23 May 2009

23 May 2009

Kontes Review, Benarkah Lebih Mendidik daripada Kontes SEO?

kontes reviewMenyambung artikel sebelumnya tentang nilai edukasi kontes SEO buat blogger, kali ini saya akan sedikit mengupas plus minus kontes lainnya yang pernah diadakan di dunia blogsphere. Tak lain adalah kontes review, yaitu suatu kontes yang mensyaratkan setiap pesertanya untuk menulis/memposting sebuah artikel berupa review (opini atau tinjauan terhadap suatu obyek/tema tertentu).

Kalau saya boleh berpendapat, menurut saya inilah kontes yang jauh lebih edukatif atau lebih banyak muatan pendidikannya ketimbang kontes SEO. Dengan syarat, penilaian lebih dititikberatkan pada kualitas artikel dan nilai manfaatnya untuk para pembaca. Termasuk dari sisi orisinilitas isi dan tata bahasanya.

Namun kalau kriteria penilaian memasukkan jumlah komentar sebagai salah satu syarat untuk jadi pemenang, pada akhirnya tujuan atau nilai edukasi kontes review tersebut bisa menjadi kabur.

Akan lebih baik menurut saya jika kriteria penilaian murni didasarkan pada kualitas materi artikel yang dibuat peserta. Termasuk cara penyajian atau pengemasan artikel tersebut. Dengan demikian, peserta akan lebih terpacu untuk meningkatkan kemampuan menulisnya. Termasuk kreatifitasnya.

Dan untuk meminimalisir terjadinya pencurian ide redaksi kalimat artikel atau plagiator antar sesama peserta, sebaiknya karya tulis (artikel) peserta langsung dikirimkan lewat email dan baru akan dpublish jika dinyatakan sebagai pemenang.

Namun jika harus diposting di blog, saya kira tetap punya nilai manfaat. Di antaranya, peserta maupun blogger lain yang tidak menjadi peserta bisa langsung melihat/membaca artikel kontes untuk menilai langsung kualitasnya. Termasuk untuk ikut mengomentarinya jika merasa perlu berkomentar.

Kalaupun ada kriteria penilaian yang menjadikan jumlah komentar sebagai salah satu nilai tambah, saya rasa tetap punya sisi positifnya. Peserta kontes jadi termotivasi/terdorong untuk menjalin silaturahmi lebih luas lagi dengan blogger lain (walaupun mungkin motif dasarnya untuk memburu backlink alias komentar buat postingan kontesnya)

Ya… selalu ada sisi positif dan negatif dari suatu kontes, apa pun jenis kontes tersebut. Tinggal bagaimana pesertanya saja dalam memaknainya.


Sebagai pelengkap, ini dia sisi positif dari kontes review bagi peserta :

(1) Mendorong peserta untuk lebih kritis terhadap sesuatu (terutama terhadap obyek atau tema kontes) yang akan ditulis.

(2) Mendorong peserta untuk lebih kreatif dalam menulis dan mengemas tulisannya.

(3) Mendorong peserta untuk menulis sebaik mungkin (dengan tulisan yang benar-benar ‘berisi’), tanpa harus terbebani oleh motivasi untuk men-SEO-kan link artikelnya.

(4) Mendorong peserta menulis apa adanya tanpa direcoki oleh trik-trik SEO yang berpotensi melunturkan idealisme menulisnya.

(5) Mendorong peserta untuk saling belajar dari artikel review milik peserta lain yang telah diposting di blognya.

Nah, sedangkan sisi negatifnya sudah saya jelaskan sedikit dalam beberapa paragraf sebelumnya. Itu pun tergantung pada kriteria penilaian yang ditentukan oleh si penyelenggara.

Ada yang mau menambahkan lagi? Setujukah anda kalau kontes review dianggap lebih mendidik daripada kontes SEO? Ada pendapat lain mengenai sisi positif/negatif dari kontes review?


Silakan tulis komentar anda pada kolom komentar di bawah ini. Siapa tau komentar anda bisa menjadi input (masukan) yang bagus untuk saya dan pembaca lainnya.

Pertanyaan terakhir, Apa Sih Asyiknya Belajar SEO?

27 comments:

  • saya setuju dengan pendapat anda dan menurut saya pribadi kalo konters SEO lebih mengarah kepada hal-hal teknis sedangkan kontes review lebih mengajak kita untuk berpikir lebih jauh. Salam kenal....Salam sukses!

    23 May, 2009 15:14

  • Tergantung tujuan pendidikannya yang bagaimana... :D

    23 May, 2009 21:48

  • kalo aku mending milih kontes review... (aku GAK bisa SEO) hehehehe....

    Salam kenal mas...

    24 May, 2009 05:55

  • Prinsipnya sepakat, hanya saja konsekuensi dari penilaian seperti disebutkan adalah sangat ditentukan oleh kapasitas penilai, termasuk di dalamnya kemampuan rasa bahasa dan tingkat kekritisan.

    Lay out blognya bagus, nich....

    24 May, 2009 12:31

  • sungguh luar biasa mas iskandaria. kritis tapi sangat membangun. saya sendiri agak kurang setuju kalao kontes review dimana pemenang berdasarkan jumlah komentar. meskipun 2 kontes review dengan persyaratan sama sedang saya ikuti.

    bisa jadi artikel dikomentari sendiri. atau, artikel kurang berkualitas akan melenggang manis karena blog nya sudah terkenal (ramai komentator). sedang blog baru seperti saya denagn tulisan yang 'berbeda' bisa gagal total karena blog baru berdiri dengan pengunjung balik.

    eros--

    24 May, 2009 12:57

  • wkwkwkwk, setujuxxxx tapi tergantung tema yang dibahas dan aturan yang jelas supaya ndak ngaco jadinya. Tapi bg saya SEO tetep fun aja, sekarang malah ra mudengan ama SEO :D

    Lebih banyak mengurus istri saja :)

    24 May, 2009 18:31

  • wah...casualcutie masih newbie. belun ngerti tentang kontes2an....

    salam kenal bang!!!

    24 May, 2009 19:17

  • Untuk tujuan meningkatkan kualitas artikel baik dari segi penulisan, muatan maupun kemasan serta bermanfaat bagi pembaca, kontes review saya rasa pilihan tepat.
    Namun untuk tujuan meningkatkan kemampuan teknis dan analisis sebagai upaya menempatkan blog pada posisi strategis, kontes SEO lah yang pas.
    Jadi, kalo menurut saya setara deh mas is. Karena sasaran tembaknya memang berbeda. Akan luar biasa jika ada seseorang yg bisa sukses di keduanya. Top Markotop deh tuh mas :D

    24 May, 2009 21:04

  • wah kalo penilainnya berdasarkan jumlah komentar sepertinya kurang tepat, karena mungkin ada yang kualitas nulisnya bagus tapi masih newbie jadi blom banyak teman dan alasan semacamnya...

    24 May, 2009 21:55

  • Kemampuan menulis dan kreativitas...Setuju!

    25 May, 2009 07:24

  • Sepakat dengan komentator pertama kontes SEO memang lebih condong ke masalah teknis dan imbasnya kembali kepada blog kita, karena setelah kontes berakhir blog kita akan mendapat banyak sekali manfaat yakni teroptimasi dan punya backlink banyak.

    25 May, 2009 10:12

  • @ semua yang sudah komentar >>> thx berat ya buat tambahan pendapatnya. Sangat berarti untuk melengkapi ulasan saya di atas yang masih banyak kekurangan. Buat ABI, bener juga ya BI. Saya cuma menyayangkan kalo blog pemenang akhirnya selesai sampai tahap kontes aja. Syukurlah kalo akhirnya bisa terus lanjut. Dan akan lebih baik lagi kalau si pemenang juga mensharingkan ilmu/teknik SEO yang digunakannya, sehingga bisa bermanfaat bagi yang lain. Itu baru ada nilai edukasi namanya. Ada yang berani?

    25 May, 2009 16:24

  • Hmm, Serasa baca review kontes review nih
    Setuju dan post yang bagus sekali mas...

    25 May, 2009 17:16

  • bukan 'pernah diadakan' tetapi sampai sekarang masih banyak kok yang ngadaian kontes review ... coba browsing aja pake google ... yang terakhir rasanya diadakan oleh salah satu produsen televisi ...

    /* memang kontes seperti ini lebih asyik dan lebih luas peminatnya ... apalagi kontes seperti ini lebih menonjolkan tulisan/review ... jadi ada pembelajaran juga di situ ... sebenarnya sama seperti kontes seo juga sama-sama ada pembelajaran, tetapi kontes seo lebih ke masalah teknis ... */

    26 May, 2009 02:24

  • @ infopemula >>> makasih ya mas. Sekedar curahan pendapat yang tidak seberapa berbobot.

    @ nomercy >>> iya, saya tau kok mas. Saat ini kan ada kontes review yang diadakan isnaini.com (selain kontes hakimtea yang sebelumnya pernah ada). Penggunaan frasa "pernah diadakan" bukan berarti sekarang gak pernah diadakan lagi lho :) Iya, kontes SEO emang lebih ke masalah teknis. Setuju. Thx ya.

    26 May, 2009 06:32

  • menurut saya tergantung tujuannya. Kalo orang tersebut ingin mahir SEO maka kontes seo lebih cocok.

    26 May, 2009 06:51

  • @ yudi >>> bener juga sih. Tapi untuk mahir SEO nggak mesti ikut kontes SEO kok. Cukup posting artikel yang berbau nembak keyword aja secara rutin di blog (misalnya satu kali seminggu). Itu pun salah satu cara belajar SEO yang bagus menurut saya.

    26 May, 2009 13:23

  • ngomong soal kontes saya juga sedang mengadakan loh. bukan tentang review atau SEO, tapi kontes tentang TTS. ada tiga hal yang ingin saya sampaikan pada kontes itu. penasaran? silakan berkunjung

    26 May, 2009 15:53

  • setuju banget mas. namun apaun kontesnya kalo kita bisa memanfaatkan sebagai ladang belajar pasti hasilnya pun bagus

    26 May, 2009 17:29

  • @ antown >>> saya udah tau apa kontesnya. Kontes ngisi TTS berhadiah artwork kan? hehehe

    @ torik >>> bener juga sih mas. Pokoknya asal ada nilai pembelajarannya deh, pasti bermanfaat. Thx ya.

    26 May, 2009 19:21

  • Saya termasuk orang ug tidak suka kalau jumlah komentar dimasukkan sebagai faktor penentu kemenangan kontes review. Soalnya, kadang ada blog yg ramai pengunjung meskipun isinya biasa-biasa aja, dan sebaliknya. Kalau jumlah komentar hanya sebagai salah satu faktor penilaian saja rasanya tak masalah.

    28 May, 2009 00:41

  • Saya sependapat dengan mas Ecko aja dech...

    31 May, 2009 15:06

  • @ Ecko >>> setuju mas. Tapi kalau cuma sebagai salah satu faktor penilaian, saya kira kurang pas sebenernya. Mungkin akan lebih baik, kalau jumlah komentar dijadikan faktor penilaian jika dari beberapa nominasi pemenang, ternyata sama dalam hal kualitas reviewnya.

    @ Puspita Wulandari >>> salam kenal juga ya. Makasih udah berkunjung ke sini.

    02 June, 2009 13:02

  • Post a Comment

    Silakan tulis komentar sesuai pendapat pribadi kamu

    Back to Top
     

    kafe28 Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template | Top