04 June 2009

04 June 2009

Terminator Salvation | Menegaskan Perbedaan antara Manusia dan Robot

terminator salvation posterFilm bergenre action ini sebenarnya sudah saya tonton sejak beberapa hari yang lalu, tepatnya Sabtu 30 Mei 2009 di bioskop Ayani 21 Mega Mall Pontianak. Namun rasanya belum terlambat untuk saya review sedikit melalui blog ini.

Mudah-mudahan resensi film terminator salvation ini bisa menjadi salah satu referensi bagi anda untuk memilih tontonan di bioskop saat ini.

>> Sinopsis singkat :

Berkisah tentang kondisi bumi pada tahun 2018 yang digambarkan mengalami ‘kiamat’ akibat munculnya kekacauan yang ditimbulkan oleh robot-robot buatan jaringan Skynet. Robot-robot tersebut diprogram sedemikian rupa dengan teknologi super canggih yang menggunakan sinyal dan chip sebagai media programming-nya. Dibekali pula dengan senjata canggih dan kemampuan khusus untuk memindai identitas manusia secara komplit dan tepat.

Konon, robot-robot tersebut sengaja diciptakan untuk memusnahkan manusia. Hasilnya, terjadilah peperangan antara manusia dan robot (mesin). Ada beberapa orang yang akhirnya selamat. Sebagian lagi ternyata diculik oleh robot-robot tersebut dan disandera sebagai tawanan untuk kemudian dibawa ke pusat komando Skynet.

robot terminator salvation

salah satu robot terminator

Di kalangan manusia yang selamat, muncullah kaum pemberontak yang digawangi oleh John Connor (Christian Bale). Ia punya misi untuk memerangi dan memusnahkan Skynet (jaringan maya yang menciptakan dan memprogram robot-robot pengacau tersebut).

Di tengah upaya memerangi Skynet dan robot-robot ciptaannya, muncullah sosok misterius setengah robot setengah manusia yang bernama Marcus Wright (Sam Worthington). Ternyata ia diprogram sebagai seorang penyusup handal untuk membunuh John Connor. Berhasilkah ia menjalankan misinya? Bagaimana akhir kisah peperangan antara manusia yang dipimpin oleh Connor dalam melawan Skynet? Saya sarankan anda nonton sendiri film bagus ini di bioskop (mumpung masih tayang saat ini).

>> Kesan-kesan dan komentar saya :

terminator salvation robot2Menyaksikan film ini, rasa-rasanya saya seolah tiada henti dibuat berdecak kagum akan suguhan teknologi animasi komputer dan special-effect yang diperlihatkan di sepanjang alurnya. Semua terlihat begitu halus dan hidup. Ya… Hollywood memang tiada tandingannya dalam hal ini.

Sinematografi yang coba digunakan juga terlihat pas dengan nuansa yang ingin dibangun. Kesan lengang nan sepi juga tergambarkan dengan sangat sempurna.

Belum lagi banyaknya kejutan yang sengaja disisipkan dalam setiap scene-nya, sehingga penonton dibuat sulit untuk menebak skenario cerita selanjutnya. Jika anda tergolong panikan atau mudah kaget (termasuk lemah jantung), saya sarankan untuk tidak menonton film ini. Mengapa? Hampir di sepanjang alur ceritanya selalu penuh dengan sound-sound yang menggelegar dan mengagetkan. Suara-suara tembakan senjata, suara bom, suara ledakan, suara pesawat yang sedang melaju, dan suara helikopter menjadi suguhan yang cukup dominan.

Pokoknya benar-benar full action deh… tepuktangan

terminator salvation robot3
gambar wajah robot terminator

pesawat terminator salvation
gambar adegan saat pesawat Skynet berusaha memindai suatu obyek

>> Pesan moral :

terminator salvation robot1Di balik dominannya suguhan action berupa adegan-adegan seru nan menegangkan, ternyata film ini punya sedikit pesan moral. Pesan paling utama yang bisa saya tangkap adalah : bahwa perbedaan utama antara manusia dan robot (mesin) adalah terletak pada ‘rasa’. Manusia punya perasaan dan hati nurani yang bisa mengendalikan otaknya dan segala tingkah lakunya. Sedangkan robot/mesin cuma bertindak berdasarkan program yang sudah ditanamkan oleh pencipta/pengendalinya.

Jadi, manusia yang cuma bisa bertindak atas program atau perintah orang lain (mengesampingkan perasaan dan nuraninya) tak jauh bedanya dengan robot.

Di kehidupan nyata sehari-hari, manusia yang mengaku ‘beragama’ pun tak jarang bertindak seperti robot yang sangat mudah diprovokasi dan diprogram untuk bertindak brutal. Mereka tak lagi mampu berpikir secara jernih dan melibatkan perasaan serta nuraninya. Itulah robot-robot berjalan berwujud manusia.
Dan pesan tersebut beberapa kali terselip dalam segelintir adegan di film ini.

>> Kesimpulan :
So, buat para penggemar film action, rasanya wajib untuk menonton film ini. Mumpung masih tayang di bioskop lho (saat review/ulasan ini diposting). Bersiaplah untuk menyaksikan adegan-adegan seru dengan iringan sound yang menggelegar (jika anda nonton di 21). Durasi lebih kurang 2 jam pun jadi tak terasa membosankan buat saya. Pokoknya nggak rugi deh ngeluarin kocek sebesar 25 ribu di akhir pekan

Dukungan kontes >>> apa sih asyiknya belajar seo?

30 comments:

  • Pertamax gak ya ? kayaknya iya nih.
    Masih ada benang merahnya dengan Terminator sebelumnya gak mas? Terutama dengan Sarah O'connor ibunya John.
    Ada Award di blog ku mas, diambil ya :D
    Thanx

    04 June, 2009 17:36

  • @ Ravatar >>> masih ada benang merahnya kok, tapi saya rada lupa seri sebelumnya :) Wah, makasih ya buat awardnya. Jadi gimana gitu...hehehe

    04 June, 2009 17:48

  • salam kenal mas

    thanks udah mampir ke blog mashengky

    04 June, 2009 17:52

  • Kebetulan belum nonton, jadi sementara baru bisa reviewnya disini aja :D

    04 June, 2009 18:29

  • secanggih apapun teknology manusia tetap lebih baik

    04 June, 2009 20:38

  • mantafff
    ada yang punya sourcenya gak ya?

    04 June, 2009 21:55

  • Wah kalo udah baca ini, kalo nonton bioskop pasti ribut sendiri. Oia kang! Is saya tertarik pasang widget seperti widget yang sampeyan kasih judul my favorit blog. Bisa bagi2 rahasianya via email kan. Kangmus@ymail.com thanks bngt.

    05 June, 2009 02:39

  • masih ada yg bilang "I'll be back" gak? :D
    katanya sih si arnold sedikit kecewa dengan cerita di versi terbaru ini ...

    05 June, 2009 05:57

  • wah.. kayaknya asyik tuh mas.. filmnya... coba nonton ah...

    oh ya.. kunjungan balik nih mas... salam sukses untuk anda...

    05 June, 2009 08:33

  • Saya sudah nonton. saya termasuk penggemar film. sepekan saya nonton smpe 3 film di bioskop. habis duit gw.

    pekan ini saya sudah tonton 2 film: Terminator dan Drag Me to Hell di Mall Artha Gading, Jakarta.

    Saya tidak terlalu banyak mengulas film sperti Mas Is, saya nikmati. kalau orang tanya baru saya jelaskan.

    bagi yg suka teknologi, saya rekomendasikan untuk nonton Terminator. kalau yg suka horor silahkan nonton Drag me to hell. siap-siap untuk pegang bangku dari awal smp akhir.

    05 June, 2009 10:22

  • @ Mas Hengky >>> makasih kembali mas atas kunjungan baliknya.

    @ Infopemula >>> coba nonton mas. Seru banget lho. Buat yang suka teknologi, film ini recommended banget.

    @ nur ichsan >>> bener mas. Sebab manusia punya hati nurani dan perasaan. Gak kayak robot yang bisanya cuma bertindak atas program.

    @ Pencerah >>> cari aja di internet mas :)

    @ Muslihun >>> kode scroll-nya ya maksudnya mas? Kalo untuk ngasih scroll buat menu di sidebar, memang ada kode tertentu yang harus ditambahkan pada bagian edit html. Ntar saya coba email deh. Kalo mau bikin blogroll yang bisa nampilin update postingan terbaru, pake aja menu 'daftar blog saya' di bagian elemen halaman. Coba klik add gadget, lalu pilih 'daftar blog saya'. Kemudian klik 'tambah daftar'. Isikan dengan url blog favorit yang ingin kita simpen. Simpan. Selesai.

    @ nomercy >>> wah, kecewa karena gak dapet peran utama kali ya...hehehe (sempet muncul beberapa menit aja kan si arnold). Soal cerita, mungkin rada keteteran. Maklum, sekuel ini lebih ngandalin action-nya ketimbang cerita.

    @ T.Wahyudi >>> makasih kembali mas. Coba nonton. Seru banget lho.

    @ Haris >>> wah, maniak movie banget nih kayaknya. Tapi bener banget rekomendasi mas Haris. Film ini sarat dengan teknologi canggih. Sangat recommended buat yang suka action berbalut teknologi. Makasih mas buat tambahannya.

    05 June, 2009 12:03

  • ulasannya sampean lebih keren koq mas
    :)

    artikelku ternyata di bawah urutan blog ini
    mungkin karena kalah cepat, abis mau ku publis sebelumnya, harus saya cuekin dulu karena perhatian saya alihkan dulu ke Prita Mulyasari.
    jadinya agak lama di draf

    iya mas
    saya pindahan mas
    maaf ya luma ngasih tau
    :)

    05 June, 2009 13:43

  • @ Rusa Bawean >>> weleh, ternyata pindahan toh. Soal postingan film ini, ternyata faktor nyuri start bisa berpengaruh juga ya buat SERP di google :) Soal Prita, kayaknya emang lagi rame ditembak tuh oleh blogger. Saya rencananya mau ngulas juga, tapi lebih ke soal pasal pencemaran nama baik. Liat situasi dan mood dulu :)

    05 June, 2009 13:48

  • oh ya
    tapi di keyword resensi film terminator salvation
    blog sampean gak masuk mas
    Rusa Bawean™ masuk mas
    hehehe
    :)

    05 June, 2009 13:49

  • oh ya
    kalo masalah Prita saya gak terlalu niat nembak
    lebih kepedulian saya terhadap kasus Prita

    karena saya adalah pendukung kebebasan Prita Mulyasari
    :)

    05 June, 2009 13:51

  • @ Rusa Bawean >>> good..good...good..! Kita harus menentang diskriminasi di bidang hukum!

    05 June, 2009 14:23

  • Bagaimanapun Robot tidak akan pernah mengalahkan manusia.

    05 June, 2009 14:54

  • Wadduhh. .udah gak bisa nonton gratis neh dirmh tmn, jd gak update lg deh sama film2 terbaru :(
    Btw, actor+actressnya msh yg lama kan mas? Pemain barunya sapa aja?
    Antara 1-10, nilai brp yg sampean berikan utk film ini.
    Maap kebanyakan nanya, hehehe. . .

    06 June, 2009 09:42

  • saya dah nnton, ni emsional pas dbgian akhr... waktu marchus mw dnorin jntungnya... T_T

    06 June, 2009 12:10

  • saya belum nonton ne..
    mantap sob
    monggo mampir ada tahu goreng dihidangkan utk anda

    06 June, 2009 17:00

  • Kunjungan balix ...

    saya dah nonton 2 kali mas, justru malah nemu kejanggalan :

    1. masih inget john connor jatuh dr heli trus berantem sm robot stengah badan yg masih ngeyel...? itu robot kan narik kaki connor, trus malah sepatunya lepas. habis connor nembakin robot membabi-buta, dia jalan sudah dalam keadaan pake sepatu. Kapan pake sepatunya yah?

    2. Marcus belum pernah nyebutin namanya kepada Kyle Reese, justru Marcus yg pertama nanya nama pemuda itu tanpa ngenalin namanya. Di adegan Robot Raksasa, Kyle Reese menghentikan si Marcus yg akan kabur membawa truk sambil berteriak, "Marcus, Don't do this". Koq bisa panggil Marcus, padahal belum pernah disebutin..?

    hayoo masih inget belum .. he..he..

    06 June, 2009 18:58

  • oh film itu toh tm ku jg banyak koleksiny

    06 June, 2009 23:29

  • Film yg menarik sekali...

    Aku memang suka dgn triks tekno yg gaya hollywood gitu...

    Nanti mau nonton dvd nya saja dah...nggak suka nonton di bioskop bro...

    07 June, 2009 01:58

  • @ NumB3R >>> para pemainnya banyak muka baru mas. Arnold aja cuma maen bentar (gak sampe 5 menit!). Kalo nilai sih, kayaknya 8 buat saya. Tapi ini cuma penilaian seorang penonton yang tidak terlalu kritis loh. Thx ya buat kunjungannya.

    @ Ardy Pratama >>> wah, bagian itu saya malah agak lupa :)

    @ hendra >>> ntar ya saya mampir, siapa tau ada surprise :)

    @ Mas Iwant >>> wah, mungkin di-cut atao dicepetin mas. Masak adegan makai sepatu mau disorot juga...hehehe. Yang kedua, jujur saya rada lupa mas. Salut deh buat daya inget mas yang sampe segitunya bisa nginget...hihihi (kalo emang gitu, berarti bikin ceritanya rada kurang logis yach). Hmm, yang saya inget cuma aksi-aksi robot dan pertarungan sengitnya. kalo hal-hal kecil yang kayak mas gambarkan itu, saya sulit banget ingetnya (dasar pikun ya).

    @ ammadis >>> kok gak suka mas? Malah lebih seru lho kalo nonton di bioskop. Suaranya lebih menggelegarrrr...

    07 June, 2009 17:02

  • mas, itu bukan pak Arnold beneran. Suer itu robot alias komputer. Maksudnya manipulasi image pake smacam software 3D. detilnya di http://en.wikipedia.org/wiki/Computer-generated_imagery

    Jadi Arnold sama sekali ga main di pilem ini.

    08 June, 2009 00:15

  • @ Mas IWaNT >>> bener mas. Maksud saya wajahnya asli, tapi tubuhnya palsu. Masak badan Arnold sampe segede itu. Thx buat info link-nya.

    08 June, 2009 09:51

  • nunggu kawan rental vcdnya ah, trus nonton gratis

    08 June, 2009 10:22

  • dari peluncurannya padahal pengen nonton,,tapi ga ada waktu trus..hiks..hiks..harus nonton..mudahan masih tayang..:)

    08 June, 2009 13:19

  • Salam kenal :D

    Tapi kalo menurut gua, filmnya sedikit membosankan di bagian setengah akhir film.

    28 June, 2009 01:01

  • Post a Comment

    Silakan tulis komentar sesuai pendapat pribadi kamu

    Back to Top
     

    kafe28 Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template | Top