18 June 2009

18 June 2009

4 Tips Ampuh untuk Mempertahankan Semangat Ngeblog Anda

blogging spiritSalah satu penghambat kemajuan sebuah blog ialah ketika sang pemiliknya merasakan penurunan semangat ngeblog pada masa tertentu. Penyebabnya bisa macam-macam. Sebenarnya itu sesuatu yang sangat wajar. Namun jika penurunan semangat tersebut berlangsung dalam waktu yang cukup lama, tentunya akan berpotensi menghentikan perkembangan blognya. Minimal akan memperlambat kemajuan blog yang bersangkutan.

Nah, bagaimana tips agar semangat ngeblog kita tetap bisa menyala dan senantiasa terpelihara?

1. Pasanglah widget-widget pemonitor atau penakar perkembangan blog.

Contohnya seperti widget alexa rank, pagerank, atau pemonitor trafik seperti histats dan sitemeter. Bisa juga yang punya fitur lengkap seperti extremetracking. Termasuk widget pemonitor live traffic seperti feedjit (yang bisa memberikan data artikel apa saja yang pengunjung baca dan dari media apa saja mereka datang ke blog kita).

Lalu, buat apa memasang widget-widget tersebut pada blog kita? Sebatas gaya-gayaan kah? Atau sekedar aksesoris pemanis? Tentunya tidak demikian. Keberadaan widget-widget tersebut bisa membuat blog kita jadi terasa lebih hidup. Setiap kita mengaksesnya pun, kita jadi tetap semangat untuk terus meningkatkan nilai atau angkanya. Efeknya, kita jadi terdorong untuk tetap rajin blogwalking dan terus meng-update konten blog kita secara berkala.

2. Coba pasang target jumlah trafik/visitor harian yang ingin dicapai dalam waktu tertentu.

Misalnya dalam 3 bulan ke depan, 6 bulan ke depan, atau bahkan setahun ke depan. Hal ini sangat ampuh bin mujarab untuk tetap mengobarkan semangat ngeblog kita yang mungkin sempat surut atau jeblok. Dengan punya target jangka panjang (atau menengah), kita biasanya jadi termotivasi untuk mencapainya.

Sekedar memotivasi diri sendiri, saya pribadi punya target untuk meningkatkan jumlah pengunjung harian blog ini menjadi 200-an visitor/hari dalam waktu 3 bulan ke depan. Cukup realistis saya kira

3. Coba niatkan bahwa setiap tulisan yang kita posting adalah untuk berbagi atau sekedar menyalurkan hobi menulis.

Dengan demikian, ketika kita menemui kenyataan bahwa postingan kita ternyata minim respon berupa komentar, semangat ngeblog kita tidak akan menurun drastis. Kita sudah merasa cukup puas jika telah berhasil menulis sesuatu yang sekiranya bermanfaat bagi pembaca/pengunjung. Atau cukup puas karena telah menyalurkan uneg-uneg pribadi kita untuk konsumsi publik.

4. Cobalah secara rutin memposting tulisan hangat untuk menguji penerapan ilmu SEO yang kita miliki.

Salah satu hal yang sering membuat semangat ngeblog jadi kendur ialah ketika kita terlalu idealis dalam memilih tema tulisan yang akan diposting. Termasuk terlalu membatasi jenis artikel yang ingin ditulis.

Berkomitmen untuk membangun niche blog sebenarnya sangat baik. Namun buat apa jika pada akhirnya malah membuat perkembangan blog kita jadi terhambat? Buat apa jika akhirnya membelenggu kreativitas?

Oleh karena itu, tidak ada salahnya berkomitmen untuk memposting tulisan hangat secara berkala (misalnya seminggu sekali). Di situlah ilmu SEO yang kita miliki akan diuji. Ketika tulisan hangat yang kita posting ternyata menuai banyak kunjungan dari search engine, biasanya akan menimbulkan suatu gairah atau semangat yang menyala-nyala untuk tetap mengulang kesuksesan yang sama di masa-masa selanjutnya.

Nah, itu artinya, semangat ngeblog pun akan bisa tetap terpelihara. Sebab kita termotivasi untuk terus mempraktekkan dan menyempurnakan penerapan teknik SEO yang kita ketahui. Untuk kemudian membuktikan efektivitasnya. Itulah salah satu asyiknya belajar SEO.

***

Sementara ini cukup 4 tips saja yang bisa saya bagikan buat rekan-rekan blogger sekalian. Semua tips tersebut adalah hasil pengalaman pibadi saya sendiri. Jadi sudah saya praktekkan. Dan hasilnya lumayan efektif untuk tetap mempertahankan semangat ngeblog saya sampai saat ini

Bagaimana dengan anda sendiri? Punya tips lain?

Dukungan kontes >>> apa sih asyiknya belajar seo?

40 comments:

  • tips yang sangat menarik untuk dicoba mas...
    terutama saya suka pada point ke tiga mas... ngeblog sudah sudah jadi hobby saya sekarang... :D

    nice post...

    18 June, 2009 16:16

  • apalagi klo penghasilan lewat blog makin nambah..
    pastinya juga makin semangat :P

    18 June, 2009 16:46

  • siip mas... tipsnya.. memang kadangkala ngblog membosankan, semoga tipsny sampean bisa manfaat..

    18 June, 2009 20:42

  • yup
    ini emang tips keren

    aku suka yang nomor 4 mas
    hehehe
    :)

    19 June, 2009 00:47

  • tips keempat paling ampuh mas, sayangnya akhirnya latah, cuma modal kopi paste thok yang penting blog laku. rada njijiki kalo buat saya :))

    19 June, 2009 13:04

  • @ T. Wahyudi >>> apa pun kalo didasari oleh hobi dan kesenangan, hasilnya pasti bakalan bikin enjoy ya mas :) Thx buat kunjungan baliknya.

    @ Grand Paragon >>> itu salah satu yang bikin makin semangat...hehehe

    @ kucrit >>> membosankan kalo sekedar rutinitas tanpa ruh atau nyawa :)

    @ Rusa Bawean >>> saya juga suka mas :) Soalnya bikin kangen pengen mengulang kesuksesan yang sama ketika berhasil menjaring banyak visitor dari SE lewat postingan nembak keyword, kayak ulasan film Ketika Cinta Bertasbih, Kisah Pembebasan Manohara, dsb :)

    @ mas stein >>> nggak semua blogger kok kayak gitu mas. Tapi kebanyakan cuma mau gampangnya aja (maen copas, yang penting trafik rame). Parahnya, banyak yang sengaja menjebak/menipu lewat manipulasi judul dan isi postingan yang cuma kumpulan keyword (dengan tata bahasa yang sangat rancu). Itu yang sangat saya tidak sukai. Kalo saya pribadi mah Insya Allah nggak akan seperti itu mas. Silakan dibuktikan dengan membaca beberapa artikel hangat yang saya posting di blog ini :)

    19 June, 2009 13:43

  • posting tiap hari mas.. jadi semangat terussssss

    19 June, 2009 15:32

  • bener banget mas.. widget itu yang bisa bikin semangat tapi mahkluk seo ini agak njelimet ya kan mas hengky.. ketemu lagi disini :)

    19 June, 2009 17:28

  • setuju banget saya ...
    memang ada suatu waktu kita ini capek, entah itu capek nulis (apalagi kalau mesti nulisnya melalui keypad hape yang mungil kecil imut-imut) atau juga memang capek pikirannya ... harus ada sesuatu sebagai penyemangat ... pendorong yang dapat membuat kita bergairah kembali untuk menulis ... kalau memang dirasakan butuh, refreshing juga perlu ...

    /* kok google analytics gak dimasukkan kan ya? ... secara detil g.a termasuk yang paling akurat, apalagi kebanyakan netter lokal memakai google sebagai basis pencarian di internet */

    19 June, 2009 18:29

  • thanks bgt mas iskandar nih atas trik membuat semangat blogging...

    Saya jg sependapat bahwa jika memang mencintai blogging untuk sharing kita bs saja tdk memperhatikan niche namun tetap ter-update...

    19 June, 2009 20:13

  • saran pasang widget cewe2 cantuk hohoh...

    19 June, 2009 21:36

  • sudah saya coba, dan mudah-mudahan saya tetap semangat di tengah persaingan yang semakin ketat

    20 June, 2009 08:42

  • @ nomercy >>> bener mas, refreshing sekali-kali juga penting, biar nggak sekedar rutinitas belaka. Wah, google analytics belum terlalu sering saya gunakan mas soalnya :) Kayaknya perlu juga tuh dimasukin. Ntar deh saya uji seberapa akurat, soalnya saya belum lama sih masang kode html-nya di menu CSS template blog ini. Thx buat masukannya.

    @ the fachia >>> tuh kan, yang terpenting sebenernya gimana biar tetep ter-update secara rutin. Daripada sampe berminggu-minggu gak ada posting sama sekali...hehehe

    @ manusiahero >>> wah, boleh juga tuh, biar tambah betah pas liat blog kita sendiri...wkwkwkw

    @ munawar am >>> saya liat kang nawar cukup rutin posting tulisan hangat. Itu bagus. Semoga makin mahir ya SEO-nya :)

    20 June, 2009 12:31

  • Semangat nge-blog saya akhir-akhir ini menurun drastis, Om, apalagi buat helda.info.
    Alexa Rank-nya jg turun drastis, pengunjung, dan komentar juga.
    :(

    20 June, 2009 19:44

  • yap, mantap..
    kesenangan tersendiri buat saya adalah bisa berkawan dengan banyak orang. Ngadain kontes juga :)
    Sekarang nih sedang ngadain kontes...

    20 June, 2009 21:37

  • @ Hellda Remaja >>> wah, kok malah turun yach, padahal Hellda kan rajin update konten blognya. Kayaknya mesti lebih gencar lagi tuh SEO-in artikel-artikelnya. Termasuk lebih gencar lagi blogwalking kali yach :)

    @ AzzaaM >>> itu salah satu yang bikin tetap semangat (punya hubungan/relasi yang luas dan baik dengan sesama blogger dan ikutan kontes ngeblog).

    @ Kumpulan hikmah republika >>> selamat mencoba ya.

    21 June, 2009 14:44

  • emank ga bisa dupungkiri penurunan semangat berpengaruh sama penurunan kualitas artikel juga :)

    kira2 sekarang pengunjungnya dah berapa mas?? saya punya target dalam 3 bulan ke depan saya bisa punya 100 pengunjung/hari juga. semoga kita sama2 bisa mencapai target kita yah

    21 June, 2009 21:28

  • @ Ferry Prima >>> bener mas. Kalo semangat menurun, kadang juga suka berpengaruh pada kualitas tulisan yang kita hasilkan yach. Kalo jumlah pengunjung harian blog saya sampai saat ini sekitar 100-an/hari mas. Tapi saya optimis, dalam 3 bulan ke depan, jumlah rata-rata visitor per harinya bakalan nambah :)

    22 June, 2009 12:09

  • "Coba pasang target jumlah trafik/visitor harian yang ingin dicapai dalam waktu tertentu" target ce sudah terpasang, tapi ningkating pengunjung yang susah hiks

    22 June, 2009 16:11

  • Salam kenal, semoga bisa menjadi sahabat.

    Sekedar info dan Minta dukungan nya untuk kontes SEO stop dreaming start action dengan hadiah yang cukup menarik. sebesar Rp. 25 juta rupiah

    Terima kasih sebelumnya jika berkenan melakukan kunjungan dan komentar balik.

    24 June, 2009 09:29

  • nice article.. Semoga aja ini bisa menjadi semangat baru bagi saya...

    Anyway, banyak hal yang bermanfaat saya dapatkan di sini. Baru tau saya kalau ada blog yang bisa memberi inspirasi warna baru.

    salam kenal
    mymoen.com

    26 June, 2009 15:02

  • Kalau saya dengan maksud membahagiakan netter yang mengunjungi blog saya, jadi saya menjadi semangat membuat posting

    30 June, 2009 12:59

  • Sip...thanks untuk tips-nya...tetap semangat Boz... :)

    07 July, 2009 10:51

  • duh.. saya malah lagi kendur ngeblog mas.. apalagi ada kerjaan ofline yang padat.. tambah kedur ajah nie.. ngeblognya

    09 August, 2009 18:42

  • Ada benernya juga, masang widget statistik semacam feedjit dapat memompa semangat ngeblog. Saya sendiri pernah mengalami hal ini...

    26 November, 2009 10:43

  • @ Gilang >>> wah, ternyata pengalaman kita sama ya mas :D

    26 November, 2009 15:47

  • dari 4 buah tips diatas , saya hanya menjalankan yg no.3 saja, krn nggak ngerti yg lain, apalagi SEO segala, langsung kliyeng2....
    salam.

    15 December, 2009 13:01

  • yakin dan usaha itulah kuncinya dan baca baca kisah motivator.. betul kan ?

    20 December, 2009 12:16

  • Blogging memang harus sabar, baru nanti sampai level tertentu baru ada incomenya.

    22 December, 2009 15:09

  • intinya semangat terus yamas jangan putus asa ya mas

    21 February, 2010 02:23

  • Belajar seo mendatangkan traffiq dan ikut kontes seo selalu membuat semangat untuk ngeblog..pasti semangatnya luar biasa malah akan terus membuat blog baru untuk mendukung artikel kontes kita, kalau tetap ga semangat juga berarti tidak cocok menjadi penulis cocoknya bekerja di offline.
    syarat untuk berbisnis online yaitu senang menulis dan membaca serta belajar ilmu marketing termasuk seo karena teknik seo ini adalah bagian dari marketing. mantab nih artikelnya.

    saya setuju pada poin 4. Cobalah secara rutin memposting tulisan hangat untuk menguji penerapan ilmu SEO yang kita miliki. dulu saya sangat idealis membuat blog dengan topik yang sama lama-lama sangat membosankan dan monoton dan traffiq blog paling tinggi 800 sehari itupun sangat jarang tercapai rata2 400/500 perhari setelah saya keluar dari idealis saya. Sungguh mencengangkan traffiq blog meningkat bahkan pernah menembus angka 4000 dan sekarang Alhamdulilah sudah mulai stabil diangka 1000/1500 perhari dan sekarang saya menulis berpatokan pada hasil pencarian google saja.

    Salam Mas IS Apa khabar? maaf terlalu panjang komennya nih dan maaf juga jadi jarang berkunjung karena sering keluar negeri...hahaha demi mencari sesuap backlink bela - belain sampai keluar negeri.

    13 April, 2010 01:02

  • @ negeriads : kabar saya baik saja mas. Trims buat tambahan sharingnya. Salut deh sudah bisa mendatangkan banyak pengunjung. Oya, blog saya sekarang pindah ke kafegue.com untuk topik blogging-nya.

    14 April, 2010 15:55

  • mungkin ada tambhan buat point 5 sering blog walker...mmungkin setlh melihatblog orang trus memiliki gairah blogging lagi...

    09 May, 2010 08:31

  • Semangaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaat.
    saya kalau hilang semangat ngeblognya ya blogwolking ke para master blog. setelah kelilin dan melihat blognya para master yang SEO friendly dan juga menghasilkan uang jadi iri. nah pulang jadi semangat lagi dech untuk mengejar para master......

    13 June, 2010 16:24

  • moga2 tetap semangat ngeBlognya nih...:)

    22 October, 2010 23:25

  • ya ente benul,skrg aja kurang lebih lagi males ngeblog.alih-alih akhirnya nyangkut dikompasiana.
    biasanya lebih pada pengunjung,trafik dan pr blog yg bikin ngedrop.krn biar gimana juga kita pengen tulisan kita sampai ke org lain.and sekalian dpt fulus.
    oke bro salam kenal aja

    14 December, 2010 12:59

  • wah,, keren gan infonya..
    patut dicoba nih..

    29 April, 2012 11:18

  • wah..mantap gan info nya buat spirit ane yang mulai malas update..trims n salam.

    30 April, 2012 12:52

  • Post a Comment

    Silakan tulis komentar sesuai pendapat pribadi kamu

    Back to Top
     

    kafe28 Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template | Top