20 May 2009

20 May 2009

Kontes SEO, Adakah Nilai Edukasinya buat Blogger?

Hmm, judul yang sengaja saya buat di atas sebenarnya ingin menggugah rekan-rekan blogger yang selama ini begitu semangat mengikuti kontes SEO. Yaitu suatu kontes atau perlombaan di dunia blogsphere yang menjadikan keyword tertentu untuk dioptimasi semaksimal mungkin, sehingga akhirnya menjadi jawara di halaman pertama search engine (memperoleh SERP yang bagus).

Masih segar dalam ingatan kita akan kontes SEO "Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009" (yang berakhir pada 30 April 2009 lalu). Mungkin itulah kontes SEO terbesar yang pernah diadakan di dunia blogsphere Indonesia. Belakangan, muncul kontes serupa yang mengusung keyword “Tukang Nggame”, “Wisata SEO Sadau” dan juga “Belajar SEO Para Pemula”.

Dari fenomena itu, saya ingin bertanya kepada rekan-rekan blogger sekalian, adakah nilai edukasi dari kontes-kontes SEO yang selama ini sudah pernah diselenggarakan? Jika memang ada, apa saja nilai pendidikannya, khususnya buat blogger?


Kalau saya harus menjawab, tentu saja ada nilai edukasinya, baik itu bagi si peserta maupun bagi yang tidak mengikutinya (alias sebatas penonton). Dengan adanya kontes SEO, setidaknya kita lebih punya gambaran nyata akan hasil penerapan ilmu SEO yang sebenarnya (bukan sekedar teori). Terutama dengan tingkat persaingan yang sangat ketat, alias banyak kompetitor.

Kita jadi tahu faktor-faktor apa saja yang paling berpengaruh dalam menentukan SERP (Search Engine Ranking Position) jika suatu keyword yang spesifik dibidik secara massal. Mungkin itulah salah satu asyiknya belajar SEO.

Saya beri contoh pada hasil akhir kontes SEO Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009 yang lalu. Ternyata faktor paling berpengaruh dalam SERP adalah nama domain (selain backlink dan struktur meta tag). Saya kira anda semua setuju mengenai kesimpulan itu.

Ups.. Cuma sebatas itukah nilai edukasi dari kontes SEO?

Ya..! Itu kalau kita menjadikan hasil kontes Kampanye Damai sebagai referensi atau acuan yang valid. Selebihnya, saya rasa tidak ada nilai manfaat atau nilai pendidikannya, selain hanya membuat blogger yang mengikuti kontes tersebut terjebak untuk menulis artikel/postingan yang sama sekali tidak ada nilainya.

Bagaimana mau dikatakan bernilai, kalau isi atau redaksi kalimat dalam postingannya cuma berupa kumpulan keyword yang dicetak tebal, digarisbawahi, dicetak miring, dan diberi warna berbeda. Belum lagi tata bahasa yang sangat kacau, aneh, dipaksakan, dan sangat tidak enak untuk dijadikan sebagai bacaan. Sebab maknanya cenderung rancu. Ditambah dengan penyisipan banyak link inbound yang cenderung berlebihan.

Efek negatif lainnya, peserta jadi menghambur-hamburkan waktu dan biaya internetannya untuk memburu backlink (demi menaikkan rangking atau posisi artikelnya di mesin pencari). Dan di sisi lain, meninggalkan/mengesampingkan aktivitas blogging lainnya yang jauh lebih penting.

Bahkan akhirnya peserta kontes jadi terdorong untuk memburu backlink dengan cara-cara kurang etis, seperti penggunaan anchor teks (nama pengomentar) yang berupa keyword kontes dan link url postingan kontesnya.

Namun jika akhirnya menjadi pemenang kontes (minimal masuk 5 besar), maka blog/website si peserta tentu saja akan kebanjiran trafik. Tapi kalau blognya sekedar dibuat untuk ikutan kontes SEO, pada akhirnya tidak akan berguna juga menurut saya. Jika demikian kenyataannya, keikutsertaan pada kontes pun sekedar memburu hadiah atau gengsi semata (tanpa punya manfaat jangka panjang).

Ada yang punya pendapat berbeda? Atau malah setuju dengan pendapat saya? Silakan keluarkan uneg-uneg anda pada kolom komentar di bawah ini.

(nantikan ulasan selanjutnya tentang kontes review dan plus-minusnya)

37 comments:

  • sepakat banget mas

    iya
    yang bikin gak nyaman ada orang yg malah judul blognya dan namanya dalam komentar ganti semua sesuai keyword yg dilombakan

    ya kalo harus kalah
    sayang banget yaa
    udah pengorbanan setengah mati

    20 May, 2009 18:33

  • apakah artikel ini juga ikut dalam kontes? ... jangan-jangan malah ada di halaman pertama juga :)
    btw, itulah sebagian dari pembelajaran blogging ... pilihan ada pada dirinya masing-masing ...
    jangan sampai prinsip utama untuk saling berbagi dan menjalin silahturahmi dengan teman-teman melalui dunia maya jadi terkaburkan gara-gara hal-hal teknis ...

    /* kalau boleh saya sarankan, kalau mau ikut seo kontes jangan mempergunakan blog utama karena hal ini menyangkut etika dan kelayakan dalam menjalin hubungan sesama blogger ... kan gak enak banget kalau ada yg nyasar atau merasa tertipu karena merasa diperalat atau digunakan bahan percobaan ... */

    20 May, 2009 18:52

  • Kalo saya pribadi masih awam tentang SEO (lihat saja di postingan saya belum pernah membahas SEO he he). Yang saya pernah baca, SEO adalah metode pengoptimalan rangking website atau blog di search engine dengan menembak keyword yang tertarget. Benar gak?

    Saya sangat mengapresiasi adanya kontes SEO yang diadakan berbagai pihak di internet. Dengan begitu terjadi persaingan diantara webmaster ataupun blogger dalam menyajikan sesuatu yang membuat website/blognya terdongkrak di search engine. Tetapi saya melihat ada sebagian blogger yang mengikuti kontes tersebut terjebak pada sebuah "kejumudan" SEO dalam postingannya. Disana-sini banyak backlink yang saya sendiri tidak tau maksudnya.

    Kalo menurut pendapat saya pribadi, kontes SEO boleh-boleh saja tetapi tidak menurunkan idealisme kita dalam ngeblog. Kita harus kembali ke hittah kita saat pertama kali memtuskan untuk blogging yaitu "Berbagi" dan bukan untuk "gagah-gagahan" di search engine. Apa artinya rangking 1 tetapi tidak ada kontribusinya bagi edukasi si blogger ataupun pembaca blog. Menurut saya, semakin berkualitas artikel yang anda tulis maka semakin anda diminati dan dicintai oleh orang lain karena memberi Informasi, Isnpirasi, Solusi dan motivasi bagi mereka. KEEP Blogging!

    20 May, 2009 20:08

  • Buat saya yang baru, kontes SEO jelas banyak manfaatnya. Walaupun posisinya hanya sebagai pengamat dan menyerap berbagai teknik yg dilakukan peserta. Dan setuju sama mas kompi bahwa blog adalah tentang berbagi...

    Linknya udah duduk santai di ruang VIP gubukku mas :D

    20 May, 2009 20:29

  • Iyaaa.. jangan lupakan niatan kita pertama blogging dulu, buat berbagi. :)

    Saya sendiri masih baru di dunia per-blogging-an, juga lum pernah ikut kontes2 serupa. Tapi kalau saya lihat sih, sisi positif lainnya sebenarnya lebih ke muatan moral yang ingin di sampaikan. Seperi Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009, seperti itu.

    Mungkin ke depan nanti kalau ada kontes SEO seperti ini lagi bisa untuk keyword2 yang mengandung muatan moral misalnya; Indonesia GoGreen.. atau Wajib Belajar 9 Tahun, atau Ayo Menabung.. gitu kali ya, Mas Is? :D

    21 May, 2009 10:11

  • iya memang si mas. namun demi ngetes sejauh mana ilmu seonya terpaksa saya ikutan kontes dan saya juga ga memaksakan untuk optimisasi. soalnya sangat melelahkan. makasih mas infonya

    21 May, 2009 13:56

  • @ semua yang udah komentar >>> saya setuju dengan semua pendapatnya. Makasih banyak udah nambahin dan melengkapi ulasan saya di atas. Semua komentar sangat berharga sebagai masukan (input) bagi saya. Ada lagi yang mau komen atau nambahin? Ayoo..jangan ragu-ragu..

    21 May, 2009 14:24

  • Link-nya sudah lama saya pasang di Page Link;
    jadi pada giliran bebagai link yang baru lalu gak kebagian; masa ndouble..., :)
    -------------
    saalh satu nilai edukasi dalam ngeblog adalah proses belajar yang langsung praktek, langsung diuji dan bisa dilihat hasilnya, termasuk kontes SEO

    21 May, 2009 14:27

  • Saya hanya pemula dan sebenarnya bingung harus berpendapat apa!. Namun tentang domain name yang berkaitan saya kurang setuju dengan pendapat kang is, memang berpengaruh tapi bukan yang paling berpengaruh. Sebatas pengamatan saya ada dua bukti yang sudah saya temukan.

    1. Dalam kontest seo kampanye damai pemilu indonesia 2009, posisi belajarseo.com sepertinya selalu muncul di halam pertama, bahkan terkadang paling atas. Meski finish diposisi ke 2, namun ini sudah membuktikan domain name bukanlah yang paling berpengaruh selain backlink dll.

    2. Kata kunci "Internet Marketing", coba teman-teman cek sendiri di google.co.id, ternyata sumintar.com mampu bersaing dengan milyaran bukan lagi hanya jutaan pesaingnya.

    Dari ke 2 penemuan di atas apa teman2 masih bersikeras kalau domain name adalah hal yang sangat berpengaruh dalam seo. Mohon maaf jika salah, ini hanya sebatas pengamatan seorang pemula, sebenarnya bukan pengamat tapi lebih kepada penonton saja.

    Saya juga berharaf Semoga salah satu capres ada yang mengadakan kontest seo, wkwkwkwk. sudah saya tulis "andaikan calon presiden melirik blogger", sayang gak ada respons. Nuwun sewu Kang is! Terkait artikel sebelum yang berjudul "5 Manfaat Menulis Konten yang unik dan orisinil di blog anda" benar2 sangat bermanfaat bagi saya. Sampai detik ini, ketika saya menuliskan komentar di blog ini saya belum s4 bergabung di forum lintasberita dot com, tapi anehnya salah satu artikel yang saya tulis "immediasi politik dan demokrasi liberal", telah dipilih oleh salah satu anggota forum yang bernama bindratno untuk di diskusikan disana, meski belum ada yang memberi komentar. Kira2 itu artinya apa mas? Terima kasih sebelum dan sesudahnya.

    21 May, 2009 14:53

  • Rtikelnya sangat bermanfaat untuk saya yang belum mengerti SEO

    22 May, 2009 00:52

  • saya sependapat dengan mas Muslihun dimana domain bukanlah segala-galanya. itulah kenapa saya pernah memberanikan diri ikutan kontes SEO. hanya trik yang perlu diterapkan, itu saja. tambahan lagi, dengan mengikuti kontes (apapun jenis kontesnya) akan menambah silaturahmi. buktinya banyak dari mereka peserta kontes yang tidak saya kenal mampir dan menjadi sahabat.

    22 May, 2009 07:31

  • oia kenalan dengan blog baru ya *nyodorin tangan* kok diem ce salaman donk
    ditunggu kunjungan balik dan komentarnya terutama dalam tulisan manjakan mata, telinga dan waktu anda dengan samsung LED TV.
    awas lho kalao engga berkunjung tak jithak pakai tiang listrik wakakaka *kabuuurr *ngumpet

    22 May, 2009 07:31

  • ada manfaatnya dan ada juga kejelekannya sih mas ... tapi yang terutama buat saya gmn kedepannya besok kalau kita udah ngak bisa mainan seo ya kita terapkan pada blog metamorfosa kita ..alias ajang latihan dan mencari kunci dari seo

    22 May, 2009 10:15

  • @ munawar am >>> setuju kang dan makasih buat link-nya :) Sebenarnya kontes SEO memang punya nilai pembelajaran kok. Namun yach sekedar soal gimana bisa nempatin web/blog kita di urutan atas (tanpa ada proses edukasi untuk menulis yang baik dan benar).

    @ muslihun >>> hmm, sepertinya saya harus meralat sedikit beberapa kesimpulan sementara saya soal faktor penentu SERP yang paling berpengaruh. Betul kata mas muslihun, nama domain sebenarnya bukan faktor yang paling mempengaruhi SERP. Tapi faktor itu akan sangat berperan jika link postingan kontes kita sudah kita maksimalkan backlink-nya. JIka para pesaing kita sudah setara dalam hal kuantitas+kualitas backlink, maka penentu akhir menurut pengamatan saya adalah NAMA DOMAIN.

    Soal keyword "internet marketing" dimana blog Pakde Sumintar masuk halaman satu, wah..hebat juga yach. Tapi gak tau kalo di google dot com. Namun sepertinya fakta itu memang membuktikan, bahwa nama domain bukanlah faktor penentu utama dalam SERP. Saya setuju.

    Soal artikel mas yang jadi bahan diskusi di sebuah forum, wah, itu artinya ide artikel mas muslihun itu bisa dibilang UNIK atau LAYAK didiskusikan. Salut deh. Semoga makin terpacu untuk menulis/mengangkat hal-hal yang kreatif atau masih jarang ditulis.

    Makasih banyak mas buat tambahannya. Saya setuju kok. Dan saya juga bukan ahli SEO. Cuma berusaha menyajikan hasil pengamatan dan pendapat saya saja mengenai kontes SEO.

    @ Taktiku >>> makasih ya.

    @ Gadget and Teqnology >>> wah, bagus kalo begitu. Saya cuma khawatir jika kontes SEO malah lebih banyak efek negatifnya ketimbang positifnya. SEmoga jalinan silaturahmi yang terjadi bisa terus eksis ya (bukan hanya sesaat).

    @ goo_blog >>> bener juga sih mas. Tapi kalo mau belajar SEO sebenernya nggak harus dengan cara ikut kontes SEO. Coba tulis aja artikel yang mas sukai/minati, terutama yang berkaitan dengan sesuatu yang banyak dibutuhkan/dicari orang lewat search engine. Itu kan juga belajar SEO namanya. Saya cukup sering kok posting artikel berbau "nembak keyword" di blog ini. Dan hasilnya sebagian cukup berhasil menyedot pengunjung. Hasil paling sukses yaitu ketika saya berhasil menjaring 695 visitor dalam sehari (lewat postingan acara final the master). Itu rekor terbesar pengunjung blog ini dalam sehari. Dan itu cuma perlu nerapin ilmu SEO dasar lho mas.

    @ ajie >>> bagus nggak bagus relatif dan subyektif sih sebenernya :)

    22 May, 2009 15:04

  • Saya sebenarnya setuju aja dengan kontes SEO tapi kalau menggunakan cara "Bahkan akhirnya peserta kontes jadi terdorong untuk memburu backlink dengan cara-cara kurang etis, seperti penggunaan anchor teks (nama pengomentar) yang berupa keyword kontes dan link url postingan kontesnya." tapi seperti ini saya kurang setuju :D

    22 May, 2009 17:51

  • wah ga pernah ikutan ginian nih, jadi kurang tahu juga hasilnya gimana :)

    22 May, 2009 21:16

  • kalau saya gak PD ikut kontes SEO soalnya masih belajar, nebak keywords aja kesusahan

    22 May, 2009 21:31

  • wah ya banyaklah manfaatnya biar ada arah tertentu dalam menentukan tema-tema blog. biar gak mikirin $ dan $ dan $ $$$$

    23 May, 2009 05:55

  • Kalau menurut saya Kontes SEO itu memang untuk belajar bagai mana cara agar mesin pencari bisa dengan mudah menemukan kita. Namun di balik itu, ini akan memecahkan konsentrasi dari mesin pencari untuk menemukan file yang di cari oleh seseorang sehingga hanya karena keyword yang digunakan oleh seorang blogger dan karena ilmu SEOnya tinggi maka kita terperosok ke situ,...

    23 May, 2009 06:07

  • Hayo... ada yang bisa ngajarin saya ilmu SEO...?

    23 May, 2009 06:09

  • Hi,
    Saya pikir oke-oke saja. saya belum ada info apakah ada teman saya yang pernah ikut. maklum barusan aktif lagi ngeblog karena pekerjaan.

    saya hanya menebak saja, kalau sisi plus-nya:
    1. mempererat hubungan antara sesama blogger
    2.menguji kreatifitas.
    3. menunjukkan eksistensi blogger indonesia (??)

    sisi minusnya mungkin hanya akan membuat orang mengejar keyword. saya sendiri saja seringkali main 'hantam saja' dengan keyword dan tetap diindek sama Paman Google dan mesin pencari lainnya.

    23 May, 2009 11:36

  • @ infopemula >>> kayaknya kita sepaham yach :)

    @ Tony >>> kurang merhatiin kontes ginian ya ternyata. Mungkin karena keasyikan maen paid review kali yach...hehehe

    @ Balisugar >>> saya juga masih kurang pede mas. Mendingan nembak keyword aja. Lebih memuaskan menurut saya.

    @ mwiy >>> lho, apa hubungannya dengan menetukan tema blog? BIngung nih maksudnya apa :)

    @ buJaNG >>> betul mas. Efek negatifnya malah bisa membingungkan para pencari yang tidak tahu akan adanya kontes yang berkaitan dengan keyword yang dicarinya. Itu pun pada akhirnya bisa merusak citra blogger. Sebab mayoritas isi postingan kontes tuh ga ada yang 'berisi'...

    @ mamas86 >>> belajar pada ahlinya aja mas..hehe

    @ haris >>> lho, menurut saya poin (2) dan (3) itu masih perlu diragukan, apa benar bisa seperti itu manfaatnya? Kreatifitas malah luntur jika ikut kontes SEO, terutama kreatifitas menulis artikel secara baik dan berisi. Terus, eksistensi kan nggak harus dibuktikan dengan ikut kontes SEO? Cukup rutin menulis hal-hal yang bermanfaat saja.

    Sisi minusnya saya setuju banget. Makasih mas buat tambahannya.

    23 May, 2009 13:23

  • kalau saya hanya iku meramaikan saja sob.. ^^

    23 May, 2009 13:50

  • saya belum begitu paham tentang SEO, saya mesti banyak belajar. Postingan di blog aku cuman campur sari.

    23 May, 2009 14:12

  • @ Blogger Magazine >>> gak papa sih kalo sekedar meramaikan, asalkan gak sampe maksain diri banget. Kasian kalo akhirnya kalah, padahal udah habis-habisan...hehehe

    @ Seti@wan Dirgant@Ra >>> belajar aja teknik dasarnya, biar artikel2 di blog mas lebih sering terindesk di mesin pencari. Lumayan buat nambah trafik, terutama kalo blog mas ingin dijadikan sumber penghasilan sampingan :)

    23 May, 2009 14:17

  • ini pertama kalinya saya mengikuti kontes SEO, alasan saya mengikuti kontes SEO adalah untuk mengetahui sejauh mana saya dapat menerapkan dan menyerap elmu yang selama ini saya ambil( baca ) lewat blogwalking ke blogger2 lainnya. ( untuk saat ini menang kalah bukan ukuran buat saya, lah wong saya baru terjun ke dunia seo, masa dah mau ngarep menang..).kemudian saya mencoba tuangkan di blog.. karena prinsip saya BACA PELAJARI AMALKAN.. mungkin kalo untuk saat ini manfaatnya kurang terasa.. tapi liat di kemudian hari..pasti akan sangan berguna,, DALAM BELAJAR GA ADA YANG SIA-SIA.. salam blogger.. lanjutkan perjuangnmu sobat

    26 May, 2009 15:13

  • @ New Bie OON The Blog >>> ya, saya ngerti banget kok alasannya. Tapi untuk belajar dan praktek SEO kan nggak mesti harus ikut kontes SEO. Cukup rutin ngepost artikel berbau nembak keyword aja udah sangat bagus, terutama keyword yang cukup ketat persaingannya. Di situ ilmu SEO kita bisa teruji juga kok. Nggak kalah bagusnya ama kontes SEO. Keep posting aja ya. Makasih buat komentar dan kunjungan baliknya.

    26 May, 2009 15:21

  • saya setuju banget dengan ulasan anda diatas, yang bikin saya sedih adalah pemilihan keywords kontes SEO yang tidak unik, seperti hanya Kampaye damai pemilu 2009 dengan hasil trace di google sekitar 2,020,000, saya tidak yakin dalam 2 juta hasil pencarian tersebut semuanya membahas hal yang sama. yang pada akhirnya akan menyesatkan Visitor.

    Alangkah baiknya dalam memimilih keywords yang dipertandingkan dalam Kontes SEO, adalah keywords yang unik atau belum pernah dibidik oleh siapapun dalam artian hasil SERPnya 0 (bersih), jadi tidak akan menyesatkan Visitor dalam berselancar di search engine, hasil pencarian keywords tersebut sudah mengalahkan kontes tingkat dunia “Busby SEO test” yang hanya sekitar 466,000, “tukang nggame” sekitar 192,000 salam dari Kontes SEO “Wisata SEO Sadau” baru sekitar 53,500.

    Mohon maaf bagi yang tidak berkenan

    Salam
    Bisnis5online.blogspot.com

    27 May, 2009 18:06

  • Pastinya ada manfaatnya, Bro. Cuma kadang yg kurang pas ya kalo temen2 yg ikut pada ganti nick dan tempel2in link yg dia ikuti ke blog kita. Lebih enek lagi kalau ada yg tidak pernah berkunjung eh tahu2 datag sambil nempelin link. Hoeeekkk...

    28 May, 2009 00:48

  • @ Bisnis Online >>> setuju abis mas. Harusnya memang demikian. Dan akan lebih baik lagi kalau keyword yang diperlombakan mengandung pesan moral. Thx ya buat tambahannya yang bagus dan membangun. Salam kenal.

    @ Ecko >>> itulah yang bikin kesel (alias neg). Blog kita terkesan cuma jadi alat untuk mendukung SEO link postingan kontesnya.

    02 June, 2009 13:09

  • pastinya kontes2 seo ini ada gunanya bro..
    menguji pemahaman seo kita.
    sumber traffic kebanyakan kan dari search engine, jadi ga ada salahnya dipelajari..
    kalau masalah jelek atau bagusnya artikel para kontestan seo, saya nggak tau deh. Itu relatif banget..
    lagian kt2 semua masih tahap pembelajaran. ya, mampunya cuma segitu. apa dikata.:)
    utk keyword di kontes seo juga memang harus lbh dipikirkan kedepan oleh penyelenggaranya. biar jgn bias.
    nilai edukasi seo yaitu: kita jadi tau faktor2 apa yg penting d SEO, melatih ketekunan kt, memacu kreativitas dan daya analisis, menjalin silaturahmi antar blogger. ya nggak:D
    gt aj deh.
    simpulnya, kontes seo memiliki nilai edukasi. Bagi yang maen ato yg nonton.

    maaf ya kalo sy ga pake nama.he,,he

    13 June, 2009 23:59

  • Duh, kayaknya saya juga terjebak tuh. Soalnya ikut-ikutan kontes juga... Hiks...

    02 July, 2009 18:19

  • Sy setuju dg posting anda, dulu sempat coba2 ikut kontes, tp krn msh "lugu" jd ya ga dpt apa2. Tp seiring dgn perjalanan wkt, mk skrng sy lebih baik fokus pada keyword pny sendiri, dan mudah2an bs mem-branding keyword tsb.
    Salam...

    04 July, 2009 11:52

  • @ anonim >>> setuju juga sih dengan pendapatnya, walaupun gak pake nama...hehehe (nggak pede ya sebutin identitasnya, sebab mungkin udah saya kenal yach). KOntes SEO tetap bermanfaat kok, terutama jika pesertanya memang serius dan nggak setengah-setengah. Kalo cuma iseng, kayaknya sia-sia aja deh.

    @ Yoyon Sugiono >>> ikut-ikutan sekedar latah tanpa pemahaman yang baik mengenai SEO malah bisa menyesatkan loh mas. SEbaiknya usahakan memahami SEO secara benar dulu, baru ikutan kontes. Biar lebih efektif.

    @ Sukses melamar (jodoh..) >>> nah, sebaiknya memang fokus dulu membangun trafik blog, biar lebih sering dikunjungin dari search engine. Ntar baru ikutan deh. Thx ya.

    06 July, 2009 16:47

  • Yang saya tangkap dari peserta lomba SEO dengan hadiah yang beragam adalah semangat berkompetisi. Dengan kompetisi yang positif diharapkan tumbuh blogger-blogger yang mampu berkiprah di kancah internasional. Hal ini sedikit meng-counter image negatif pemakai Internet Indonesia yang suka dengan hal-hal yang berbau pornografi dan copyrights.

    23 July, 2009 13:59

  • @ bhanu >>> iya sih. Semangat berkompetisi itu bagus kok. Saling berlomba untuk unjuk kemampuan SEO tidak salah. Asalkan setelah itu bisa dijadikan pelajaran dan pengalaman yang berharga. Tapi kalau dihubungkan dengan upaya untuk mengcounter image negatif blogger Indonesia yang doyan dengan pornografi dan pembajakan konten, rasanya kurang pas menurut saya.

    24 July, 2009 12:59

  • Post a Comment

    Silakan tulis komentar sesuai pendapat pribadi kamu

    Back to Top
     

    kafe28 Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template | Top