21 June 2009

21 June 2009

3 Tips Memilih Template untuk Blog Utama

“Blog anda boleh punya segudang artikel bagus dan bermutu. Namun kalau kurang jeli dalam memilih template, bisa-bisa para pengunjung cuma mampir sebentar karena merasa kurang nyaman”.

memilih template blogSebegitu pentingkah memilih template yang baik dan membuat nyaman pengunjung? Silakan dijawab sendiri deh. Buat saya pribadi, faktor template/theme yang digunakan suatu blog cukup berpengaruh terhadap kenyamanan pengunjung. Baik itu pada saat mengaksesnya, maupun saat proses loading telah tuntas.

Saya sendiri kadang suka gemes ketika menemukan sebuah blog dengan tulisan-tulisan yang bisa dibillang bermutu/berbobot, namun sayangnya hal tersebut tidak diimbangi dengan pemilihan template yang baik.

Oleh sebab itu, kalau boleh memberi saran atau sedikit masukan, ada baiknya anda mempertimbangkan beberapa hal mendasar berikut ini ketika ingin memilih template untuk blog utama :

1. Pilihlah yang area postingnya bisa lebih cepat tampil saat diakses.

Sebisa mungkin, pilihlah template/theme yang loading area postingnya tampil terlebih dahulu sebelum bagian sidebar. Artinya, setelah bagian header muncul, maka diikuti oleh loading bagian area posting. Hal ini cukup penting agar pengunjung bisa segera membaca informasi/artikel yang dicarinya pada bagian kolom posting (sambil menunggu loading tuntas).

Ada beberapa template yang ketika diakses malah bagian sidebarnya duluan yang loading (mendahului loading area postingnya). Itu kurang baik untuk digunakan. Oleh sebab itu, sebaiknya jangan gunakan template tersebut untuk blog utama anda.

2. Pilihlah yang ketika diakses (dalam proses loading), area posting dan seluruh area blognya tidak diselimuti oleh warna tertentu.

Saya cukup sering menemukan blog yang ketika dalam proses loading, tampilan area posting dan bahkan tampilan keseluruhan blognya diselimuti oleh warna gelap tertentu. Biasanya berupa warna background utama blog tersebut.

Yang agak menjengkelkan, ketika area posting sudah tampil dan siap untuk dibaca, warna gelap yang menyelimutinya terasa cukup mengganggu penglihatan (karena proses loading belum tuntas). Efeknya bisa membuat pengunjung malas untuk membaca artikel di blog tersebut, terutama ketika loading halamannya sangat lama (menunggu semua elemen halaman tampil, baru selimut gelap tersebut hilang).

Nah, oleh karena itu, sebaiknya pilihlah theme/template blog yang ketika diakses, warna latar background-nya tidak ikut menyelimuti tampilan halaman. Dalam artian, ketika masih dalam proses loading, area posting bisa langsung dibaca dengan enak dan jelas (tanpa gangguan selubung warna latar blog yang menyelimuti).

Misalnya warna latar area posting adalah putih. Maka ketika diakses, tampilan area posting langsung berwarna latar putih. Contohnya seperti pada blog ini ketika dalam proses loading Tidak ada selimut warna tertentu khan?

3. Pilihlah yang tampilan huruf dan paragraf pada area postingnya nyaman di mata.

Untuk poin ini, hindari pemilihan theme/template yang ukuran font pada area postingnya terlalu kecil, jarak spasi antar baris yang terlalu rapat, warna huruf yang kurang hitam, jenis huruf yang kurang nyaman dibaca, dan bahkan tampilan paragraf yang terlalu melebar. Semua itu bisa membuat mata pembaca jadi cepat lelah sehingga malas untuk berlama-lama di blog tersebut.

Untuk blog berplatform blogger/blogspot, poin ini bisa diakali dengan cara sedikit memodifikasi kode html untuk area posting. Caranya yaitu dengan mengubah default ukuran font (font-size), jarak spasi (line height), jenis font (font-family), dan ukuran padding (jarak margin area paragraf dengan bagian tepi kolom posting).

***

Nah, saya rasa 3 tips di atas sudah cukup sebagai bahan pertimbangan dalam memilih theme/template untuk blog utama. Sebagian dari anda mungkin menganggap 3 hal tersebut kurang penting atau bahkan dinilai remeh. Namun buat saya pribadi, 3 poin tersebut jika diperhatikan akan semakin membuat pengunjung merasa lebih nyaman saat berada di blog kita.

Silakan ditambahkan jika ada masukan lainnya yang dirasa lebih penting.

Dukungan kontes >>> apa sih asyiknya belajar seo?

50 comments:

  • baru komen bos. :) pa kabar nih mas is? baru sempet BW saya. Meluncur kesini dapet masukan berharga tentang template. thanx banget mas.

    btw, untuk yang sudah terlanjur kayak saya gmn nih mas? Sudah blognya belum tentu bermutu, templatenya juga masih ala kadarnya :D
    tapi jangan bosen mampir ya bos he he he

    21 June, 2009 20:47

  • terima kashi mas ... tipsnya bagus sekali nih buat koreksi theme saya nantinya ...
    memang layout dari theme masih bisa ditoleransi, tetapi kalau dah mengenai besar, jenis huruf dan pewarnaan itu sudah wajib ... :D

    21 June, 2009 20:57

  • tidak bisa dipungkiri, template emank pengaruh banget mas. saya sejak ganti themes blog saya jadi dapat lebih banyak komen dan interaksi dari pembaca. (FYI dulu saya pake themes dengan background item dan sepertinya ga themes jenis ini ga bersahabat sama mata pembaca hehe)

    aniway, salam kenal yah mas . tengs dah mampir ke blog saya

    21 June, 2009 21:25

  • siipp..
    asal loadingnya gak berat dijamin pengunjung pasti senang dan nyaman...
    :D

    21 June, 2009 21:32

  • Hehehehe... mantap, templatre blog saya asal nyomot saja.

    22 June, 2009 06:23

  • punya saya udah bagus belum yah... hehe

    22 June, 2009 07:27

  • wah... tips yang luar biasa mas.... jujur mas... saya sekarang lagi cari-cari template blog tapi belum nemu2 yang cocok di hati... malah udah di tambah tips mas iskandaria juga nih... mantap deh...

    22 June, 2009 12:39

  • Wah gak pake nambah deh mas cz dah mantep tipsnya.. :)

    22 June, 2009 12:48

  • whaaa, thanks mas tipsnya, keren n bermanfaat bgt. blog saya kayanya termasuk yang diselimuti warna gelap itu hahaha....wah tapi terlanjur cocok dengan themenya je... kalo dioprek css-nya aja bisa ndak ya?

    22 June, 2009 14:04

  • trims infonya mas. bakal saya ingat-ingat n terapkan pas memilih template baru. btw kalo homepagenya pas didownload besarnya 249 kb itu termasuk berat ya? normalnya berapa mas?

    22 June, 2009 14:07

  • Makasih buat sarannya, kalau boleh tau saat mampir ke Infopemula gemes juga nih :D

    22 June, 2009 14:52

  • menurut mas
    template di http://rusabawean.com
    sudah keren
    atau???

    22 June, 2009 15:13

  • saya mah bikin template sendiri.. :D

    23 June, 2009 06:39

  • weh he he he

    klo saya cuma 3 yang jadi pijakan

    cepat diakses dan SEO friendly dan keren

    23 June, 2009 07:02

  • mantap nih tipsnya gan...
    bener banget tuh, themes itu ibarat elemen penting yg membuat rumah maya kita jadi keliatan good looking dan cepet loadingnya...

    23 June, 2009 09:12

  • ini yang pernah kepikir.
    thanks atas tipsnya.

    23 June, 2009 10:15

  • blogku udah masuk kriteria diatas belom ?

    23 June, 2009 14:27

  • @ Ravatar >>> kalo belum bosen sih jangan diganti. Tapi kalo pun punya rencana pengen diganti, sebaiknya backup dulu semua kode widget-nya dan juga beberapa link di menu sidebar. Tapi kalo template sekarang loadingnya cepet sih gak masalah yach.

    @ nomercy >>> saya sengaja tidak menyinggung masalah layout karena itu memang bukan hal mendasar (bisa ditoleransi). Begitu pula masalah desain. Yang terpenting ya 3 di atas itu kalo menurut saya :)

    @ Ferry Prima >>> nah, bener kan kalo faktor theme juga berpengaruh pada mood pengunjung :) Thx balik ya mas dan salam kenal juga.

    @ lagi usil >>> kalo trik menghilangkan selubung gelap saya belum ketemu caranya mas. Tapi kalo cuma pengen mengganti warna background sih bisa. Tinggal ubah kode warna pada CSS-nya. Tapi kalo emang ngerasa terlanjur nyaman dengan kondisi theme sekarang, ya gak perlu maksain diri buat diganti...hehehe (yang penting gimana kita dan pengunjung sama-sama ngerasa nyaman sebenernya).

    @ st hart >>> termasuk berat kayaknya. Normalnya sih sekitar 100-an KB aja. Tapi yang berat biasanya pada template blogspot/blogger. Kalo WP kebanyakan ukuran homepage-nya sekitar 100-an atau di bawahnya. Tapi tergantung kondisi widget di blognya juga sih.

    @ Infopemula >>> gak juga kok mas :)

    @ Rusa Bawean >>> template/theme di blog baru mas Ibnu keren kok menurut saya. Cuma sayangnya ada selubung coklat tua pas loading :) Tapi gak masalah kalo koneksi internetnya lagi kenceng. Yang jadi bikin sedikit bete cuma pas trafik lagi rame sehingga lelet....hehehe

    @ IHSAN >>> mantep banget tuh pijakannya! :)

    @ easy >>> kalo theme di blogdetik saya amati rata-rata lumayan masuk kriteria di atas mbak. Loadingnya cepet. Tampilan area posting juga nyaman banget. Sip deh.

    23 June, 2009 15:25

  • bener banget tuh mas....
    posting dah keren2 n top banget, tapi klo templetnya ga mendukung ya percuma aja dunk :D...

    nice info...
    salam kena ya mas :D

    23 June, 2009 16:00

  • @ Cara Buat Situs >>> salam kenal balik mas. Thx buat kunjungannya ya.

    24 June, 2009 13:52

  • kalo aku sih pilih yang enak diliat, malasah seo aku selalu lupa...

    24 June, 2009 17:41

  • Wah....
    Benar sekali mas...

    Template is number ONE........
    Hehehehe...

    25 June, 2009 14:53

  • betul boss, kulit adalah salah satu daya tarik utama. saya pribadi lebih suka yang ringan, blog yang berat biasanya langsung saya tinggal :)

    25 June, 2009 15:13

  • Kalau Boleh Di Ibaratkan ... Template Blog Itu ...

    Ya Seperti Wajah Wanita ....

    Misalkan Wajah, Kulit Tsb Boleh Di bilang Kinclong , akan Tetapi Ada Sedikit gangguan ...

    Maksud saya Gini Lho ...

    Misal Si A itu Wanita dengan Berkulitkan Putih , Manis, Bodynya BOHAiiiiiii..... , Namun Tetapi di muka tyuh ada Bintik2 Jerat dan Kulitnya tu ada bekas Luka Bakarr....

    Ya... Otomatis Si B ( Cowo ) , Yang Melihatnya Juga Segen Untuk Melihatnya ....

    wkwkwkwkwkwkkwkwk

    04 July, 2009 06:38

  • @ Rusa Bawean >>> kembali mas ^_^

    03 August, 2009 15:10

  • masih bingung milih template sampe sekarang.
    Terpaksa pake aja yang ada dari wordpressnya.

    17 November, 2009 04:16

  • --- kalau udh didownload,,, trus cara ganti pake yg didownload itu kok gagal mulu yaaah... *alias masih bingung* xiii

    04 December, 2009 21:48

  • @ iiN green >>> coba buka artikel tentang tips mengupload template blogger/blogspot (klik aja link yang saya bold ini).

    05 December, 2009 15:33

  • menarik sekali tips ini, menurut Mas Is ,kalau blog saya gimana ?
    repot atau susah nggak utk pembacanya?
    terima kasih utk bersedia menjawab pertanyaan ini, maaf merepotkan.
    salam.

    20 December, 2009 07:14

  • @ bundadontworry >> template dan tampilan area posting blog Bunda cukup nyaman buat pembaca. LOading juga lumayan cepet Bun. Bagus deh. Pokoknya no problem deh.

    20 December, 2009 15:55

  • contoh nyatanya y seperti blognya bang iskandar, kalo template saya bagaimana nih? udah memenuhi kriteria gak y ?

    13 January, 2010 17:32

  • Mas, mas Iskandaria engga bermaksud untuk nyepam tapi untuk yang point 1 Munculin loading artikel duluan itu tipsnya bisa dilihat di blog aku @ http://www.dindingcoret.com/2010/02/hati-hati-kesalahan-fatal-pada-template.html

    28 March, 2010 03:18

  • @ eldo :
    Wah, makasih banyak nih buat referensi artikelnya. Itu bukan nyepam namanya, tapi membantu/melengkapi artikel :)

    28 March, 2010 15:55

  • Ada saran ngga, kira2 template apa ya yg tampilannya bagus tp ukuran nya kecil..
    n klo bisa mendukung seo..

    template yang saya pakai termasuk template gagal soalnya..

    11 April, 2010 11:03

  • karena blog ane buatnya baru kemarin, saya saat pake template thesis mas hasil editan juragan.blogspot.com

    13 October, 2010 14:34

  • saya masih baru tahap cari2 template yg cocok, mas! bisa tolong dibantu kira2 template mana ya yg cocok buat blogku?

    25 October, 2010 19:25

  • memang benar mas, untuk pemilihan theme sebuah blog apalagi untuk sebuah blog bisnis internet perlu mendapat perhatian, karena ini berhubungan dengan kenyamanan pengunjung kita selama berada di blog, kalo mereka merasa betah, kemungkinan untuk kembali lebih besar, thanks share informasinya dan sukses untuk anda

    13 December, 2010 07:08

  • betul..betul..betul..

    pengunjung adalah raja, yang penting pengunjung nyaman

    19 January, 2011 22:53

  • Kalau menurut saya Yang paling penting Ramah Search Engine gan,,,, Disamping juga harus good looking atau enak dipandang...

    01 March, 2011 10:46

  • kasi contoh nama themenya juga donk bos.
    blogger

    22 March, 2011 21:14

  • Menjual branded shoes secara online dengan harga lebih murah dari toko
    sepatu on line

    22 March, 2011 21:16

  • Makasih Gan..infonya, sangat bermanfaat bagi ane.

    30 August, 2011 19:33

  • Kira2 template ane uda cocok blum ya buat tema Cafe...?
    Lumayan bnyak sich menunya ada Kopi Luwak (Luwak Coffe) dan bnyak lagi gan....
    kalo mau mencicipi mampir aja gan ke Cafe Ane...
    Salam Kenal Gan...

    20 December, 2011 07:41

  • kalo template udah oke gimana niy utk menaikkan rangking nya//

    09 January, 2012 22:35

  • Setuju banget, ada tambahan mungkin lebih baik tidak usah menggunakan sidebar karena menurt saya itu tidak menting... yang penting itu adalah konten....

    07 November, 2012 15:59

  • kalau saya pakai template bawaan blogspot kang, karena lebih simpel tapi menarik :D

    13 November, 2012 02:52

  • nomor tiga saya setuju gan !! karea memang yang kita cari juga pengunjung dan pembaca !! jadi pilihlah yang tampilan huruf dan paragraf pada area postingnya nyaman di mata, itu sangat penting !!

    30 March, 2013 14:47

  • Post a Comment

    Silakan tulis komentar sesuai pendapat pribadi kamu

    Back to Top
     

    kafe28 Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template | Top