13 April 2009

13 April 2009

Blog SPAM, Iklan PPC, dan Banner Affiliasi

blog spam

Anda mungkin sudah paham dengan pengertian SPAM. Ya, SPAM biasanya dikaitkan dengan metode promosi di dunia maya (internet) yang dilakukan tanpa mengindahkan etika, tempat, efektivitas, dan situasi/kondisi. Kali ini saya akan sedikit membahas hubungan antara SPAM dan blog yang melahirkan istilah blog SPAM.

Anda mungkin pernah mengunjungi sebuah blog yang hampir di segala sudutnya 'dibombardir' dengan tampilan iklan baris (teks link). Baik itu di bagian header, di atas kolom postingan, di dalam area posting, di sidebar, di bawah posting, di atas kolom komentar, dan di bagian footer. Mungkin juga anda pernah mampir ke sebuah blog yang dipenuhi dengan banner yang bertaburan hampir di segala sisinya. Atau bahkan gabungan antara iklan baris dan banner yang memenuhi hampir setiap elemen halaman blog tersebut.

Biasanya blog yang seperti itu identik dengan blog download MP3.

Bagaimana mood anda ketika menemukan blog dengan kondisi seperti itu? Bagaimana kesan anda terhadap si pemilik blog tersebut?

Itulah yang saya sebut sebagai blog SPAM.
spam blog
Sang pemilik blog mungkin berharap bisa menuai banyak klik dari para pengunjung lewat pemasangan dan penempatan iklan baris di segala penjuru. Tak tanggung-tanggung, ia bahkan memasang iklan baris dari 3-5 program sekaligus (dari PPC yang berbeda-beda). Berharap bisa memanen keuntungan besar. Atau bisa saja sebagai cadangan, seandainya satu PPC minim klik, maka ia masih punya stok PPC lain yang diharapkan menuai banyak klik unik.

Saking lebih mengutamakan keuntungan buat diri sendiri, si pemilik blog mungkin lupa untuk memasang menu-menu (navigasi) yang memudahkan para pengunjung blognya untuk menemukan link-link artikel yang mereka butuhkan. Saking bernafsunya untuk memperoleh klik atas iklan-iklan barisnya, sang pemilik blog mungkin juga lupa atau tidak menyadari, bahwa penempatan iklan baris yang terlalu banyak pada area posting atau di segala penjuru bisa mengacaukan mood pengunjung. Termasuk memasang terlalu banyak banner affiliasi.

Alih-alih memperoleh klik, pengunjung bisa menjadi agak eneg dibuatnya Atau malah merasa terganggu dan jadi kurang betah berlama-lama di blog tersebut. Duh, siapa yang mau kalau begitu?

Sehubungan dengan hal itu, saya sendiri dulunya mungkin pernah melakukan hal tersebut (ketika baru terjun di dunia blogging) hehehe, ngaku juga pada akhirnya. Dulu saya pernah memasang 3 buah script iklan baris dari 3 program PPC sekaligus. Namun setelah saya pikir-pikir, ternyata kurang bagus efeknya bagi tampilan dan image blog saya. Termasuk dari sisi income/pemasukan yang terjadi dari hasil klik. Ternyata hasilnya sangat minim!

Akhirnya saya putuskan untuk mencopot 2 buah script iklan PPC yang berasal dari 2 program. Saya sisakan saja menjadi satu (seperti yang anda lihat pada sidebar blog ini). Hasilnya ternyata cukup baik dari sisi income dan juga termasuk dari segi tampilan blog ini. Klik yang terjadi bisa lebih banyak. Tampilan fisik blog juga tidak seramai atau sesumpek dulu.


Dari pengalaman saya tersebut, mungkin ada satu hikmah yang bisa dipetik untuk anda sekalian yang sampai saat ini masih membombardir blognya dengan berbagai iklan baris PPC (termasuk banner affiliasi) di segala penjuru.

Mungkin lebih baik fokus dan memaksimalkan satu iklan PPC saja (dengan pendapatan/klik yang bisa lebih banyak) daripada memasang terlalu banyak iklan PPC, namun ternyata hasil kliknya malah amat sangat minim. Itu berlaku juga buat pemasangan banner-banner affiliasi (maksimal 3-5 saja kalau bisa).

Selain itu, tentu juga demi kenyamanan pengunjung blog kita. Nggak mau kan pengunjung menganggap blog kita sebagai blog SPAM? Nggak mau juga kan dianggap terlalu serakah dan terlalu mementingkan keuntungan buat diri sendiri? hehehe

Nah, pilihan ada di tangan kita masing-masing.

(mohon maaf jika ada sebagian blogger yang merasa kurang nyaman dengan isi postingan ini)

Dukungan kontes >>> apa sih asyiknya belajar seo?

20 comments:

  • Mantap tulisannya mas. Kalo saya malah mikir duakali dulu buat berkunjung ke blog spam kayak gitu, boro-boro dilirik, malah langsung ditutup windownya. Jadi mikir-mikir juga kalo mau pasang iklan di blog yang sekarang.

    13 April, 2009 17:21

  • aku juga ngg' suka berlama2 di blog yg banyak bannernya, apalagi untuk klik sana sini :)

    13 April, 2009 20:54

  • nice post Bro! Sarimin ucapin makasih! sangat bermanfaat sekali buat Sarimin

    14 April, 2009 04:12

  • wah itu blogger yang memang matre' kali ya?

    atau blog itu sengaja dibuat untuk mencari $$$ di internet

    yang paling tidak saya suka klo dia berkunjung, ngomen dan bilang klo dia klik iklan saya dan minta klik balasan x(

    14 April, 2009 06:24

  • Dulu juga blogku penuh dengan iklan.. hehehe sekarang sih masih tapi dah banyak dikurangin kok :-D

    14 April, 2009 08:40

  • Lebih fokus, saya yakin hasilnya akan lebih maksimal...

    14 April, 2009 10:39

  • @ Nardi' >>> hahaha. Langsung ditutup ya mas ternyata. Nah, itu bisa jadi pelajaran buat blogger yang masih terlalu menjejali blognya dengan banyak iklan. Kalo emang mau pasang, coba pasang satu aja dulu. Thx ya mas.

    @ an9el >>> gitu yach, semoga bisa jadi masukan buat saya dan semua pembaca. Makasih ya.

    @ Sarimin >>> makasih kembali mas. Cuma mau sharing aja. Kalo akhirnya bermanfaat, saya senang sekali.

    @ IHSAN >>> bisa jadi juga sih. Walah, kesannya pamrih banget yach. Ke laut aja deh kalo gitu..wekekekek

    @ Ade >>> syukurlah kalo udah nyadar/tobat..hihihi (saya juga gitu kom dulunya). Sekarang aja kadang masih suka kegoda buat nambah iklan :)

    @ sapimoto >>> bener mas. Sama kayak cermin cembung yang bisa memfokuskan sebuah cahaya/panas yang bisa membakar sebuah kertas.

    14 April, 2009 15:07

  • nice article..
    emang bos.. tapi ingat.. mereka yang blognya
    disumpelin ama iklan, kebanyakan malah merugikan mereka sendiri.. dan earning yang didapat nggak sesuai dengan yang diharapkan..tapi tampilan blog semakin penuh kayak pasar malem..:)
    eh ngomong2 blog gua enggak kan?? :P
    salam..

    14 April, 2009 15:30

  • setubuh bro....
    iklan bukan segalanya

    14 April, 2009 21:44

  • @ mengais dollar : kalo blog kamu kayaknya masih nggak terlalu sumpek deh. Imbangi aja dengan postingan yang banyak dan menu-menu yang dibutuhkan oleh pengunjung buat menemukan link postingan kita dengan mudah. Thx bro.

    @ Pencerah : setuju bro.

    15 April, 2009 14:40

  • Wkkekkekkk...

    Blog aku tuch... "Full" Banner....

    Mantep mas, artikelnya..

    salam kenal...

    mau tukeran link gak nech ? Kalo mau hub aku di blog aku

    15 April, 2009 16:35

  • @ AlvienRizki >>> boleh kalo mau tukeran link. Ntar saya simpen deh link blognya di daftar blog favorit saya. Thx ya.

    16 April, 2009 14:30

  • Ada ppc baru neh, bisa filter iklan berdasarkan keyword, juga bisa memfilter web pengiklan. Jadi iklan yang tampil sesuai dengan kebutuhan blog kita, coba deh kali aja hoki, earningnya juga lumayan dihitung epr keyword, jadi setiap iklan beda-beda nila earningnya.
    Http://www.ppcindonesia.net

    18 April, 2009 05:01

  • @ myblopost1 >>> makasih banyak buat informasinya. Saya udah liat situsnya. Ntar deh saya pertimbangkan.

    20 April, 2009 14:31

  • Makasih Mas atas infonya. Artikelnya sangat bagus, saya jadi tambah ilmu.

    27 April, 2009 15:10

  • Wkwkwkwk,.... kayaknya blog aku nih, tapi itu dulu bang. Sekarang coba deh abang liat....

    23 May, 2009 15:27

  • memang sih kalau kebanyakan suka bikin dongkol pengunjung, tapi namanya juga usaha Mas, ada cara lain nggak supaya tetap nampak simpel??

    01 June, 2009 18:10

  • thans banget mas atas infonya.

    it's really help me.

    oia, salam kenal yach!

    22 June, 2009 04:23

  • kalo punya saya gmn bang?

    kbanyakan iklan ga?

    kalo banner iklan yg itu seh sbg pengindah aja kok..hehehe...daripada cuman link..kan agak aneh..masak earning dari link..hiks...

    28 August, 2009 12:12

  • @ solusi internet >>> kalo blog mas sih nyaman banget karena gak terlalu banyak iklan. Masalah banner, memang bisa memperindah kok. Daripada kosong yach, mending dipasang aja sebagai penghias, kayak blog saya ini juga :D

    28 August, 2009 12:24

  • Post a Comment

    Silakan tulis komentar sesuai pendapat pribadi kamu

    Back to Top
     

    kafe28 Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template | Top