23 June 2009

23 June 2009

Salah Kaprah Mengenai SEO

seo mindsetHati-hati dengan pemahaman SEO yang anda yakini. Sebab bisa-bisa itu malah mengaburkan hakikat SEO yang sesungguhnya. Bisa membuat kesombongan semu yang menyesatkan atau malah rendah diri yang menjerumuskan.

Pemahaman yang keliru atau bahkan salah kaprah mengenai SEO bisa menjadi bumerang bagi seorang blogger. Ada segelintir blogger yang mungkin sudah merasa bangga ketika “berhasil” menempatkan link blognya di urutan teratas search engine (dengan beberapa keyword tertentu).

Padahal kalau dicermati, keyword yang membuat link blognya jadi nomor 1 tersebut boleh dibilang sangat tidak populer alias tidak lazim digunakan oleh para pencari via search engine. Artinya, orang awam pun tahu kalau keyword-keyword tersebut sangat kecil kemungkinannya untuk diketik pada kotak pencarian search engine (ketika akan mencari informasi tertentu).

Sebagian blogger lain merasa “bangga” ketika mengetahui bahwa beberapa keyword yang berkaitan dengan tema/judul blognya ternyata masuk jajaran atas pada halaman pertama google. Padahal belum tentu juga keyword-keyword tersebut banyak digunakan oleh para pencari (nah, nggak pada tempatnya khan kalo merasa bangga dengan kondisi seperti itu…hehehe)

Ada juga yang mungkin merasa sudah “ahli SEO” atau “jagoan SEO” ketika berhasil masuk pada halaman pertama google dengan keyword kontes SEO yang sedang diikutinya. Entah akhirnya jadi pemenang atau sekedar tampil beberapa waktu (untuk tergusur di akhir kompetisi)

Di sisi lain, bisa jadi pula ada blogger yang merasa “rendah diri” atau malah merasa tidak jago SEO ketika beberapa kali gagal jadi pemenang kontes. Ketika ternyata link blognya tidak masuk pada halaman pertama maupun kedua (atau malah semakin jauh), mungkin ia makin merasa bahwa dirinya memang tidak jagoan SEO.

Dalam pemahamannya, mungkin kemampuan SEO cuma layak diuji melalui keikutsertaan pada sebuah kontes. Lama-lama ia bisa punya keyakinan menyesatkan, bahwa belajar SEO yang efektif cuma dan harus lewat jalur kontes (yang sebenarnya belum mencerminkan bahwa pemenangnya benar-benar layak dijuluki sebagai ahli SEO atau jagoan SEO).

***

seo blogUntuk jadi ahli SEO, jagoan SEO, atau menguji pengetahuan dan kemampuan SEO yang kita miliki, sebenarnya tidak harus selalu diukur lewat kontes (menurut pendapat pribadi saya sih).

Artinya, kita bisa menjadi ahli SEO tanpa harus ikutan kontes SEO. Caranya?

Cukup terapkan teknik-teknik SEO dasar pada setiap postingan di blog anda. Tidak harus semuanya sih dimaksimalkan SEO-nya. Tapi usahakan agar setiap postingan terkandung minimal 1 elemen SEO dasar. Entah itu pemilihan keyword yang tepat pada judulnya, variasi keyword untuk bagian isi, optimasi paragraf awal/akhir, penyisipan internal link pada keyword tertentu, pemilihan anchor link yang tepat, teknik bolding/underline/italic/pewarnaan yang pas, pemberian atribut title pada link inbound, atau pemberian atribut alt pada image.

Setelah itu, coba lihat efektivitas/tingkat keberhasilannya. Caranya gimana?

Anda bisa manfaatkan data statistik/hasil tracker dari tools-tools pemonitor trafik (untuk menganalisa efektivitas teknik SEO yang telah anda terapkan pada berbagai postingan di blog anda tersebut). Coba manfaatkan tools-tools seperti histats, sitemeter, feedjit, atau google analytics untuk menganalisanya.

Dan anda sudah layak jadi jagoan SEO atau ahli SEO jika ternyata :

1. Artikel-artikel blog anda seringkali memperoleh kunjungan dari search engine secara teratur setiap harinya.

2. Lebih dari 50 % artikel blog anda memperoleh klik/kunjungan dari search engine setiap harinya.

3. Banyak pengunjung dari search engine memilih artikel anda untuk diklik/dikunjungi, terutama ketika mereka menggunakan keyword-keyword yang populer atau cukup ketat tingkat persaingannya.

4. Jumlah pengunjung blog anda melonjak dari hari biasanya usai anda memposting suatu artikel hangat (terutama pada hari tulisan tersebut diposting atau bahkan hingga 3 hari sesudahnya).

5. Beberapa/banyak artikel blog anda masuk jajaran 5 besar di google dengan keyword-keyword tertentu yang banyak digunakan oleh para pencari via search engine.

6. Artikel-artikel lawas blog anda masih sering mendapat kunjungan dari search engine secara berkala.

7. Trafik harian blog anda mencapai ratusan atau bahkan hingga ribuan pengunjung per hari, dan itu BUKAN karena konten blog anda mengandung keyword porno atau artikel copas semata, tapi karena orisinilitas atau keunikannya.

8. Lebih dari atau minimal 70 % pengunjung blog anda berasal dari search engine.

***

Nah, apakah blog anda pernah/sudah mengalami salah satu dari 8 parameter di atas? Jika sudah, anda layak dapat bintang… Eh salah.. Anda layak jadi jagoan SEO…! Anda berarti sudah paham mengenai teknik SEO dasar dan sudah berhasil menerapkannya secara efektif.

Selamat! tepuktangan

Jadi kesimpulannya, kemampuan SEO seorang blogger tidak bisa semata-mata diukur atau dinilai dari jalur kontes SEO (yang cuma berpatokan pada satu keyword yang telah ditentukan, walaupun tingkat persaingannya sangat ketat).


optimasi seoIlustrasinya begini : ada orang yang jadi juara karena semata-mata fokus pada satu hal (ikutan kontes SEO dan habis-habisan melakukan optimasi+memperkuat backlink semaksimal mungkin) sehingga akhirnya ia menang. Di sisi lain, ada juga yang lebih memilih untuk membagi konsentrasi/fokusnya pada banyak hal secara kontinyu (berusaha men-SEO-kan setiap postingan di blognya dengan beberapa teknik SEO dasar), sehingga akhirnya mayoritas artikel di blognya seringkali memperoleh kunjungan dari search engine dengan berbagai variasi keyword. Bukan cuma dari satu keyword!

Dua-duanya layak jadi ahli SEO atau jagoan SEO bukan? Dan dua-duanya sama-sama membanggakan Mungkin itulah asyiknya belajar SEO.

49 comments:

  • yap saya setuju bos

    kadang ada orang yang makai teknih SEO untuk postingnya yang ga' layak dicari orang, tapi karena dia pakai teknih SEO, ya dia yang dilihat orang

    akibatnya blognya dibenci si pengunjung karena apa yang dicari tidak didapatkan

    lain lagi klo kontes SEO karena memang kata kunci tertentu yang digunakan, dan itu biasanya jarang dicari orang, artinya keyword tsb hanya untuk lomba.

    23 June, 2009 16:46

  • weleh.. saya malah gak ngerti blass.. msalah SEO, Malahan kayaknya gak ada deh orang yang nemuin blog saya yang pake Search engine.. hihihi... yah.. namanya juga belajar..

    23 June, 2009 17:41

  • SEO itu penuh misteri. makin dipikir makin sulit. Lebih baik saya jalan secara natural saja dhe :D

    23 June, 2009 19:19

  • aha, masuk akal nih. Oke, saya pengen jadi master! doain yah. Coz masih newbie :)
    baru tahap pembelajaran

    23 June, 2009 20:47

  • setuju mas... secara singkat SEO itu sndiri ngak bisa disebut siapa yang palin jago atau jagoan seo, buktinya yang ikutan contest aja belum tentu yang ngerti SEO pada ikutan.

    24 June, 2009 00:41

  • dah lama saya gak posting mengenai "artikel paling menarik blogwalking hari ini" ... dan hari ini (walaupun dah lewat tengah malam) saya akhirnya mendapatkan artikelnya ...

    salut buat mas Is ... ini yang namanya pemelajaran ... clean & match kalau di tinju ... benar gak ya? halaahhh pokoknya gitu deh ... hehehe

    sedikit opini pribadi dari saya,
    SEO tidak terlepas dari interaksi antara mesin/robots/crawler dengan suatu halaman situs yang dibuat oleh manusia ... artinya, kalau kita belajar teknik SEO berarti kita belajar menundukkan mesin ...

    nah, yang sering terlupakan oleh kita semua adalah apa tujuan dari kegunaan mesin tersebut ... apakah hanya sekedar mengumpulkan data lalu menampilkan daftar rankingnya? ... kalau hanya untuk itu, sudah lama para pencipta google, yahoo, ask, msn yang sekarang berubah jadi bing, atau pencipta mesin-mesin pencari lainnya rontok di tengah jalan ...
    ada tujuan mulia di balik semua itu ... yaitu memberikan kemudahan bagi manusia untuk mendapatkan informasi yang tersebar di dunia maya secara benar, akurat dan up to date, agar yang mencari informasi tadi terbantukan mendapatkannya ...

    jadi di sini ada kata kunci yang wajib bagi semua orang ketahui bagaimana mejalankan situs secara benar, yaitu "konten" ... konten situs haruslah tepat, akurat, dan informatif ... bukan asal tampil dengan isi yang bersifat 'sampah' ...
    contohnya: apa yang kita rasakan ketika masuk ke suatu halaman dari sebuah situs yang ternyata tidak ada informasi yang bermanfaat yang kita cari? padahal sesuai kata kunci yang dimasukkan ke dalam form mesin pencari kita rasa sudah tepat ... apalagi kalau yang kita dapatkan itu hanyalah sekumpulan kata-kata yang tidak kita mengerti ... hmmmm ... goodbye my love ... :D ... pada akhirnya situs-situs seperti itu akan tersingkir dengan sendirinya ...

    masing-masing search engine memiliki cara unik dan khasnya masing-masing dalam menerapkan kebijakan yang selalu diupdate dan diperbaiki dengan tujuan akan semakin dapat dipercaya oleh orang-orang yang memakainya ...

    yang wajib diingat adalah "content is the king" ... buatlah konten yang bermanfaat, maka dengan sendirinya akan lebih mudah memasarkannya ...

    duh kepanjangan ... kalau dah ngobrol soal ini bisa seharian juga gak bakalan kelar ... hahaha ... sorry nih mas Is ... saya permisi dulu ya ... jangan marah karena komentar saya panjang ... :D

    24 June, 2009 01:35

  • saya sih ngeblog cuma buat hobi dan ngungkapin unek2...
    wateper lah soal SEO dll nya...

    24 June, 2009 09:58

  • paling diriku mengutuk aja kalo lagi serius2 nyari informasi di google malah yg nampang cuman deretan keyword g jelas hahaha
    menyebalkan sekali

    24 June, 2009 10:15

  • sebagai newbie, saya masih meraba-raba
    mohon bimbingannya
    tks

    24 June, 2009 12:55

  • artikel yang luar biasa mas... saya sangat setuju sekali mas dengan pendapat anda diatas... memang benar... jika tidak memenuhi 8 hal tersebut belum bisa dikatakan sebagai ahli SEO

    nice post..

    24 June, 2009 16:04

  • seo emang bikin bingung, enakan tidur... hahahahaha

    24 June, 2009 17:36

  • Begini ya mas,...
    saya kurang setuju pendapat sampean (bukan berarti tidak setuju)...

    mengenai SEO, entah itu untuk kntes atau pun tidak, yaa... terserah yang melakukan. mungkin ini menyindir saya.

    SEO untuk menaikkan traffic blog, itu sangat perlu...
    kalau dikaitkan dengan kontes, kalau menurut saya lebih baik bertindak aja... Toh gak ada ruginya... walau saya masih belajar, sampai pernah saya ikut member SEO dari org luar(bukan indonesia), itu untuk apa ya berbagi pengalaman. ooo....ternyata begini lho berpikirnya org sana.

    Dan tdk terus tdk peduli dgn karya anak negeri tentang ilmu SEO.
    Dan juga, tentang membidik. dalam ilmu psikologi, membidik sesuatu itu akan merangsang pada sesuatu yang lain.

    contoh yg sampean utarakan itu, saya kira kurang cocok, kurang tepat. itu menurut saya.
    pembicaraan anda di atas, itu mungkin sebagian org hanya diremehkan, lebih baik tidurrrrrrrr,,... buat apa diperdebatkan. tapi menurut saya, seperti apapun tulisan, tetap berbbobot. tergantung bagaimana kita mengolah, menelaah, dan meng-aplikasiannya.
    lhaa....tentang salah kaprah SEO, itu begini, lha daripada kita bisa atau sudah punya ilmu SEO, dan keyword yg kita gunakan Blasss... gak tepat, yaa... percuma aja..boss...

    lebih baik Mengetest ilmu SEO yg kita miliki, dan bila ada tantangan, misal kontes, kenapa tidak kita terjun....
    saya ikut kontes ini aja gak memandang saya menang atau tidak. saya membidik Keyword tertentu guna untuk mengetest, kira2 apa yg saya lakukan pada blogku ini dh tepat apa belum..

    misal,..
    oooooooo......... saya tadi melakukan ini ternyata ada dampak, efek-nya rupanya. khan psikis kita sudah termotivasi, semangat jadinya kita...

    sudah itu dulu Boss.....
    nanti atau besok sambung lagi....

    salam
    Cak Sun....

    24 June, 2009 19:19

  • saya gak terlalu tertarik sama SEO...

    belum keliatan hasilnya soalnya.. :D

    24 June, 2009 19:46

  • artikelnya berguna bnget mas, buat pemula sperti saya, yang baru coba2 ikutan KOntes SEO, mungkin bagi saya pribadi SEO spertinya hal baru, makanya langkahnya masih bnyak salah, tpi stelah membaca artikel ini sedikit banyaknya saya tau tentang apa itu SEO dan cara mengaplikasikannya, salam kenal mas di :

    Kontes SEO Aristia Wida Rukmi | Kontes SEO Aristia Wida Rukmi | Rusli Zainal Sang Visioner

    24 June, 2009 20:51

  • Terima kasih mas, memang benar, kemampuan seo tidak hanya diukur dari kontes saja!

    25 June, 2009 09:00

  • Posting yang bagus khususnya masalah Kontes SEO yang bisa dijadikan introspeksi mengukur keahlian SEO peserta, karena sering terjadi peserta kontes SEO secara terbuka meminta dukungan backlink kepada pengunjung blognya, dan ternyata banyak yg mendukungnya, tentu hal itu mempengaruhi posisi blognya, jika ia berhasil menjadi juara, lalu apakah meminta dukungan backlink juga termasuk SEO?

    25 June, 2009 11:28

  • wow!
    you make this sound easy! tapi bener banget si mas. tujuan seo itu kan dapet natural traffic. so rasanya gak ngeti seo juga gak rugi. karna sumber traffic kan bukan cuman SE,
    tapi yang saya suka dari artikel ini : anda menulis seolah2 seo itu adalah naturalisasi konten. dan tujuannya membantu pencari informasi untuk menemukan artikel kita. :D
    saya salut deh sama anda. saya mati2an memahami seo secara teknis,anda mengupasnya lewat sisi yang lain. dan sangat "anggun" pembahasannya.

    i thank you after all.
    maap y kalo agak OOT. :D

    25 June, 2009 12:59

  • @ Arham Blogpreneur >>> bener mas. Bahkan yang anehnya, banyak blogger yang ikutan kontes SEO, tapi blognya sendiri jarang banget dapet trafik/kunjungan dari search engine. Nah, itu gimana tuh? hehehe.

    @ nomercy >>> clean and match kalo ditinju? Walaah...hehehe. Saya sangat setuju dengan pendapat mas Ardiansyah, bahwa "ada tujuan mulia di balik semua itu ... yaitu memberikan kemudahan bagi manusia untuk mendapatkan informasi yang tersebar di dunia maya secara benar, akurat dan up to date, agar yang mencari informasi tadi terbantukan mendapatkannya". Woow. It's very excellent! Dan "pada akhirnya situs-situs seperti itu akan tersingkir dengan sendirinya ..." Itu saya juga setuju banget.
    Saya amati, google juga punya cara kerja yang cukup bagus ketika menyajikan informasi hasil pencarian. Walaupun sering juga "kalah" oleh trik licik webmaster/blogger yang cuma mau dapet trafik melimpah, tapi mengabaikan KONTEN.
    Intinya memang harus berupaya menyajikan konten seinformatif atau sesinergis mungkin dengan keyword yang dibidik (yang biasanya tercermin lewat judul posting).

    Makasih banyak mas buat tambahannya yang sangat berharga.

    @ cebong ipiet >>> saya juga gitu mas :)

    @ Cak Sun >>> intinya sih tetap bermuara pada : bahwa kontes SEO dan aktivitas ngeblog kita sebenarnya bisa kita jadikan sebagai ajang/sarana untuk mengetes efektivitas/kemampuan SEO yang kita terapkan. Kedua sarana tersebut sama-sama baik sebagai ajang pembelajaran dan menimba pengalaman. Namun buat saya pribadi, saya masih lebih tertarik untuk fokus mengembangkan blog dulu daripada ikutan kontes, tapi berpotensi membuat blog saya terbengkalai.
    Sementara itu dulu tanggapan saya mas. Mungkin agak kurang nyambung kali yach. Makasih buat komentarnya.

    @ bamz >>> saya juga masih pemula mas soal SEO. Ulasan di atas cuma pandangan dan hasil pengamatan (plus sedikit pengalaman saya) selama menjalankan trik SEO pada blog ini. Syukurlah jika akhirnya ada pembaca yang merasa memperoleh sedikit manfaat. Makasih banyak ya. Salam kenal juga.

    @ Abi >>> meminta dukungan backlink juga termasuk salah satu trik SEO (khususnya poin memperkuat backlink). Ah, kang ABI pura-pura awam nih, padahal ahli SEO...hehehe.

    @ febri >>> wah, saya sangat senang kalau ternyata tulisan saya di atas bisa sedikit memberikan inspirasi/pencerahan buat mas febri. SEO sebenarnya simpel kok. Alias gak terlalu ribet teknisnya. Saya sendiri bukan ahli di bidang SEO. Saya cuma berupaya menerapkan beberapa teknik dasarnya yang saya ketahui (pada setiap postingan di blog ini). Dan hasilnya ternyata lumayan membantu para pencari dari search engine untukmemperoleh informasi sesuai kebutuhannya. Itu saja saya udah seneng banget.
    Dan kalo pun ada yang nyasar ke blog ini, tapi merasa tidak menemukan apa yang dicari, itu mungkin karena kesalahan mbah google dalam menyajikan referensi atau potongan kalimat di hasil pencarian...hehehe
    Makasih ya mas.

    25 June, 2009 15:00

  • tulisan anda bagus bung ...
    saya setuju dengan pendapat anda .. :)
    orang dikatakan jagoan seo jika dia dapat mengoptimalkan keyword yang banyak dicari di jagad internet ini, tidak semata2 karena keyword yang jarang di cari.

    25 June, 2009 15:19

  • agak nyanthol agak ndak mudheng, memang ada kebanggaan tersendiri kalo blog kita banyak disambangi pengunjung yang kesasar dari search engine, tapi saya pikir gak semua jenis tulisan bisa dipromosikan, misale kayak tulisan-tulisan saya, nyampah gitu apanya yang mau di-SEO-kan? :)

    25 June, 2009 15:21

  • Duh..bingung neh bang...
    Makasih infonya...
    Blog Bendol termasuk "ber-SEO" kagak ya?
    :(

    25 June, 2009 15:51

  • @ Rachmat Febrianto >>> makasih mas atas kunjungannya ke sini. Tulisan saya di atas masih banyak kekurangannya sih. Tapi syukurlah jika bisa sedikit memberikan suatu wacana buat pembaca.

    @ Mas Stein >>> kalo model tulisan3 mas stein kayaknya sulit untuk di-SEO-kan. Gak papa kok mas. Toh, blog mas stein kan sekedar buat curhat dan nulis hal2 yg rada nyeleneh....hehehe (bermanfaat juga kok sebagai hiburan)

    @ Humorbendol >>> gak tau ya :)

    25 June, 2009 16:01

  • mau jadi ahli seo, harus perlu waktu yang panjang dan harus tetap belajar dan terus belajar

    25 June, 2009 16:51

  • saya bingung neh masuk yang mana?
    munkinkah aku termasuk jagoan seo?
    :)

    tapi pengunjungku masih dibawah 200 perhari
    :)

    26 June, 2009 01:59

  • @ marurat >>> bisa panjang waktunya kalo cuma belajar, tapi nggak praktek-praktek. Tapi bisa cepat menguasai kalo segera diaplikasikan di blog kita sendiri secara konsisten. Tapi yang terpenting selain praktek yaitu terus belajar. Thx.

    @ Rusa Bawean >>> kayaknya sampeyan udah layak jadi jagoan SEO kok menurut saya. Bukan masalah angka/jumlah pengunjung per hari sih sebenernya. Tapi seberapa sering artikel/postingan blog kita memperoleh kunjungan dari search engine secara berkala. Pengunjung blog saya ini juga masih di bawah 200/harinya. Sekitar 100-an.

    26 June, 2009 12:31

  • Good points mas. Saya menangkap mas tidak bermaksud menyindir siapa2. Ini pemahaman yg bagus utk membentuk mindset para blogger (terutama yg newbie sperti saya), jangan sampai terjebak 'popularitas' semu. Intinya, buat agar content kita cukup kuat utk tarik pengunjung (karena keyword2 yg sesuai niche-nya betul2 teroptimalkan dan selalu tampil di halaman 1-2 SE), dan membuat mereka datang kembali. Masih jauh jalan menuju kesana buat saya hehehe. Thks Mas

    26 June, 2009 12:46

  • @ Adi F.Paputungan >>> wah, senang sekali saya mendengar komentar mas atas tulisan saya di atas yang terkesan gimanaa gitu...hehehe. Syukurlah jika mas Adi bisa menyerap hal positif di balik artikel saya di atas. Intinya memang terletak pada bagaimana konten blog kita bisa punya daya tarik di mata calon pengunjung. Bukan cuma karena judulnya, tapi diimbangi juga dengan isi yang relevan dan memuaskan. Makasih ya mas buat kunjungan dan komentarnya. Saya juga masih newbie (baru 6 bulanan ngeblog).

    26 June, 2009 13:07

  • SEO ini macam cewek ya Mas, semakin kita kejar semakin menjauh aja dia, eh kita adem ayem aja dia datang mendekat (capek mikirinnya Mas...)

    26 June, 2009 16:37

  • Emang tepat saya sering kunjung kesini. Lagi-lagi dapet masukan yang sangat berharga.
    SEO fundamental buat saya kayaknya lebih sreg, soale walaupun harus lebih tekun, tapi hasilnya mungkin lebih bisa permanen.

    27 June, 2009 05:54

  • @ Rudy Azhar >>> ada benarnya juga ya mas. Makin ngotot biasanya emang makin dijauhi oleh Google :) So, lebih baik nyantai aja deh kayaknya. Lakukan trik SEO senatural mungkin kali yach. Thx.

    @ Ravatar >>> yang terpenting memang hal-hal mendasar dari SEO itu sendiri. Tujuannya kan agar pengunjung dari search engine bisa dengan mudah menemukan link postingan blog kita sesuai kata kunci yang mereka gunakan. Dan sesuai pula dengan isi postingan kita (tidak bermaksud menipu/menjebak). Jadi intinya mungkin lebih kepada bagaimana kita bisa membuat keselarasan antara judul dan isi postingan. Namun seringkali juga saya alami, banyak keyword yang tidak ada pada judul postingan, tapi pengunjung malah sering masuk pada postingan saya. Dan itu karena keyword-keyword pada bagian ISI postingan tersebut :)

    27 June, 2009 20:35

  • kalo numpang beken dg komentar di postingan blog terkenal termasuk seo juga ga ya...
    Mas is, kalo saya bilang yang kepengen blognya banyak dilihat oleh orang lain. harus melakukan dua hal yang paling penting dan tidak bisa ditinggalkan salah satunya, yaitu:
    1. Konten/Isi blog haruslah yang berisi dan bernilai guna. jangan asal copas dan melanggar sulsila.
    2. Seo nya juga harus jalan, sebab konten yang baik kalo ga diketahui orang ya sama saja kaya selebritis dikuburan ga menarik lagi. jadi 2 hal itu harus selalu disiapkan. kalo di dunia nyata Konten = produk, seo = promosi
    tul ga mas

    29 June, 2009 17:43

  • @ Bang Jay >>> kalo itu sih bukan SEO, tapi cara meningkatkan pagerank dan cara meningkatkan trafik dari kalangan blogger. Mengenai 2 tips tersebut, memang sangat benar Bang. Kualitas konten harus diikuti dengan penerapan SEO. SEbab konten bagus, tapi minim pembaca juga percuma yach. Tujuan utama SEO pada hakikatnya agar semakin banyak yang memperoleh manfaat dari konten berkualitas yang telah kita tulis. Jadi pada dasarnya, SEO emang identik dengan teknik mempromosikan produk kita yang berupa konten. Sip deh komentarnya abang. Thx.

    30 June, 2009 15:29

  • Seeeeeeeeeeeeeeeep setuju sekali.. saya pernah ulas juga di link komentar ini. kalau gak salah sih

    30 June, 2009 16:11

  • keren artikelnya, tapi SEO walah susah banget ya

    01 July, 2009 20:55

  • @ albri >>> wah, thx berat udah sudi berkunjung ke sini mas. Saya merasa tersanjung oleh master seperti mas albri :) Artikel di link komentarnya udah saya baca tuh. LUAR BIASA! Sangat melengkapi ulasan saya di artikel di atas. Thx ya bos.

    @ irvan >>> gampang sebenernya mas, asal tau teknik dasarnya aja sih. Yang sudah mungkin gimana secara konsisten menerapkannya untuk setiap posting di blog kita :)

    02 July, 2009 15:14

  • Kalau saya ikutan kontes gak pernah menang, hiks... Maklum pengunjung aja gak pernah mampir kok, hehehe...

    02 July, 2009 18:23

  • @ Yoyon Sugiono >>> nah, kalo gitu sebaiknya fokus membangun blog dulu, biar bisa rame pengunjungnya, terutama dari search engine. Kalo blog sendiri aja jarang banget dapet kunjungan dari google, gimana bisa mau ikutan kontes SEO...hehehe

    03 July, 2009 14:30

  • Iya, tuh... mari kita bangun dan kembangkan blog dulu,,, nah, kalo udah "famous" hehe baru ikutan,,, :))

    22 July, 2009 13:51

  • sip banget artikelnya..makin ngbangkitin semangat saya buat link building dan optimasi keyword..thx mas :)..oia salam kenal iaa :)

    27 July, 2009 18:56

  • @ Juragan >>> makasih banyak mas atas kunjungan baliknya. Saya juga masih belajar SEO loh :)

    28 July, 2009 17:06

  • Saya setuju banget Mas. SEO untuk meningkatkan trafik dan ujung-ujungnya trafik dikonversi menjadi uang :0

    21 August, 2009 22:35

  • @ Blogodolar >>> makasih banyak kang. Memang benar. Tujuan SEO sebenarnya ialah untuk menarik sebanyak-banyaknya kunjungan alami dari search engine. Bukan untuk lomba-lombaan :)

    22 August, 2009 22:18

  • Salam kenal mas is,
    Goop Opinion n analysis mas, memang sudah selayaknya mengembalikan SE k fungsi semula. jangan sampai mengejar ranking semata tp meminggirkan orisinalitas konten.

    24 August, 2009 06:49

  • @ aryanidewi >>> salam kenal kembali ya mbak aryani. Makasih udah mau baca postingan puanjang di atas. Bener banget. Apalah artinya menang kontes, tapi cuma sebatas itu (nggak ada kontribusinya buat kehidupan blog kita selanjutnya, termasuk pada nilai konten). Thx ya.

    25 August, 2009 12:12

  • itulah dia mas masalahnya..saya lagi kehilangan semangat..gara2 masuk sandbox untuk kedua kalinya..

    btw setuju bgt mas..karena seo pada hakikatnya hanya "cara untuk mencari trafik"..BUKAN untuk "jadi nomor satu"

    26 January, 2010 18:14

  • makasih banget, bagus artikel salah kaprah mengenai seo-nya.

    11 February, 2010 10:23

  • Satu dari hasil pencarian google yang kurang saya sukai adalah kadang2 yang muncul di halaman pertama, setelah dikunjungi ternyata hasilnya tidak sesuai dengan keyword yang diketikkan.
    Karena sifat google yang seperti itulah yang membuahkan ide buat saya dan teman2 mempelajari retrieval information. Salah satunya adalah web crawler berdasarkan ontology.
    Hal2 seperti ini sangat kami butuhkan untuk kepentingan penelitian.

    15 February, 2010 00:01

  • bagus bos artikelnya..
    thanks..

    06 February, 2011 17:08

  • Kayaknya agan bener-bener jago SEO nih???/

    01 March, 2011 10:30

  • Post a Comment

    Silakan tulis komentar sesuai pendapat pribadi kamu

    Back to Top
     

    kafe28 Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template | Top