13 May 2009

13 May 2009

Antara Rossa dan Agnes Monica, Lebih Dahsyat Mana?

Siapakah penyanyi solo wanita Indonesia yang lagu-lagunya banyak menjadi hits dan disukai masyarakat? Kalau boleh menyebut 2 nama saja, maka saya tidak ragu-ragu menjawab Rossa dan Agnes Monica-lah orangnya (untuk kategori penyanyi pop solo masa kini).

Mereka berdua layak masuk jajaran penyanyi solo tersukses Indonesia. Tak hanya populer, mereka juga punya kualitas. Dalam arti, mereka memang benar-benar ‘bisa nyanyi’ (bukan sekedar jual sensasi). Apalagi aji mumpung. Nggak banget deh

Nah, pada ulasan kali ini saya coba menilai perbandingan antara keduanya (Rossa dan Agnes Monica). Tak lebih sebagai wujud apresiasi dan kecintaan saya terhadap dunia musik tanah air, khususnya jalur pop.

rossa>>> Rossa

Teknik vokal : bisa dibilang sangat berkualitas. Buktinya, mayoritas lagu-lagu hits yang dinyanyikannya adalah lagu-lagu dengan tingkat kesulitan cukup tinggi. Tidak sembarangan penyanyi bisa membawakan dengan sangat baik lagu-lagu seperti : Nada-Nada Cinta, Tegar, Kini, Terlalu Cinta, Ayat-Ayat Cinta, Hati yang Kau Sakiti, atau Terlanjur Cinta (feat Pasha Ungu). Semua lagu tersebut memerlukan teknik vokal yang prima, pengaturan dinamika yang baik, dan pemberian feel yang dalam. Dan Rossa mampu melakukannya dengan sangat baik. Salut! tepuktangan

Performa live : suara Rossa saat tampil menyanyi secara live sama persis dengan suaranya di kaset (saat rekaman). Artinya, ia memang benar-benar tidak mengandalkan sound-effect demi ‘membaguskan’ suaranya saat rekaman. Tidak seperti beberapa penyanyi solo dan vokalis band yang saat di kaset terdengar begitu merdu, namun ketika tampil secara live malah kurang bagus suaranya (jauh dari suara di kaset). Dan Rossa tidak seperti itu. Suaranya benar-benar natural saat rekaman.
rossa
Selain itu, Rossa juga selalu terlihat total saat tampil secara live. Ia selalu berusaha mempersembahkan kemampuan terbaiknya, walaupun lagu yang diminta untuk dinyanyikan sudah terlalu sering dibawakan. Tak seperti beberapa penyanyi solo lain yang ketika membawakan lagu hitsnya suka terlihat jenuh dan bahkan malah terasa agak terpaksa (kurang sepenuh hati).

Kelebihan lain dari performa live Rossa ialah pada kemampuannya dalam menjalin kontak dengan audiens. Ia selalu berusaha untuk tersenyum kepada para penonton dan juga pemirsa di rumah (ketika diliput oleh kamera tv). Buat saya itu cukup penting agar sang penyanyi tidak terlalu asyik dengan dirinya sendiri saat bernyanyi. Bagaimana pun juga, kontak dengan penonton itu penting. Dan salah satu cara terampuhnya yaitu dengan menebar senyum di sela-sela nyanyian (sambil melakukan eye-contact).

Selengkapnya pendapat saya mengenai Rossa bisa anda baca pada artikel Konser Tunggal Rossa dan Kelayakan Sebagai Diva Musik Pop Indonesia.


agnes monica>>> Agnes Monica

Teknik vokal : bisa pula dibilang sangat berkualitas. Orang boleh saja kurang menyukai penyanyi bertubuh langsing ini. Namun buat saya pribadi, teknik vokal yang dimiliki Agnes Monica tergolong sangat baik. Kalau kurang bagus, buat apa beberapa pencipta lagu ternama (seperti Melly Goeslaw, Ahmad Dhani, dan Dewiq) mempercayakan banyak lagu dengan tingkat kesulitan tinggi untuk dinyanyikannya?

Contohnya lagu-lagu seperti : Seputih Hati, Jera, Cinta Mati (feat Ahmad Dhani), Bilang Saja, Ku Tlah Jatuh Cinta, Tak Ada Logika, Bukan Milikmu Lagi, Cinta di Ujung Jalan, Tanpa Kekasihku, I’ll light a Candle (feat Keith Martin), Hanya Cinta yang Bisa (feat Titi DJ), Dan Takkan Mungkin, Matahariku, hingga hits terbarunya yang saat ini cukup populer, yaitu lagu berjudul Teruskanlah (ciptaan Dewiq).

Semua lagu tersebut memerlukan teknik vokal yang sempurna, pengaturan dinamika yang pas, dan penjiwaan yang mendalam. Dan Agnes mampu melakukannya dengan sangat total. Tidak sembarangan penyanyi solo yang bisa membawakan lagu-lagu di atas dengan sukses atau sebaik Agnes.

agnes monica
Dan sebagai bukti pengakuan terhadap kualitas vokalnya adalah berbagai award atau penghargaan dari berbagai ajang (seperti SCTV Music Awards, AMI Awards, Panasonic Awards, dan Dahsyatnya Awards). Dari semua ajang tersebut, rata-rata Agnes meraih predikat sebagai Penyanyi Solo Terbaik, Terfavorit, Paling Ngetop, dan Terdahsyat. Ya, bisa dibilang kalau Agnes adalah langganan juara di ajang-ajang musik bergengsi. Woow... tepuktangan

Layakkah? Saya kira memang cukup layak, walaupun pada ajang tertentu sebenarnya ada penyanyi lain yang lebih layak karena lebih populer dan lebih berprestasi pada saat ajang itu digelar.
agnes monica
Performa live : dari sisi aksi panggung, Agnes identik dengan iringan penari latar dan koreografi ala Britney Spears yang memukau. Banyak yang menyukai dan memuji aksinya itu. Banyak pula yang mencaci dan tidak suka. Saya ambil jalan tengah saja. Berhubung banyak lagu Agnes yang beraliran pop R&B (yang berirama dance), maka koreografi dan penari latar pun pada akhirnya diperlukan. Terkecuali pada lagu-lagu yang bernuansa pop murni. Jadi saya rasa, tidak ada yang perlu dipersoalkan pada aksi panggung Agnes yang identik dengan koreografi.

Kalau ada yang bilang penampilan live-nya cuma lip-sing, sah-sah saja. Pada sebagian aksinya, suara Agnes memang terkesan sudah disetting (suara kaset), dimana ia cuma fokus pada koreografi dan sekedar menggerak-gerakkan mulut (bernyanyi sekedarnya sesuai suaranya di kaset yang sedang diputar).

agnes monicaYang saya kritik adalah, Agnes terlalu sering terlihat asyik sendiri dengan dirinya saat bernyanyi secara live. Ia kurang punya kemampuan untuk menjalin kontak dengan para penonton dan pemirsa di rumah. Bahkan jarang sekali tersenyum (tak jauh beda dengan aksi-aksi live Dewi Persik). Itulah kekurangan performa live Agnes Monica dibandingkan dengan Rossa yang terlihat lebih piawai menjalin komunikasi dengan para penonton.

Toh menurut saya, sekali-sekali menebar senyuman itu cukup penting (walaupun lagu yang dinyanyikan bukan tergolong lagu ceria). Termasuk menjalin kontak mata dengan penonton dan juga pemirsa di rumah (lewat menatap kamera). Semoga ke depannya Agnes bisa memperbaiki hal itu.

>>> Kesimpulan akhir :

Antara Rossa dan Agnes Monica sebenarnya punya beberapa persamaan. Di antaranya :

  • Lagu-lagu mereka banyak menjadi hits (meledak di pasaran musik).
  • Lagu-lagu mereka banyak menjadi theme song atau soundtrack sinetron di televisi.
  • Lagu-lagu mereka sering sekali dibawakan di beberapa kontes menyanyi (seperti AFI, Indonesian Idol, dan MamaMia Show).
  • Sama-sama punya kemampuan yang baik untuk menyanyikan semua jenis tempo lagu (mulai dari yang bertempo lamban hingga bertempo sangat cepat). Lagu slow dan up-beat sama-sama 'dimakan' oleh keduanya
  • Sama-sama sering masuk nominasi pada berbagai ajang penghargaan bergengsi.
  • Sama-sama banyak dibesarkan oleh seorang pencipta lagu ternama, yaitu Melly Goeslaw.
  • Sama-sama punya banyak hits yang memiliki tingkat kesulitan cukup tinggi untuk dinyanyikan.
  • Sama-sama mampu bertahan (bisa survive) dalam jangka waktu yang cukup panjang dan tetap mampu pula mempertahankan kualitas vokalnya.
  • Sama-sama punya karakter suara yang sangat khas.
  • Sama-sama pernah menggelar konser tunggal.

***

Nah, saya udah habis-habisan mengulas keduanya. Bagaimana menurut anda sendiri? Lebih dahsyat mana antara Rossa dan Agnes Monica? Anda lebih suka siapa? Silakan isi komentar anda pada kolom komentar di bawah ini.

Dukungan kontes >>> apa sih asyiknya belajar seo?

78 comments:

  • kalo aku jauh lebih milih AGNES MONICA
    dari dulu pun
    aku dah suka banget sama Agnes Monica baik nyanyi maupun akting

    yap setuju banget mas
    jarang banget Agnes komunikasi sama penonton
    apalagi ngajak nyanyi bareng

    tapi AGNES MONICA menurutku is the best
    :)

    13 May, 2009 13:50

  • Kalo aku sie milih Agnes Monica sebab aku suka karakter suara dan karakter pribadinya yg idealis. Dibanding Rossa, Agnes lebih produktiv dan sudah Go International

    13 May, 2009 14:13

  • Setiap orang punya pilihan masing-masing.
    Kalo aku sendiri, dua-duanya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing, spt yg sudah dipaparkan di blog ini.

    ;)

    13 May, 2009 17:02

  • agnes lah.
    kalo nyanyi sering improvisasi n menagransemen lagu2nya...jadi fresh.kreatif...
    agnes jg pandai buat lagu sendiri n produserin album sdr. video klip n albumnya konsepnya dia yg kasi ide.
    aksi panggungnya yg cool itulah yg buat mata penonton ga berkedip...
    kalo Rossa, suara n lagu OK tapi performance jenuhin...
    Go agnes ^^
    maju musik indonesia.

    13 May, 2009 17:49

  • hmmm boleh aku memilih.. dari karakter dan konsep lagu terus terang pilih Rossa... sebenarnya untuk Agnes ada beberapa lagu yang suka.. sih. cuma secara total.. suka Rossa azza...

    13 May, 2009 19:09

  • aku milih si imut ocha....
    kapan dia jadi janda ya....

    13 May, 2009 21:13

  • aku lebih sreg ke rossa mas. Suara dan penampilannya lebih nyantel di telinga dan mata ku he he he.
    Btw, ulasannya lengkap abizzzz. mantep

    13 May, 2009 21:27

  • wah keren nie baru tahu kesamaan-kesamaanmereka yang dahsyat
    persamaan lainyya:
    > dua-duanya manta kekasih Eros *ngayal*
    tapi kalao saya mesti milih diantara keduanya, saya pilih Rosa de, seiman.

    ----------------------------
    ayo ayo yang belum dukung. mohon dukungannya ya. engga perlu pasang link, apalagi mesti bayar. cukup komentar ae di tulisan sejarah, kelebihan, seluk beluk dan template keren buat blogspot . ditunggu komen dukungannya ya *ngarep*

    13 May, 2009 21:55

  • @ semua yang udah komen >>> makasih banyak buat tambahan pendapatnya soal Rossa dan Agnes. Semua komentar sangat melengkapi ulasan saya di atas. Masih ada yang mau nambahin? Ayoo komen..

    15 May, 2009 13:01

  • Dua-duanya dahsyat, tapi saya suka mbak Agnes Mas... :D

    16 May, 2009 05:56

  • suka agnes pi di lagunya ajah bukan secara live perform.

    16 May, 2009 10:15

  • Mantep semua mas, sayang gak pada mau sama ane... salam kenal www.indonesiamenulis.com

    16 May, 2009 15:59

  • pilih yang punya blog ajah deh

    17 May, 2009 12:23

  • Saya lebih suka Rossa, sejak pertama kali dia muncul dulu. Suaranya tuh gimanaaaa gitu. :p

    18 May, 2009 01:43

  • @ Ecko >>> Sama dong kalo gitu. Saya juga langsung suka suaranya sejak pertama kali dengar lagu Nada-Nada Cinta (pas SMP dulu kalo gak salah). Bener-bener bikin merinding deh suaranya :) Palagi pas denger Nada-Nada Cinta. Wuiih..tu lagu romantis abiz deh...

    18 May, 2009 11:28

  • Yang dahsyat si AGNES tuh kayaknya bro,...

    23 May, 2009 14:26

  • Buat yang komentar di atas katanya Agnes sudah Go International, dari segi akting atau nyanyi? Kalau patokannya Go International itu cuma level Asia atau Asia Tenggara kayanya Rossa pun sama.

    Agnes yang sudah beberapa tahun lalu banyak memberikan komentar akan Go International tapi nyatanya sampai sekarang masih belum bisa menembus pasar Internasional.

    Dari segi kualitas suara, keduanya memang memiliki suara yang sangat-sangat bagus. Tapi saya pribadi lebih menyukai Rossa, terlebih sejak Agnes banyak mengeluarkan lagu berjenis R&B dibanding lagu pop.

    11 June, 2009 17:16

  • menurut saya kualitas vokal rossa lebih oke. tapi buat jadi entertainer yang komplit dan mumpuni menurut saya lebih ke agnes, walaupun saya kurang suka kedua duanya... :-)

    20 June, 2009 15:53

  • ROSSA KEMANA MANALAH...SI AGNES KAN KETUTUP SAMA TARIAN AJA...SUARA SIH PAS-PASAN...KONSER TUNGGAL DINDONESIA SENDIRI AJA LUM PERNAH..CUMA OMONG GEDE AJA...SUARANYA JUGA DAH TURUN, DENGER AJA SINGLE BARUNYA..MAKKSA...APALAGI NADA TINGGI JAUH DEH DARI ROSSA SIAGNES TEHNIKNYA AKAL-AKALAN SEBISA-BISANYA DIA AJA...POPULARITASNYA AJA SEMAKIN TENGGELAM SEIRING MIMPINYA MAU GO INTERNASIONAL...HEH..JAUH DEH DARI DIBILANG DIVA..GA MEMENUHI SYARAT...

    19 July, 2009 12:11

  • @ divo >>> ada benarnya juga pendapat kamu. Saya setuju juga. Kualitas vocal Agnes memang cenderung menurun saat ini. Popularitas juga lebih banyak karena ekspos media massa (infotainment). Kalo Rossa kualitas vokalnya nggak berubah tuh. Popularitas juga tetap stabil. Untuk suara tinggi, saya juga lebih suka Rossa. Kalo Agnes sangat terbantu dengan karakter suaranya aja. Makasih banyak buat komentar cerdasnya. Kamu memang seorang pengamat musik yang cerdas.

    22 July, 2009 13:53

  • ak lebih suka agnessssss,cos agnes mantap bgt.........,ga ada 2 nya.

    11 August, 2009 20:15

  • ages monica donk......the best of the best.... rosa juga keren tapi lebih keren agnes monica

    13 January, 2010 12:12

  • kalo gue suka agnes dance na lbh baik dari michel jackson.

    04 March, 2010 23:06

  • hhmm ka NEZ lahh,,,

    tgu sebentar,,, kalau lo pada dengerin ato punya kaset NEZ (semua) kualitas suaranya semakin bagus kok,,, bandingin ma Jera, Tanpa Kekasihku, Matahariku, Teruskanlah (lagu Pop mellow) , bandingn juga yg up beat ,, Bilang Saja, Bukan Milikmu lagi, Tak Ada Logika, Godai aku lagi, Janji-janji, n yg paling gue suka Shake it off,, malah makin baik kok,, bukannya nurun,

    gue juga seorang penyanyi, pengamatan gue si semua punya ciri khas... nada tinggi gue suka NEZ.. kenapa?? karena lebih berpower... 5 oktaf nyampe kok...

    klo popularitas NEZ tuh bukan artis musiman,,, sekarang dia lagi sibuk syuting sinetron terbarunya... tunggu ajj tanggal mainnya :)

    ohh iyaa yg lo tulis itu masih kurang lengkap,,, NEZ tampil dua kali di Asian Song Festival 2008 n 2009 dan kedatangan pertamanya disambut sngat meriah di Korea,, makanya tampil lagi,, di sana dia juga dpt awards Best Asian Artis...

    dan satu lagi,, NEZ waktu nyanyi juga ada kok komunikasinya ma penonton,,

    skali lgi ini cuma pengamatan gue n tambahan ajj... :)

    06 March, 2010 14:28

  • 1. Unk tehnik Vocal saya lebih pilih Agnes
    bisa bandingi Matahariku vs Ayat2 Cinta yg populer di tahun 2008. Dan sampai sekarang lagu Matahariku belum larut oleh waktu alias masih abadi sampe sekarang

    2. Nada Tinggi (High Notes), saya pilih Agnes
    saya pernah melihat kedua artis tersebut konser langsung. Rossa unk nada tinggi selalu jaga2 alias takut ga sampe high notes. Kalo Agnes unk high notes langsung hajar sampe kena sasaran..

    3. Konsep Album, saya pilih Agnes
    bayangin ajah 3,5 tahun agnes mati2an menggarap album dan terbukti masih launching album nez langsung bisa menyabet piala AMI 2009 dan best of the best MTV Indonesia Awards 2009

    4. Karakter kepribadian
    Agnes cenderung cuek dengan urusan percintaan, fokusnya ke karir, ditambah lagi dengan sibuk kuliah di University Osho.

    Rossa baru ajah dpt gelar janda tahun lalu

    5. Perform
    di panggung lom ada penyanyi indonesia yg bisa menyaingi penampilan enegic nez dipanggung.
    Walau saat menyanyi lagu up beat dengan tempo cepat sambil dance, nez terbukti bisa menyanyi live sambil dance. Memamng ini adalah hal yg sangat sulit dilakukan penyanyi lain, tp berkat latihan fisik yg gila2an.. Nez bisa tampil live saat dipanggung

    6. Prestasi
    Belum ada penyanyi indonesia yg mengukir prestasi segemilang Agnes, sekalipun anggun sdh duluan go international, tp di indonesia prestasinya masih kalah..
    Agnes itu bukan penyanyi ordinarry, so dia mesti berusaha keras agar suaranya menggaung sampai ke US.


    Di tingkat Asia, nama Agnes sering jadi bahan perbandingan diva se asia spt: Boa, Tata Young, Utada, Charice, Siti nurhalijah.

    Bahkan di ajang Asia Song Festival dua kali berturut2 Agnes mendapat penghargaan sebagai best of the best artist.

    Thn 1990 nike ardila pernah ikut ASF di cina tp ga menang.

    Dan cuma nama agnes lah yg tercatat sebagai penyanyi yg namanya sdh dua kali dpt undangan unk manggung di ASF..

    Intinya : Trackrecord yg diukir nez melampaui rossa

    11 March, 2010 13:02

  • Rossa laah jelaas bangeet rossa lebih bagus dari pada agnes monica..liat ajah jam trbang rossa ajah udah padat banget..dan dia juga mau gelar konser tunggal di Malaysia..hebat lah Rossa...^^...

    28 March, 2010 11:54

  • tappi agnes juga jago dance.^^

    28 March, 2010 11:56

  • JELAS LAH ROSSA... AGNES MAH KEBANTING BGT AMA ROSSA. KALO ADA ADU PENYANYI WANITA TEKNIK VOKAL. JELAS ROSSA BISA MENANG.

    13 April, 2010 17:40

  • mending rossa aja deh...kaya asam garam, agnes baru aja makan asam.

    17 April, 2010 13:05

  • ya agnes monica kemana-mana lah.Rossa tu suaranya gak enak,belum pantes dibandingkan dengan agnes.klu masalah perfom agnes gak senyum,ya iyalah orang yang dia bawakan lagu2 sedih,masak tiba2 dia suruh senyum atau ketawa2 sendiri???

    23 April, 2010 00:50

  • secara teknik dua"nya bagus tp agnes lebih berani Improve dan nge"hajar" lagunya...jadi gak ngebosenin (beda ma kaset)dan biqn merinding ma improve"nya and High Note'y...Prestasi juga lebih berkibar Agnes,,Klo soal Konser Tunggal c itu cuma masalah waktu dan kesempatan...

    27 May, 2010 12:04

  • Agnes is the best...
    semua org jg bs nilai.
    mau nada tinggi, nada rendah, dapet terus, ga pake ragu.
    bwt saya, Agnes tu jg sumber inspirasi. sangat disiplin (demi mencapai cita2nya) dan bisa menjaga diri.
    Proud of u, Nez.LOL

    14 June, 2010 15:23

  • Agnes kualitas dari mana, vokal teriak

    04 November, 2010 00:21

  • gw gk trima bgt klo Agnes Monica d blang gk ad ap2 nya d banding rossa,.,.,.
    kta smua d sne mmlih spa yg ter baik bkan mnjlek2kan,.,.,.

    ok.,., gw trima klo ad yg blang rossa bgus.,.,
    tu kn mnrut loe smua.,,
    tp klo mnrut gw Agnes tu BRAVo and GREAT,.,.,.,.
    DANCE ok.,. SUARA ok.,., WAJAH ok.,.
    pke bju apa z ttap cntik., dan gya pa z.,., ttp kren abiez,.,,.!!!!!!!
    ilove AGNES MONICA.,.,,.>>>
    :-))))

    03 December, 2010 16:07

  • klau mnrtdhg qwue sichg kakhg agnes monica...
    soalx mnrtdhg qwue thuechg bgus bngtzzz suarax,,,,,,
    kuat lghie nafasx.,,,
    aphachg lghie dy thuechg artis multitalenta,,
    qwue ska bngtzzz mhaechg kakhg agnes monica......

    16 December, 2010 14:43

  • Bagi saya seh, bukan cman 'kontrol nada' + range suara yg lebar yg pentg dalam menyanyikan suatu lagu. Tetapi, 'dinamika' jg menntkan bguz ato 'brasa x' lagu
    Tersbt. Untuk 'kontrol nada' agnez ma rossa ya, 11n12 alias BEDA2 TIPIS. Untk range yg lebar memang Ocha YANG
    Paling LEBAR. Coz Agnez cman ngndalin karakter + falsetto . . . Tp, yg jadi kelebhan AGNEZ adalah DINAMIKA. Coba cari + bandingin lagu2 yg dinyanyikan Agnez ma Ocha. Skalian bandingn ma penyanyi2 senior lain x, terasa dinamika Agnez yg palg DINAMYC. Jadi, setiap penynyi t pnya klebihan + kkrgan x masg2. 1 lg, saya kurang setju low vocal Agnez menurun. Mksd saya kualitas. Bandgn aja cara dia nyanyi dari lagu2 terdahlu sma skrg. . .tp, itu cman pendapat ya. . .peace!

    07 February, 2011 02:27

  • Bingung milih gan,,, sma bagusnya,,,, Salut sama komennya Adit & Vivi.

    01 March, 2011 11:19

  • Agnes Monica yang terbaik...thebest of thebest...

    03 March, 2011 19:17

  • agnes monica so the best full lah??terbukti sudah dpercaya di mancanegara belum lama dia tampil di red carpet american music awards wow wow wow go agnes.dan belum lama ini dia akan berkolaborasi dengan MICHAEL BOLTON katanya akan realease pada bulan juni 2011 mendatang.HEBATDD KAN OK

    24 April, 2011 16:07

  • qt g' boleh banding2in...
    Rossa+agnes mg dah layak menyandang gelar DIVA....
    dua2 adalh penyanyi wanita yg diunggulkan diIndonesia....
    Tekninya juga mempunyi kelebihan ma kekurangan tersendiri....
    g' da yg jelek koq...

    Kalian seperti itu karena kalian adlh Fans Fanatik....
    tp,, g' tw kenapa q cenderung ma Rossa...
    padahal q juga suka ma Agnes...

    08 May, 2011 16:34

  • aGNES monika ttp Ok sp USA, d banding Rossa penyanyi murahan tingkat RT

    30 August, 2011 12:55

  • mas-mas, jelas agnes dong, masa sih mas belum tau perbedaan mereka? saat nada tinggi agnes masih bisa menghayati atau menjiwai, klu rossa lepas seakan-akan untk mencapai sasaran nada tinggi tersebut tanpa penjiwaa, konser tunggal, klu soal konser tunggal sebenarnya itu semua penyanyi indonesia pd berani karena mba ruth sahanya yg pertama mendorong sebagai penyanyi asia yg pertama kali konser tunggal baik dalam negeri maupun dalam negri, warna suara: klu dr rossa warna suaranya terbuka tp melebar cara nyanyinya jd ngk bulat, klu agnes warna suaranya disesuaikan pada setiap not lg yg dinyanyikanya sehingga memberi makna secara tidak langsung bg setiap pendengar, prestasi: jla sih agnes lebih banyak penghargaan yg diterimanya! rossa sendiri pernah berkata di indonesia idol klu agnes penyanyi licik sedunia!
    tp semuanya itu, tidak ada apa2nya dengan diva RUTH SAHANAYA yg suaranya di akui musisi dunia, bahkan penyanyi indonesia meraih juara satu ajang internasional adalah RUTH SAHANAYA thn 1992 (kaulah segalanya), penyanyi indonesia yg pernah nyanyi di gedung putih US adalah ruth sahanaya, diva asia sepanjang masa adalah diva ruth sahanaya, penyanyi indonesia peraih penghargaan di ajang internasional adalah ruth sahanaya, penyanyi yg hidupnya menjadi pedeladanan utk masyarakat adalah ruth sahanya.

    25 October, 2011 23:42

  • RUTH SAHANYA A DIVA WORLD "giving my best"

    25 October, 2011 23:47

  • klo aku sih lbih ke agnes klo mslah aksi,...panggung klo suara vokal..sma2 baguuuuus....
    tp kyknya rossa menang deh..ehhe
    ni pendapat aku ja...

    04 January, 2012 21:33

  • Rossa, Anggun, KD ciri khas Indonesia, jadi walaupun dipasarkan di luar negeri kemungkinan laku lebih besar.
    Kalau Agnes, boyband2/girband menjiplak luar negeri, jadi menurutku agak susah untuk go internasional.

    Rossa, Anggun, KD cenderung humble dan tidak menggebu2 seperti Agnes.

    Melihat Agnes seperti melihat jiplakan Britney versi Indonesia.

    Jadi aku pilih Rossa.

    27 January, 2012 06:51

  • @DIVO,@ISKANDARIA:pliz kau berdua pgi periksa matamu yg mungkin juling ato lgi katarak..ROSSA tdk ada apa2x jk d bandingkn dgn AGNEZZ....JAUUUUUHHHHHHHH BNGEEEETTTSSSSSS....!!!!

    06 February, 2012 12:06

  • aq stuju dgn ibrahim,sy sngt kagum sm agnes,dia slalu nyebut Tuhannya saat dia dpt piala,tpi rossa g'k ad kale',kesimpulanx:agnes msh jauh lbh smpurna jk dbandingkan dgn rossa,AGNES multitalent

    08 February, 2012 00:09

  • Gw suka rossa karena nyaman & imut paling penting suaranya merdu sejuk, ga kaya suara agnes panas di kuping.

    12 April, 2012 08:38

  • smua org ada pendapat masing2 berbeda2 jadi kaya warna :D

    aku bilang agnes sgt bagus diliat performa-nya tapi suaranya warna tipis bkn tebel, jadi pas dia bener2 habis2an tampilnya justru bikin sakit di kuping. dia harus cari cara agar saat nada uda tinggi banget tetep enak didenger. misal pk teknik charice mungkin yg turun suara terus pake warna rendah buat nyanyi nada tinggi ? atau dgn melembutkan suara jadi tetep enak di kuping.

    si agnes uda komplit bgt cuma tinggal gimana agar nyanyi di nada tinggi tetep enak didengar, krn kan warna suaranya tipis.

    14 July, 2012 23:26

  • satu lagi, saranku buat agnes dan rosa cobalah nyanyi sesekali lagu di luar tema cinta. ya slain lagu internasional, lagu daerah yg byk motivasinya tentang kehidupan kan bisa ?

    14 July, 2012 23:28

  • hmmmmmm the best indonesian diva klau menurut q agnes, bukanya ngebela agneziuz tapi kenyataanya gt,selain itu range vocal'a jg luas,,,sampai Bb6, selain itu michael bolton pernah bilang klau agnes penyanyi bertalenta, bahkan di brazil agnes ud jadi diva disana, anggun ja di acara dalton tanonaka mengakui kehebatan agnes...bahkan diajang ami kemarin agnes dapat penghargaan, selain itu di beberapa event agnes dpt nomi9nasi, misal shorty award, jpop, dll...

    18 July, 2012 15:53

  • Yup... Agnes gue rasa lebih unggul dari segi manapun...
    Jenjang karier.nya pun jauh lebih menjamin akan Greats dri Rossa..
    Rossa Bagus.. tapi agnes lebih bagus..

    Coba deh.. hitung semua penghargaan yg udh agnes trima.. ga kbyang gua.. dan mungkn satu".nya artis yg paling banyak mendapatkan penghargaan di indo or asia...

    Agnes Monica kalo gua bilang udh sangat layak di sejajarkan sama Beyonce..

    11 August, 2012 00:12

  • Yup... Agnes gue rasa lebih unggul dari segi manapun...
    Jenjang karier.nya pun jauh lebih menjamin akan Greats dri Rossa..
    Rossa Bagus.. tapi agnes lebih bagus..

    Coba deh.. hitung semua penghargaan yg udh agnes trima.. ga kbyang gua.. dan mungkn satu".nya artis yg paling banyak mendapatkan penghargaan di indo or asia...

    Agnes Monica kalo gua bilang udh sangat layak di sejajarkan sama Beyonce..

    11 August, 2012 00:13

  • eh lo smua banyak omong agnessss lebih jago dari rossa lo liat agnes uda duet ama penyanyi dunia dengan nama yang sangat terkenal michael bolton so rossa duet saama penyanyi jenis michael bolton ajha belum
    kalo suara pas2an liat agnes tampil secara mendadak tanpa latihan isa di indo idol kasian liat lagi waktu whistle registernya apa rossa isa kan gk jadi kalau ditutupin sama perform yang dance lo smua salah dia is the best seinger in indonesia gk ada duanya

    18 August, 2012 21:37

  • Ke-2nya adalah para penyanyi terbaik Indonesia. Gak usah saling menjelekkan atau menjatuhkan. Setiap orang punya selera yg berbeda-beda. Tapi kalau dilihat dari PRESTASI, SEMANGAT JUANG dan MIMPI BESAR Agnes Monica is the best. No doubt.

    Bagi yg masih meragukan kemampuan Agnes Monica, kalo doi bersuara pas-pasan gak mungkin bisa menang diajang ASIAN SONG FESTIVAL 2008 & 2009 di Korea sebagai The Best Asian Artist Performance. Gak mungkin juga menang AMI, Panasonic Awards, MTV Music Awards, Nicklodeon Kids Awards, Duet dengan Michael Bolton, jadi Host American Music Awards. The point is SHE IS THE BEST.

    12 September, 2012 17:11

  • Secara teknik Vokal ma Agnes Jauh lebih baik dari Rosaa. Rossa nyanyinya cari aman. Klo di Panggung memang agnes terlihat show off sedangkan Rossa lebih komunikatif. Aliran musik Pop Rossa juga lebih ke pop melayu yg notabene indonesia dan malaysia bangat, itu yg membuatnya populer. Klo ke negara Barat ya Agnes yang lebih masuk..

    18 September, 2012 22:03

  • Ya ya dunk rosa lebih unggul
    Kalau agnes sih ikut2 gaya britney...jadi kurang asli gitu,,,,moga rosa tetap jadi penyanyi dengan suara yg selalu indah

    31 October, 2012 21:31

  • Suka sih dua duanya.
    Sama sama Hebat dan sukses.
    Tapi bagiku tetap belum ada yg melebihi Nike....

    28 December, 2012 02:03

  • bicara siapa yg lebih jago, tentu saja agnes : range vocal lebih luas (apalagi ditambah head voice di atas C6nya), saat bernyanyi lebih stabil dan jarang fals(coba bandingkan sendiri saat live), nafas juga lebih terjaga (rossa sering terdengar ngos2an saat nyanyi), coverage jenis lagu agnes lebih luas (rossa hanya pop, agnes rnb, pop, soul, dance jg bs), stage act agnes monica lebih lengkap (bisa menari dg bagus).

    rossa cukup bagus, tp ga yang luar biasa dan berkesan jago menurut saya. setara sama kaya yuni shara mungkin. cm lagu2nya rossa banyak disukai shg orang lebih suka rosa dibanding penyanyi lain.

    tambahan :
    agnes sudah berkelas international (bukan sekadar menyanyi di negara2 tetangga, tapi sampai rekaman di US dan memenangkan banyak award di luar negri, kolaborasi dg penyanyi2 luar negri). penyanyi indonesia yg punya koleksi pengalaman internasional sebanyak ini blm ada kayanya slain agnes.

    16 January, 2013 20:53

  • Saya jelas pilih rossa

    tubuh imutnya cetar membaha badaai olalala

    21 January, 2013 16:43

  • dukung penyanyi dalam negeri jangan liat kekuranganx saja...oukayyyy

    28 January, 2013 19:50

  • Lebih suka rossa.... kalo agnes terkesan sombong orangnya... mau dibilang udh go internasional kalo orgnya sombong,,, ya percuma aja toh... jadi bagi saya yang paling bagus ya rossa....

    27 April, 2013 08:27

  • gw lebih suka rossa.. soalnya orangnya ramah & komunikatif banget sama penonton... pakaiannya juga sopan.. suaranya juga jauh lebih oke dr pd agnes... lebih terlihat natural...

    agnes orangnya jutek & terkesan sombong... tiap menyanyi gak pernah komunikatif sm penonton.. trs,,, pakaiannya itu loh seronok banget.. mau dibilang udh go internasional ya bodo amat.. yang jelas pakaiannya yang GAK BANGET.... suaranya juga maksain banget... jadi yaaa udah jelas lah lebih bagus rossa....

    27 April, 2013 08:32

  • dua duanya sih baguss,,, tapi untuk pilihan,,, saya pilih Rossa... lembut bisa,,, keras bisa...

    29 August, 2013 17:52

  • 1. Teknik Vokal.
    klo dari segi teknik vokal /suara... sama-sama bagus dan berkualitas.. saya pilih dua-duanya : Rossa dan Agnes.

    2. Performa live.
    klo dari segi performa live,,, betul juga tuh, kemampuan menjalin kontak dengan audiens sangat penting,,, tidak syur sendiri.
    Untuk hal ini saya pilih Rossa...
    Klo Agnes, koreografi oke,,, tapi tidak ada jalinan kontak dengan audiens... hanya teknik dance yang ditonjolkan,, apalagi klo memang benar menggunakan teknik lipsing. jadi kesannya seperti penari saja..

    Jadi secara keseluruhan : pilih Rossa...


    29 August, 2013 18:10

  • Jelas aku pilih Rossa......performa vokal live Rossa jauh bgt ma agnes!.... agnes cm mampu menjangkau nada tinggi di rekaman doang,tapi di live dia kerepotan sendiri dgn nada tinggi. agnes terkesan glamor di live cuma karena koreo,bkn kualitas performa murni dia. dari segi warna vokal juga biasa2 aja,blm sedahsyat Ruth,Titi Dj,KD,Rossa ato Anggun. Kayaknya masalah karakter vocal juga yg membuat agnes akan sulit diterima di blantika music internasional,kalo untuk sekali tampil mungkin oke tapi untuk berkarier aku yakin akan sulit buat agnes. penghargaan2 yg dia dpt di negeri sendiri tentu tak bisa disejajarkan dgn penghargaan di era Ruth Sahanaya donk,krn penghargaan yg didapat agnes berdasar polling sms jadi bkn krn kehebatan dia di dunia tarik suara. Dgn polling sms tinggi siapapun bisa jadi pemenang.

    10 October, 2013 21:13

  • Ga ada deh,,, saya ga bisa ngomong apa2, saya cuma mau bilang SAYA SUKA AGNES! I LOVE AGNES FOREVER!!!! BANGGA!!! PELANTUN COKE BATTLE, SEMANGAT!! Add aku di bbm : 76560251

    13 April, 2014 18:21

  • yang dilihat disini kan menyanyi, tarik suara. kalau adu vocal, hanya suara yang dilihat, Rossa jauh unggul, tapi kalo performance di panggung, agnes menang, krna agnes selalu digandeng dengan dancer yang hebat2, tapi kalo hanya menyanyi, suara, rossa is trhe best, bahkan agnes pernah berkomentar di indonesia idol tentang rossa, agnes bilang "bahwa hanya Rossa penyanyi yang tidak pernah membawakan lagu dengan fals/sumbang, nada2 nya selalu terkontrol, itu kata agnes..,

    06 May, 2014 13:12

  • Agnes lah!! Agnes kan udh go international ke U.S.A, udh duet sama singer2× America yang hebat! Rossa juga bagus sih... Tapi aku milih AGNES!!!
    GO AGNES!

    15 June, 2014 12:44

  • Hey hey sekarang liat .. tahun 2014 .. jgn sembarang bacot lu dasar bajingan !!!

    02 September, 2014 23:42

  • Agnes lah..
    kalian tau apa tentang vocal yg benar..?
    Nada terendah yg mampu dinyanyikan rossa di D3 dan tertinggi di C#6 jadi range vocal rossa 2 oktaf 7 nada..
    sedangkan untuk agnes nada terendah yg pernah dinyanyikan di E3 dan tertingginya di F6 (bisa dibuktikan pas dilagu rindu, dia pake head voice sampe F6). jd range vocal nya 3 octaf 1 nada.. dari segi range vocal jelas agnes menang, untuk nada tinggi pun jelas menang agnes F6 bandingkan rossa cuman C6.

    Nah untuk kualitas tone atau vocalisasi itu subyektif. Kalo aku pribadi sih pilih agnes. Agnes bisa nyanyi di semua aliran lagu entah pop, r&b,hiphop,rock(jarang sih),ballad dia mampu.. sedangkan rossa sesuai dgn karakter vokal dia yg bisa dibilang "lembut" dia cuman cocok di pop sama ballad aja. Nah disini jelas agnes yg lebih kompeten dibanding rossa.

    Yg terakhir .. prestasi agnes monika di tahun 2013 - sekarang jelas jelas jauuuuuuhhhhh banget kalo dibanding rossa. Tau sendiri lah ngga perlu gua jelasin juga.

    So, agnes is better by far than rossa..
    ok well, everyone has their opinion, but they also must be smart listeners.. ^^

    02 September, 2014 23:59

  • aku sih jelas pilih Rossa, karena pertama aku seiman dengan Rossa, terus aku ngefans pool sama Rossa, sama suara Rossa itu khas banget, meskipun aku gak lihat wajahnya, aku bisa tau kalau itu suaranya Rossa

    28 October, 2014 17:55

  • Huahaha bahasanyaaa... cuma org2 terpilih yg mengerti... Yg tabaahh...

    19 November, 2014 23:24

  • Gua pilih Rossa karena suaranya Merdu..

    23 July, 2015 17:17

  • Post a Comment

    Silakan tulis komentar sesuai pendapat pribadi kamu

    Back to Top
     

    kafe28 Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template | Top