26 May 2009

26 May 2009

Plus Minus Blogging by SEO Oriented

seo orientedSeperti kita ketahui, ada 2 sumber utama datangnya para pengunjung ke sebuah blog, yaitu dari search engine dan dari sebuah link yang terdapat di suatu website atau blog lain. Nah, pertanyaan saya, untuk blog yang relatif masih baru (belum begitu populer atau masih rendah trafik hariannya), pengunjung dari manakah yang sebaiknya lebih difokuskan untuk dibidik?

Jika jawabnya adalah pengunjung dari search engine, maka mau tidak mau sang pemilik blog baru tersebut harus lebih fokus atau lebih mengutamakan memposting konten-konten yang ‘berbau’ SEO oriented atau nembak keyword. Konsekuensinya, sang pemilik blog tersebut harus lebih memfokuskan waktu bloggingnya untuk belajar ilmu SEO dan mempraktekkan secara konsisten serta maksimal hasil pembelajaran yang telah diperoleh.

Imbasnya, sang blogger yang bertipe SEO oriented tersebut hampir bisa dipastikan kurang punya waktu untuk menjalin hubungan dengan sesama blogger. Kalaupun ada waktu, ia cenderung untuk pilih-pilih ketika ingin berkomentar pada blog lain. Waktunya pun lebih terkuras dan lebih tercurah untuk mencari informasi-informasi hangat sebagai ide/bahan untuk diposting di blognya. Mungkin juga waktunya akan sangat terkuras untuk men-SEO-kan artikel-artikel yang akan dipostingnya.

Dan hasilnya, berkat ketekunan dan kekuatan fokus, blogger bertipe SEO oriented ini umumnya berhasil membangun trafik blognya dalam waktu singkat. Bahkan pada akhirnya ia hampir selalu sukses nembak keyword (menjadi juara SEO) setiap kali memposting sesuatu yang sedang hangat.

Imbasnya, trafik harian dari blog yang SEO oriented ini umumnya relatif lebih tinggi daripada trafik harian blog-blog yang lebih mengutamakan jalinan relasi antar sesama blogger. Tapi ini cuma hasil pengamatan sementara saya loh. Bisa saja rekan-rekan menemukan fakta yang berbeda.

Jika diamati, ini dia ciri-ciri blog/blogger penganut SEO oriented (menomorduakan relationship dengan sesama blogger) :

1. Mayoritas konten blog biasanya hasil comot sana comot sini.
2. Banyak sekali konten yang ternyata hasil copas (sebagian adalah hasil modifikasi ringan).
3. Jarang sekali memberikan komentar pada blog lain.
4. Relasi antar sesama blogger biasanya sempit (pilih-pilih).
5. Punya trafik harian yang cukup tinggi (rata-rata mencapai ratusan bahkan ribuan pengunjung per hari)
6. Jarang sekali menulis/memposting konten berjenis ulasan untuk berbagi dengan sesama blogger.
7. Kemampuan menulis cenderung buruk. Namun kemampuan modifikasi cenderung baik.
8. Biasanya berupa blog download MP3 gratis.
9. Apa lagi ya?

Ciri-ciri di atas tidak mutlak. Bisa saja cuma memiliki satu atau separuhnya. Dan bisa pula kurang sesuai fakta secara keseluruhan. Toh, ciri-ciri di atas cuma berdasarkan hasil pengamatan pribadi saya yang masih terbatas. Dan berdasarkan ciri-ciri tersebut, saya kira anda sudah tahu sisi negatif dari blogging by SEO oriented.

Nah, sedangkan sisi positifnya telah saya ungkapkan pada paragraf ke-4 dan ke-5 di atas. Intinya, menjadi blogger yang lebih mengutamakan pengunjung dari search engine (alias SEO oriented) punya nilai plus dan nilai minus tersendiri.

Untuk blogger pemula (yang trafik blognya masih rendah), mana yang harus lebih didahulukan? Apakah mengutamakan jalinan relasi dengan sesama blogger terlebih dahulu atau lebih memfokuskan diri untuk membidik pengunjung dari search engine? Atau malah keduanya harus sejalan? Dan apa sih asyiknya belajar SEO?


Saya tunggu komentar rekan-rekan sekalian.

29 comments:

  • sepertinya ini kunjungan pertama saya ke blog ini. salam kenal ya mas. mmmm, boleh saya menambahakan sedikit? seseorang yang ingin berkunjung ke blog kadang juga dikarenakan sudah saling mengenal. jadi bukan karena search engine atau menemukan URL dari blog lain. betul gak ya? hehe. mohon dikoreksi jika salah.

    maklum masih pemula saya

    26 May, 2009 15:52

  • Berdasarkan pengalaman saya, saat pertama kali perkenalkan blog, saya rajin mengunjungi blog orang lain. karena kalau mengandalkan search engine itu memakan waktu untuk meng-index.

    jadi, bagi yang baru membuat blog rajin-rajinlah memberi komentar minimal di 10 blog, sambil menanti posting/blog anda di-index.

    kemudian, daftarkan di sebanyak mungkin blog directory. itu yang saya lakukan. dan hasilnya lumayan besar.

    26 May, 2009 17:14

  • @ antown >>> betul banget mas. Tapi ulasan saya di atas lebih cenderung mengupas blogger yang nggak begitu memperhatikan hubungan silaturahmi dengan blogger lain (karena lebih fokus optimasi SEO). Salam kenal juga ya. Makasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini.

    @ Google Insights >>> wah, sepertinya apa yang mas lakukan dan sarankan itu cukup penting untuk diperhatikan oleh blogger pemula (termasuk saya) yang trafiknya masih rendah. Artinya SEO bisa menyusul yach (setelah punya hubungan baik dengan banyak blogger lainnya). Dan benar juga kalo index dari google itu butuh waktu. Pengalaman saya, biasanya setelah kita memposting minimal 5 opini, baru deh blog/postingan kita terindeks. Dan akan semakin mudah terindeks seiiring dengan makin rajinnya kita memposting artikel. Makasih mas buat tambahannya yang berbobot.

    26 May, 2009 18:42

  • kalo menurut mas Iskandaria, apakah saya termasuk blogger penganut SEO oriented? tolong donk komentarin saya!!!
    hehehe
    :)

    26 May, 2009 19:03

  • @ Rusa Bawean >>> mas Ibnu sih menurut saya tergolong blogger society (mengutamakan relationship) ketimbang SEO oriented. Buktinya, postingan mas selalu rame dengan komentar dari kalangan blogger. Trus, menu followers dan widget social media-nya rame tuh :)

    26 May, 2009 19:10

  • Waduh Mas, sampai saat ini saya masih bingung soal SEO.

    Apakah kalimat-kalimat yang kita tulis didalam postingan blog kita masuk kedalam kategori SEO juga?? atau mesti utak atik meta tag lagi??

    itu yang masih tanda tanya bagi saya, maklum gaptek nich.. blog aja dibuatin....

    26 May, 2009 19:53

  • Untuk SEO buat pemula emang kayaknya masih berat mas. Mungkin triknya bikin aja dulu satu blog buat belajar. Jalin network nantinya pas udah cukup siap, bikin lagi satu blog yg SEO oriented, sekalian praktek ilmu yg udah didapet dari blog pertama he he he. bisa gak mas?

    26 May, 2009 21:46

  • Relationship dengan sesama blogger nomor satu Mas Is.

    Saya memulai blogging dengan membuka komunikasi dengan blogger2 yang sudah lebih dulu eksis. Bahkan itu saya mulai sebelum blog saya saya bangun. Jadi sebelum blog saya launch, sudah ada chanel komunikasi terlebih dulu dengan blogger2 lain.

    Nah..setelah itu, begitu launching blog sudah ada sodara2 sesama blogger yang selalu rajin saling mengunjungi.

    27 May, 2009 00:48

  • Wah... sepertinya ciri-ciri yang disebutkan jelek-jeleknya saja ya... Blogger SEO banyak lho yang suka berkunjung dan berbagi. Juga nulisnya nggak asal comot. :P

    27 May, 2009 03:38

  • kalao sayah sih lebih memilih seimbang. SEO Oriented, guna melayani kebutuhan pengguna internet awan dalam artian bukan blogger yang mencari artikel berguna. Tapi tetap blogwalking guna menjalin persahabatan. toh kita engga bisa blogging sendiri kan layak nya hidup di dunia nyata, butuh orang lain.

    ingateros.com

    27 May, 2009 06:21

  • ehm... untuk awal :
    1. KOnsisten posting artikel
    2. Blogwalking kesana kemari ==> cari temen
    3. Monetize blog ==> pasang aja PPC Lokal
    4. Baru deh upgrade blog kita ke level expert

    And bout SEO, saya ngga terlalu ngurus mas. Yg penting keep posting. Toh banyak juga yg datang. Berbekal blogwalking di awal and sajian artikel yg bermanfaat.

    Salam Sukses
    Arief Maulana | Student of Internet Marketing School

    27 May, 2009 09:36

  • masalahnya untuk pemula seo itu susah...

    gimana duplicate titlenya? bisa diatasi ngga???

    27 May, 2009 10:43

  • Waduh! Apakah saya penganut seo ariented ya mas? Penganut ilmu hitam atau ilmu putih ya? Komentar diblog saya sepi, tapi traffic te2p juga jelek. Artikel comot sana comot sini, apa iya ya? Berbagi dengan sesama blogger juga nggak, maklum gak tau mau bagi-bagi apa?, bagi duit gak punya, bagi ilmu saya juga belum mampu. Relasi sempit, berkomentar diblog lain jarang (maklum aktivitas blogging 85% via HP sisanya via warnet, mulai dari ngurus sampe ngasih makan blog saya). Apalagi kalo berkomentar diblog berflatroom blogspot sangat-sangat sulit, bisanya hanya pake aplikasi opera mini 4, yang koneksinya sanga lelet + banyak menguras pulsa. Ditambah lagi pulsa sering limit. Mohon dibantu pencerahannya.
    NB: kang is! Minta bocoran kode tutorial recent post, recent comments, dan my favorit blog seperti diblog kang is ini.
    Terimakasih sebelum dan sesudahnya.

    27 May, 2009 16:03

  • saya sih jalanin seo + blogwalking biar seimbang :D

    sekaligus berkomunitas sesama blogger :)

    27 May, 2009 18:07

  • menurut saya dua2nya bisa dilakukan beriringan ...
    menurut kebiasaan yang seo oriented biasanya blog2 untuk monitize dari internet ... sedangkan kalau kita juga menjalin persahabatan antar blogger terkadang bisa mendatangkan rejeki juga ... menerima order sesuai keahlian kita misalnya ...

    27 May, 2009 20:26

  • Walah, kalo saya termasuk tipe ini gak ya? Soalnya saya jarang blogwalking dan akhir2 ini jarang menulis konten yang sifatnya berbagi ilmu. Hehehehe....

    28 May, 2009 00:37

  • yang ngutamain SEO adalah mereka-mereka yang berkecimpung dalam bisnis online. kalao blogwalking biasanya, sekedar tempat curhat, karena sehati hehe.

    eros--

    28 May, 2009 10:47

  • jika hanya mengharapkan dari SEO, apa dia nanti ga' dibilang sombong?

    29 May, 2009 06:08

  • Hihihi.. saya masuk kategori ga ya..?

    29 May, 2009 06:40

  • Salam kenal Mas Iskandaria.

    Karena saya masih baru, maka saya menjalin persahabatan saja. Dan dari awal memang tujuannya mau share pengalaman dan menjalin pertemanan. Masalah trafik, saya anggap imbas dari menjalin pertemanan. Walaupun, kadang tergoda juga, cuma buat naikin trafik. Hehehe

    29 May, 2009 13:32

  • saya lebih sering maen2 dan berkunjung ke blog sahabat dan berkomentar, yang nantinya saya pun berharap blog saya juga dikomntari, dan yg pentinng bagi saya aadalah menjalin persahabatn... bener gak sob...

    29 May, 2009 17:28

  • Pengalaman saya, Om.
    Dulu lebih mentingin relationship, baru setelah mulai-mulai dikenal blogger lain, belajar nembak keyword.

    ;)

    30 May, 2009 15:50

  • @ Mas Arief, memang kalau kita percaya diri dengan kulaitas content yang kita sajikan, menomorsekiankan SEO bukan menjadi suatu masalah. Soalnya udah bisa membangun pengunjung setia, :)

    01 June, 2009 00:45

  • @ Rudy Azhar >>> kalimat-kalimat yang kita tulis dalam postingan bisa di-SEO-kan atau termasuk juga unsur SEO. Sebab search engine memang lebih mengutamakan meng-indeks tulisan. Kalo membenahi struktur meta tag juga termasuk salah satu teknik SEO.

    @ Ravatar >>> bisa dan setuju banget mas :)

    @ habibie reza >>> wah, bisa ditiru nih kebiasaan blogging mas habibie saat belum punya blog dan ketika sudah punya. Makasih banyak buat sharingnya mas. Itu emang penting dilakukan oleh blogger pemula.

    @ Hangga Nuarta >>> waduh, sorry banget mas. Kesannya kalo penganut SEO oriented tuh jelek dan ga ada bagus-bagusnya yach. Bener sih. Ada juga yang ga asal comot dan suka blogwalking plus ngasih komentar. Tapi saya masih jarang nemuin yang kayak gitu soalnya :)

    @ gadget dan teknology >>> setuju banget. Thx ya.

    @ Blog Motivasi Arief >>> wah, tambahan mas sangat melengkapi ulasan saya di atas. Patut dijadikan pedoman oleh blogger pemula seperti saya. Makasih banyak ya buat tambahannya.

    @ not important diary >>> duplikat title? kayaknya udah saya jawab deh pada postingan lalu. Intinya nggak bisa dihindarin kalo ada yang bikin judul postingan sama. Ato struktur meta tag-nya yang keliru mungkin..

    @ untuk kode-kode tersebut, silakan dicari di bagian terbawah menunya. Klik aja link yang ada. Untuk membuat recent post, sudah pernah saya bahas di blog ini. Silakan cari artikelnya. Masalah kesulitan koneksi mas, sabar aja deh. Yang penting ngeblognya tetap semangat, walau sulit untuk berlama-lama blogwalking. Yang penting tetap posting.

    @ nomercy >>> setuju mas.

    @ ecko >>> ah, mas ecko kan cuma belakangan aja jarang blogwalking dan berbagi. Sebelumnya? kan sering tuh...hehehe

    @ eros >>> betul sih.

    @ IHSAN >>> bisa dianggap sombong tuh ntar :)

    @ BujaNG >>> gak tau juga ya...hehehe

    @ Dimaz >>> tergoda buat naikin trafik dari SE itu malah bagus mas, biar ngeblognya tambah semangat karena ngeliat visitornya mulai rame. Yang penting relationship tetep jalan aja deh.

    @ hendra >>> bener sob.

    @ Helda >>> kayaknya saya juga gitu deh..hehe

    @ Habibie Reza >>> setuju mas. Yang penting kualitas konten dulu. SEO menyusul. Kalo udah terbiasa mengutamakan kualitas konten, biasanya faktor SEO pun jadi efek samping :)

    Maaf buat semua yang udah komentar. Saya baru sempat membalas komentar sekarang ini. Maklum, beberapa hari terakhir saya sibuk mengurus sesuatu secara offline. Sampai-sampai saya gak online selama 4 hari :)

    01 June, 2009 14:59

  • Wah, saya nggak bisa kasih komentar apa-apa... Coz para master blognya sudah pada bicara, saya tinggal ngikut saja deh....

    02 June, 2009 06:33

  • Latar belakang seseorang menjadi blogger sepertinya merupakan faktor yang berpengaruh kepada 'orientasi' mereka dalam nge-blog nantinya.

    Seseorang yang mencoba mengais rezeki lewat blog (blog monetize) tentu akan cenderung menjadikan blognya mendapatkan pengunjung yang banyak dan itu akan ia lakukan dengan berbagai cara, baik hitam ataupun putih. Dan bagi seseorang yang nge-blog dengan latar belakang menyalurkan hobi atau sekedar ingin berbagi, akan cenderung nge-blog dengan tanpa menghiraukan pengunjungnya dapat meningkat dalam waktu yang singkat atau tidak. Dan tipe yang kedua inilah yang dulu pada awalnya mendapat julukan blogger :).

    11 June, 2009 17:04

  • Salam kenal
    Karena saya masih nyubi.Menurut saya sih lebih baik menjalin silaturahmi dengan sesama blogger, Karena dari sesama blogger ada banyak hal yang bisa dipelajari, seperti saya yang saat ini lagi belajar menulis artikel yang berkualitas. Kadang-kadang masih comot sana, comot sini, modifikasi, dan yang original masih sedikit dan bobotnya juga masih low.

    11 October, 2009 21:00

  • mantap gan tulisannya.. sangat berguna bagi saya yang baru mengenal dunia blog... salam kenal gan..

    31 July, 2012 16:58

  • mas dulu pernah tuh baru limapuluh postingan di www.mihape.blogspot.com dan pageviesnya sampe 400/hr dn visitornya mpe 200an/hr, nah sekarang malah nurun :( semenjak ditambah postingan. jd mungkin penambahan postingan ngaruh ga ngaruh, meta tagnya pun sudah dikolaborasikan. tp sulit mengadakan situasi beruntung disaat pertama..

    02 August, 2012 09:25

  • Post a Comment

    Silakan tulis komentar sesuai pendapat pribadi kamu

    Back to Top
     

    kafe28 Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template | Top