05 April 2009

05 April 2009

Ada Apa di balik Beberapa Pemenang Panasonic Awards 2009?

Mungkin ulasan ini sudah agak kurang aktual karena pergelaran malam puncak "Panasonic Award 2009" sudah lewat dari 1 minggu. Namun saya kira masih cukup layak untuk sedikit menilai hasil vote SMS yang membuahkan kemenangan pada 24 kategori yang tersedia. Baik itu kategori individu maupun kategori program acara tv.

Melihat kemenangan Shireen Sungkar (aktris terfavorit), Teuku Wisnu (aktor terfavorit), Olga Syahputra (pelawak dan presenter musik terfavorit), Cinta Fitri Season 3 (drama seri terfavorit), Extravaganza (komedi/lawak terfavorit), dan Mamamia 2 (acara musik terfavorit) – rasanya layaklah kalau saya tafsirkan bahwa sebagian besar pemirsa yang mengirimkan polling SMS berasal dari kalangan remaja abg.

Mari kita bedah satu per satu pemenang Panasonic Award 2009 yang sepertinya didukung oleh kalangan remaja abg sebagai voters mayoritasnya.

Shireen Sungkar (aktris terfavorit)

Namanya mulai meroket semenjak membintangi sinetron CINTA FITRI di SCTV yang diproduksi oleh MD Entertainment. Padahal sebelumnya Shireen sudah pernah beberapa kali main sinetron yang tayang di RCTI (produksi Sinemart). Namun sepertinya hoki dan sinar bintang Shireen baru mulai bersinar terang ketika hijrah ke MD Entertainment dan SCTV.

Sinetron CINTA FITRI yang dibintanginya sukses besar sehingga bisa sampai 3 season hingga saat ini. Lalu, layakkah Shireen Sungkar menyandang aktris terfavorit di Panasonic Award 2009? Kalau harus dibandingkan dengan keempat kompetitornya di ajang itu (yaitu Chelsea Olivia, Naysila Mirdad, Luna Maya, dan Alyssa Soebandono), secara kualitas akting sebenarnya Shireen tidak lebih baik. Malahan lebih baik Chelsea Olivia kalau menurut saya (yang membintangi sinetron Melati untuk Marvel).

Namun kalau diukur dari sisi popularitas, Shireen memang layak jadi aktris terfavorit. Maklumlah, ratting sinetron CINTA FITRI yang dibintangi oleh Shireen tergolong cukup bagus/tinggi. Terlebih, mayoritas penggemar sinetron tersebut berasal dari kalangan remaja. Apalagi belakangan ini Shireen juga sudah mulai merambah dunia tarik suara dengan membentuk grup duo bernama The Sister (bersama sang kakak). Salah satu lagunya hitsnya banyak disukai. Terlebih dandanan, kostum, dan aksi panggungnya pun cukup memikat. Dan hasilnya, popularitas Shireen pun semakin menanjak (walaupun masih lebih populer Luna Maya menurut saya, untuk kategori aktris favorit).

Teuku Wisnu (aktor terfavorit)

Setahu saya, aktor berdarah Aceh yang satu ini dari dulu cuma membintangi satu sinetron striping, yaitu CINTA FITRI. Bersama Shireen Sungkar, namanya pun mulai naik daun semenjak berpasangan dalam satu frame di CINTA FITRI (dari seri pertama hingga season 3 saat ini). Kalau harus dinilai dari sisi kualitas akting, menurut saya Teuku Wisnu cukup layak mempeoleh penghargaan sebagai Aktor Terfavorit di Panasonic Award 2009.

Aktingnya cukup natural dan tidak berlebihan ketika bermain di sinetron CINTA FITRI (walaupun berperan sebagai tokoh protagonis). Saat berakting marah pun, Teuku Wisnu mampu bermain secara elegan tanpa harus mengandalkan bentakan kasar atau nada bicara yang melulu tinggi. Apalagi teriakan-teriakan.

Jika harus dibandingkan dengan 4 pesaingnya di kategori aktor favorit (yaitu Dude Herlino, Christian Sugiono, Rezky Aditya, dan Adly Fairuz), kualitas akting Wisnu cukup sejajar, walaupun dari sisi kematangan pengalaman ia masih kalah dari Dude Herlino (Aktor Terfavorit Panasonic Award 2007).

Pada tahun 2009 ini pun, sebenarnya saya menilai Dude Herlino masih layak menang karena kualitas aktingnya yang lebih baik dari Wisnu dan dari semua nominator. Namun popularitas sinetron CINTA FITRI yang banyak digemari ternyata mampu mengangkat Teuku Wisnu untuk meraih award di tahun 2009 ini.

Olga Syahputra (presenter musik dan pelawak terfavorit)

Mengenai komedian unik ini sudah saya kupas dalam sebuah artikel khusus berjudul “5 Komedian Termahal Indonesia, Layakkah Mereka?”. Intinya, popularitas Olga Syahputra saat ini memang sedang berada di puncak. Namanya mulai bersinar semenjak mengisi acara sahur bersama Komeng dan Adul. Lalu bersama keduanya pula di acara Gong Show. Termasuk saat menemani Indy Barend dan Indra Bekti di acara Ceriwis. Dilanjutkan dengan membawakan acara uji akting tanpa naskah yang berjudul “Akhirnya Datang Juga”. Di acara itu Olga tampil sebagai presenter yang menggantikan Winky Wiryawan.

Dan puncak popularitas Olga mulai terasa semenjak ia tampil sebagai salah satu trio pengisi acara musik berjudul “Dahsyat” di RCTI (bareng Luna Maya dan Raffi Ahmad). Dengan keunikan yang dimilikinya (suara serak, gaya kemayu, dan banyolan yang khas), Olga saat ini memang pantas memperoleh penghargaan sebagai Pelawak dan Presenter Musik terfavorit di ajang Panasonic Award 2009.

Cinta Fitri Season 3 (drama seri terfavorit)

Entah mengapa, sinetron yang monoton dan membosankan ini justru malah banyak disukai oleh sebagian pemirsa, seperti yang pernah saya bahas secara khusus di artikel berjudul “CINTA FITRI 3 di SCTV : Nonton Sinetron ini Kok Malah Bikin Sesak Ya?”.

Jika harus dibandingkan dengan kualitas pengemasan keempat nominator lainnya – yaitu sinetron Cahaya, Soleha, Cinta Bunga, dan Azizah (dalam kategori drama seri favorit), sebenarnya CINTA FITRI tidak lebih baik. Malahan menurut saya lebih baik sinetron Cahaya yang ditayangkan oleh RCTI. Namun lagi-lagi kita bicara ratting dan popularitas dalam ajang Panasonic Award ini (yang belum tentu mencerminkan kualitas). Dan melihat sebagian besar penggemar CINTA FITRI yang berasal dari kalangan remaja, tak heran kalau akhirnya sinetron seri tersebut bisa menang di Panasonic Award 2009.

Extravaganza (komedi/lawak terfavorit)

Entah mengapa, lawakan garing seperti yang ditunjukkan dalam acara ini malah banyak disukai dan bahkan memperoleh penghargaan sebagai acara Komedi Terfavorit di ajang Panasonic Award 2009. Lagi-lagi saya menilai itu karena tayangan ini lebih banyak disukai oleh kalangan remaja abg (yang sepertinya memang cenderung lebih menyukai gaya komedi dalam acara ini).

Namun bagi kalangan pemirsa yang lebih dewasa, gaya lawakan dalam EXTRAVAGANZA ini mungkin malah dianggap sangat tidak lucu (seperti yang saya, ibu, dan ayah rasakan). Jangankan mau tertawa, tersenyum saja saya jarang sekali saat menonton acara komedi situasi ini. Gaya banyolan Tora Sudiro, Aming, Indra Birowo, Sogi, Ronald, dan Tika tidak mampu mengocok perut saya. Anehnya, para penonton di studio malah sering tertawa terpingkal-pingkal, seolah-olah lawakan mereka sangat lucu atau benar-benar lucu.

Saya menduga, itu cuma rekayasa dan permainan tim editing program komedi ini. Produser acara ini mungkin ingin mengesankan, bahwa acara ini sangat lucu (lewat pemutaran klip-klip/video adegan penonton yang sedang tersenyum dan tertawa). Termasuk pemutaran iringan suara penonton yang sedang tertawa di sela-sela lawakan para pemainnya.

Mamamia 2 (acara musik terfavorit)

Nah, kalau acara ini menurut saya memang sangat layak menerima penghargaan sebagai Program Musik Terfavorit di ajang Panasonic Award 2009. Tak hanya populer, Mamamia Show 2 juga berkualitas. Sistem penjuriannya sangat bagus, sehingga memungkinkan peserta yang berkualitas bisa lebih lama bertahan. Hal itu juga diimbangi dengan kualitas para peserta yang relatif lebih baik daripada kualitas peserta Indonesian Idol 2008 (sebagai saingan acara ini).

Dari sisi segmen pemirsa, sebagian besar penggemar Mamamia adalah kaum remaja dan ibu-ibu. Dari sisi ratting, konon Mamamia 2 ini punya ratting yang sangat tinggi. Bahkan pernah meraih ratting acara tv tertinggi (paling banyak ditonton oleh pemirsa). Saya sendiri termasuk pengggemar setia acara ini, walaupun saya laki-laki dan sudah bukan remaja lagi. Yang saya sukai dari acara ini yaitu kualitas peserta dan sistem penjuriannya.

Intinya, Mamamia 2 memang sangat pantas untuk menjadi acara musik terfavorit di Panasonic Award 2009.

***

Nah, sekian saja ulasan saya mengenai beberapa pemenang Panasonic Award 2009 yang merepresentasikan kalangan remaja sebagai penyumbang terbesar vote SMS-nya.

Anda punya pendapat lain?

Dukungan kontes >>> apa sih asyiknya belajar seo?

49 comments:

  • yang jadi permasalahan itu kan yang punya duit banyak dan SMS untuk mendukung acara favorit mereka. padahal yang didukung ga' bagus2 amat ;;)

    05 April, 2009 17:47

  • Kalau menurut saya, extravaganza emang cocok jadi pemenang. Banyak orang yang terhibur koq dengan nonton extravaganza ini, setidaknya di daerah saya sendiri. Saya pribadi suka dengan acara ini, karena menurut saya memang lucu. Ditambah acara ini memiliki banyak nilai lebih dibanding beberapa acara sejenisnya...

    Yang lain no comment deh... Hehehe...

    05 April, 2009 21:44

  • kalau menurut saya :

    Aktris terfavorit (Naysila Mirdad)
    aktor terfavorit (Dude Herlino)
    presenter musik dan pelawak terfavorit (Olga--setuju)

    Drame seri favorit (cahaya)

    05 April, 2009 22:08

  • Mereka memang pantes untuk menang..mantap lah...

    06 April, 2009 09:13

  • Hmmm...ulasan menarik nih mas iskandar...

    Sesekali pernah juga nonton CF3 ini...kadang sampai ketiduran....

    06 April, 2009 11:03

  • Nembak keywordnya jitu gitu yahhhh....
    Blog Selebritis sedang menunggu perkembangan blog ini; maju terus dan tetap semangat....; eh, yang award-award kaya gitu memang sudah menjadi nafas entertainment pada dunianya sendiri; kita hanya kadang terbius sehingga ikutan nge-vote

    06 April, 2009 17:02

  • Saya setuju sama Ihsan pemenangnya karena banyak SMS bukan karena kualits jadi yah gitu.

    07 April, 2009 01:55

  • @ IHSAN : begitulah kenyataannya mas :( Kebanyakan cuma milih berdasarkan suka nggak suka dan popularitas. Jadinya yaaach...gitu deh.

    @ Hangga Nuarta : lucu ya ternyata bagi kamu. Yach, tergantung selera juga sih pada akhirnya. Mungkin karena kamu masih remaja kali ya. Kaum remaja saya amati memang cenderung lebih menyukai model komedi seperti itu. Ga masalah sih. Yang penting kan terhibur yach.

    @ obat kecanduan : setuju ama kamu!

    @ sarimin : wajar sih kalo gak suka sinetron, wong kebanyakan gak bermutu yach.

    @ septian : yups :)

    @ ammadis : saking mbosenin kali ya mas, sampe ketiduran segala :)

    @ munawar am : makasih buat dorongannya kang. Saya berusaha tetap eksis menulis tentang dunia entertain di blog ini.

    @ Abi : bener bi. Itulah kelemahan sistem SMS.

    07 April, 2009 02:57

  • Ga pernah nonton TV lagi :((

    07 April, 2009 04:22

  • kirain judulnya "ada Apa?" yang aku pikir, bisa jadi ini ada kasus tersembunyi di balik ajang itu, eh, ternyata sekedar info share yang menang yah? Ok deh, terima kasih infonya mas, yang buat aku surprise ya olga itu. Taun kemarin belum ada nama itu. begitu muncul langsung juara. HEbat!

    07 April, 2009 09:28

  • @ Ade : Sibuk berat ya mbak? Ato jangan-jangan emang gak doyan nonton tv nih :)

    @ ADVINTRO : Maksud judul "ada apa" itu karena saya melihat kecenderungan besarnya partisipasi kaum remaja sebagai voters terbesar untuk beberapa kategori di ajang ini. Nah, saya lihat ada beberapa pemenang yang sepertinya kurang layak menang. Kemenangannya lebih disebabkan karena mereka banyak disukai kaum remaja (bukan karena kualitas). Itulah kenapa saya buat judul "ada apa".

    Soal OLGA, ia memang fenomenal pada tahun ini. sebenernya taun 2008 kemarin sih udah mulai ngetop loh, tepatnya semenjak bawain acara Ceriwis di Trans TV. Makasih kembali mas.

    07 April, 2009 11:10

  • gue kira 4 EMPAt yg jadi pavorit ;))

    07 April, 2009 11:26

  • horree... olga dapet award..

    saya penggemarnya olga bro :D

    07 April, 2009 19:11

  • Enak aja bilang Cinta Fitri Season 3 ga lebih baik dari Cahaya

    Cahaya tuh ya skenarionya amburadul, menclok sana-sini, suka permainin perasaan cowok, jelas Cinta Fitri Season 3 dunk yang menang, tokohnya natural banget semuanya, ga berlebih-lebihan. Kalau Cahaya tuh bodohnya ga ketulungan, masih lebih tegas Fitri, makanya Fitri-Farrel tuh pasangan idaman, secara pendukung/pengirim pollingnya paling banyak,...

    09 April, 2009 22:56

  • Trus poin plus dari Cinta Fitri Season 3 tuh ya berhasil tembus angka rating lebih dari 10.0%

    Emang Cahaya bisa mencapai angka itu? Paling cuma berkisar di antara angka 8.0%

    Dan yang masuk nominasi ini tuh ya yang pernah jadi ratu sinetron stripping selama berminggu-minggu..., jadi dalam polling ini ga ada kesalahan, dan sudah sepantasnya Cinta Fitri Season 3 menggondol 3 piala sekaligus...

    09 April, 2009 23:07

  • Kalo' aku paling anti sama yg namanya Shireen Sungkar ituu.
    :))

    Palak aja, Om.
    Masa saya bisa dikalahin sama dia. Saya kan masuk nominasi jg kemaren. Itu loh yg nampil di acara Dahsyat di RCTI.
    Wkekeekekek.

    10 April, 2009 12:02

  • @ Alvin Pratama : pendapat kamu tentang sinetron Cinta Fitri ada benarnya juga kok. Dari beberapa sisi sih, Cinta Fitri emang lebih baik kok dari Cahaya. Tapi ada beberapa sisi juga yang lebih baik Cahaya. Saya cuma menilai secara keseluruhan. Soal ratting, Cinta Fitri kan sempat turun juga tuh rattingnya. Sekarang kayaknya kalah ama ratting sinetron INAYAH di Indosiar.

    Thx buat komentar dan komplainnya. Opini saya di atas cuma pendapat saya pribadi kok.

    @ HeLL-dA : maksudnya LUNA MAYA yach? hihihi. Secara, buat saya kan lebih populer kamu (alias Luna Maya) :) Palak? Emang preman pake palak-palakan segala 8-}

    10 April, 2009 13:36

  • Lagi BT nggak ada yang mo di tontonin, Soalnya, Cinta Fitri3 udah berakhir,,, dan...itu ngebuktiin, nggak cuma tontonan para remaja aja, ibu rumah tangga seperti saya and temen-temen paling doyan, mo nonton sinetron yg laen kyk-n nggak ada yang nyamain, para mengABG semua and kadang nggak masuk akal

    13 April, 2009 20:06

  • permisi yaa..
    blognya keren nih kembangkan terus..
    ikut baca2 update yang baru..
    mudah-mudahan infonya bermanfaat..
    hhehe..

    Silahkan berkunjung ke BLOG HEBOH dan janga lupa berkomentar sebanyak-banyaknya biar dapet banyak backlink yg akan meningkatkan link popularity soalnya BLOG HEBOH sudah menerapkan sistem dofollow dan BLOG HEBOH akan mengadakan LOMBA TOP KOMENTATOR..

    Salam sukses!!

    13 April, 2009 23:23

  • lama² eneg juga lihat si olga

    05 July, 2009 09:03

  • gyaaaaa..... Q sebbel bgt nonton PA!!!!! Luna Maya ga dpt!!!!!!!! *padahal yah.... gimana2 juga dari smua yg dinominasiin, akting terbaik cuma dia!*

    hmmmh.... patokannya cuma lewat sms seeeh.....!!!!! jurinya tu pemirsa yg punya duit lebih buat bli pulsa :(

    19 October, 2009 17:06

  • Extravaganza kok dikatakan lawakan jelek. Lalu ngelawak yang baik itu gimana?

    02 January, 2010 21:42

  • @ Agus Siswoyo :
    Bukan jelek, tapi GARING BANGET mas :)

    03 January, 2010 03:13

  • menang poling belum tentu kualitas bagus,terlalu subyektif lah!

    01 May, 2010 03:48

  • Ane ngikut saja, gak penah liat sinetron,,, hehehehe...

    01 March, 2011 12:37

  • ane paling ga suka ma sinetron indo...
    yang korea aja dah... :D

    29 July, 2011 19:19

  • hehe..kriain apa..ane ga suka sinetron gan

    06 August, 2011 14:14

  • kirain apa bro..ternyata maslah artis:D

    06 August, 2011 14:23

  • sundul gan.. biar tambah rame

    06 August, 2011 14:29

  • ga mudeng gan .. ga pynya tivi:D

    17 September, 2011 08:02

  • sineteron indonesia kebanyakan garing gan

    17 September, 2011 08:08

  • kalo nominasi nya sebagai aktris favorit sih saya setuju gan karena fans nya banyak...
    tapi kalo nominasinya aktris terbaik baru saya tidak setuju.

    14 October, 2011 13:41

  • bener banget tuh..
    pasti yang banyak mengirim sms itu anak remaja..
    karena pemenang nya acara anak remaja semua..

    14 October, 2011 14:09

  • pas banget tuh olga jadi pemenang nominasi presenter musik dan pelawak favorit.

    14 October, 2011 14:25

  • saya juga merasa kalo extra vaganza itu tidak lucu...

    14 October, 2011 14:40

  • saya gak pernah nonton.... gak mutu..

    15 May, 2012 11:25

  • klo menurut saya,, cinta fitri itu sinetronnya natural bngtz,,gk ada yg dilebih2kn,,.mulai dri alur critanya,,,aktingnya,,smua natural,,gk lebay,,,tp itu untuk season 1 n 2 ja,,,untuk slnjutnya sm ja kyk sinetron lain

    06 October, 2013 00:26

  • zaman dahulu adam dan hawa dihasut oleh syetan untuk memakan buah terlarang yang berada di syurga
    lalu dikarenakan terhasutnya mereka berdua terlanjurlah sudah buah itu mereka makan, dan ketika itu Tuhan langsung mengetahuinya dan menghukum mereka berdua untuk dikeluarkan dari syurga dan diturunkan ke bumi.
    mereka berdua terpisah di bumi, lalu mereka berduapun saling mencari dan mencari tanpa henti hingga merekapun bertemu di salah satu padang pasir, setelah itu mereka hidup berdua dan memutuskan untuk memiliki keturunan.
    setelah beberapa tahun mereka berduapun tidak hanya berdua lagi, dikarenakan kini mereka hidup bersama beberapa anak anaknya wanita maupun laki-laki
    setelah itu adam dan hawa mendapatkan sebuah pesan untuk menikahkan anak anak mereka agar mendapatkan keturunan yg lebih banyak yg nantinya akan menjadi penjaga bumi
    setelah itu anak adam dan hawa dinikahkan satu sama lain dan hingga kini...ada lebih dari 1 miliar anak adam dan hawa yg hidup di bumi ini dengan berbagai kepribadian,emosi,selera,pengetahuan,dan fisik

    INTINYA : manusia itu seleranya gak sama :)
    *kalo mau nyalahin knapa org2 suka acara itu, ya salahin aja syetan*

    31 October, 2013 21:36

  • Post a Comment

    Silakan tulis komentar sesuai pendapat pribadi kamu

    Back to Top
     

    kafe28 Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template | Top