02 April 2009

02 April 2009

Membidik Keyword yang Sedikit Pesaingnya, tapi Banyak Pencarinya

membidik keywordSalah satu cara untuk menjaring trafik dan mendapatkan pengunjung baru (yang diharapkan bisa menjadi pengunjung tetap blog kita) adalah dengan memposting suatu topik yang kira-kira banyak dicari informasinya oleh para pengguna internet (khususnya yang memanfaatkan search engine seperti google).

Dari situ, muncullah istilah nembak keyword di kalangan blogger. Entah siapa yang pertama kali memperkenalkan istilah tersebut. Saya sendiri pertama kali mengenal istilah itu dari bang Zalukhu. Yang jelas, frase tersebut (nembak keyword) kini sudah sangat populer dan paten. Terlebih bagi para blogger yang doyan banget mencari trafik dari search engine (siapa tuh? hehehe).

Nah, ngomongin soal keyword, saya ingin sedikit berbagi pengalaman dengan anda. Bagi saya yang masih pemula dan kurang menguasai teknik SEO (search engine optimization), rasanya mungkin agak berat jika ingin bersaing dengan rekan-rekan blogger yang sudah mahir dan berpengalaman dalam soal tembak-menembak keyword. Terlebih jika saya memilih untuk nembak keyword yang sangat banyak pesaingnya (dan banyak pula pencarinya).

Waduh, berat banget dong kalo gitu. Masa’ ikan teri mau bersaing dengan ikan paus? Hehehe

Nah, kalau begitu, gimana ya caranya biar saya yang ikan teri ini bisa ketiban jatah TRAFIK GRATIS (dari search engine) tanpa harus terlalu menerapkan teknik SEO secara optimal? Dan tanpa harus ditendang oleh google ke halaman sekian? (dengan keyword tertentu).

Eng..ing..eeeng…

Caranya tak lain yaitu dengan membidik keyword yang SANGAT SEDIKIT PESAINGNYA, tapi BANYAK PENCARINYA. Weh, emangnya ada? Kalau jeli sih sebenarnya peluang itu cukup terbuka lho. Namun saya tidak mau asal membidik keyword tanpa didasari oleh minat dan penguasaan saya atas keyword/topik yang akan saya bidik tersebut (idealis banget yach? hehehe).

Contohnya, dalam 2 bulan terakhir ini saya cukup sering menulis postingan tentang sebuah acara tv yang sangat digemari oleh banyak pemirsa, yaitu reality show The Master yang ditayangkan oleh RCTI. Kebetulan acara tersebut tayang seminggu sekali. Berhubung saya juga sangat menyukai acara tersebut (selalu menontonnya secara rutin dan full) dan berhubung pula tema utama blog ini tentang dunia hiburan/entertainment (yang di dalamnya termasuk acara tv), maka saya putuskan saja untuk mengulas acara tersebut secara rutin seminggu sekali (usai saya menontonnya secara full dan seksama).

Dan syukur Alhamdulillah, pengaruhnya sangat baik bagi perkembangan trafik blog ini. Setiap hari, selalu ada saja pengunjung dari google yang mencari informasi seputar acara tersebut dan menemukan link-link artikel blog ini yang mengulas acara itu pada halaman pertama google (dan akhirnya mengklik link blog ini untuk berkunjung).

Puncak kunjungan (trafik maksimal) biasanya terjadi pada hari Sabtu dan Minggu. Dan trafik tertinggi terjadi pada hari Minggu 29 Maret 2009 kemarin. Pada tanggal tersebut, jumlah total pengunjung blog ini tercatat sebanyak 308 visitor (menurut data pada histats). Dan total page view pada tanggal tersebut yaitu sebesar 729.

Sampai tulisan ini diposting, itulah REKOR TERTINGGI jumlah pengunjung blog ini dalam sehari (yaitu 308 visitor). Dan itu terjadi setelah pada dini hari tanggal 29 tersebut saya memposting ulasan tentang acara The Master yang berjudul “Hasil The Master (RCTI) Episode 28 Maret 2009”. Dari judul posting yang saya kemas tersebut, 99 % dari kata-kata penyusunnya adalah keyword utama yang banyak dicari oleh para pengguna internet pada saat itu.

Kalau boleh saya bedah, sebenarnya ada 3 unsur keyword dalam judul postingan yang saya buat itu. Unsur pertama adalah kata “hasil”. Unsur kedua yaitu frase “The Master” + “RCTI”. Dan unsur ketiga yaitu “29 Maret 2009”.

Namun tak hanya mengandalkan keyword pada judul, saya juga menyempurnakannya dengan isi postingan yang CUKUP KAYA pula dengan keyword seputar acara tersebut (sebagai keyword sekunder). Tentunya berupa variasi keyword. Dan hasilnya? Pengunjung pada tanggal tulisan tersebut diposting melonjak sampai 308 visitor. Pada hari lain? Paling cuma 80-an hingga 100-an pengunjung.


Dan yang menguntungkan lagi, ternyata saya sama sekali TIDAK PUNYA SAINGAN pada keyword yang saya bidik melalui judul posting tersebut (yaitu “Hasil The Master (RCTI) Episode 28 Maret 2009”). Alhasil, judul postingan saya itu pun langsung melesat pada nomor urut 1 di hari+tanggal 29 itu pada halaman pertama google (horeee…) Udah gitu, malah BANYAK PENCARINYA (lewat search engine seperti google). Data tersebut saya peroleh dari hasil rekaman widget feedjit dan juga hasil tracker histats.

Nah, anda pengen nggak kayak gitu? (ketiban jatah trafik gratis melimpah dari hasil membidik keyword yang SANGAT SEDIKIT PESAINGNYA, tapi BANYAK PENCARINYA).

Mulai sekarang, coba cari atau pikirkan, kira-kira keyword apa saja yang anda minati dan kuasai dengan baik, sedikit pesaingnya, namun banyak dicari oleh pengguna internet.

Namun satu pesan saya : imbangilah keyword yang akan anda bidik tersebut dengan sajian konten/isi postingan yang berkualitas, informatif, padat, berisi, dan yang paling penting yaitu ORISINIL (bukan hasil copy-paste!) Setuju?

Selamat membidik keyword dengan sedikit pesaing Dan selamat merasakan asyiknya belajar SEO.

(update : keyword "Joe Sandy Babat Limbad di Final The Master (8 Mei 2009)" akhirnya berhasil menjaring 695 visitor dalam sehari, yaitu pada tanggal 9 Mei 2009).

Dukungan kontes >>> apa sih asyiknya belajar seo?

49 comments:

  • Kalo ceritanya kayak gini, gak sia2 nyediakan waktu buat nonton tv...

    02 April, 2009 15:39

  • apalagi buat nyari duit online hehehe kayaknya perlu d riset keyword yang banyak pencarinya dan sedikit pesaingnya...siip..congrats yaaah banyak visitornya...

    02 April, 2009 16:08

  • Bagus mas artikelnya dan informatif.

    02 April, 2009 18:08

  • congrat deh nembaknya KENA BANGET :D

    02 April, 2009 18:56

  • wah mantap postingnya... setelah selesai baca inyong jadi penasaran nih .. ketik "makanan sorga" di mbah Google .. eh langsung nongol deh... wah bener juga nih mas.. tengkyu !!

    02 April, 2009 19:21

  • klo saya nyari keyword pa ya?

    hem hem hem

    masih mikir nih

    02 April, 2009 19:28

  • Waduw, aku malah belum tahu soal istilah Nembak ini :)

    Aku Ngeblog masih cuman untuk asal bicara aja sich :)

    02 April, 2009 19:38

  • mantaffff
    terima kasih atas ide yang memang belum terpikirkan

    02 April, 2009 20:45

  • belajar nembak di sini dulu ah :D

    02 April, 2009 21:15

  • susah ya mencari yang seperti itu, diperlukan ide-ide kreatif untuk menemukan keyword yang bagus ...

    02 April, 2009 21:30

  • @ semua yg udah pada komen : gampang-gampang susah juga sih nyari keyword yg saya maksudkan :) Yach, pinter-pinter aja deh nyari peluang. Nyari celah gitu deh. Thx buat semua.

    03 April, 2009 13:47

  • Selamat mas....sukses nie tembak-tembakannya...naik keknya nie ppcnya...;))

    03 April, 2009 14:08

  • setuju..
    banyak visitor melalui keyword arti mimpi
    hehehe..

    03 April, 2009 14:13

  • Hahaha, intinya jeli melihat apa sih yg banyak dicari orang tapi sedikit yang membahas, iya kan? Saya sudah jarang nembak keyword. Tapi setiap posting selalu berusaha menyisipkan kata-kata yang mungkin ada yg perlu informasinya dari Google. :)

    03 April, 2009 15:00

  • @ narmadi : naik dikit mas :)

    @ aprie : arti mimpi? mau nyoba googling ah :)

    @ ecko : hehehe..bener banget mas :) Intinya emang kudu jeli nyari celah n peluang. Weh, itu pun termasuk salah satu tips SEO kan? hihi. Lanjut terus deh mas.

    03 April, 2009 15:15

  • Mas, pertanyaannya saya jawab disini ya...

    Link in itu istilah saya untuk link masuk, maksudnya link dari website/blog lain ke blog kita. Kebalikan dari link out.

    03 April, 2009 15:15

  • Klu cara ini bisa diterafkan untuk setiap postingan kita, pasti hasilnya akan maknyus...

    Tetapi jika salah dalam menerapkannya bisa2 artikel kita jadi terasa janggal.

    03 April, 2009 15:34

  • om, kasih tips dong utk naikin trafik tokoeasy.com ku

    03 April, 2009 15:40

  • wah infonya nih bisa di coba maz

    03 April, 2009 15:50

  • ralat dikit mas...

    "Nah, ngomongin soal keyword, saya ingin sedikit berbagi pengalaman dengan anda. Bagi saya yang masih pemula dan kurang menguasai teknik SEO (search engine optimation)"

    yang benar itu Optimization...hehe,sepele yah..

    betul mas,yang penting jangan cuma nipu pembaca dari judul nya yang SEO banget,tapi isinya juga harus padat dan jelas agar pembaca juga gak sia-sia masuk blog kita,siapa tau bisa jadi pengunjung tetap,hehehe...

    03 April, 2009 17:05

  • waw.. hebat om..
    blog saya belum pernah tembus visitor sampe 300-an =))

    03 April, 2009 18:44

  • harus peka dan jeli liat apa yang lagi ngtrend ya om.. huebat.. perlu diteladani.. makasih om...

    03 April, 2009 23:00

  • wah info visitor behavior yg bagus ...

    04 April, 2009 22:04

  • Memang harus jeli dan rajin cari berita.

    08 April, 2009 02:40

  • @ Hangga Nuarta : makasih mas atas penjelasannya.

    @ sofwan : betul banget mas. Sayangnya, itu cukup sulit ya kayaknya. Soal jadi janggal, mungkin itu lebih dikarenakan terlalu membombardir isi postingan dengan keyword yg kurang variatif.

    @ easy : hmm, kamu mesti promosiin melalui iklan baris atau iklan berbayar. Contohnya PPC atau iklan premium.

    @ ifat : dicoba yach.

    @ Kus Andriadi : setuju banget mas. Itu juga salah satu poin yang sangat penting untuk kita perhatikan ketika menulis postingan nembak keyword. Makasih buat ralatnya. Udah saya benerin tuh :)

    @ Cipzto : suatu saat pasti bakaln nembus, asalkan mas rajin posting sesuatu yg lagi hangat.

    @ arton : bener mas. Mau coba?

    @ Gugus : yups.

    @ Abi : yang jelas, insting kita mesti lebih ditajamkan ya bi :)

    08 April, 2009 13:52

  • saya memerhatikan beberapa blog yang menggunakan variasi teks spesial (cetak tebal, miring, garis bawah, warna khusus) dalam upayanya menembak kata kunci tertentu.

    jika memang dimaksudkan untuk berbicara pada mesin pencari Internet--yang hanya mampu membaca teks (X)HTML (bukan CSS), bukankah sebaiknya kata kunci tertarget tersebut disajikan dalam bentuk b, i, atau bahkan strong, em, h1-h6 yang lebih semantik, aksesibel, dan usable?

    itu pun dengan catatan bahwa penyajian demikian memang akan dianggap lebih penting oleh Internet search engines. cmiiw :)

    04 June, 2009 11:26

  • saya juga sering nonton the master, dukung cosmo

    14 August, 2009 14:12

  • @ dani >>> makasih banyak buat tambahannya yang bagus. Saya jadi punya masukan nih soal teknik SEO.

    @ octa >>> cosmo lawan rizuki kayaknya minggu ini bakalan seru deh.

    28 August, 2009 10:33

  • keren hehehe...cara unik menarik banyak yang lirik..hiks...

    28 August, 2009 11:47

  • Ini persis seperti Ramalan cinta 2010 yang baru baru ini saya tulis. Padahal saya nulis bukan buat bersaing di search engine soalnya ilmu SEO saya masih sekutil. Tapi ternyata artikel saya muncul di halaman pertama posisi ke 5. Hanya kalah dari lintasberita.com dan Blog ramalanbintang.com

    akibatnya perhari ada sekitar 20 orang lebih yg masuk ke artikel itu dari gugle.

    Terima kasih sharingnya mas, jadi semangat buat nembak keyword nih. hehe

    01 January, 2010 22:52

  • @ gen :
    Wah, saya juga jadi tambah semangat pas baca sharingnya mas gen. Itulah kalau kita jeli membaca peluang untuk mendulang trafik melimpah. Asalkan kalo mau ngopas disebutin sumbernya aja dan jika mengutip dari media online lainnya harus ngasih backlink. Thx ya buat sharingnya. Semoga SEO-nya main mantep :)

    03 January, 2010 21:43

  • berarti kita harus selalu berpikir kreatif untuk mencari moment bagus buat nembak keyword ya mas, wah bisa dimulai dari sekarang neh... makasih sharing infonya mas.

    16 January, 2010 08:52

  • @ Astaga :
    Yups. Bener banget mas. Kesimpulan yang tepat sekali. Intinya memang harus JELI dan KREATIF. Masih banyak peluang keyword untuk kita bidik menjadi sumber trafik. Namun harus tetap mengutamakan isi/konten yang benar-benar relevan. Biar pengunjungnya merasa respek.

    16 January, 2010 10:36

  • Terimakasih atas ilmunya mas.. bermanfaat banget bagi saya yang newbie

    05 February, 2010 09:05

  • wah keren tips nya, saya setuju mas. sebagai blogger iklan teri kaya saya, kalo ga gunakan stategi kaya gini bisa ga kebagian space di Google hehehe

    17 June, 2010 12:19

  • Menarik gan,, Ini termasuk optimasi tingkat lanjut nih,,, Pengoptimalan kata kunci dengan membidik keywords yang sedikit pesaingnya tetapi banyak pencarinya,, Bloggernya sendiri harus kreatif untuk melakukannya...

    01 March, 2011 11:27

  • terima kasih kongsi info menarik ini

    02 March, 2011 16:09

  • wah masukan yg sangat bagus...akan sy praktekkan...makasih bos...

    28 August, 2011 09:31

  • klo untuk target bahasa asing gimana ya gan untuk nembak keywordnya.:((

    28 December, 2011 10:33

  • Mantap postingannya gan, memang sangat di perlukan kejelian kita dalam menembak keyword yang akan kita buat,. Menurut saya cara di atas memang sangat bagus, tetapi akan lebih sangat bagus lagi jika kita mampu bersaing dgn menembak keyword yg ramai di cari orang dan pesaingnya juga sangat banyak, artinya, jika kita mampu menerapkan SEo yang benar pada blog kita, pasti blog kita pun akan menjadi nomor wahit di halaman pertama google,walau pun pesaingnya juga bejibun.Thanks infonya

    07 September, 2012 15:48

  • betul juga gan , gak kepikir sebelumnya

    27 December, 2012 22:43

  • mba mau tanya nih apakah dengan menguasai kw tertentu pada serp lantas pengunjung blog akan banyak? thanks

    03 March, 2013 10:44

  • Good one!
    I am so happy that I came across this.

    30 July, 2013 17:58

  • Banyak belajar nembak Keyword dari blog ini, thanks gan.. :D

    27 August, 2013 10:01

  • Wahh dapat masukan baru nih.. -̶̶•-̶̶-̶̶•-̶̶•̸Ϟ•̸ƭћǟπƙ<3Ǚ•̸Ϟ•̸-̶̶•-̶̶‎ gan

    17 December, 2013 22:25

  • WOW, Thank you Gan, Idenya sangat mujarab. hal hal yg kecil gini kadang kita lupakan dan anggap sepele. salam dari indra

    09 March, 2014 12:04

  • wah mantap postingnya... setelah selesai baca inyong jadi penasaran nih .. ketik "makanan sorga" di mbah Google .. eh langsung nongol deh... wah bener juga nih mas.. tengkyu !!

    22 March, 2014 11:22

  • Post a Comment

    Silakan tulis komentar sesuai pendapat pribadi kamu

    Back to Top
     

    kafe28 Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template | Top