27 April 2009

27 April 2009

Memanfaatkan Iklan Baris Gratis untuk Men-SEO-kan Link Artikel, Efektifkah?

iklan baris gratisSebagai blogger pemula yang masih belum berpengalaman dalam hal tembak-menembak keyword dan segala tetek-bengek jurus SEO, saya akui bahwa untuk saat ini saya masih belum mampu bersaing untuk keyword yang terlalu banyak kompetitornya.

Sebagai bukti nyata adalah pengalaman saya sendiri ketika iseng-iseng mencoba bertarung dengan para penembak jitu usai puncak event Panasonic Awards dan AMI Awards 2009 berlangsung. Dan hasilnya, link postingan blog saya yang membidik keyword hasil 2 event tersebut akhirnya harus mental dari halaman pertama google (hiiks, kesian banget yach)

Yach, nggak papa lah pikir saya. Itung-itung jadi pengalaman berharga yang bisa dijadikan pelajaran. Toh, sebenarnya saya bukan sekedar ingin nembak keyword 2 event itu, tapi juga karena saya memang senang mengulasnya (temanya saya sukai dan sangat sesuai pula dengan tema utama blog ini).

Namun dari pengalaman kalah SEO tersebut, ada hikmah yang bisa saya tarik. Mungkin saja itu terjadi karena saya masih belum optimal dalam menerapkan teknik SEO. Pemilihan judul yang pas, perangkaian keyword yang tepat, dan teknik bolding pada paragraf pertama plus paragraf terakhir ternyata masih belum cukup untuk bisa memperoleh hasil SERP yang bagus di google. Atau bisa jadi itu karena postingan saya dianggap sebagai SPAM content oleh mbah google…hehehe (jadi malu)

Lalu, faktor apa selain itu yang sangat berpengaruh dalam menentukan hasil SERP? Apakah platform blog juga berpengaruh?

Soalnya ada yang bilang kalau platform blogger/blogspot itu kurang SEO friendly. Tapi saya ingin menampik asumsi itu. Buktinya, ada beberapa rekan blogger dari platform blogspot yang cukup sering menjadi juara SEO di google (melibas para pesaingnya yang berasal dari platform wordpress dan bahkan juga mengalahkan situs portal berita).

Saya jadi teringat dengan hasil SERP keyword kontes SEO Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009 beberapa bulan lalu. Saat itu yang sempat bertengger di urutan puncak adalah link postingan blog berplatform blogspot. Begitu pula saat keyword nominasi AMI Awards 2009 saya cek beberapa waktu lalu. Jawaranya adalah blog berplatform blogspot (walaupun ternyata isi postingannya adalah copasan mentah-mentah dari situs KapanLagi.com).

Jadi kesimpulannya, faktor platform blog bukan hal utama yang menentukan hasil SERP (search engine result page).

Lalu, apakah faktor utama yang ternyata sangat mempengaruhi hasil SERP untuk keyword yang banyak kompetitornya? Jawabnya adalah jumlah backlink (satu arah) yang tertuju ke halaman artikel/postingan tersebut. Anda pasti sudah tahu kan soal ini?

Nah, faktor inilah yang belum terlalu saya optimalkan ketika mempublish postingan yang berbau nembak keyword (terutama yang banyak pesaingnya, seperti keyword Daftar Pemenang Panasonic Awards 2009 dan Pemenang AMI Awards 2009).

Pertanyaan selanjutnya adalah, bagaimana cara meningkatkan jumlah backlink ke halaman artikel nembak keyword tersebut agar posisinya bisa lebih bagus di google?

Beberapa guru SEO umumnya menyarankan pemanfaatan dummy blog atau blog pendukung. Selengkapnya mengenai cara pemanfaatan dummy blog untuk meningkatkan rangking halaman artikel bisa anda pelajari pada tutorial berjudul “Memanfaatkan Dummy Blog” dan “Teknik SEO untuk Menjarah Trafik dari Google” (postingan dari zalukhu dan abibakar).

Saya sendiri pernah menggunakan teknik itu ketika nembak keyword acara Final The Master Season 2 (RCTI) beberapa waktu lalu. Dan hasilnya ternyata sangat baik SERP postingan saya tentang acara tersebut (menjadi nomor 1 di google selama beberapa waktu).

Namun ketika saya terapkan untuk keyword Panasonic Awards 2009 dan Daftar Pemenang AMI Awards 2009, ternyata malah tidak berpengaruh apa-apa bagi SERP-nya, soalnya mungkin karena saya cuma menggunakan 1 blog pendukung (selain karena kompetitornya jauh lebih banyak). Nah, untung saja saya sudah mengantisipasi kemungkinan itu dengan cara memanfaatkan iklan baris gratis untuk memberikan backlink dan men-SEO-kan link postingan nembak keyword tersebut.

iklan barisDan hasilnya ternyata cukup baik untuk lebih mengangkat posisi link artikel saya pada halaman pertama google (walaupun akhirnya cuma berada pada urutan ke-7 hingga ke-8). Tapi yang tampil pada posisi itu bukanlah link asli dari halaman di blog saya, melainkan link perantara berupa link situs iklan baris gratis yang memuat link menuju halaman postingan blog saya.

Walaupun cuma menempati urutan di bawah 5, tapi ternyata saya masih kebagian jatah trafik dari para pengunjung yang memilih untuk mengklik link situs iklan baris yang saya gunakan untuk memberikan backlink ke halaman postingan blog tersebut. Ketika tulisan ini saya posting, keyword "Daftar Pemenang AMI Awards 2009" yang menggunakan media situs iklan baris tersebut mangkal di posisi 8 halaman pertama google (tidak jauh beda dengan posisi ketika tanggal 25 April 2009, satu hari usai event itu digelar). Sedangkan keyword "Daftar Pemenang Panasonic Awards 2009" di situs iklan yang saya gunakan malah berada di posisi 3 saat ini. Sebelumnya sempat di bawah nomor 5 pada halaman pertama.

Itu artinya, link postingan blog saya masih berpotensi untuk mendapatkan klik/kunjungan. Yach, masih mendinglah daripada tidak dapat jatah trafik sama sekali. Tentu saja trafik yang saya peroleh lewat media perantara situs iklan tersebut (posisi 7-8 dan posisi 3) tidak sebesar trafik yang diperoleh link-link postingan yang berada di atasnya. Ternyata platform situs iklan masih kurang mampu bersaing (secara SEO) dengan blog berita dan portal berita. Terutama jika kompetitornya banyak.

Namun jika kompetitornya sedikit, pemanfatan iklan baris gratis untuk memberikan backlink ke halaman artikel kita malah sangat bagus untuk mengangkat nilai pagerank postingan tersebut. Pengalaman sayalah yang membuktikan hal itu.

Soalnya saya cukup sering memanfaatkan media iklan baris gratis untuk mempromosikan beberapa artikel di blog saya…hehehe. Beberapa waktu setelah memanfaatkan tips tersebut, artikel-artikel yang saya promosikan itu akhirnya bisa menempati halaman pertama google. Nah, ternyata lumayan efektif juga.

Soalnya sepengetahuan saya, platform situs-situs iklan baris umumnya cukup SEO friendly. Sebagai bukti penguat, beberapa judul iklan bisnis afiliasi yang saya promosikan melalui situs iklan ternyata bisa menempati posisi yang cukup bagus di halaman pertama google (untuk keyword yang cukup populer dan banyak dicari).

Berbekal pengalaman itulah, akhirnya saya juga memanfaatkan situs iklan baris gratis untuk mempromosikan dan meningkatkan rangking halaman artikel saya di google. Tapi mungkin trik ini cuma tepat untuk mereka yang belum terlalu mahir dalam urusan SEO (seperti saya contohnya). Artinya, buat blogger yang sudah punya blog yang populer (yang sudah punya trafik harian tinggi) dan sudah sangat menguasai teknik SEO, mungkin cara itu tidak terlalu efektif.

Tapi buat sobat yang ingin coba menggunakan trik ini, sebaiknya tidak sembarangan dalam memilih situs iklan untuk mempromosikan link postingan sobat. Pilihlah yang punya trafik tinggi (dengan ribuan visitor per harinya). Pilih juga yang tampilannya nyaman di mata, sehingga peluang untuk memperoleh backlink semakin besar.

Bagaimana menurut anda sendiri? Pernahkah memanfaatkan media situs iklan baris untuk mendukung backlink dan men-SEO-kan postingan anda? Seberapa efektifkah? Dan Apa Sih Asyiknya Belajar SEO dari teknik tersebut?


50 comments:

  • Saya belum pernah mas. Yang saya pakai ya blog dummy, blog dofollow, sama forum... Hehehe...

    27 April, 2009 14:19

  • untuk beberapa blog dummy saya biasa memanfaatkan iklan baris mas,
    hasil lumayan membantu :D

    27 April, 2009 14:22

  • kalo aku cek datangnya pengunjung dari search enggine
    gak semuanya nyasar ke blogku berdasarkan keyword yg aku tembak

    soalnya ada banyak keyword yg dipakai masyarakat untuk mencari informasi di Seacrh Enggine. Jadi gak cuma kata standar, bahkan ada yg memakai lebih dari 2 kata.
    :)

    27 April, 2009 14:45

  • Belajar SEO bareng² yuukk
    thanks bwt infonya yach Mas :D
    salam kenal :)

    27 April, 2009 15:30

  • wah,, pengetahuan baru nich
    matur tengkyu

    27 April, 2009 19:48

  • Sebenarnya yg paling serius bukan linknya, tp seberapa sering kontent itu diakses melalui google search.
    Langkah yg paling cepat menaikkannya adalah, sering2 nyuruh temen googling dg berbagai keyword, suruh masuk aja ke artikel yg ingin kamu naikin. Itu menurut saya lo.

    27 April, 2009 21:22

  • Wah, malah baru tahu saya kalo untuk mendongkraknya juga bisa pake situs iklan baris gratis. Selama ini saya kalo mo nembak keyword bantunya pake backlink dari situs2 milik saya sneiri plus beberapa social bookmarking. :)

    28 April, 2009 01:42

  • analisa yang bagus. Aku juga baru kepikir setelah baca ini. Bagus banget mas. Dan aku kira juga bener banget. Tapi lebih bagus lagi, kalo pasang iklan di situs iklan baris gratis yang PR-nya tinggi. Pasti lebih bagus lagi tuh mas...

    28 April, 2009 11:50

  • @ Hangga Nuarta >>> wah, blog Do Follow dan situs forum kayaknya perlu dimanfaatkan juga yach. Makasih atas sharingnya. Saya baru inget...hihi

    @ Infopemula >>> ternyata udah pake trik ini juga toh. Tuh kan, ternyata cukup membantu kan? hihi

    @ Pencerah >>> kembali bos.

    @ rampadan >>> bener juga kata kamu. LInk yang berasal dari SE emang banyak juga berpengaruh dalam menaikkan nilai pagerank postingan. Makin banyak unique visitor yang berkunjung dengan keyword yang variatif ke postingan kita, maka akan semakin menaikkan rangkingnya. Thx ya.

    @ Ecko >>> nah, mas Ecko kan udah jago banget tuh kayaknya soal SEO. Nggak kayak saya yang masih baru mau belajar...hehehe. Oya, ternyata pemanfaatan situs social bookmarking sangat mendukung juga yach. Tapi apa yang punya luar negeri yach? Kalo yang punya Indonesia setau saya cuma Infogue dan LintasBerita. Saya malah jarang banget manfaatin itu, soalnya kok rada ribet caranya.

    @ firanza >>> nah, itu dia mas. Saya lupa. PR situs iklan yang tinggi juga mesti jadi pertimbangan untuk memilih (bukan hanya trafiknya yang tinggi yach). Makasih banyak buat tambahannya. Ntar saya akan lebih selektif lagi dalam memanfaatkan situs iklan baris gratis.

    28 April, 2009 13:03

  • Pinter banget mas nih
    salam kenal bos
    byme

    28 April, 2009 14:35

  • Kalo menurut saya ngaruh mas,,, setiap link yang ada di iklan gratis mungkin ngasih ping setiap search enginge (SE) jadinya artikel kita cepet diiindex di SE, & dapet posisi yan lebih bagus.. selain diiklan gratis submit juga di website berita spti digg, lintas berita dll dech....

    28 April, 2009 14:47

  • Sejauh ini saya belum pernah nyoba iklan baris mas..thanks infonya

    28 April, 2009 14:55

  • kombinassiin aja sob.. pake dua2nya, blog dummy + iklan baris... ;))

    28 April, 2009 15:18

  • banyak orang yang ragu mau pakai iklan baris untuk backlink blog... jadi menurut saya mumpung pesaing sedikit ya dimanfaatkan aja ya kan? :D

    28 April, 2009 19:25

  • Kalau saya baru pake metode bWalk aja...

    29 April, 2009 06:17

  • Saya biasa jalan-jalan aja untuk memperkenalkan blog saya

    29 April, 2009 06:18

  • @ Rusa Bawean >>> itu bener banget mas. Kayaknya kita emang gak perlu terlalu terpaku pada keyword standar aja yach. Toh, banyak juga kok postingan saya yang dikunjungi dengan keyword yang bukan saya tembak...hehehe

    @ Tomi Utomo >>> kita masih sama-sama belajar mas :D

    @ byme >>> salam kenal juga yach. Biasa aja kok. Makasih buat kunjungannya. Ntar saya kunjungin balik deh.

    @ KLikDana >>> wah, saya dapet tambahan opini yang bagus nih dari mas/mbak. Ada benarnya juga sih. Dari pengalaman saya, situs iklan emang cepat keindeks oleh SE dan emang bisa mempercepat keindeksnya postingan kita juga. Makasih buat tambahannya.

    @ Narmadi >>> semoga kapan-kapan bisa dimanfaatkan yach mas.

    @ Blogger Magazine >>> bagus juga tuh, biar SEO-nya makin mantep kan? hehe

    @ Reza Fauzi >>> bener banget mas, itung-itung, nangkep peluang bagus kan buat nambah SEO postingan kita? :D

    @ mamas >>> blogwalking juga penting dan bagus kok buat nambah backlink. Saya juga masih ngandalin hasil blogwalking, soalnya blog ini masih baru.

    @ buJang >>> saya juga masih suka jalan-jalan mas.

    29 April, 2009 12:45

  • selama ini jarang banget nyobain pake situs iklan baris untuk cari backlink. Soalnya banyak blogger yang diisengin karena sering ngiklan di iklan baris :D

    01 May, 2009 08:11

  • Saya sering iklan baris agak lumayan juga ada tambahan pengunjung lho! Tp blogwalking lebih efektif kayanya..

    01 May, 2009 18:18

  • tengkyu berat mas. infonya mantap dan lengkap :)

    05 May, 2009 21:19

  • saya suka banget dengan blog anda. simple tapi tetep terlihat elegan. nice, tahun ini fokus saya mencari pengunjung hanya dari SEO dan SN saja. info yang diatas berguna buat saya bung.

    05 May, 2009 22:49

  • @ nunu >>> makasih buat apresiasinya bagi blog ini. Saya berupaya mendesain blog ini senyaman mungkin bagi mata pengunjung. Oya, SN itu apa ya?

    06 May, 2009 13:57

  • Wah artikel yang menarik nih. Saya setuju backlink yang berkualitas lumayan besar peranannya untuk SEO. Bahkan seringkali kalau kita nulis artikel dan mensubmitnya di Digg, dalam hitungan menit artikel di Digg bisa menduduki posisi atas search engine.
    Untuk iklan baris saya belum memaksimalkannya. Thanks sudah berbagi info.

    06 May, 2009 21:45

  • @ Yusi >>> tapi kalo submite di Digg kayaknya musti register dannlogin dulu yach mbak. Saya belum pernah sih. Tapi emang bener kalo Digg itu cepet banget keindeks dan punya nilai PR yg bagus. Makasih buat tambahannya ya.

    07 May, 2009 14:42

  • Yup untuk submit di Digg kita perlu register dan setiap kali submit harus login dulu. Yang lucu artikel kita akan dianggap duplicate content. Kalau kita merasa artikel kita original, kita harus bersumpah (I swear) :)
    Katanya sih kalau submit di Digg jangan terlalu banyak dalam waktu yang bersamaan, takutnya dianggap spam dan situs kita di-banned.
    Selamat mencoba ya...

    07 May, 2009 21:17

  • @ Yusi >>> hmm, gitu yach ternyata mbak. Maksudnya harus bersumpah pada pemilik situs Digg-nya yach..hehe. Oya, kalo ada yang ngopas artikel kita juga berpotensi untuk dianggap sebagai duplicate content loh. Itu yang menyebalkan. Artikel orisinil kita bisa-bisa malah kalah SEO atau mental dari halaman pertama google. Duh..

    08 May, 2009 11:58

  • kalo iklan baris gratis saya pake untuk promosi blog saja

    kalo untuk artikel blum....
    mau nyoba seh tapi kek males harus ngepost satu2
    :)

    15 May, 2009 19:56

  • kayaknya untuk mempromosikan postingan di iklan baris, aku belum pernah.

    23 May, 2009 14:58

  • aku hanya pakai iklan baris, karena itu yang aku tau, maklum newbie, jadi ga ngerti apa itu nembak keywoard

    29 June, 2009 08:37

  • Iya mas...cukup efektif kok :-) Tapi yah kita kudu komit buat pasang linknya artikel satu2 hehehe.

    kalo punya ratusan blog gimana yah? soalnya ad atemen tuh buat adsense, penghasilannya dah 4 digit ternyata dari ratusan blognya weleh klenger dehhhhh

    27 August, 2009 12:44

  • ternyata eksperimen saya benar

    sama seperti sampeyan

    saya juga memakai cara ini dalam kontes SEO

    29 September, 2009 16:42

  • bagus banget infonya..langsung di praktekin ah..makasih ya

    17 April, 2010 10:39

  • Pengalaman saya waktu pertama membuat blog juga memanfaatkan iklan baris gratis ini agar blog saya cepat di indeks oleh google. Dan alhasil, dalam waktu yang relatif pendek, blog saya langsung muncul di hasil pencarian google ketika saya ketikkan nama doman saya di kotak pencarian. Berarti blog saya sudah berhasil di indeks oleh google.

    01 March, 2011 12:19

  • Iklan baris gratis efektif y

    06 August, 2011 13:39

  • tapi terkadang ga ngaruh gan..

    15 September, 2011 20:45

  • paramenter nya pengalaman aja y:D

    15 September, 2011 20:56

  • ooo..begitu y..hatur tengkyu y

    15 September, 2011 21:00

  • Apa kabar mas? Gimana blog yang lainnya mas? :)
    Kunjungan kembali setelah lama gak pernah mampir kesini.

    14 September, 2014 08:07

  • Post a Comment

    Silakan tulis komentar sesuai pendapat pribadi kamu

    Back to Top
     

    kafe28 Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template | Top