09 June 2009

09 June 2009

4 Manfaat Memasang Widget Stat Counter pada Blog Anda

stat counterWidget stat counter adalah tools untuk merekam dan sekaligus menampilkan data statistik yang berkaitan dengan trafik blog/website (dalam kurun waktu tertentu).

Pada blog dengan hosting berbayar, biasanya tools ini sudah disediakan oleh pengelola hosting (dalam menu cPanel atau admin area). Efeknya, si pemilik blog biasanya merasa tidak perlu lagi memasang/menggunakan tools dari sumber lain sebagai alat pemonitor trafik blognya.

Itulah mengapa banyak sekali blog dengan hosting sendiri jarang ditemukan adanya widget stat counter pada bagian sidebar atau footer-nya.

Sedangkan pada blog yang masih berhosting gratisan (seperti di blogger), masih banyak pula saya temukan yang tidak punya widget stat counter ini. Entah karena memang tidak menganggap penting, tidak tahu mengenainya, ataupun merasa kurang pede jika harus memasangnya. Padahal sebagian dari mereka justru sudah memasang widget alexa rank dan juga widget pagerank pada blognya.

Artinya, pemasangan kedua widget tersebut mencerminkan bahwa sang pemilik blog cukup menaruh perhatian pada tools penakar perkembangan blognya. Lantas, kenapa mereka tidak mau memasang widget stat counter yang juga bisa berfungsi untuk memonitor perkembangan blog mereka?

widget stat counter
Apakah juga penting memasang widget stat counter pada blog? (selain widget alexa dan pagerank). Sebelum memberikan jawaban, saya harap anda menyimak 4 manfaat memasang widget stat counter pada blog anda, yaitu :

1. Memberikan informasi trafik secara cepat pada anda sebagai pemilik blog, tanpa harus repot-repot login.

Anda cukup mengakses blog anda dan kemudian melihat/membaca data statistik yang berhasil direkam oleh widget stat counter yang telah dipasang pada sidebar (jika berupa histats). Atau cukup mengklik icon widget tersebut (jika berupa sitemeter).

Nah, bukankah jauh lebih praktis ketimbang harus login terlebih dahulu ke cPanel? (jika berhosting sendiri). Jika berhosting gratisan, tentunya akan lebih penting lagi memasang widget stat counter ini. Sebab biasanya widget ini tidak disediakan oleh penyedia hosting gratis, sehingga harus menggunakan tools dari luar.

2. Memudahkan pengunjung lainnya memperoleh informasi real mengenai statistik trafik yang terjadi pada blog anda pada waktu tertentu.

Hal ini penting jika anda ingin agar pengunjung lebih punya gambaran atau indikator untuk menilai kondisi/perkembangan blog anda. Selain melihat data pada widget alexa rank dan pagerank, pengunjung biasanya juga tertarik untuk menyimak data trafik dan page view harian yang terekam pada widget stat counter. Nah, jika widget tracker tersebut tidak ada, pengunjung biasanya merasa blog anda kurang terbuka mengenai data real yang berkaitan dengan statistik trafik blog anda.

3. Menguatkan kepercayaan dan keyakinan pengunjung jika blog anda memang benar-benar blog yang populer dan punya trafik harian tinggi.

Anda boleh saja mengklaim bahwa blog anda punya trafik harian yang tinggi atau sering menjadi juara SEO untuk banyak keyword populer. Termasuk mengaku sebagai “BLOG SEO” atau “tempat belajar SEO”. Namun jika tanpa disertai bukti akurat berupa widget stat counter yang menampilkan statistik harian trafik blog anda, maka klaim atau pengakuan sepihak anda tersebut patut diragukan.

Jadi, buat blogger yang SEO oriented atau menamakan blognya sebagai blog SEO/tempat belajar SEO (sering memberikan tutorial SEO), saya sarankan untuk memasang widget stat counter semacam histats atau sitemeter (pada sidebar).

Atau jangan-jangan ada kekhawatiran jika sewaktu-waktu ternyata trafik blog anda sangat rendah dan ketahuan oleh pengunjung lewat widget tracker tersebut, sehingga anda merasa kurang pede untuk memasangnya? Artinya, anda khawatir citra blog anda sebagai blog SEO akan rusak atau berkurang di mata pengunjung?

4. Memberikan informasi secara mudah dan cepat bagi para calon pemasang iklan yang tertarik beriklan di blog anda.

Jika ternyata blog anda bertrafik tinggi, tentunya berpotensi untuk menarik calon pemasang iklan. Apalagi jika tema atau konten blog anda sesuai dengan produk/jasa yang dimiliki oleh calon advertiser. Bayangkan jika tidak ada widget tracker semacam stat counter. Calon pemasang iklan jadi tidak punya gambaran untuk menilai trafik blog anda yang sesungguhnya. Ujung-ujungnya, kemungkinan ia merasa kurang yakin untuk beriklan di blog anda. Dan akhirnya tidak jadi beriklan. Nah, sayang sekali kan kalau begitu?

Dari 4 manfaat memasang widget stat counter pada blog yang telah saya uraikan di atas, mudah-mudahan rekan blogger sekalian bisa sedikit memperoleh inspirasi. Jika ada pendapat saya yang kurang disetujui, silakan tulis komentar anda pada kolom komentar di bawah ini.

Atau mungkin anda masih merasa keberatan untuk memasang widget stat counter ini? Kira-kira apa alasan keberatan anda? Bagi yang ingin memasang, saya sarankan untuk memilih widget histats atau sitemeter. Kedua widget tersebut cukup banyak digunakan oleh blogger dan cukup bisa dipercaya keakuratannya.

Dukungan kontes >>> apa sih asyiknya belajar seo?

51 comments:

  • Sebenarnya cukup banyak Tools yang digunakan untuk memonitor traffic sebuah situs atau blog. Salah satunya yang anda tulis diatas. Kalo saya sendiri tidak perlu banyak2 tool lah karena memberatkan loading dari blog ketika dibuka oleh pengunjung. dengan Google Analytics dan feed count saya kira sudah cukup untuk memonitor perkembangan traffic blog saya

    09 June, 2009 11:52

  • oww.. begitu to mas.. lawong saya pake widget itu cuma tak buat pantes-pantes biar seperti punya orang-orang gitu.. heheheh...
    tapi biarpun trafiknya juelek banget tapi saya pede kok..

    09 June, 2009 12:18

  • Thanks mas infonya, saya juga masih belajar nich tentang blog dan para pendukung seperti traffic monitoring, seo dan tetek mbengeknya hehe...

    09 June, 2009 13:25

  • @ luacis >>> pendapat saya dalam opini di atas lebih kepada anjuran untuk lebih memudahkan para pengunjung blog kita untuk mengetahui gambaran trafik real yang terjadi pada blog kita dalam waktu tertentu.
    Kalaupun kita sudah cukup puas menggunakan tools yang tidak dipasang sebagai widget, saya kira tidak masalah. Namun jika ingin lebih mempermudah memantau trafik tanpa harus repot-repot, saya kira penggunaan widget sangat membantu.
    Masalah loading jadi berat, itu sangat relatif sih menurut saya.

    @ kucrit >>> lama-lama kan juga naik tuh trafiknya. Blog saya trafik awalnya juga rendah banget lho (cuma belasan visitor per harinya). Yang penting pede aja lagi..hehehe

    @ IYeeS >>> saya juga masih belajar. Jadi kita sama-sama belajar aja yach :)

    09 June, 2009 13:41

  • pengetahuan yang menarik...mempelajarin trafik lebih mendasar untuk mempermudah dalam pengusaan blog......

    09 June, 2009 14:48

  • betul cekali..hehehehe matur nuwun mas infone

    09 June, 2009 15:27

  • opo yo? kalo misale kita bikin blog bukan untuk orientasi nyari duit kira-kira reputasi yang dibangun lewat data statistik itu penting gak mas?

    saya sendiri sampe sekarang blom tertarik masang begituan. *alasan sebenarnya adalah blog saya gratisan, jadi ndak bisa, trus TR dan PR masih malu-maluin*

    09 June, 2009 16:24

  • @ mas stein >>> kalo ngeblog sekedar buat curhat atau cuma buat menyalurkan hobi nulis (tanpa ada niat untuk dimonetisasi) kayaknya nggak penting mas pasang widget beginian.
    Dan kalo hosting gratisan di wordpress.com kayaknya nggak bisa ya masang widget seperti ini. Kasian juga...hehehe

    09 June, 2009 16:36

  • menurut pendapat saya, stat counter tidak ditujukan kepada pengunjung ... maksudnya, stat counter kan lebih digunakan oleh pemilik situs saja, jadi rasanya tidak perlu ditampilkan ...

    untuk situs manapun, baik hosting berbayar atau yang gratis tetap memerlukan stat counter sebagai pemantau perkembangan situsnya ...

    09 June, 2009 18:02

  • ditampilkan ato tidak, akan beragam jawaban dari pemilik blog.
    masalah PD ato nggak, ya ditampilin aja, namanya juga proses,

    lha ini mas iskandar PR 2, jauh ketimbang saya yang masih piyik hehe..
    sukses ya mas Iskandar

    10 June, 2009 00:25

  • kalo gue yang penting pasang widget alexa, biar ranking alexa nya makin langsing, hehehehhe...

    10 June, 2009 08:14

  • Saya sependapat dengan Mercy...StatCounter itu atau statistik lainnya ditujukan bagi si pemilik website/blog untuk menganalisis blog/websitenya...jadi bukan untuk pengujung...tapi kalau mau dilihatkan ke pengunjung sih boleh juga...biasanya untuk blog/website yang jualan spot iklan

    10 June, 2009 12:13

  • wah klo saya justru malah ketahuan memiliki pengunjugn dikit

    kan malu?

    tapi ga' apa2 lah

    untuk aksesoris gaya2an di blog aja

    10 June, 2009 13:01

  • Kalo Helda beralasan ngga make widget Statcounter yg utk dipajang di halaman blog, karena saya sering ke halaman blog saya sendiri, Om.
    XD
    Soalnya kan kunjungan kita sendiri dihitung oleh Statcounter, beda sama WPStat.

    *Tipe-tipe perfeksionis gini nihh..

    10 June, 2009 14:55

  • @ blogpreneur >>> silakan mas. Tapi kayaknya belum pantes jadi referensi deh..hehe

    @ nomercy >>> memang sih manfaat utamanya tetap buat diri sendiri (pemilik blog). Tapi jika ingin lebih terbuka pada pengunjung dan ingin membuat blog lebih terlihat hidup, saya rasa perlu dipasang mas. Apalagi jika blog kita ingin dimonetisasi (entah sekarang atau suatu saat nanti). Soalnya kadang pengunjung tertentu juga butuh gambaran real trafik yang terjadi pada blog kita untuk menilainya.

    @ Pencerah >>> soal tambah berat atau tidak, itu sangat relatif mas. Tergantung banyak atau sedikitnya widget lain yang ada di blog kita. Juga tergantung kecepatan koneksi tempat kita mengakses internet :)

    @ candradot.com >>> ah, blog saya ini juga masih proses kok mas. Trafik harian aja masih di bawah 150. Tapi saya tetep pede aja lagi. Pas awal ngeblog juga saya langsung pasang widget ini, walau jumlah pengunjung per harinya masih belasan...hehehe (namanya juga mau bikin tambah semangat ngeblognya). Soalnya kalo liat angka trafik harian makin naik, saya makin semangat untuk terus rajin posting dan blogwalking. Makasih ya mas.

    @ herry >>> widget alexa emang paling penting untuk dipasang jika pengen naikin rangking blog kita. Tapi kalo bisa sih, pasang juga widget histats atau sitemeter, biar blog kita tambah hidup jadinya.

    @ DBS PULSA >>> pendapatnya ada benarnya juga. Tujuan utamanya memang untuk pemilik blog sendiri. Namun untuk jenis blog tertentu, widget ini wajib ada sebagai salah satu parameter penilaian kualitas blog tersebut. Selain untuk lebih memancarkan kesan terbuka pada para pengunjung akan trafik real blog tersebut. Terlebih lagi buat blog yang jualan spot iklan seperti yang mas bilang. Thx.

    @ IHSAN >>> pengunjung blog saya kan masih sedikit juga. Tapi saya pede aja lagi. Yang penting bagi saya bisa lebih mudah memantau perkembangan trafik setiap kali online dan mengakses blog saya. Dan saya juga ingin lebih terbuka kepada para pengunjung. Masalah terkesan buat gaya-gayaan, itu sih tergantung niat yang masang aja. Kalo saya bukan buat gaya-gayaan kok (karena lebih untuk memberi kemudahan informasi saja).

    @ Helda >>> memang sih, kelemahan stat counter gratisan adalah ketika sang pemilik blog berkunjung ke blognya sendiri, maka akan dihitung juga. Tapi hitungannya kan tetep satu kali aja per hari (istilahnya dihitung per unique visitor). Jadi nggak terlalu berpengaruh pada data trafik yang berhasil direkam dalam sehari. Kurangin satu aja kalo gitu (untuk mengetahui trafik sesungguhnya dalam sehari tanpa termasuk kunjungan kita sendiri).

    10 June, 2009 19:18

  • Saya sangat setuju mas. Sepenuhnya stat itu bukan untuk gaya2an melainkan BENAR2 MENCOBA JUJUR kepada visitor tnpa takut d anggep apapun. Selain itu, adanya stats tersebut memberi kemudahan bagi para advertiser yg mengecek statius blog kita shingga tdk mengecewakan. pada intinya melihat perkembangan blog sndri itu sngt memuaskan.. :)

    10 June, 2009 21:04

  • widget stat kadang ngawur.. tapi nek buat ikutan review atau jualan link secar langsung dg advertiser seperti saya, cukup membantu dalam pengecekan :D

    10 June, 2009 21:55

  • kalo pasang saya udah mas... walaupun start numbernya bisa disetting, saya pilih set alamiah aja dari 0. Pengin liat perkembangannya secara alami dari waktu ke waktu. Hanya memang tampilan yang saya pilih hanya menampilkan jumlah kunjungan ke blog ku.
    Infonya mantap mas, jadi lebih ngerti aku :D

    11 June, 2009 08:49

  • Terima kasih ya mas infonya, saya masih belajar (newbie) jadi belum begitu paham, tapi terima kasih infonya bermanfaat banget!

    11 June, 2009 12:58

  • saya baru memulai posting kembali. melihat beberapa blog kawan2, histat counter ternyata sudah aktif kembali, terus saya pasang itu stat, selain buat aksesoris blog, juga buat ke empat manfaat di atas

    13 June, 2009 07:30

  • @ munawar am >>> wah, kang nawar udah nongol ternyata. Kangen juga nih dengan komentar-komentar kang nawar. Semoga tetep semangat ya ngeblognya.

    17 June, 2009 13:46

  • meski pake hosting berbayar saya tetep pasang..
    enak aja ngeliatnya kalo angkanya bagus.
    hehehe..

    26 June, 2009 19:56

  • @ apurie >>> hehehe. Bener banget tuh mas :)

    28 June, 2009 09:55

  • Wah, keren bangget infonya mas ...
    Keep posting mas!

    24 July, 2009 23:58

  • Mas pingin tanya, kalo masang histats di widget wordpress gratis saya gimana ya??? apa harus pake plugin ato apa? bingung masih baru.. Thanxs

    10 August, 2009 16:11

  • @ Nia >>> wah, kalo di wordpress gratisan sih kayaknya emang gak bisa mbak. Soalnya WP dot com kurang mendukung javascript. Dan kode histats kan pake javascript tuh. Tapi untuk WP gratisan kan udah ada stat counternya kalo gak salah.

    16 August, 2009 15:39

  • wah... ternyata ini manfaat dibalik masang visitor counter,

    kalau aku buat obatin rasa penasaran... sip. :)

    salam kenal.

    04 October, 2009 13:43

  • @ izzy >>> salam kenal juga yach. Makasih sudah begkunjung ke blog ini.

    04 October, 2009 17:31

  • tujuan utama saya memasang widget stat counter macam gini juga untuk melihat perkembangan blog saya bang.

    jadi semangat ngepost klo banyak yg berkunjung

    26 October, 2009 21:41

  • @ ianto >>> saya juga jadi semangat kalo begitu mas. Makasih ya sudah berkunjung ke sini. Salam kenal.

    26 October, 2009 22:26

  • semuanya kembali pd selera masing2, klo ingin berbagi info trafik site kita ke pengunjung layak utk memasang stat counter atau trafic widget apa aja ke blog kita, mnrt saya itu sekaligus bs mnjadi nilai tambah utk meningkatkan kepercayan pngunjung kpd blog kita. :Dv

    04 November, 2009 21:31

  • makasih infonya mas:) memang lagi nyari info stats contre

    08 December, 2009 18:20

  • @ MasEdi >> setuju banget mas. Thx ya buat pendapatnya. Kepercayaan pengunjung memang bisa kita bangun lewat keterbukaan terhadap trafik real blog kita.

    08 December, 2009 19:37

  • saya belum pede pasang widget stat ku bang, visitorku msih dikit :D

    09 December, 2009 22:39

  • @ pancallok >> ah, terlalu merendah tuh kayaknya :) Kan situ jagoan SEO? hehehe

    10 December, 2009 12:47

  • postingan menarik..
    wah bisa tau yang datang ke blog nih. meski rating nya jeblok he he he.
    thank's buat infonya yaa..

    18 December, 2009 23:31

  • @ wibowo >> biar lagi jeblog, cuek aja mas. Jadikan aja sebagai motivasi untuk lebih meningkatkannya lagi..hehehe. Makasih ya.

    19 December, 2009 17:17

  • makasih buanget tips dan infonya...:)

    22 October, 2010 23:27

  • blog ku baru, malu kalo mw pasang site meter, lum ada visitornya : (

    29 November, 2010 16:36

  • salam kenal .
    thanks udda berbagi .

    28 January, 2011 11:41

  • Betul betul,,, ane setuju dengan anda gan,,, widget ini sangat penting untuk memonitor hasil dari SEO yang kita lakukan...

    01 March, 2011 10:57

  • aku make banyak checker, emang seneng klo lihat hari demi hari naik walopun kadang bisa g nambah sama sekali, hehehehehe

    15 May, 2011 09:33

  • akan saya coba nanti di blog saya,
    nice share.

    13 July, 2011 14:29

  • bener banget...kita harus bolak balik login. tq infonya

    21 December, 2011 07:19

  • Post a Comment

    Silakan tulis komentar sesuai pendapat pribadi kamu

    Back to Top
     

    kafe28 Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template | Top