18 May 2009

18 May 2009

5 Manfaat Menulis Konten yang Unik dan Orisinil di Blog Anda

Saat ini blog sudah menjadi salah satu sarana aktualisasi diri yang paling banyak diminati. Dengan segala kemudahan yang dimiliki blog, kita bebas mempublikasikan berbagai pengalaman maupun pemikiran pribadi kita. Cukup beberapa kali klik saja, tulisan kita sudah siap untuk dibaca oleh banyak orang.

Nah, yang biasanya membuat saya lebih semangat dalam menulis yaitu ketika menemukan sebuah ide tulisan yang menurut amatan saya masih belum begitu banyak diangkat atau dikupas di media lain. Dan untuk menemukan ide seperti itu, umumnya membutuhkan suatu pengamatan dan perenungan yang agak intens.

Sampai di sini, mungkin timbul sedikit tanda tanya di benak rekan-rekan blogger sekalian.

Buat apa sih susah-susah mencari ide orisinil atau mengemas tulisan yang berbeda dari tulisan yang sudah pernah ada? Buat apa sih berusaha keras untuk menyajikan sesuatu yang masih jarang diulas? Apa sih untungnya menulis konten yang unik dan orisinil di blog kita? Nah, berdasarkan pengalaman dan juga hasil pengamatan pribadi saya, ini dia manfaatnya :

1. Lebih berpotensi untuk mendapatkan promosi dan backlink gratis dari situs social-bookmarking Indonesia (contohnya InfoGue.com dan LintasBerita.com)

Anda bahkan bisa tiba-tiba dibuat kaget saat mengetahui bahwa ada artikel anda yang disubmite di situs seperti Infogue dan LintasBerita, padahal anda merasa tidak pernah sama sekali mensubmite-nya

2. Lebih berpotensi untuk memperoleh backlink dari blogger lain (terutama backlink yang terletak di dalam sebuah postingan).

Jangan heran jika suatu ketika anda mendapati link artikel anda disisipkan dalam sebuah keyword tertentu yang ada pada sebuah postingan di blog lain. Tentu saja anda akan senang bukan kepalang dibuatnya Setidaknya itu menjadi bukti, bahwa artikel yang anda tulis tersebut dinilai cukup berkesan atau perlu dibaca oleh lebih banyak lagi pengunjung.

3. Lebih berpotensi untuk memperoleh backlink dari situs-situs forum ternama (contohnya kaskus.us)

Nah, bersiaplah untuk kaget jika suatu saat anda menemukan judul artikel anda ternyata menjadi bahan perdebatan atau diskusi seru di sebuah forum. Dan di situ juga disertakan link artikel blog anda sebagai sumber topiknya (termasuk kutipan isinya). Apa nggak bangga tuh jadi inspirator?

4. Lebih berpotensi untuk mendatangkan pengunjung baru dan merangkul pengunjung setia.

Siapa sih yang nggak senang baca artikel-artikel unik dan jarang ditemui di media lain? Jadi jangan kaget jika akhirnya blog anda mulai kebanjiran fans alias penggemar (wew, kayak artis aja yach…).

5. Lebih berpotensi untuk memperoleh klik dari para pencari via search engine.

Karena judul yang unik bin menarik (dan juga isi paragraf pertama serta isi redaksi keseluruhan artikel anda yang seakan punya magnet), jangan heran jika akhirnya banyak pencari lewat search engine kepincut alias terdorong untuk mengklik link postingan anda yang unik tersebut (dengan keyword yang nyambung alias nyantol pada postingan unik anda itu)

Nah, itulah 5 nilai plus yang bisa terjadi jika kita memposting artikel unik dan orisinil di blog kita. Intinya, lebih berpotensi untuk memperoleh backlink dan juga trafik gratis (tanpa kita usahakan secara sengaja).

Bingung dengan definisi atau pengertian artikel unik? Silakan baca postingan sebelumnya tentang Konten yang Unik sebagai Daya Tarik Utama Sebuah Blog. Artikel tersebut mengupas makna ‘unik’ atau ‘orisinil’ dari sebuah tulisan di blog.

***

Dari pengalaman dan juga hasil pengamatan pribadi saya, ada 3 jenis artikel yang berpotensi untuk memperoleh backlink dan juga mendatangkan trafik gratis.
(1) artikel tutorial atau tips praktis.
(2) artikel opini.
(3) artikel berita atau informasi.

Dan kalau boleh saya tafsirkan, mayoritas artikel yang punya daya tarik lebih sehingga dipromosikan secara gratis (baik lewat social-bookmarking, backlink di dalam postingan blog lain, atau lewat forum) dan juga lebih disukai para pencari lewat SE adalah artikel-artikel informatif dan juga argumentatif. Tau kan artinya apa?

Jadi mulai sekarang, mari kita bersemangat menulis dan memposting hal-hal yang sekiranya berpotensi untuk mendatangkan lebih banyak pengunjung dan juga menyedot backlink melimpah. Setuju?

Pernah mengalami salah satu dari 5 poin di atas?

34 comments:

  • waduh kalo diriku ngasal aja tuh nulisnya.....
    ngak pernah berfikir jauh...
    maklum gaptek

    18 May, 2009 13:52

  • Aku sekarang juga lebih banyak nulis curhatan dan posting ringan... (emang pernah nulis berat??? :P)

    Pantesan pengunjung blogku turun 300%! Hm...

    18 May, 2009 14:39

  • yang copy paste tanpa ijin paling saya benci

    18 May, 2009 15:50

  • Hello Mas Is, ketemu lagi. wah mantap sekali tulisan ini. excellent.

    teruskan memberi pencerahan bagi sesama.
    salam blogging

    19 May, 2009 09:49

  • mau donk mendapatkan promosi dan backlink gratis dari situs social-bookmarking Indonesia

    blom pernah neh yg ini
    :)

    19 May, 2009 10:38

  • @ suwung >>> gak papa mas kalo nulisnya ngasal, buktinya banyak yang suka khan dengan gaya tulisan mas suwung yang ngasal itu :) Yang penting tetep enjoy aja ngeblognya.

    @ Hangga Nuarta >>> gak papa ding, yang penting nulisnya enjoy aja. Biar ringan ato simpel, yang penting enak buat dibaca. Curhat gak masalah, asalkan ada "sesuatu" yang bisa diambil pembaca (walah, sok idealis banget yach..hehe)

    @ pututik >>> saya juga kesel kalo ngalamin kayak gitu. Mau gimana lagi yach...

    @ Pencerah >>> ayoo..dicoba..dicoba... :)

    @ nomercy >>> nice kali yach (bukan niche...hehehe)

    @ Haris >>> makasih buat support-nya mas. Blog mas Haris termasuk salah satu blog favorit saya loh. Keep posting aja yach mas. Salam juga.

    @ Rusa Bawean >>> kalo gitu, ayo semangat nulis yang unik ato orisinil, biar ada yang ikhlas mensubmite-nya di InfoGue...hehehe (kali-kali aja admin InfoGue tertarik ama tulisan mas Ibnu).

    19 May, 2009 15:15

  • susah mas nulis yang memang bagus kaya ini.. wah saya masih terus belajar dan hasilnya juga belum optimal

    19 May, 2009 17:03

  • Terimakasih atas pujiannya Bang...semoga kedepan kita selalu dapat menampilkan artikel-artikel yang menarik untuk sama-sama belajar dan berbagi.

    19 May, 2009 21:54

  • Wah membuat artikel unik lumayan susah juga kang! Point 1 dan 3 bisa dicoba, poin 2,3 dan 4 belum bisa merasakan kayaknya.

    20 May, 2009 00:25

  • Tipsnya bagus, tapi susah mewujudkannya. Gimana dong?

    20 May, 2009 04:27

  • mantab deh infonya...
    tapi gak semua orang langsung bisa, butuh waktu dan latihan. kalo aku sih just write what you want... :D

    20 May, 2009 07:25

  • @ torik >>> jangan bilang susah mas, nanti malah jadi susah beneran loh :) Yang penting terus belajar dan berlatih aja dalam menulis. Lama-lama pasti bakalan mahir sendiri kok. Yakin deh.

    @ Republik Digital >>> semoga ya mas. Pujian itu suatu bentuk apresiasi atau penghargaan saya untuk tulisan yang bagus menurut saya. Semoga tetap semangat yach ngeblognya.

    @ Muslihun >>> lumayan susah kalo kitanya kurang punya kemauan dan ketajaman insting kali yach..hehe.. Sebenernya sih tidak begitu sulit kok. Mungkin kita terlalu terbebani, bahwa ide artikel/tulisan yang unik itu mesti 'wah' atau terkesan 'mantap'. Tapi sebenarnya banyak kok hal-hal SEDERHANA yang bisa kita angkat menjadi sebuah tulisan menarik. Nah, coba cari aja hal-hal yang terkesan remeh, namun bisa menarik kalau ditulis menjadi sebuah artikel.

    @ Awamsangat >>> coba baca tanggapan saya atas komentar sebelumnya yach.

    @ fauzy >>> bener mas, semua butuh waktu dan latihan. Yang penting mengalir aja deh. Dan kemauan atau semangat untuk bisa lebih baik lagi itu juga tak kalah penting, sebab itu yang bisa membuat kita berkembang. Terus belajar dan berbagi aja sesuai kemampuan kita. Thx.

    20 May, 2009 13:25

  • Sip setuju aku atas 5 manfaat tersebut
    tetapi untuk menciptakan yang unik itu sulit mas
    Adakah tips and trik menciptakan blog yang unik ?

    20 May, 2009 14:58

  • @ Bambangxp >>> kalo untuk menciptakan blog yang unik mungkin dengan cara mengkhususkan tema blog kali yach. Tapi pembahasan saya di atas lebih kepada bagaimana menciptakan artikel (konten blog) yang unik. Caranya? Mungkin mas perlu baca dulu artikel tentang "KOnten yang Unik sebagai Daya Tarik Utama Sebuah Blog". Thx.

    20 May, 2009 15:05

  • Pas banget apa yang disampaikan mas is.
    Cuma emang untuk bisa memiliki kemampuan itu, kita mesti sering latihan. Latihan untuk sensitif dan kritis terhadap suatu kejadian dan yang pasti latihan nulis juga...hehe :D

    21 May, 2009 05:43

  • @ Ravatar >>> setuju banget mas. Intinya emang kudu peka dan enjoy aja sih dalam menulis (plus menangkap ide). Saya juga masih dalam tahap belajar nulis kok (belum terlalu mahir..hehe)

    21 May, 2009 13:07

  • Iya saya setuju tuh, kalo nulis tu yang beda, yang materinya belum pernah dibahas oleh bloger lain, Biar lebih kreatif!

    22 May, 2009 13:43

  • Tips bagus Mas Is. Saya selalu mencoba untuk memberikan content yang original, semoga bisa selalu konsisten. :)

    22 May, 2009 16:39

  • Patut buat di coba mas...walapun sulit.

    22 May, 2009 22:25

  • @ habibie reza >>> bagus deh kalo gitu mas. Saya juga selalu berusaha demikian. Keep posting ya.

    @ comink >>> sulit di awalnya aja, tapi setelah terbiasa untuk menulis hal-hal yang begitu, akhirnya jadi mudah kok (pengalaman saya sih).

    23 May, 2009 13:41

  • Saya belon belajar banyak tentang hal ini sobat, sungguh suatu pengetahuan berharga bagi saya.

    23 May, 2009 14:23

  • Terima kasih Informasinya, soalnya lagi mikir mau bikin posting baru.. salam kenal ya....

    29 May, 2009 13:49

  • @ Setiawan Dirgant@Ra >>> makasih banyak ya, saya senang jika akhirnya ulasan saya di atas bisa sedikit memberi inspirasi buat pembacanya.

    @ pakwo; 3 Jurus Pemikiran Budiono >>> Salam kenal juga mas. Makasih kembali sudah berkunjung ke blog sederhana ini.

    02 June, 2009 13:14

  • Hm... Poin 1,2,4,5 keknya pernah ngerasain... Poin 3 tuh yang belum... Hehehe

    18 October, 2009 06:39

  • namun klo dah niat buat post yg fresh harus putar otak dulu...susah banget dikeluarin sih.heehe

    02 November, 2009 12:26

  • Bagus bagus ...bisa nambah ilmu bual blogger pemula seperti saya ...salam kenal

    19 December, 2009 22:47

  • kalo saya sendiri bang is, selalu berusaha bikin konten yg orisinil..tapi sering iri ama tukang copas mas..mereka tinggal dapat hasil..SERP gugel bagus..emang harus terus membudayakan dan mengkampanyekan hal2 seperti yg mas tulis di artikel ini y? biar blogger indonesia jadi lebih bisa kreatif dan menghargai karya orang..thx mas artikelnya bagus sekali :D

    23 December, 2009 10:38

  • Mantapp gan, seperti kata senior kita "Content is the King". Traffik dari search engine sangat tergantung pemilihan kata kunci dan relevansi kata kunci tersebut dengan konten postingan kita, semakin unik, semakin tingg posisi kita di mata search engine.

    01 March, 2011 11:55

  • saya mendukung bro, konten blog yang unik dan original memang raja, content is the king! sayangnya gak semua tau ini n main comot aja tanpa kasih linkback. huft. thanks

    16 April, 2011 20:35

  • Dengan melulis posting yang orisinal, maka Google akan memberikan nilai lebih untuk blog kita.

    20 August, 2014 16:20

  • Post a Comment

    Silakan tulis komentar sesuai pendapat pribadi kamu

    Back to Top
     

    kafe28 Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template | Top