20 April 2009

20 April 2009

Konten yang Unik sebagai Daya Tarik Utama Sebuah Blog

konten blog unikMemiliki blog yang banyak digemari atau punya basis pengunjung setia yang melimpah adalah dambaan setiap blogger (terutama yang menjadikan blognya sebagai tempat berbagi dan juga sebagai sarana monetisasi).

Namun untuk mencapai hal tersebut tentunya tidak semudah membalikkan telapak tangan. Butuh sebuah proses panjang yang memerlukan kesabaran ekstra dan disiplin tinggi demi meraih impian tersebut. Tak jarang, di tengah perjalanan proses itu pun kita menemui banyak ujian dan rintangan.

Namun postingan kali ini tidak akan membahas masalah rintangan atau ujian yang harus dilalui tersebut. Di sini saya hanya akan mengupas satu hal yang perlu diperhatikan ketika kita mengawali proses untuk membangun dan mengembangkan blog kita, terutama pada 3 hingga 6 bulan pertama.

Jika blog anda sudah punya pengunjung rata-rata di atas 50 unique visitor per hari, mungkin saja itu karena anda sudah memperhatikan satu hal yang akan saya kupas di sini (baik anda sadari ataupun tidak). Apa satu hal tersebut? Tak lain adalah banyaknya konten yang unik di blog anda.

Salah satu alasan utama sebagian orang suka mengunjungi sebuah blog ialah karena di blog tersebut ia bisa menemukan banyak konten atau postingan yang sulit ditemukan di media lain (seperti situs portal, buku-buku di pasaran/perpustakaan, atau bahkan media cetak seperti koran, tabloid, atau majalah).

Buat apa baca blog A kalau isinya sama saja dengan situs portal? Buat apa mengunjungi blog B jika isi postingannya kebanyakan sama saja dengan koran? Buat apa baca blog C kalau ternyata mayoritas kontennya adalah hasil copy-paste? Buat apa mengunjungi blog D kalau mayoritas postingannya sudah banyak terdapat di blog lain?

Namun di sini perlu saya tekankan, makna konten yang unik atau tidak pasaran itu sebenarnya tidak sesempit yang kita bayangkan.

Unik bisa berarti punya ciri khas tersendiri dalam cara mengulas sesuatu (walaupun sesuatu tersebut sudah banyak dikupas atau diangkat). Unik bisa pula berarti punya sudut pandang baru ketika membahas sesuatu. Bisa juga berarti kreatif dan mahir dalam hal memodifikasi serta mengembangkan sebuah ide yang sudah pernah dikupas di media lain (untuk kemudian dijadikan sebuah postingan baru dengan kemasan yang berbeda).
konten blog
Untuk postingan jenis tutorial atau tips praktis bergaya how to, unik bisa berarti lebih detail dalam hal cara menjelaskan/cara membimbing. Bisa juga berarti lebih mudah dicerna dalam hal penggunaan gaya bahasa atau kalimat yang digunakan untuk menjelaskan tutorial tersebut. Pun bisa berarti pula selalu didasarkan atas pengalaman pribadi atau pembuktian terlebih dahulu, sehingga pembaca merasakan bahwa tutorial tersebut benar-benar bisa dipercaya kredibilitasnya.

Untuk konten berjenis berita, informasi, atau sesuatu yang berbau nembak keyword – makna unik bisa berarti lebih detail, lebih komplit, lebih deskriptif, atau lebih komprehensif ketika menyajikannya. Bila perlu, ditambah dengan opini pribadi kita (tidak sekedar memberitakan atau menyampaikan data dan fakta saja).

Sedangkan untuk jenis konten berupa curhat atau sharing pengalaman, makna unik bisa berarti punya gaya bahasa yang khas ketika menuangkan isi hati, pikiran, maupun pengalamannya. Bisa pula berarti selalu punya pesan berharga atau sesuatu yang bermanfaat bagi pembacanya.

Jadi intinya, makna unik di sini tidak selalu berarti bahwa konten tersebut sulit ditemukan di media lain. Yang terpenting adalah bagaimana mengusahakan agar setiap postingan kita punya nilai dan ciri khas tersendiri (walaupun mungkin sudah sering diangkat atau sudah banyak terdapat di media lain).

Semakin banyak konten yang unik di blog kita, maka peluang untuk mendulang pengunjung setia akan semakin besar dan semakin terbuka lebar.

Tidak masalah walaupun blog kita tergolong blog gado-gado. Toh menurut amatan saya, ada juga kok blog gado-gado yang memiliki banyak konten unik (tidak pasaran) di dalamnya.

Nah, siapa bilang blog yang tidak pasaran itu cuma milik blog bertema khusus? Siapa bilang juga blog yang unik itu cuma milik blog tutorial?

Di tengah pertumbuhan dan perkembangan jumlah blog yang semakin subur bin menjamur di Indonesia, rasa-rasanya kita perlu berjuang keras agar blog kita punya ciri khas tersendiri. Salah satu caranya yaitu dengan mengusahakan sebanyak mungkin memposting konten yang unik di blog kita. Unik dari sisi materi, tema, penyajian, maupun pengemasannya.

Jika kita tidak peduli dengan hal itu, maka bersiap-siaplah untuk terlempar atau tersisih dari arena persaingan untuk merebut simpati pengunjung.

(eh, ngemeng-ngemeng, blog saya ini udah masuk kriteria blog yang punya banyak konten unik atau belum yach? ^-^)

Dukungan kontes >>> apa sih asyiknya belajar seo?

50 comments:

  • Betul..betul mas..konten yng unik menjadi daya tarik. dan semakin banyak saya membaca ulasan tentang blogging di e-book...atau orang-orang yg mengatakan dirinya "guru" blogging ...semuanya berkata konten harus unik, konten fokus pada satu hal...

    Tetapi setelah membaca kangnawar.com, terutama di posting blog gado-gado, saya rasa benar juga. Nggak masalah kalo blog itu gado-gado...
    Karena bisa jadi memang tujuan setiap pribadi untuk blogging beda-beda..

    Kalau saya merasa mendapat kemanfaatan besar dari membaca blog teman-teman, saya jadi sadar seorang sahabat berkata "berbagi akan sangat lebih baik..apalagi berbagi ilmu dan kemanfaatan..
    waah..maaf kepanjangen ya mas?..terlalu bersemangat..hehe
    TERIMAKASIH BANYAK KUNJUNGANNYA...semoga tetap bisa selalu silaturrahmi...

    20 April, 2009 17:23

  • sip.... n blog kafe28 masuk kriteria..!!

    20 April, 2009 19:31

  • yang susah adalah untuk membuat pengunjung kembali lagi ke blog kita, dan bukan sekedar lewat setelah itu pergi ....

    20 April, 2009 20:20

  • wah, tips yang bagus bro
    matur tengkyu

    20 April, 2009 21:39

  • Yap tulisan yang bagus ... tinggal merealisasikan aja lagi ... saya terinpirasi

    20 April, 2009 21:50

  • Sepertinya blog mas udah masuk kategori... :D

    Wah, saya harus lebih semangat lagi nih agar bisa ngejar... :D

    20 April, 2009 23:10

  • @ Ferdian Adi >>> gak papa mas. Buat saya nggak kepanjangan kok. Malahan sangat melengkapi ulasan saya di atas. Ternyata pandangan saya sejalan dengan pandangan para master yach. Soal blog gado-gado, asalkan setiap postingannya punya nilai dan ciri khas, nggak masalah. Toh, banyak juga kok blog gado-gado yang punya penggemar melimpah. Thx dan semoga blognya mas makin maju yach.

    @ aanku91 >>> makasih kalo begitu :)

    @ joe >>> susah kalo kebanyakan isi postingan di blog kita kurang menarik baginya..hehehe.

    @ Pencerah >>> kembali bos. Blognya bos tergolong punya banyak konten yang unik juga, terutama gaya bahasanya. Sangat khas menurut saya.

    @ Ersis >>> makasih mas. Kita berusaha saling menginspirasi saja deh lewat postingan-postingan di blog kita.

    @ Hangga Nuarta >>> ngejar apaan mas? hehehe

    21 April, 2009 16:48

  • harus belajar banyak nih.. :D
    apalagi blog saya masih baru banget.. ^^

    21 April, 2009 16:48

  • @ Blogger Ceria >>> blognya keren loh tampilannya. Pake template terbaru buatan kang Rohman ya kayaknya. Semoga makin maju ya. Thx buat kunjungannya ke sini.

    21 April, 2009 17:02

  • warning !!
    SEASAMA BLOGGER HARUS SALING MENGUNJUNGI

    maju terus blogger indonesia...

    21 April, 2009 17:47

  • wah ternyata saya harus masih banyak belajar lagi dengan teman-teman nih ... terima kasih infonya mas ...

    *ngemeng-ngemeng ... (hehehe istilahnya dipakai) kok kotak komennya selalu muncul 2? apakah ada kesalahan ya pada browser saya?*

    22 April, 2009 03:44

  • Setubuh eh setujuh.
    Banyak koq blog gado-gado yg keren-keren, Om.
    ;)

    Kalo utk blog Om sendiri jg punya ciri khas, apalagi Om punya 2 fokus yg di-concern banget. Yaitu mengenai blog dan TV.
    Aku ngerasa Om sangat-sangat telaten. Bayangin coba Om nulis selang-seling antara tema blog dan TV.
    Kereeen.
    ;)

    22 April, 2009 11:42

  • @ nomercy >>> kita sama-sama masih belajar mas. Saya masih pemula kok dalam dunia blogging. Oya, soal kotak komentar yang muncul dua, emang suka gitu mas. Browser saya juga sering gitu kok. Yach, biarin aja deh. Kan gak jadi masalah :)

    @ HeLL-dA >>> cieee, pake nama baru nih (ada tambahan Skirtenblue). Bener kan. Blog kamu juga punya ciri khas kok menurut saya (walau postingannya nggak panjang-panjang kayak saya..hihi). Soal blog ini, saya emang pengen fokus menulis di 2 bidang dulu (entertain dan blogging, sesuai nama blog ini). Bukan hanya TV loh, tapi dunia entertain secara keseluruhan.
    Thx ya HeLL...

    22 April, 2009 12:05

  • jadi minder ngebaca postingan ini

    22 April, 2009 14:16

  • ya musti punya content yang menarik,,blog aku baru bgt tuw,,msh blajar2 gimana bikin blog semenarik mungkin.thx buat kunjungannya

    22 April, 2009 16:08

  • @ ceznez >>> nggak harus gitu dong. Coba kamu baca kembali isi postingan saya di atas. Ada nggak saya menyarankan agar bikin niche blog? Yang terpenting sebenernya bukan masalah niche-nya, tapi penyajian dan pengemasan postingannya.

    23 April, 2009 12:08

  • makasih kang atas pembelajarannya. saya akan mencoba menulis lebih terarah. walau kadang2 menyimpang dikit biar gak stress :))

    23 April, 2009 12:22

  • hmm, unik gak ya?
    kalo blogku masuk kategori "konten entah apa-apa"

    23 April, 2009 12:26

  • @ sibaho >>> makasih kembali mas. Sebenernya sih bukan masalah terarah atau menyimpang. Tapi lebih kepada usaha untuk membangun ciri khas atau istilah kerennya branding image (cieee..)

    @ Cengkunek >>> kok bisa masuk kategori aneh gitu ya mas...hehehe

    23 April, 2009 12:44

  • saya belajar banyak dari artikel ini. apalagi, saya baru mulai ngeblog 6-7 bulan, masih perlu banyak pengetahuan bagaimana cara ngeblog yang baik dan benar menurut kaidah per-blog-an

    23 April, 2009 12:49

  • @ sukarnosurya >>> sama mas. Saya sebenernya juga masih belajar. Postingan di atas cuma untuk menggulirkan sebuah wacana dan sedikit arahan bagi kita semua. Semoga bisa sedikit bermanfaat ya buat mas. Makasih buat kunjungannya.

    23 April, 2009 13:17

  • Memang yg unik apa lagi yang saru bikin orang penasaran.... ;)

    23 April, 2009 14:51

  • Hmm, asik nih postingannya.
    sepertinya emang ini contoh dari content yg unik
    sukses selalu....

    23 April, 2009 15:39

  • :)]
    boleh juga kontent ini...
    menarik oi...

    23 April, 2009 21:05

  • Bener banget itu mas. Tp jangan asal tembak keyword aja. Soalnya banyak temen2 yg tembak keyword, tanpa mempedulikan isi materinya.

    23 April, 2009 21:44

  • Sepakat mas...content is king ...

    24 April, 2009 11:03

  • yang seo friendly dan banyak dicari
    byme

    24 April, 2009 17:07

  • aku ga punya jati diri.. masih kesana kemari ga jelas blognya ~x(

    25 April, 2009 00:55

  • setuju mas tapi kadang kalo malas menyerang udah deh kontennya ga karuan :D

    25 April, 2009 08:15

  • ini baru tisp yang ampuh makasih mas semoga blog khu jadi blog yang unik dan menarik :D

    25 April, 2009 16:29

  • Keren niyh tulisannya,, maju terus ya sob..

    27 April, 2009 23:01

  • Dari yang saya serap dari semua tutorial, yang pasti ada dan utama sebagai syarat membangun blog yang eksis dan disukai adalah konten.Lainnya, lebih berfungsi supporting.
    mantap ulasannya mas..Thx ya :)

    28 April, 2009 11:45

  • konten yg unik? niche blog? kek punya saya.. khusus di persembahkan buat ayang tercinta :D

    29 April, 2009 08:52

  • Kalau blog saya ta campur biar enak rasanya kayak es campur...

    29 April, 2009 09:40

  • yang penting menjadi diri sendiri

    dan itulah kita

    walaupun apa adanya

    03 May, 2009 07:52

  • tapi kalo ternyata blog kita lebih bagus dengan situs portal atau koran atau apapun, gak mustahil orang akan lebih m,ilih baca blog kita

    :)

    15 May, 2009 19:49

  • Inspiratif,.... aku punya blog campur sari atau gado-gado yah?

    23 May, 2009 15:06

  • kepalangan (ini istilah mana juga ... hehehe) sudah mampir kalau gak kasih komentar rasanya gak ada yang nyangkut di tenggorakan ... *halaahhh ini kok gak nyambung*

    sedikit komentar miring nih ... hehehe ... *mungkin otak saya lagi rada-rada miring juga ... dari tadi blogwalking ketawa melulu*
    blog dengan satu topik khusus itu susahnya setengah mati bikin dan mikirnya, lebih susah dari blog pecel atau blog urap ... siapa bilang lebi mudah ... mesti terus menerus konsisten dengan bahasan yang sama ... kan sangat terbatas tuh, perlu cari ide-ide baru malah bisa-bisa muter-muter artikel yang sebenarnya sama diulang-ulang dengan hanya mengubah kata-katanya saja padahal inti bahasan sama saja ... pas mau niat bikin artikel dengan bahasan yang lain jadi bingung, apa harus bikin subdomain baru atau malah beli domain baru untuk fokus yang lain lagi ... hehehe :D

    yang penting walau isi blognya seperti lemari pakaian tetapi kan diberi pewangi dan selalu dirapikan ... mana baju buat kondangan, baju buat kerja atau baju buat mesra2an kan bisa diatur di masing-masing tempat ... jadi gak bakalan salah pakai baju ... bayangin kalau mau mesra2an pakai jas dasi atau kebaya kondangan ... kan susah buat gerak2nya ... :D

    30 May, 2009 03:37

  • konten unik ya?...
    pas banget, saya lagi belajar membuat artikel ini...

    11 October, 2009 21:16

  • @iskandaria, wah mas isk, blog saya masih gado-gado...belum unik juga rasanya...T.T
    Yah tak apalah yang penting konsisten nulis dan berbagi dulu, waktu yang membuktikan...
    terus menulis, terus belajar, berhenti menulis, berhenti belajar...
    salam mas isk^_^

    21 January, 2010 09:51

  • kalau unik tentu jadi menarik ya gan untuk dibaca

    08 April, 2013 10:52

  • Post a Comment

    Silakan tulis komentar sesuai pendapat pribadi kamu

    Back to Top
     

    kafe28 Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template | Top