjungnya.

Dan terlebih lagi buat blogger yang ngeblog untuk tujuan komersil (di samping untuk berbagi), maka page view harian/bulanan yang tinggi adalah poin yang sangat penting untuk diperhatikan.

Salah satu broker PPC lokal Indonesia - yaitu KlikSaya - dalam salah satu persyaratannya mengharuskan minimal 10.000 page view dalam sebulan untuk bisa menjadi publisher. Artinya, jika page view bulanan blog kita masih di bawah 10.000, jangan harap bisa menjadi publisher KlikSaya. Itulah mengapa jarang sekali ditemukan blog yang memasang iklan baris KlikSaya – berhubung cukup beratnya persyaratan untuk bisa menjadi publisher PPC tersebut. Kalaupun ada, berarti blog tersebut memang cukup populer atau berkualitas (contohnya blog mas Ecko dan mas Medhy Aginta).

Bagi blogger yang berorientasi profit (ingin me-monetize blognya), jumlah page view harian/bulanan yang tinggi sangat penting untuk meningkatkan rasio klik yang terjadi pada iklan baris yang dipasang di blognya. Itu jika blog tersebut menjadikan iklan PPC atau iklan sistem impresi sebagai sumber penghasilannya. Termasuk jika ia cuma memasang banner miliknya sendiri di blog.

Masalahnya, mungkin belum semua blogger (khususnya yang berorientasi profit) tahu mengenai teknik meningkatkan page view blog mereka. Banyak yang cuma mengejar/mementingkan trafik ketimbang page view (walaupun page view bersumber dari trafik). Tapi apalah artinya jika pengunjung hanya mampir sebentar atau cuma satu kali berkunjung, gara-gara blog kita kurang mempunyai daya pikat dan daya ikat Ya... daya pikat dan daya ikat! Itulah 2 sumber utama terjadinya page view yang tinggi pada sebuah blog.

Jika kita jeli dan mau belajar, sebenarnya kita bisa mengambil contoh pada blog-blog milik para master atau blog mereka yang punya page view dan page-rank tinggi (dalam hal meningkatkan daya pikat dan daya ikat tersebut).

Pada artikel selanjutnya, Insya Allah saya akan mengupas beberapa tips praktis untuk meningkatkan page view blog kita (khusus untuk para pemula, termasuk saya). Tentunya mengacu pada faktor daya pikat dan daya ikat blog sebagai pemicu terjadinya page view yang tinggi. Dan hal itu saya dasarkan atas hasil pengamatan dan pembelajaran pada blog-blog ber-page view tinggi pula (bukan blog ini...hehehe).

Namun sebelum mengakhiri artikel ini, saya ingin bertanya kepada rekan blogger sekalian...

Seberapa pentingkah page view bagi blog anda?

10 comments:

  • menurutku penting
    sebagai tolak ukur kepopuleran blog kita

    02 March, 2009 07:21

  • jelas penting :)) tapi page view aku masih sedikit :))

    maklum nge-blog masih nyantai aja lagi....

    02 March, 2009 08:56

  • @ Rusa Bawean : betul juga mas. Setidaknya bisa memperbesar peluang untuk dilirik oleh para pengiklan :)

    @ rio2000 : sama mas, page view saya juga masih sedikit. Masih di bawah 100 per hari kalo dirata-ratakan. Yach, yang penting tetap konsisten posting, minimal sati minggu 2 postingan..hehe

    03 March, 2009 16:11

  • wah saia tergolong miskin page view..
    soalnya selain masih baru blognya, benwit-nya ga gede2 amat.
    hahha...

    09 March, 2009 15:06

  • @ aprie : sama dong. Blog ini juga masih sedikit kok page viewnya. Masih di bawah 100 kalo dirata-ratakan per hari. Tapi pas lagi nembak keyword, bisa sampe 300-an dalam sehari :)

    Thx ya.

    09 March, 2009 15:51

  • Wahhh..
    Saya ndak terlalu memperhatikannya, Om..
    :|

    11 March, 2009 18:01

  • @ HeLL-dA : ga perlu terlalu diperhatiin sih sebenernya. Yang paling penting tuh gimana biar postingan2 kita bisa berkesan bagi pengunjung, sehingga bikin ia terpikat dan jadi penasaran pengen ngeklik n baca postingan2 lainnya :)

    12 March, 2009 12:57

  • Postingnya menarik baget nii..
    Pasti bermanfaat.
    Salam kenal ya.
    Silahkan berkunjung ke http://blogheboh.blogspot.com dan silahkan kirim komentar untuk mendapatkan backlink GRATIS karena http://blogheboh.blogspot.com menggunakan sistem dofollow.

    Di tunggu yah kedatangannya,.

    http://blogheboh.blogspot.com

    15 March, 2009 11:09

  • @ Rendy Blogheboh : oke deh. Makasih juga udah mampir ke sini. Jangan kapok ya ke sini? hehe

    15 March, 2009 11:47

  • Artikel nya menarik mas, klo bicara seberapa penting ya memang klo kita sbgai blogger yg bertujuan utk sharing penting sekali mas, dri page view juga kita bisa tau seberapa populer blog kita, eh tapi ngomong2 blog saya masih dkit page view nya mas hehehe ..
    Silahkan mampir mas ke gubuk saya http://dodiventuraz.blogspot.co.id

    19 October, 2015 00:51

  • Post a Comment

    Silakan tulis komentar sesuai pendapat pribadi kamu

    Back to Top
     

    kafe28 Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template | Top