11 May 2009

11 May 2009

3 Jenis Konten yang Wajib Ada di Blog Anda (agar Aliran Trafik Tetap Terjaga)

Mempunyai pengunjung harian yang terus mengalir dan stabil dalam jumlahnya adalah dambaan sebagian blogger. Terlebih bagi yang ingin menjadikan blognya sebagai sarana monetisasi (yang bisa menghasilkan uang).

Masalahnya, banyak blog yang tak kunjung memperoleh trafik sesuai impiannya. Sekedar untuk stabil saja mungkin sulit dicapai. Kadang naik secara drastis usai blogwalking atau usai berhasil membidik keyword. Namun kadang malah jeblok ketika 2 hal tersebut tidak dilakukan dalam jangka waktu tertentu.


Namun kalau kita jeli, sebenarnya inti dari terjaganya aliran trafik yang stabil dan terus meningkat secara perlahan (tapi pasti) adalah terletak pada konten. Ya, content is king. Begitulah ungkapan umum di kalangan blogger yang sudah banyak kita ketahui. Tanpa konten yang benar-benar bisa mendatangkan dan memelihara aliran trafik, blog kita mungkin tidak akan kunjung berkembang.

Lalu, apa saja jenis konten yang harus dimiliki oleh blog kita agar aliran trafik bisa terus stabil dan bahkan bisa meningkat secara perlahan tapi pasti?

(1) Artikel Tutorial atau Tips Praktis Bergaya How To

Inilah jenis artikel yang paling berpotensi untuk menjadi penyumbang trafik abadi bagi blog kita. Sifatnya yang tidak lekang oleh waktu atau tidak mudah basi (alias selalu dibutuhkan banyak orang sampai kapan pun juga) menjadi nilai plus tersendiri bagi artikel berjenis bimbingan ini.

Sifatnya yang memecahkan suatu masalah, memberi jalan keluar (solusi), memberi petunjuk, dan mencerahkan-lah yang membuat konten jenis ini banyak dicari/dibutuhkan. Juga banyak disukai oleh pengunjung.

Oleh sebab itu, hukumnya wajib bagi anda untuk mengisi setidaknya 30 % dari total konten blog anda dengan jenis artikel ini. Jadi mulai sekarang, cobalah untuk berbagi sesuatu yang anda ketahui dan kuasai dengan baik. Akan lebih baik lagi jika sesuatu yang akan disharingkan tersebut didasarkan atas pengalaman pribadi kita sendiri. Alias telah kita praktekkan atau coba terlebih dulu sebelumnya. Minimal berdasarkan hasil pengamatan pribadi kita (bukan sekedar contekan atau salinan dari tulisan yang telah dimuat di media lain).

(2) Artikel Opini atau Analisis

Artikel berjenis ilmiah ini juga banyak disukai oleh pengunjung. Mengapa bisa demikian? Pada dasarnya manusia suka mendengarkan pembicaraan orang lain (sesamanya). Dalam hal ini, pembicaraan yang bersifat uraian pendapat terhadap sesuatu (terutama sesuatu yang diminatinya).

Ia punya sifat dasar selalu ingin tahu pendapat orang lain tentang sesuatu yang diminatinya. Dengan harapan, ia bisa memperoleh tambahan pemahaman atau pengayaan wawasan mengenai sesuatu tersebut. Tidak peduli, apakah pendapat orang lain tersebut sejalan dengan pemikirannya atau tidak.

Nah, dalam kaitannya dengan dunia blog atau dunia maya, membaca konten berjenis opini bisa menjadi jalan/cara untuk ‘mendengarkan’ pendapat orang lain mengenai sesuatu yang diminatinya tersebut. Di situlah letak daya tarik atau kekuatan artikel berjenis opini/analisis.

Bahkan artikel jenis ini juga berpotensi untuk memberikan trafik abadi bagi blog kita (walaupun mungkin tidak sekekal artikel tutorial). Dengan catatan, sesuatu yang diulas melalui opini tersebut tersebut bukanlah termasuk sesuatu yang cepat basi. Contoh konten berjenis opini ini yaitu review film, resensi buku, ulasan artis, ulasan musik, ulasan agama, ulasan politik, ulasan ekonomi, ulasan psikologi, ulasan seputar blogging, dan sebagainya. Silakan anda tambahkan sendiri yach…

(3) Artikel Berita atau Informasi Aktual

Nah, mungkin jenis konten inilah yang paling sering dikaitkan dengan istilah nembak keyword (bagi sebagian kalangan blogger). Sifatnya yang fresh atau sangat aktual membuat konten jenis ini sangat berpotensi untuk mengalirkan trafik melimpah dalam waktu sesaat. Bahkan bisa sampai 3 hari usai diposting.

Sebagian blogger mungkin tidak begitu berminat mengisi blognya dengan artikel seperti ini (terutama yang lebih senang menulis postingan berjenis opini, curhat, atau tutorial). Sah-sah saja. Namun jika blog anda belum punya banyak pengunjung setia atau pelanggan RSS feed (subscribers), maka menulis dan memposting konten aktual seperti ini tampaknya wajib anda lakukan (untuk lebih memberikan vitamin atau suntikan trafik bagi blog anda).

Namun sebaiknya jangan terjebak atau sekedar latah (ikut-ikutan) memposting sesuatu yang sedang hangat, padahal anda kurang menguasai topik tersebut. Atau bahkan sebenarnya kurang menyukai topiknya. Kalau tetap anda paksakan, tulisan anda bisa jadi hambar, terkesan dipaksakan, atau kurang punya nilai sesuatu bagi pembacanya.

Jadi, utamakanlah menulis/memposting artikel hangat yang benar-benar anda sukai topiknya dan juga (kalau bisa) anda kuasai dengan baik. Akan jauh lebih baik lagi jika anda juga menambahkan dengan beberapa opini pribadi anda soal topik/berita hangat tersebut. Jadi, tidak sekedar memberitakan atau menyajikan data dan fakta semata.

Contoh artikel berita atau informasi aktual (pada blog ini) yaitu Pemenang Bintang Pantene 2009, Daftar Pemenang Panasonic Awards 2009, Daftar Pemenang AMI Awards 2009, Hasil dan Juara Final The Master 8 Mei 2009, Daftar Pemenang Anugerah Planet musik 2009, Ulasan Film Ketika Cinta Bertasbih 2 dan sebagainya.

***

Nah, itulah 3 jenis konten yang wajib ada di blog kita agar aliran trafik tetap terjaga (tidak drop atau jeblok terlalu jauh). Syukur-syukur jika malah bisa terus meningkat oleh karenanya. Sebagai pelengkap, silakan baca juga artikel tentang 17 Jenis Postingan yang Layak Anda Ketahui.

63 comments:

  • Begitu ya Mas...kalau tulisannya tidak aktual berarti sulit mendatangkan pengunjung ya..
    Tetapi heran juga, ada yang berkesan blog-nya ngawur habis seperti mas suwung (soewoeng.com) ..tetapi temannya banyak sekali..commentatornya juga banyak...
    nggak tahu ding...kalo saya belajar menulis saja mas.

    11 May, 2009 17:43

  • wis klo punyaku gado2

    kayanya 3 artikel itu ada deh

    cek dulu aaaahh

    11 May, 2009 18:05

  • Wah... apa blog saya sudah punya ya mas??? hehehe...

    kalau blog ini sepertinya sudah deh... Sukses terus Mas! :)

    11 May, 2009 19:47

  • kalao konten tentang tema yang banyak dicari orang. semisal hape, gadget ikut di point mana ya? kalao engga termasuk point3 diatas tambahin dunk.

    11 May, 2009 21:44

  • di blog saya yang paling tinggi trafik/kunjungan (bukan kasih komentar) adalah posting tentang situs-situs penyedia buku cerita silat ... sepertinya kita juga bisa memilih hobi atau keahlian tertentu untuk diposting sehingga menarik pengunjung (walaupun tidak setia tetapi tetap saja banyak yang baca/berkunjung) ...

    kalau posting artikel berita sepertinya cepat habis, harusnya sih dibuat semenarik mungkin, misalnya diberi tambahan berbagai pengetahuan seputar konten itu sendiri ...

    /* weks ... saya ini bisanya hanya omong doang sesuai tagline blog sya ... heheheh ... padahal masih belajar */

    12 May, 2009 02:15

  • @ Pencerah >>> silakan dicoba ya bos.

    @ Ferdian Adi >>> sebenarnya sih bukan terletak pada aktual tidaknya, tapi lebih kepada apakah tulisan tersebut banyak dicari temanya atau tidak. Walaupun mungkin cuma berupa opini tentang motivasi atau kehidupan, tapi kalau banyak dicari dan banyak disukai, itu tetap berpotensi mendatangkan aliran pengunjung. Asalkan kita rajin mempromosikan blog kita (blogwalking dan optimasi SEO semampunya).

    Blog ngawur ramai pengunjung dan komentar? Mungkin maksudnya cuma berupa trafik dari blogger yang ngelink blognya secara langsung (bukan dari search engine). Namun kalau kita mengharapkan trafik gratis dari SE, unsur kengawuran mungkin kurang bermanfaat yach :)

    @ IHSAN >>> yang penting tulis aja hal-hal yang sekiranya bermanfaat buat pengunjung/pembaca. Masalah tema atau gado-gado sih bukan soal utama. Gimana biar pengunjung terkesan aja dengan tulisan kita. Sip nggak? :)

    @ Hangga Nuarta >>> nggak tau juga ya, soalnya blog kamu nggak pasang menu related post dan random post sih (jadi kurang punya gambaran atas postingan-postingan blog kamu..hehe). Makasih aja deh.

    @ Eros >>> kalo itu bisa masuk kategori opini atau review mas. Jadi, masuk poin ke-2 tuh dalam ulasan saya di atas. KOnten itu juga bagus buat nyumbang trafik. Terusin aja nulis tentang itu, asalkan kita emang suka dan menguasainya. Sukses deh buat mas eros.

    @ nomercy >>> wah, gitu ya mas. Bisa juga tuh jadi bahan posting, asalkan memang punya banyak peminat atas temanya. Saya kira itu masuk jenis artikel opini atau review (poin ke-2). Soal artikel berita, emang sih cepet basi. Tapi kalo emang buat nambah semangat ngeblog, kenapa enggak? hehehe. Saya juga masih belajar loh mas. Ini cuma untuk berbagi pendapat dan pengalaman aja. Siapa tau bisa jadi inspirasi buat yang baca :)

    12 May, 2009 11:35

  • wuih bener2 jadi sumber inspirasi mas
    walau dalam kenyataan point no.1 susah saya buat
    tetapi smoga saja kedepannya bisa dipraktekan

    12 May, 2009 13:04

  • sepertinya saya sudah menerapkan ke 3-3 nya
    tapi kalo tutorial mungkin blom banyak
    abis blom bisa ngeblog sih

    masih nyubi mas
    :)

    12 May, 2009 13:08

  • kontent yang paling awet selalu yang paling susah.
    masih harus belajar banyak nih

    12 May, 2009 14:10

  • Mungkin kalo bisa menyumbang kesimpulan, Gaya penulisan artikel ke dalam blog adalah gaya penulisan media massa. Kalo bisa seorang blogger harus berperan sebagai jurnalis, ahli, dan pengamat. Jika anda bisa berperan kedalam 3 orang itu maka blog anda akan banyak dicari.

    12 May, 2009 14:10

  • Oooh gitu yaa...

    Kayaknya klo rajin bw dan main di forum kyk kaskus atau sejenisnya, trafiknya juga naik...

    Tapi aku pakai bw saja deh....lebih akrab!

    12 May, 2009 14:27

  • Apapun yang anda posting, usahakan artikel yang anda tulis mengandung banyak kata kunci (keyword) sehingga apabila ada pengunjung yang mencari lewat search engine, mereka dapat menemukan postingan anda dengan cepat.

    12 May, 2009 20:41

  • Alhamdulillah, selama ini saya masih sering dapet trafik natural dari Google berkat artikel2 tutorial yg saya tulis dulu banget. Begitu juga artikel review film dan analisis. Saya malah baru tahu jenis-jenisnya setelah baca blog ini. :D

    12 May, 2009 23:15

  • Seks remaja.
    Topik yg kekal sepanjang masa.
    Kalo itu masuk kemana yah, Om?

    Opini dan analisis atau tips praktis kali ya.
    Kayak tips menghilangkan pikiran seks.
    :P

    13 May, 2009 17:09

  • makin tajam dan berisi nich tulisan.. keep blog dech.. sukses untuk Jutha

    13 May, 2009 20:38

  • saya tidak tahu apa artikel-2 saya sudah masuk ke 3 kategori di atas; saya hanya bisa menulis menulis dan mempublish-nya; yaaaa dengan sedikit modal belajar nembak keyword, alhamdulillah blog saya ada saja kunjungannya, termasuk kunjungan PASTI dari pemilik blog ini :)

    13 May, 2009 21:21

  • Saya kalo posting tingga posting ajah ga pernah mikir, setelah baca posting ini. Jadi mikir juga buat bikin posting yang sesuai dengan 3 kategori diatas

    14 May, 2009 08:16

  • @ nyubi >>> poin 1 sebenernya bisa kita ambil dari hal-hal sederhana yang kita ketahui dan kuasai dengan baik, terutama dari pengalaman pribadi kita. Coba aja renungkan, kira-kira apa sih yang bisa kita bagikan buat pembaca dan punya nilai manfaat? Thx.

    @ Rusa Bawean >>> saya juga belum banyak mas. Yang penting coba aja berbagi hal-hal sederhana. Nggak perlu yang muluk-muluk :)

    @ Ravatar >>> sebenernya nggak susah-susah amat sih, asal kita mau sedikit merenung...hehehe

    @ Lalu Abdul Aziz MhD >>> wah, saya dapet tambahan yang sangat berharga nih dari mas. Benar sekali apa yang mas tambahkan itu. Intinya memang harus punya kemampuan seperti itu agar blog kita banyak digemari. Thx berat ya.

    @ aprie >>> syukurlah kalo udah punya. Semoga trafiknya terus ngalir yach.

    @ Ecko >>> blog mas ecko kan udah punya banyak banget postingan (yang bisa jadi aset buat datengin pengunjung). Nggak heran kalo blog mas ecko selalu rame...hehehe (tuh kan bener kata saya, bahwa artikel tutorial dan opini ternyata bisa jadi penyumbang trafik abadi)..hihi

    @ Helda >>> topik seks dan remaja emang cukup populer alias banyak dicari kayaknya Hell. Jadi, blog kamu nggak perlu khawatir bakalan sepi pengunjung. Toh, kamu kayaknya juga jago tuh soal SEO :) Itu masuk topik tips praktis dan juga opini.

    @ Yudishtira >>> makasih banyak mas buat kunjungannya ke blog ini. Semga saya tetep semangat memposting hal-hal yang bermanfaat.

    @ munawar am >>> wah, blog kang nawar kan masuk salah satu blog favorit saya (yang akan selalu saya kunjungin...hihihi). Sepertinya konten blog kang nawar udah ada tuh 3 jenis artikel di atas. Keep posting ya, biar pengunjungnya makin banyak :)

    @ Paman Gober yang jualan VCC >>> saya juga nggak terlalu mikir apa jenis postingan yang akan saya publish. Ulasan di atas cuma sebagai gambaran/klasifikasi untuk memudahkan pemahaman kita saja soal jenis artikel yang berpotensi mendatangkan dan mengikat pengunjung.

    15 May, 2009 13:13

  • thank mas tipsnya sangat bermanfaat :)

    15 May, 2009 19:15

  • wah, sepertinya hal itu tidak berlaku untuk blog saya, soalnya blog saya tematis sih....

    15 May, 2009 21:08

  • wedeww.......... manteph nih, mas artikelnya. pengungjung sia juga masih 50-100 an, hehehe tapi itu hasil dari tuirnya blogging..hahahah

    yah... bener itu mas, setuju. ntar dicoba.. sep sep. aku jg masih sering mikir, kira2 apa yang bisa berguna buat pembaca.. heu heu..

    22 May, 2009 14:42

  • @ neihoja >>> heu..heu..juga :) Iya, saya juga suka mikir, apa ya yang bakalan berguna buat pembaca. Kalo nggak kontrol diri, mungkin blog ini bisa dipenuhi oleh postingan curhat yang kurang berguna buat pembaca..hehehe

    22 May, 2009 15:24

  • bener banget 3 point di atas memang sangat penting guna menghasilkan blog yang baik dan berguna bagi para pembaca.
    semoga suatu saat saya bisa menerapkanya
    keep share mas

    22 May, 2009 22:26

  • @ comink >>> makasih ya mas udah baca. SEmoga kita bisa sama-sama saling share yang bermanfaat deh. Thx.

    23 May, 2009 13:46

  • pembelajaran berharga bagi saya yang masih pemula. tengkyu bro,...

    23 May, 2009 14:05

  • nah ini udah ada di blogku neh, bukan yang bLog Ijo, tapi blog dari blogspot

    12 October, 2009 18:40

  • Tambah satu mas, biasanya berita tentang selebriti. itu trafficnya konstan.
    saya dulu punya blog, sudah 1 tahun gak di update, tetep aja ada yang dateng tiap hari.

    17 November, 2009 04:13

  • @ setyorini >>> konten tentang selebriti emang selalu punya potensi untuk mendapatkan trafik. Dan tahu nggak mbak, sumber keyword terbesar blog ini emang berasal dari konten seputar selebriti dan hiburan.

    17 November, 2009 14:32

  • Saya sedang mencoba konsisten membuat 3 konten yang disebutin diatas, dan susah juga ya menjaga konsistensi ngeblog dengan jenis konten itu.

    26 November, 2009 10:31

  • Bagus sekali infonya, akan saya terapkan

    02 December, 2009 14:29

  • wah masih behlum konsisten nih mas
    baru jenis artikel nomer satu aja yang jalan nih hehe...
    semoga ke depan bisa lebih baik

    04 December, 2009 15:18

  • Blog saya masuk salah satu kategori diatas ga ya?

    18 December, 2009 20:24

  • Benar sekali tentang tulisannya. Kalo saya lebih suka dengan content tutorial.

    22 December, 2009 15:07

  • Boleh juga nih mas idenya.. tapi klo saya kayaknya sudah ada di jalur no.1 deh :)

    makasih buat infonya.. :D

    02 March, 2010 17:37

  • kalo aku nangkring di no 1 (tutorial) dan no 2 (opini). Soalnya kalau berita kadang ngga bisa kembangin fakta, pernah dicoba malah ruwet faktanya kebanyakan kecampur dengan opini. Hhe. Btw ni artikel manstab gan

    28 March, 2010 03:13

  • Menarik sekali Mas.
    Saya terinspirasi tips sederhana namun down to earth ini.

    Saya sudah mencoba tips 3, menyajikan berita terkni dan aktual yang saya persempit untuk komunitas etnic (toraja-Mamasa-Kaili) yang tanpa saya sadari ketiganya memiliki kaitan satu sama lain.
    Toraja Cyber News dan Mamasa Online termasuk yang cukup tinggi trafficnya, apalagi dibumbui posting cerita Ritual Mayat Berjalan yang rupanya membuat banyak orang penasaran.

    Tips 1 dan 2 layak dicoba. apalagi ada beberapa blog yang belum juga stabil. Mendapat kunjungan teratur rasanya sudah menjadi kepuasan tersendiri bagi seorang blogger baru seperti saya ini.

    terima kasih tips yang menginspirasi,
    senang bertemu dan berkenalan

    wassalam

    13 October, 2010 12:40

  • makasih banget nich mas atas pencerahannya. semoga bisa membantu perkembangan blog ane yang baru buat hari kemarin.. tapi sampe saat ini blog ane blm keindeks google mas.. hikz hikz

    13 October, 2010 14:31

  • Salam blogger, numpang ngomel...

    Kalau saya setuju ama artikel tersebut, pertama jelas artikel yg bersifat karangan sendiri
    Artikel seperti ini pasti tercampur opini kita, namanya saja blogger. Kalau ngak ada opini namanya wartawan, yg menulis fakta.

    Yg saya mau tambahkan adalah download file, yg terbukti berguna menjaga traffik blog saya.
    Jadi file2 besar seperti video. Atau software juga berperan membuat visitor datang lagi.

    Contohnya ada pada blog ini
    evilteater.blogspot.com

    29 October, 2010 12:30

  • Mantap ilmunya, banyak berbagi dan banyak rejeki nantinya.

    28 November, 2010 21:19

  • sangat sulit sekali menerapkannya sob.. emang harus banyak banyak belajar untuk menulis dan membidik konten yang bagus..

    05 January, 2011 10:35

  • Makasih ilmunya gan, siap di praktekkin.

    23 January, 2011 12:16

  • Tips bagus gan. Tapi menurut saya yang paling bagus ntuk optimasi SEO adalah berita terkini.

    01 March, 2011 12:35

  • Mantap ilmunya, banyak berbagi dan banyak rejeki nantinya. mksh info nya

    15 April, 2011 16:09

  • ikutan menyimak semoga bisa mempraktikkan. sip deh

    19 June, 2011 23:32

  • Yg lbh parah lg klo kita kopi paste...
    udah dech jgn harap bs no 1 di search google.
    Google itu suka yg orisinel.

    26 June, 2011 17:18

  • Makasih mas, content is king, salam.

    18 July, 2011 17:56

  • owh gitu toh, agaknya blog ku ada yang seperti itu deh konten nya,, hehe

    salam kenal ya mas..

    24 July, 2011 21:27

  • thx ilmux mas... sangat berguna bgi sya yg msh new bie

    27 September, 2011 18:11

  • katanya dalam satu blog hanya boleh satu topik? misalnya tentang mobil ya mobil aja. Nah gimana kalo kita ingin menambahkan misalnya resep leluhur yg sangat enak? apa berarti harus bikin blog baru yg isinya melulu resep? pdhl kan keinginan menulis gak boleh dibatasi, apalagi kalo ingin blog dikunjungi bnyk orang. MOhon pendapatnya sob..

    30 September, 2011 16:20

  • Makasih ya atas informasinya semoga bloknya semangkin maju ya ?

    09 November, 2011 14:19

  • wah mantep nih tips nya gan, perlu juga ane coba mulai sekarang gan

    14 December, 2011 18:26

  • Saya lebih suka menulis konten yang bersumber dari Agama,.,,,

    07 November, 2012 16:00

  • membuat artikel pilar ya?

    02 December, 2012 23:56

  • Info yang bagus, sepertinya situs saya belum ada tiga2 nya, :-) maklum Pemula Gitulooh
    wp-affiliasi.blogspot.com/

    12 December, 2012 05:04

  • Emang menulis artikel harus berasal dari hobi, dengan begitu kita akan lebih fokus menulis artikel yang berkualitas.

    22 May, 2013 01:27

  • Thank you for such an honest and informative post! This is the first time I've stumbled upon your blog, and I am so happy that I did.Online Travel Agencies

    08 November, 2013 17:20

  • Post a Comment

    Silakan tulis komentar sesuai pendapat pribadi kamu

    Back to Top
     

    kafe28 Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template | Top