05 May 2009

05 May 2009

Mengakali Tampilan Artikel Panjang agar Lebih Nyaman Dibaca

artikel blogTips menulis postingan blog kali ini lebih saya tujukan buat rekan-rekan blogger yang punya kecenderungan suka menulis artikel lebih dari 300 kata (kayak saya contohnya…hihihi). Andaikan setiap paragraf kita rata-ratakan berisi 50 kata, maka artikel lebih dari 6 paragraf bisa dikategorikan sebagai artikel yang panjang.

Nah, untuk jenis artikel seperti itu, biasanya tidak selalu mudah untuk bisa mengikat para pembacanya agar terus menyimak isinya hingga tuntas. Terkadang (atau bahkan seringkali?) pembaca mungkin malah cuma membaca sekilas. Kadang juga mungkin lebih memilih untuk menyimak bagian-bagian tertentu dari strukturnya saja. Hal itu bisa membuat pemahaman sang pembaca tersebut menjadi kurang utuh atau kurang sesuai dengan harapan si penulisnya.

Sayang sekali kan kalau begitu? Kita udah capek-capek nulis dan ngetik, tau-taunya malah kurang tersampaikan secara maksimal buat pembacanya (gara-gara tampilan posting yang rada panjang, hambar, dan mungkin terasa cukup melelahkan mata si pembacanya).

Bagaimana solusi atau siasat untuk mengakali agar artikel yang panjang bisa lebih nyaman dibaca oleh pengunjung?

(1) Membagi/memecah artikel menjadi beberapa poin pembahasan.

Caranya bisa dengan penggunaan bullets atau numbering, terutama jika artikel tersebut berjenis tutorial atau tips praktis bergaya how to. Untuk artikel berjenis opini pun bisa diterapkan jika kita ingin lebih memperjelas uraian argumentasi kita. Nah, dengan demikian isi artikel bisa lebih mudah dipahami dan sekaligus lebih nyaman untuk dibaca. Untuk setiap poin pada bullets atau numbering, bisa anda cetak tebal atau beri warna khusus (sebagai penegasan). Terkecuali bagian penjelasannya.

Contoh aplikasi teknik pertama ini yaitu pada artikel yang sedang anda baca saat ini

(2) Menuliskan sub judul yang dicetak tebal atau diberi warna khusus pada setiap awal alinea pembahasannya.

Hal ini cukup efektif untuk memberikan sedikit jeda dan sekaligus sangat berguna pula sebagai gambaran isi alinea di bawahnya (selain membuat tulisan jadi lebih terarah). Sub judul ini bisa berupa kalimat singkat yang merupakan tema pokok dari beberapa alinea di bawahnya. Bisa juga berupa sebuah pertanyaan, dimana alinea/paragraf di bawahnya berupa uraian analisis untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Contoh penerapan teknik kedua ini bisa anda lihat pada artikel saya tentang acara Final Battle The Master Joe Sandy vs Limbad.

(3) Menggunakan teknik bolding, garis bawah, huruf miring, atau pewarnaan khusus untuk beberapa kata atau frase (termasuk kalimat atau alinea tertentu) yang ingin ditekankan.

Poin ini tidak selalu identik dengan penerapan teknik SEO, sebab ada kalanya kita memang perlu memberikan penegasan atau penekanan khusus pada beberapa keyword. Dengan harapan, pembaca bisa lebih cepat dan lebih mudah menangkap ide pokok atau inti gagasan yang ingin kita sampaikan lewat sebuah kalimat atau paragraf tertentu dalam artikel panjang tersebut.

Tentu saja teknik ke-3 ini harus digunakan sewajarnya saja, agar tidak terlalu menggangu keindahan tampilan artikel kita. Hal ini bisa kita siasati dengan penggunaan yang bervariasi antara teknik bolding (cetak tebal), garis bawah, huruf miring, dan warna khusus.

(4) Mengemas artikel dalam bentuk FAQ (tanya jawab).

Cara ini terbukti sangat ampuh untuk lebih mengikat pembaca dan sekaligus untuk membuat sebuah artikel yang panjang bisa menjadi tidak begitu melelahkan atau membosankan untuk disimak secara tuntas (plus komprehensif). Model atau format tulisan berbentuk tanya-jawab juga sangat efektif untuk diterapkan pada artikel berjenis opini/argumentasi. Setiap pertanyaan bisa disusul oleh serangkaian jawaban berupa analisis, asumsi, dan kesimpulan (dengan sedikit sajian data atau fakta sebagai dasar penguat/pengantar).

Saya sendiri cukup sering menggunakan teknik ke-4 ini, walaupun penerapannya tidak selalu secara full atau terlalu dominan. Contohnya bisa anda lihat pada artikel tentang PPC Lokal dan Efektivitas Pemanfaatan Iklan Baris untuk SEO Postingan Blog.

Selain bagus untuk tulisan berjenis opini, format tanya-jawab juga sangat baik digunakan untuk artikel berjenis deskripsi atau eksposisi. Misalnya artikel yang berupa uraian penjelasan tuntas mengenai suatu topik. Contoh penerapannya bisa anda cek pada artikel Internet Murah Unlimited.

Dengan membangun suasana dialogis lewat metode tanya-jawab, pembaca biasanya akan lebih mudah memahami pesan yang ingin disampaikan dalam artikel/postingan tersebut.

(5) Menyisipkan beberapa foto pendukung atau foto pelengkap.

postingan blogPenyisipan foto atau image ini juga cukup mampu untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan kesan hambar pada sebuah artikel yang panjang. Tentu saja tidak semua artikel panjang perlu disisipkan foto atau image. Kita perlu melihat tema yang akan dibahas. Jika misalnya berupa ulasan tentang artis atau selebriti, maka akan lebih baik jika juga disisipkan foto sebagai pelengkapnya.

Seperti yang saya terapkan pada ulasan tentang “Persaingan Antara Afgan, Vidi, dan Derby”. Begitu pula pada postingan tentang Luna Maya, Sandra Dewi, dan 5 Komedian Termahal Indonesia.

Dengan adanya foto, kesan monoton atau hambar dari sebuah artikel panjang bisa lebih diminimalkan. Istilahnya, bisa menjadi pemanis gitu deh

(6) Menggunakan blockquote untuk background kalimat atau paragraf tertentu.

Blockquote adalah kotak khusus yang biasanya berwarna berbeda dari warna latar postingan. Bisa digunakan untuk memberikan penekanan khusus pada kalimat atau paragraf tertentu dalam sebuah artikel. Selain itu, penggunaan box ini juga bisa mengurangi efek hambar atau monoton dari sebuah artikel yang panjang. Nah, double manfaat bukan? Contoh penerapan teknik ke-6 ini bisa dilihat hampir di semua artikel terbaru blog ini.

***

Oke. Cukup 6 trik dulu deh yang bisa saya bagikan buat rekan-rekan blogger.

Selamat mengemas artikel panjang menjadi lebih nyaman dibaca


39 comments:

  • This comment has been removed by a blog administrator.

    This comment has been removed by a blog administrator.
  • Maaf, komentar anda di atas harus saya hapus karena sama sekali tidak berhubungan dengan topik dan bahkan cuma numpang ngiklan (nyepam) :D

    05 May, 2009 15:13

  • Ide Bang Iskandaria cukup bagus. Memang jika artikel-artikel dalam postingan tidak diatur sedemikian rupa maka akan membuat bosan orang yang melihatnya apalagi membacanya. Jadi perlu kreatifitas dari seorang blogger agar kualitas postingannya terus meningkat. Salam Kenal

    05 May, 2009 17:58

  • Nambahkan sedikit, bisa juga menggunakan "Read More". Tutorialnya banyak di Blog2 yang lain

    05 May, 2009 18:00

  • benar kata mas iskandaria, salah satu solusi untuk artikel yang panjang adalah dengan memecahnya menjadi beberapa bagian. hal ini dapat dilihat misalnya pada berbagai situs review dan referensi komputer. secara keseluruhan membahas satu topik saja, tetapi dibagi-bagi menurut sub bahasannya. untuk menambah daya tarik dapat dibuat menu drop-down menuju ke masing-masing sub bahasan...

    wah ... menarik sekali nih artikelnya ... semoga bermanfaat nih ...

    06 May, 2009 07:12

  • Artikel berdasarkan pengalaman nih kayaknya mas.
    Thanx banget tipsnya. Supaya tampilan postingan kita lebih nyaman dibaca :)

    06 May, 2009 10:58

  • @ Lalu Abdul Aziz MhD >>> setuju banget mas. Intinya emang perlu kreativitas yach dalam mengemas artikel yg panjang. Menu read more juga penting untuk mempersingkat tampilan postingan pada halaman utama. Udah saya gunakan kok. Makasih buat tambahannya.

    @ nomercy >>> wah, menu drop down ternyata juga bisa dipake yach mas. Bener juga tuh. Thx banyak buat tambahannya.

    @ Ravatar >>> iya mas, saya senantiasa berupaya menyajikan artikel berdasarkan pengalaman sendiri, biar terasa lebih real aja..hehe. Thx ya udah mampir ke sini. Ntar dibales deh kunjungannya.

    06 May, 2009 12:23

  • Wah, maaf lama tidak silaturrahmi ni mas. Tetapi Tips-tips anda ini sangat bermanfaat untuk saya yang sedang belajar blogging. Terimakasih banyak. Saya sudah taruh link ke blog anda di blog saya. Salam silaturrahmi.

    06 May, 2009 17:17

  • waa, tips-nya patut dicoba nih...
    siapa tau ntar bikin postingan panjang :D

    06 May, 2009 18:19

  • Tips yang menarik...

    Kalau memang dianggap terlalu panjang, di buat ber-seri...mungkin bisa jadi pilihan. Jujur lho...membaca artikel yang panjang di satu blog (kecuali mau bikin referensi...) rasanya jenuh lho! Biar di beri variasi bagaimanapun juga...It's my mind!

    06 May, 2009 19:42

  • Saya Pribadi kalau datang ke blog yang mempunyai postingan panjang, jangankan berkomentar, membacanya saja jadi malas, kecuali kalau postingan itu benar-benar saya perlukan, kalu cuma curhatan yang panjang buanget biasanya saya kabur,

    Maaf coment di atas yg nyepam di hapus aja linknya, keenakan yg gitu ntar nyepam lagi kalau gak dihapus :D

    06 May, 2009 19:57

  • benar sekali...mantap sekali tipsnya

    06 May, 2009 20:32

  • panjang banget tipsnya bro.... :D

    06 May, 2009 20:43

  • Emang perlu menebalkan subjudul.. :)

    Thx for share mas..

    07 May, 2009 03:39

  • @ Ferdian Adi >>> makasih kembali mas buat linknya. Saya udah pasang duluan tuh link blognya mas. Coz udah kebiasaan saya kalo nemu blog yang saya anggap bagus, maka tanpa diminta oleh si pemiliknya pun akan langsung saya simpen link blognya dlm menu blogroll saya.

    @ Infopemula >>> siapa tau ya mas. Soalnya kadang-kadang kita emang lagi seneng-senengnya bikin tulisan yg panjang dan mengalir :)

    @ ammadis >>> memang sih, bisa dibuat berseri. Semoga saya bisa menjadikannya seperti itu kalau mau menulis artikel yg rada panjang. Hmm, jenuh kalau kita kurang tertarik dengan temanya kali ya. Tapi kalau memang suka dan tulisannya berbobot, rasa-rasanya sih nggak bakalan bikin jenuh kok (kalo saya sih). Soalnya saya orangnya emang suka baca sih (suka nyari ilmu dan belajar pada penulis-penulis hebat melalui artikel panjangnya).

    @ balisugar >>> nah, itu dia (kecuali kalau benar-benar kita butuhkan). Intinya harus ada MINAT atau KEBUTUHAN dulu, biar bacanya semangat dan ngerasa enjoy. Tapi kita sama, saya paling males baca curhatan yang terlalu panjang dan terlalu ngalor-ngidul nggak jelas (kurang ada manfaat atau nilai untuk berbaginya buat pembaca). Soal menghapus link komentator nyepam, saya nggak bisa. Fitur blogger cuma bisa menghapus isi komentarnya. Thx.

    @ Tony >>> makasih ya mas.

    @ Pencerah >>> kalo mau dipersingkat kayaknya nanggung mas :) Toh, saya udah berusaha mengemasnya secara variatif.

    @ the fachia >>> betul. Tapi bisa juga dengan cara diberi warna khusus. Thx juga yach.

    07 May, 2009 14:00

  • ya nih
    bener juga yaaa

    ok deh saya praktekan
    makasih ya tipsnya
    sangat membatu saya menulis lebih maju
    :)

    07 May, 2009 14:36

  • Wow,, keren banget niyh tips nya.... boleh dicoba ya sob...

    07 May, 2009 17:17

  • contoh artikel panjangnya kaya gini yah? wkwkw... oke tipsnya aku coba deh... sayangnya jarang aku posting panjang-panjang

    07 May, 2009 19:38

  • nice tip, harus dipahami ney artikel, biar artikel gw diblog ga ancur.wkwkwkwkw

    08 May, 2009 08:01

  • Kalau cara membuat agar link yang disorot bisa lebih besar tulisannya seperti disini gimana cara buatnya...?

    08 May, 2009 13:10

  • @ buJaNG >>> caranya dengan mengubah settingan link hover untuk postingan. Ada di menu edit html (kalo untuk blogger/blogspot). Pada bagian link hover, coba beri kode ini: font-weight:bold; (sehingga ketika sebuah link dalam postingan disorot oleh mouse, maka akan jadi menebal). Kalo pengen jadi bergaris bawah juga, coba beri kode : text-decoration:underline

    08 May, 2009 13:56

  • wah,,, sangat membantu bagi nyubie seperti saya :D

    08 May, 2009 19:35

  • Infonya berguna sekali Mas..
    cuman saya belum bisa nulis panjang2 euy.. :((

    09 May, 2009 00:11

  • Kunjungan balik Mas Is..
    Salam kenal yah, :)

    Kayak saya juga, suka nulis kadang kepanjangen. Kayaknya adaaa aja yang mau diomongin. Malah lebih ke bertele-tele kali ya?haha..
    Trims Mas Is, kunjungan ke 'rumah' saya kemarin. :)

    09 May, 2009 11:21

  • @ Ade >>> wah, udah pulang dari Florida nih kayaknya mbak. Mana oleh-olehnya? Soal menulis, yang penting padat berisi aja. Gak usah panjang-panjang atau bertele-tele kayak saya..hihihi

    @ habibie reza >>> wah, ternyata kita sama yach, suka nulis panjang-panjang. Abisnya kalo pendek kok rasanya nanggung banget (buat saya sih). Soal bertele-tele ato tidak, itu tantangan buat kita sebagai penulis. Yaitu gimana bisa memangkas beberapa kalimat yang kurang penting dan kurang mendukung isi postingan. Makasih kembali ya buat kunjungan baliknya.

    09 May, 2009 14:56

  • just blogwalking.. Sekalian cari2 ilmu baru.. :)

    10 May, 2009 18:22

  • Tipsnya mantav,.... gimana sih cara membuat yang nomor 6 (blokquote). saya tunggu infonya bro.

    23 May, 2009 14:36

  • @ SEtiawan >>> caranya pake kode khusus, ntar coba saya tulis deh. Thx.

    23 May, 2009 15:02

  • bir blog d terima google adsense
    halaman muka kasi apa kk?

    29 June, 2009 18:31

  • font anda udah bagus neh, enak dibaca.. tips2 nya berguna banget utk para blogger yang masih kurang persiapan..

    07 July, 2009 14:29

  • @ Mas Hengky >>> makasih banyak mas buat pujiannya. Saya selalu berusaha berbenah diri dan berbenah blog ini agar makin nyaman di mata pengunjung. Thx ya.

    07 July, 2009 14:34

  • Saya jg kurang suka artikel panjang2, ngantuk n males mbacane

    08 September, 2009 15:22

  • terima kasih infonya, sukses buat kita semua ... Amin

    24 March, 2010 11:59

  • Salam kenal.
    Terimakasih infonya, sangat membantu

    14 April, 2010 08:51

  • Mantapp gan,,, seperti artikel2 agan,,, lumayan panjang, tapi masih enak dibaca...

    01 March, 2011 11:10

  • Setuju banget tapi saya jarang menggunakan blocquote....

    07 November, 2012 16:02

  • Om, kasih contoh tulisannya, dari judul artikel kemudin mengembangkannya jadi sebuah artikel, maklum ini hambatan saya menulis, tulisannya rada pendek-pendek om, contohnya di http://posteco.blogspot.com/, saya butuh pencerahan untuk pengembangan artikelnya..mentok banget.

    04 February, 2013 12:14

  • Gan Kasih Saya Pencerahan Donk Saya G Ngerti Yg Agan Postingkan Liat Aja Blog Saya Di http://riananugrah.mywapblog.com
    tlng yaa gan ksih saya pencerahan soalnya masih newbie banggat aku

    18 October, 2013 06:56

  • Post a Comment

    Silakan tulis komentar sesuai pendapat pribadi kamu

    Back to Top
     

    kafe28 Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template | Top