27 June 2009

27 June 2009

Seorang Michael Jackson di Mata Saya

michael jacksonDua hari terakhir ini kasus meninggalnya King of Pop Michael Jackson (alias Jacko) cukup menyita perhatian publik di seluruh penjuru dunia. Media massa tanah air pun tak mau ketinggalan memanfaatkan moment penting bersejarah ini untuk berlomba-lomba menyuguhkan biografi dan kisah perjalanan hidup sang maestro pop tersebut.

Sebagai salah satu pengagum Jacko (walau tidak terlalu fanatik), saya pun tak mau melewatkan/melahap habis setiap tayangan di tv yang memberitakan kasus kematiannya dan juga menyajikan kisah hidupnya (dari kecil hingga ajal menjemput).

Seperti apakah sosok seorang Michael Jackson di mata saya?

Yang jelas, di mata saya Jacko merupakan sosok musisi jenius dan sekaligus seorang entertainer sejati yang tiada duanya. Komplit dan perfect abis deh! Takkan tergantikan. Berikut ini kelebihan Michael Jackson menurut pendapat pribadi saya sebagai seorang penikmat dan sekaligus pengamat musik :

1. Suara dan cara bernyanyinya.

Wow…it’s very unique! Jacko seperti terlahir dan ditakdirkan memiliki materi suara (vokal) yang sangat khas dan sempurna. Suara emas yang dimilikinya mencerminkan bakat alam yang dominan dipunyai oleh para penyanyi dari ras negro (kulit hitam).

michael jacksonBedanya dengan penyanyi negro lain adalah : Jacko mampu mengolah materi vokalnya sehingga terdengar sangat harmonis (selaras) dengan jenis musik apa pun yang mengiringinya. Entah itu pop murni, pop dance, soul, jazz, R&B, classic, dan bahkan rock sekalipun. Ia mampu menyatukan vokalnya dan musik yang mengiringi menjadi satu kesatuan yang sangat sempurna (perfect).

Dengar saja lagu You Are Not Alone yang mampu membuat hampir setiap pendengarnya merasa terharu (hanyut). Dan bahkan bisa menangis dibuatnya. Saya sendiri selalu terharu setiap kali mendengarkan dan melihat video klip lagu bernuansa melankolis tersebut.

Di sisi lain, lagu-lagu bernuansa dance dan rock pun mampu dibawakannya dengan sangat unik dan sekaligus total. Bahkan menurut saya tidak ada yang bakalan bisa menyamai cara bernyanyinya yang sangat khas tersebut. Dengar saja lagu-lagu seperti Billie Jean, Thriller, Beat It, dan Jam. Selain punya soul yang sangat kuat, suara Jacko juga punya power yang lumayan. Suaranya yang biasa terdengar sangat lembut bisa menjadi sangat gahar ketika membawakan lagu-lagu yang rada ngerock. Contohnya pada lagu Earth Song.

2. Koreografinya.

michael jackson consertSaya rasa anda semua setuju kalau dikatakan bahwa tarian breakdance ala Jacko adalah sumber pesona dan kharisma terbesar selain suaranya. Bahkan koreografi khas ala jacko tersebut telah menginspirasi jutaan dancer dan penyanyi di seluruh dunia. Lihat saja gerakan-gerakan dance yang sering diperlihatkan oleh Justin Timberlake dan Usher (dua penyanyi pop R&B masa kini yang cukup banyak dipuja).

Atau jangan jauh-jauh deh. Liat aja gerakan-gerakan break dance yang sering diperagakan oleh dancer-dancer dan breakers Indonesia. Semuanya banyak terinspirasi, mengadopsi, dan bahkan mungkin meniru secara total gerakan dance milik Michael Jackson. Kebetulan saya menyukai tarian hiphop. Saya lihat mayoritas hiphop dancers dan juga breakers di segala penjuru dunia banyak yang meniru gerakan dance ala Jackson. Termasuk di Indonesia.

Di era 80-an, koreografi ala Jacko tersebut dikenal dengan istilah electric dance. Lihat saja beberapa video klip dari lagu-lagu hitsnya. Rata-rata memperlihatkan aksi dance yang luar biasa.

Sekilas biografi Jacko

michael jackson kecilmichael jackson kecilmichael jackson remajamichael jackson remaja


michael jackson remaja

foto-foto michael jackson waktu kecil hingga masih muda (beda banget yach dengan sekarang..hehehe)

michael jackson remajaDi sisi lain, kesuksesan karir yang dialami Jacko ternyata tidak diimbangi oleh kesuksesan di bidang kehidupan lainnya. Ada ketimpangan dalam kehidupan seorang mega superstar seperti Michael Jackson. Di satu sisi, karir yang cemerlang dan popularitas yang bersinar di dunia entertain ia miliki. Namun di sisi lain, ternyata ia didera masalah kesehatan yang cukup serius. Dari berbagai liputan yang saya tonton di tv 2 hari ini, Jacko dikabarkan menderita kanker kulit dan sejumlah penyakit aneh lainnya yang membuat ia harus menjalani operasi wajah, operasi tengkorak, dan operasi plastik (sehingga membuat wajahnya berubah beberapa kali dalam kurun waktu 10 tahun).

Jacko yang aslinya berkulit hitam, berambut kribo, dan berwajah negro tulen akhirnya perlahan berubah total seperti wajah seorang wanita kulit putih dan berhidung mancung. Tak cuma masalah kesehatan, Jacko pun sempat dituding punya kepribadian ganda dan masalah kejiwaan. Bahkan pernah dituding melakukan pencabulan dan penganiayaan terhadap anak di bawah umur, walau akhirnya dianggap tidak terbukti dan bebas.

michael jackson muda-tua
michael jackson muda-tua
perubahan wajah yang cukup kontras antara ketika Jacko masih muda dan ketika sudah berusia 40-an

Bahkan yang agak mengejutkan, ada selentingan yang menyatakan bahwa ia (Michael Jackson telah masuk Islam) alias menjadi seorang muslim. Entah benar entah tidak.

Biografi Michael Jackson selengkapnya bisa dibaca di sini. Dan foto-foto proses perubahan wajah Michael Jackson bisa dilihat di sini.

Dari sekelumit kisah hidupnya tersebut, tentu ada hikmah yang bisa kita petik. Namun terlepas dari sisi negatifnya (yang bisa jadi merupakan cerminan diri kita sendiri), Michael Jackson tetap seorang entertainer sejati yang tidak akan pernah tergantikan.

Lahirnya ia ke dunia ini pada hakikatnya adalah sekedar menjalankan sebuah peran yang telah digariskan oleh Yang Maha Kuasa. Yaitu menjadi seorang musisi besar yang menginpirasi jutaan umat manusia di bumi ini (lewat kisah hidup dan jiwa senimannya).

Dukungan kontes >>> apa sih asyiknya belajar seo?

36 comments:

  • Michael jackson, sang legenda pop dunia..
    yang bikin saya salut dengannya, michael masuk islam selama 2 tahun sebelum kematiannya. Akhirnya mati dalam keadaan islam.

    27 June, 2009 22:42

  • aku kurang mengikuti penyanyi negro ini
    gak kenal malah

    ternyata kamu tau banyak tentang dia ya
    :)

    28 June, 2009 03:18

  • wah saya malah kurang 'ngeh' dengan kehidupannya..
    yang saya suka cuma Heal the World ama ...apa ya judulnya..You're Not Alone kalo ga salah..
    mellow pi asik..

    28 June, 2009 11:03

  • black or white feat. slash GNR, keren banget

    28 June, 2009 11:50

  • Jacko memang kontroversial hdupnya...malah dia bilang dia itu ga pernah operasi bedah muka ato semacamnya (padahal kan keliatan jelas :D )

    oia mas, tertarik untuk ikutan kontes alnect komputer?? Kalau mau tahu info lengkapnya kunjungi aja blog saya, hadiah utamanya laptop lho! Ada juga hadiah lain kaya camera digital, Modem HSDPA, sama FD 8GB dan 4GB...main ya ke blog saya...makasi mas.. :D

    28 June, 2009 17:52

  • Bung, saya ingin merespon komentar anda di situs indotopten, kalau tidak menginginkan komentar ini dipublikasikan, silahkan masukkan ke kategori spam/dihapus karena memang gak ada sangkut pautnya dengan postingan michael jackson... :)

    Sekadar ingin memberitahukan aturan yang saya terapkan di kontes saya, justru sebenarnya kontes saya tuh terinspirasi dengan komentar anda disini...
    http://www.indotopten.com/indotop-contest/fenomena-sebuah-kontes/

    sehingga saya berinisiatif bahwa itulah salah satu cara penilaian yang adil antara newbie dan master. Tapi jika hanya satu penilaian itu yang diterapkan apakah sudah benar-benar adil dalam pandangan peserta lain? Belum tentu juga khan.

    Bagaimana mungkin peserta lain bisa menerima jika ada artikel peserta yang menurut saya "menarik dan keren" terus dapet point tertinggi kemudian jadi pemenang tapi tidak mendapat respon dari pengunjung lain?

    Bukankah akan menjadi aneh bagi peserta lain?
    "masa seh dapet nilai tertinggi dalam artikel dan menjadi pemenang tetapi tidak mendapat respon komentar dari pengunjung lain?" bagaimana mungkin artikelnya bisa dinilai bagus sedangkan pengunjung lain tidak merespon walau hanya sekedar mengomentari, "nice post"?

    jika hanya artikelnya saja yang dinilai, mungkin cocok untuk sebuah kontes karya tulis, tapi kontes ini beda bung. Sehingga saya harus bisa memberikan penilaian yang seadil-adilnya.

    Tapi jangan lupa juga, di tulisan saya tersebut juga dituliskan bahwa no 1 yang akan saya nilai yaitu artikelnya, ke 2 komentarnya kemudian ke 3 traffic. Berarti artikel yang menarik juga memilik peluang untuk menang khan? kalau artikelnya bagus tapi responnya kurang, terpaksa deh saya gak bisa beri kesempatan untuk menang.

    Perlu diketahui juga, saya gak bisa seenaknya saja memberikan predikat pemenang, betul tidak?? Ntar malah peserta lain ada yang mengira bahwa itu adalah situs saya sendiri seperti kejadian KapanLagi.com yang sama sekali gak jelas siapa pemenangnya, dan bahkan pemenang tersebut sama sekali tidak pernah blogwalking juga tidak dikenal blogger lainnya, aneh kan :)

    yang terakhir, urusan update ataupun tidak mengupdate postingan itu pilihan tiap peserta. Jangan takut tidak mendapat komentar karena selalu mengupdate postingan. Anda kenal mas abi tidak? pemilik abibakarblog.com, saya pernah lihat dalam sehari mas abi memposting 3 tulisan sekaligus, tapi tetap saja tuh komentarnya diatas 30 an bahkan sampe 100 an, so jangan pesimis gitu dunk :)
    kalau anda merasa terlalu kesulitan mendapat komentar karena keseringan memposting tulisan, maka belajarlah dari mas abi.

    TANTANGAN SAYA BUAT ANDA, kalau anda merasa tulisan anda bagus, cobalah kontes ini. Yang menilai bukan saya saja kok. Akan saya berikan kesempatan kepada blogger yang memang sudah ternama didunia blogger untuk menilai artikel anda, namun sayangnya belum bisa disebutkan disini. Fair khan?

    Seandainya anda merasa sistem yang saya buat sama sekali tidak bermutu dan kurang adil, kalau begitu kasih tahu saya bagaimana sistem yang bermutu menurut anda.

    saya tunggu respon anda. Salam :)

    28 June, 2009 20:57

  • MJ memang fenomenal baik suaranya, gayanya, maupun keseluruhan hidupnya. dia udah hidup dengan luar biasa :)

    28 June, 2009 23:38

  • gw ga gitu suka dari dulu, sekalipun suka mungkin hanya beberapa lagu saja.

    29 June, 2009 08:47

  • Tidak ada kata yang tepat untuk MJ selain beliau memang rajanya musik POP, seluruh lagunya saya suka...

    29 June, 2009 19:17

  • Hmmm.. salut dengan bang jecko.. ketenaranya tak hanya ketika dia masih hidup, tapi setelah wafat pun masih tenar..
    yang membuat saya lebih salut.. yaitu dia meninggal dalam keadaan muslim..
    salam hangat sobat..

    30 June, 2009 00:20

  • Duh, mo meninggal sebagai muslim ato sebagai apa, nggak ada pengaruhnya kali. Tetap saja dia adalah seorang jacko yang menyangkali identitas diri (melakukan bedah plastik ekstrim), yang kesepian sepanjang sisa hidupnya. Berani taruhan bahkan saat mati pun sebenarnya Jacko tidak sadar kl maut sedang menjemputnya... So, please soal agama nggak usah dibawa2 deh. Bikin malu saja... Kl emang dia muslim, so what..?

    30 June, 2009 11:25

  • @ zee >>> betul. Saya setuju. Pada hakikatnya, status agama seseorang itu sekedar kulit saja. Masalah iman adalah masalah batin/hati. So, mau meninggal dalam keadaan 'beragama' apa kek, yang terpenting ia yakin akan kebesaran Yang Maha Kuasa.

    @ azzaam >>> makasih buat tanggapannya atas komentar saya tsb. Selengkapnya balasan atau respin saya udah saya tulis langsung di blog anda. Thx.

    30 June, 2009 14:50

  • Nice article...
    klo boleh tukar link bro...
    mohon konfirmasi yah ^_^

    30 June, 2009 15:51

  • Nice Blog and Perfect article

    Terimakasih sudah mau berkunjung ke blog saya


    From http://hethic.blogspot.com

    30 June, 2009 16:40

  • saya jawab lagi...
    Saya memang menilai komentar yang adil dan sesuai kriteria, yaitu yang bukan sekadar mereply saja...
    saya ngerti itu kok..
    oke, mungkin suatu saat kamu akan tahu, senang bisa berkenalan dengan kamu :)

    30 June, 2009 18:17

  • Hm.... nice post. Jacko lahir untuk menghibur, matipun jadi hiburan... hiks-hiks... ga bisa bilang apa-apa saya....

    30 June, 2009 19:39

  • Postingan tentang michael jackson yang lengkap. Mantap mas...saya juga mengagumi karya2nya, yang bisa dibilang pionir di jamannya bahkan tetap kuat gaungnya di masa kini..

    30 June, 2009 20:44

  • michael jackson hebat, nyanyi,music dan tenar...bahkan ketenarannya sampai setinggi langit...tapi saat sampai dilangit..banyak masalah yang membuat dia terpuruk...dan jauh lebih terpuruk...dia menyanyikan lagu yg dapat membuat orang lain suka,senang,dan bahagia..tetapi tidak dengan dia sendiri..di akhir hidupnya..dia meninggal dengan SIA-SIA..lagunya memberkati orang dan lebih lagi..tetapi hidupnya sendiri SIA-SIA..dengan merubah wajah dan tubuhnya..dia tidak bisa bersyukur dengan pemberian Tuhan akan hidupnya...maka sia-sialah hidupnya,hancur tubuhnya, dan hutang hidup didalamnya...saya senang lagunya tetapi hidupnya tidak bisa jadi teladan bagi orang banyak..

    01 July, 2009 17:11

  • @ anonim >>> wah, saya dapat komentar yang sangat berharga dari anda (siapa pun nama anda). Makasih banyak buat komentarnya tentang Michael Jackson. Mungkin memang bisa dibilang begitulah ironi di kehidupan Michael Jackson. Namun ia tetap memberikan inspirasi bagi banyak orang di dunia ini. Inspirasi yang saya maksud salah satunya adalah : bahwa manusia harus mensyukuri keadaan fisik seperti apa pun yang dimilikinya. Manusia harus bisa hidup secara seimbang, lahir-batin. Dan kehidupan seorang bintang seperti Jacko tidak menjamin kebahagiaan yang hakiki, sebab kebahagiaan hakiki itu lahir dari hidup yang seimbang.

    02 July, 2009 14:35

  • badannya boleh pergi, tapi karya besar dan namanya tetap menjadi legenda

    07 July, 2009 17:42

  • Stop Call Him jacko! nama'a jackson bukan jacko! jacko julukan dr media inggris yg gak suka ama MJ yg arti'a Sinting. klian klo dpnggil si sinting marah gak????://

    20 September, 2011 18:00

  • mininggal nya michael jackson memang menyita bnyak perhatian masyarakat dunia....
    karena dia meniggal secara tiba-tiba.

    09 November, 2011 12:19

  • saya setuju gan kalo jacko itu musisi yang jenius dan tak bisa tergantikan.

    09 November, 2011 12:44

  • perubahan wajah nya sangat terlihat jelas sekali yah gan......

    09 November, 2011 12:54

  • michael jackson memang entertainer sejati...
    semoga arwah nya tenang di alam sana.

    09 November, 2011 13:14

  • ak dpt tgas b.ind untk nyari biografy tokoh yg diteladani . . dan ak mmilih sosok dri michael jackson . . y , tau kan dia sosok yg spt apa . . smga sja dia tenang di sana . . amien .

    14 January, 2012 13:48

  • mmichael banyak difitnah orang, dia putih karena penyakit kulit yang diidapnya. masalah operasi plastik, apa itu keinginan dia? atau keharusan yang mesti dijalaninya? lihat saja fakta yang ada dari apa yang dia katakan di saat dia di wawancara, dari lagu2 bertema cinta sesama yang ia nyanyikan. anda tidak tau apa2 jangan brani membuat statement seolah itu benar,,, media belum tentu memberitakan kebenaran...

    02 March, 2012 18:11

  • My spouse and I stumblеԁ over here coming from a ԁіfferent web page
    аnd thought I might cheсk things out.
    I like what I see so now i am followіng you. Looκ
    fοrwаrd to looking into your web page foг a second time.
    Feel free to visit my website ; DiamondLinks.net

    08 February, 2013 08:01

  • Pada ngomongin apa siihhh??
    Mendingan pada ngaji deh daripada ngomongin orang yg sudah tiada .

    23 January, 2014 03:26

  • This comment has been removed by the author.

    This comment has been removed by the author.
  • In løving memories of michael jackson

    06 February, 2015 02:53

  • Post a Comment

    Silakan tulis komentar sesuai pendapat pribadi kamu

    Back to Top
     

    kafe28 Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template | Top