03 May 2009

03 May 2009

Pengaruh Judul Postingan yang Terlalu Abstrak dan Terlalu Umum

judul postingan blogSalah satu faktor yang sangat mempengaruhi minat pengunjung sebuah blog untuk mengklik sebuah postingan atau tidak adalah JUDUL. Ya, faktor judul memang cukup besar peranannya dalam mendorong terjadinya klik atas link postingan di blog kita.

Sebagus apa pun isi postingan atau artikel di blog kita, kalau judulnya kurang menjual, maka akan sia-sia pada akhirnya (berpotensi minim pembaca atau bahkan tidak ada pembacanya sama sekali selain kita sendiri sebagai penulisnya). Judul yang kurang menjual biasanya berupa judul yang terlalu abstrak atau bisa juga terlalu umum. Jika tampil dalam menu recent post, related post, atau random post, maka kemungkinan untuk diklik oleh pengunjung akan sangat kecil. Begitu pula jika tampil pada menu update RSS feed.

Seperti apakah judul yang terlalu abstrak itu?

Kalau harus diukur atau dinilai dari sisi jumlah kata penyusunnya, hampir bisa dipastikan bahwa judul yang cuma terdiri dari satu kata itu tergolong judul yang terlalu abstrak. Contoh judulnya seperti ini : pujakesuma, gift, kado, shoes, babi, toilet, dilema, dan sebagainya (saya ambil dari beberapa judul postingan di beberapa blog yang tidak bisa saya sebutkan karena alasan etika).

Nah, anda kemungkinan besar akan sangat bingung atau tidak punya bayangan yang konkret mengenai isi dari artikel berjudul satu kata tersebut. Lalu, banyak pula saya temukan judul postingan berupa dua kata yang terkesan masih terlalu abstrak. Contohnya yaitu : delapan jam, kawanan flu, pendapat kamu?, berharap berubah, mati kutu, numpang ngiklan, dsb.

Begitu pula dengan tiga kata atau bahkan lebih. Contohnya seperti : pelajaran dari Surabaya, datang dan ingin berubah, teka-teki jebakan, hibernasi mode on, selamat hari Sabtu,membaca joe dan asep, dan sebagainya (silakan ditambahkan sendiri ya).

Intinya, judul yang terlalu abstrak itu kurang mampu memberi gambaran atas isi postingannya.


Lalu, apa maksud dari judul postingan yang terlalu umum?

Kalau harus mengambil contoh, maka judul berupa “flu babi” bisa saya golongkan sebagai judul yang terlalu umum. Akan lebih baik kalau judul tersebut ditambahkan sedikit dengan beberapa kata, sehingga terkesan lebih spesifik. Misalnya menjadi “Flu Babi | Penyebab, Gejala, Penularan, dan Cara Pencegahannya”. Nah, dari sisi nilai jual, judul tersebut jauh lebih komersil (alias lebih menarik perhatian pengunjung/pembaca). Termasuk dari sisi kacamata SEO. Pengunjung dari search engine kemungkinan besar akan lebih tertarik untuk mengklik judul yang lebih spesifik tersebut.

Namun itu dengan catatan bahwa isi postingan tersebut memang terdapat unsur/penjelasan mengenai penyebab, gejala, cara penularan, dan cara pencegahan flu babi. Lain halnya kalau ternyata isi artikel itu cuma berupa opini atau pendapat pribadi si penulis mengenai fenomena wabah penyakit baru tersebut. Maka tentunya perlu disesuaikan dengan konteks tulisannya. Judulnya bisa diubah menjadi “fenomena wabah flu babi” misalnya. Atau bisa juga “Awas! Wabah Flu Babi Mengancam Kesehatan Kita!”.

Tentunya judul-judul seperti itu akan lebih menarik ketimbang cuma berupa “flu babi”. Setuju nggak? (maaf jika ada rekan blogger yang merasa pernah memposting artikel dengan judul seperti itu). Ini sekedar contoh kok.

Sebenarnya masih banyak lagi contoh dari judul yang terlalu umum dan juga terlalu abstrak. Namun dari penjelasan dan contoh di atas, saya kira rekan-rekan blogger sekalian sudah mulai mengerti dan bisa membedakan, mana judul yang terlalu abstrak, mana yang sudah konkret, mana yang masih terlalu umum, dan mana yang sudah spesifik.


Lalu, penting sekali kah membuat judul postingan yang lebih konkret atau lebih spesifik itu?

Mungkin ada yang bertanya demikian. Mungkin pula ada yang menyanggah, “ah, blog gue sering pake judul yang abstrak dan terlalu umum aja bisa tetep rame kok komentarnya”. Atau mungkin juga ada yang akan bilang begini, “ah, trafik blogku tetep rame kok setiap harinya, walau kebanyakan judul postinganku nggak terlalu konkret atau nggak terlalu spesifik”.

Yach, silakan saja pertahankan gaya judul postingan rekan-rekan jika memang dengan judul bergaya tersebut tidak mempengaruhi jumlah trafik harian dan jumlah komentar yang masuk. Namun kalau rekan blogger ingin lebih meningkatkan page-view atau jumlah impressi blog rekan, maka faktor judul harus menjadi perhatian (tidak boleh diabaikan). Apalagi jika ingin mengoptimalkan postingan-postingan lawas di blog anda lewat menu random post dan related post (agar bisa menarik lebih banyak pembaca). Maka membuat judul yang lebih konkret dan lebih spesifik adalah suatu keharusan.

Terlebih lagi bagi blog yang membidik pengunjung dari search engine sebagai sasaran utama. Bagaimana menurut anda?

17 comments:

  • setuju banget dengan ulasan diatas
    judul harus memiliki relevansi dgn isi
    dan keyword yg kita bidik tujuannya sudah pasti
    meningkatkan CTR (Click Through Rate) atau berkesempatan mendapatkan klik jauh lebih besar, maap kalo salah swalnya saia juga masih belajar
    salam kenal mas,, keep contact

    03 May, 2009 18:54

  • Ada satu penulis besar yg seluruh artikelnya hanya berjudul 1 kata saja. Dan ternyata hal tersebut justru menjadi ciri khas beliau. Sampai saat ini hanya beliau seorang yang menulis artikel dengan judul hanya terdiri dari 1 kata saja.

    03 May, 2009 20:55

  • judul memang memiliki pengaruh besar ... dalam ilmu visual komunikasi, judul atau headline memiliki satu kesatuan dengan isi beritanya ... justru dengan headline yg bombastis dapat memberikan efek kejut yg besar ...
    jadi teringat salah satu iklan yg dibuat pemerintah amrik untuk mempromosikan larangan merokok, dengan bilboard besar ada tulisan besar SEX, padahal tulisan itu adalah bagian dari tulisan yg panjang, dan ini berhasil menarik banyak orang untuk melihat dari dekat ...

    terlepas dari apakah judul harus memiliki kekuatan daya tarik atau tidak, yang penting adalah keselarasan antara judul dan isi berita ...

    03 May, 2009 23:36

  • Iya memang judul adalah inti dari keseluruhan tulisan yang anda buat. Sebisa mungkin Judul yang anda berikan untuk artikel anda menggambarkan apa isi dari artikel anda. Judul bisa memiliki nilai magis yang menarik pengunjung bila anda membuat orang penasaran dengan judul anda. Demikian sumbangan dari saya

    04 May, 2009 00:46

  • setuju banget mas, dan informasi yang menarik bagi blogger semua

    04 May, 2009 14:57

  • setuju mas info itu buat blog maniak

    04 May, 2009 15:47

  • emang betul mas saya sangat setuju dengan ini... dan tentunya kita harus jeli menentukan judul posting agar di lirik pembaca.

    04 May, 2009 19:30

  • bener bgt tuh, judul sebagai daya tarik supaya orang tertarik untuk membaca isinya :D

    04 May, 2009 20:25

  • @ nyubi >>> makasih buat tambahannya. Bener banget tuh. Keren deh.

    @ Ecko >>> wah, saya jadi penasaran nih. Siapakah gerangan penulis besar tersebut? Kalo emang buat ciri khas, ya gak masalah sih. Trus kalo postingannya berupa PUISI, itu malah bagus kalo cuma satu kata judulnya.

    @ nomercy >>> setuju banget mas dengan pendapatnya. Yang terpenting emang harus punya relevansi dengan isi. Soal tulisan di bilboard, ternyata kata-kata tertentu emang punya pengaruh cukup kuat yach kalo diberi penekanan.

    @ mas lalu >>> makasih buat sumbangannya yg makin melengkapi ulasan saya di atas.

    05 May, 2009 12:57

  • Mungkin gak mas , lebih cathcy dan mengundang penasaran bila judul diracik secara ringkas dengan kombinasi kata yang daya tariknya kuat tapi tetap mencerminkan isi artikel ?

    06 May, 2009 11:12

  • @ Ravatar >>> wah, itu mungkin banget dong. Tapi jujur aja, saya kayaknya kurang mahir tuh kalo bikin judul yang seperti itu. Mungkin bisa kamu jadikan sebagai ciri khas atau senjata buat meningkatkan jumlah klik.

    06 May, 2009 13:23

  • judul adalah kalimat yg mewakili seluruh isi tulisan.

    jika judulnya toilet
    isi tulisan hanya akan membahas apa itu toilet, itu saja.

    tapi jika yang dibahas tentang pengalaman menarik di dalam toilet (hehehe) kurang sreg kalo judulnya cuma kata toilet saja.

    Saya slama ini belajar menulis dengan gaya Straight news, ditambah dengan SEO friendly :D

    10 May, 2009 17:40

  • @ Rusa Bawean >>> hehehe...bener banget ya mas. Wah, gaya apaan itu? Baru denger saya :) Bagi dong jurus itu...(Straight news).

    12 May, 2009 11:49

  • Sekalian berlama-lama bro,... aku buka postingan yang lalu.... untuk mendapat pembelajaran bermakna.

    23 May, 2009 14:46

  • makasih tipsnya mas, sebagai newbie saya belum memperhatikan sampai ke hal ini

    26 January, 2010 20:35

  • Post a Comment

    Silakan tulis komentar sesuai pendapat pribadi kamu

    Back to Top
     

    kafe28 Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template | Top