28 July 2009

28 July 2009

5 Tips Nembak Keyword agar Sukses dan Tidak Sia-Sia

tips nembak keywordIsitilah nembak keyword dapat saya definisikan sebagai aktivitas merancang, menulis, mengemas, dan kemudian mempublish suatu konten blog – dengan harapan agar memperoleh banyak kunjungan dari search engine (lewat postingan tersebut).

Jenis konten yang dipublish bisa berupa informasi hangat (news), opini kasus hangat, foto/video hangat, dan bahkan bisa pula berupa tutorial atau opini yang tidak terpengaruh oleh nilai aktualitas.

Intinya, semua jenis konten blog bisa dijadikan sebagai ajang nembak keyword (tidak selalu harus bernilai fresh/aktual). Namun masalahnya, terkadang atau bahkan seringkali aktivitas nembak keyword menjadi sia-sia. Dalam arti, postingan yang dibidik untuk pengunjung dari search engine ternyata tidak sesuai harapan (sangat sedikit atau bahkan sama sekali tidak menuai kunjungan dari search engine).

Oleh sebab itu, perlu bagi rekan-rekan blogger sekalian, terutama yang masih pemula (belum berpengalaman), agar memperhatikan beberapa hal berikut ini agar tidak sia-sia ketika nembak keyword :

1. Luruskan niat terlebih dahulu.

Niat yang benar dan lurus sangat penting untuk memberikan energi positif yang besar ke dalam konten/artikel yang akan anda posting nantinya. Kalau niat utama anda cuma demi memperoleh trafik, maka biasanya cuma itulah yang akan anda dapatkan. Bahkan bisa gagal tercapai jika tidak diimbangi dengan penerapan teknik SEO yang benar.

Namun jika niat utama anda adalah tulus untuk berbagi sesuatu yang positif, bernilai, dan bermanfaat, maka (biasanya) bukan hanya trafik melimpah yang akan anda peroleh, tapi juga kepuasan pengunjung. Bahkan blog anda bisa memperoleh returning visitors dan loyal visitors. Bukan sekedar first time visitors!

2. Utamakan menulis sesuatu yang fokus bahasannya sempit atau tidak terlalu luas.

Jangan sia-siakan energi anda untuk menulis dan memposting hal-hal yang sudah begitu umum/jamak dan sudah banyak pula kompetitornya di mesin pencari (yang sudah mempublish hal tersebut). Ketika anda memperoleh sebuah ide tulisan untuk diposting, cobalah untuk menggalinya lebih dalam.

Dari proses penggalian ide mentah tersebut, bisa kita dapatkan sebuah ide yang lebih sempit fokus pembahasannya. Dan biasanya yang seperti itulah yang berpotensi menyedot banyak kunjungan dari search engine.

Contoh kasus :
Ide tulisan tentang cara meningkatkan trafik blog sudah terlalu umum dan terlalu banyak pula kompetitornya pada mesin pencari. Namun dari ide dasar yang masih umum/mentaj tersebut, kita bisa gali atau kembangkan lagi menjadi lebih spesifik. Misalnya menjadi Tips Meningkatkan Page View Blog, Tips Sukses Nembak Keyword, Teknik SEO Dasar, dan sebagainya yang masih berkaitan erat dengan tips peningkatan trafik blog.

3. Utamakan menulis/memposting sesuatu yang sedikit pesaingnya, tapi berpotensi banyak dibutuhkan oleh pencari

Oleh sebab itu, mau tidak mau anda harus sering-sering melakukan riset pada mesin pencari untuk menguji tingkat persaingan berbagai keyword yang menjadi calon artikel blog anda (terutama keyword pada judul). Kalau anda jeli, sebenarnya masih begitu banyak keyword yang belum terjamah oleh blogger, tapi sangat berpotensi untuk dicari/dibutuhkan para pencari.

Contohnya keyword “cara optimasi keyword”. Pada saat tulisan ini saya posting, saya belum menemukan satu pun judul posting pada hasil crawler google (pada halaman pertama) yang benar-benar sesuai keyword tersebut. Nah, ini peluang bagi anda bukan? (terutama yang mahir SEO).

4. Hindari pemilihan judul posting yang terlalu umum

Hal penting ini sepertinya masih banyak diabaikan oleh para penembak keyword. Mungkin karena semata-mata mengira bahwa pengunjung cuma tertarik dengan postingan yang padat berisi pada bagian judulnya. Padahal semakin spesifik sebuah judul, biasanya akan semakin menarik untuk diklik atau dibaca. Sebenarnya ini bisa diakali dengan menambahkan beberapa keyword sekunder di antara jajaran keyword primer (umum) yang akan kita bidik.

Contoh penerapan :
Keyword “bom marriott dan ritz carlton” terlalu umum. Alangkah lebih baik jika kita buat lebih spesifik menjadi misalnya “Pelaku Peledakan Bom Marriott dan Ritz Carlton..bla..bla..” – “Penyebab Ledakan Bom Marriott dan Ritz Carlton..bla..bla..bla” – “Dalang Pengeboman JW Marriott dan Ritz Carlton..bla..bla..bla..” – “Benarkah Jaringan Al Qaeda Ada di Balik Aksi Bom Marriott dan Ritz Carlton?” – “Otak Peledakan Bom Marriott dan Ritz Carlton”, dan sebagainya yang lebih spesifik.

Contoh lain :
Keyword “Michael Jackson Meninggal Dunia” juga terlalu umum (bahkan terlalu banyak kompetitornya). Mengapa tidak membuat judul postingan yang lebih spesifik/sempit, misalnya seperti : “Kisah Hidup Michael Jackson”, “Biografi Michael Jackson”, “Proses Perubahan Wajah Michael Jackson”, “Lagu-Lagu Hits Michael Jackson”, dan lain-lain.

Saya pribadi malah memilih judul “Seorang Michael Jackson di Mata Saya”…hehehe. Namun jangan salah, postingan saya tersebut lumayan banyak menuai kunjungan dari search engine selama beberapa minggu semenjak Michael Jackson meninggal. Bahkan beberapa menit usai saya publish sudah langsung memperoleh kunjungan dari google.

5. Manfaatkan blog dummy dan atau situs iklan baris gratis untuk mendukung backlink postingan (jika diperlukan)

Poin ini sebenarnya tidak terlalu menjadi prioritas. Namun dukungan backlink dari blog dummy dan iklan baris gratis bisa sangat efektif pada kondisi tertentu. Terutama jika tingkat persaingan keyword yang akan kita bidik cukup ketat. Selengkapnya mengenai cara pemanfaatan blog dummy, silakan baca artikel Memanfaatkan Blog Dummy (postingan zalukhu) dan artikel Teknik SEO untuk Menjarah Trafik dari Google (postingan abibakar).

Sedangkan mengenai pemanfaatan iklan baris gratis dan efektivitasnya untuk mendukung SEO postingan blog, silakan baca artikel Memanfaatkan Iklan Baris gratis untuk Men-SEO-kan Link Artikel, Efektifkah?

nembak keywordSekedar pelengkap/penguat fakta, seminggu yang lalu (tanggal 19 Juli 2009) saya memanfaatkan situs iklan baris gratis untuk mendukung backlink postingan saya tentang Daftar Pemenang Anugerah Planet Musik 2009. Sengaja saya gunakan karena postingan saya tersebut sangat lambat terindeks oleh google (dengan keyword pada judulnya).

Entah mengapa, padahal biasanya beberapa menit usai posting saja sudah terindeks. Namun untunglah saya menggunakan iklan baris usai memposting artikel hangat tersebut. Dan hasilnya, walaupun link postingan blog saya tidak tampil di halaman pertama, tetapi link dari situs iklan baris yang memuat link artikel blog saya tersebut tampil di urutan atas. Imbasnya, blog saya tetap menuai banyak kunjungan melalui perantara situs iklan itu.

***

Sebagai penutup, baca juga opini mas ecko mengenai Etika Nembak Keyword. Semoga bisa sedikit bermanfaat bagi rekan-rekan blogger yang sedang belajar nembak keyword. Tujuannya cuma satu : agar sukses alias tidak sia-sia

Dukungan kontes >>> apa sih asyiknya belajar seo?

49 comments:

  • Wah saya belum pernah mikir sejauh itu... Asal tembak aja... Hehehe... Tapi syukur ya ada hasilnya... :D

    28 July, 2009 19:14

  • beh.. selama ini saya nggak pernah mikirin keyword di blog saya.. pokoknya asal posting nggak pakek keyword.. jadi ndak tahu.. di mbah google keyword apa yang terindeks..
    mantebs tips nya mas..
    lama nggak berkunjung.. hihihi..

    28 July, 2009 20:21

  • sepertinya saiia harus jadi returning visitors dan loyal visitors nii di sini dan bukan sekedar first time visitors! kenapa? informasinya sangat bermanfaat sekali buat saiia yang buta SEO...

    sama kek kucrit bilang... saiia ko' waktu mencet tombol publish, gag pernah terlintas masalah kiwot ato apa namanya... yg penting posting dan posting... karena buat saiia, memposting sesuatu rasanya seperti kita orgasme... :) abis itu... tenang... rilex... jalan2 dee atawa BW... nii sampe bisa masuk sini makanya ....

    salam hangat kang :)

    28 July, 2009 21:17

  • wah keren tipsnya...
    http://gooddell.blogspot.com/

    29 July, 2009 03:38

  • info yang mantaf, semoga Sarimin bisa menebak keyword "Mengembalikan Jati Diri Bangsa"

    29 July, 2009 05:35

  • Saya coba tembak keyword bisnis online, berbulan2 baru skrg ada di halaman 1, sedangkan kata kunci rafi ahmad dan dea imut yg gak ada niat skrg di posisi nomer 1 gileee

    29 July, 2009 08:45

  • sekedar niat pun gak punya
    kekmana lagi

    29 July, 2009 15:21

  • Kalau saya nembak keyword yang penting banyak dicari. Masalah nanti banyak saingan, nah..itu dia yang harus kita menangkan, :D

    29 July, 2009 16:01

  • nice info.....thank patut untuk di coba nich

    29 July, 2009 19:38

  • @ semua yang sudah komentar >>> makasih banyak ya. Saya sampai saat ini masih belajar SEO dan belum terlalu mahir juga sih. Semoga kita bisa saling berbagi ya. Thx buat semua.

    30 July, 2009 11:45

  • hmm.. yummy nih tutorial.. ngga ngerti tapi aku ni masalah SEO... hohohoho...

    31 July, 2009 05:53

  • saya masih agak kesulitan untuk menembak keyword mas..kalau pun dapet idenya kesulitannya gimana mengaplikasikan keyword ini

    31 July, 2009 17:52

  • salam kenal,

    bermanfaat, bro....

    =========
    maaf,
    nitip pesen buat semuanya: yuk, ikutan vote di sini: Jadikan Pulau Komodo Sebagai 7 Keajaiban Dunia Jangan sampai kita kehilangan 'Borobudur' lagi! (he.. he..)

    01 August, 2009 00:25

  • Kalau tahu keyword tersebut sedikit dari mana Mas? Adakah tools yang efektif digunakan untuk tujuan tersebut?

    01 August, 2009 09:13

  • mantep deh mas tipsnya... segera praktek nih... :)

    01 August, 2009 15:48

  • Saya baru sadar bahwa dari iklan baris ternyata ada dua tujuan :
    1. Mendapat banyak kunjungan atau
    2. Mau dapat peringkat bagus di SE dg kata kunci yg ditarget

    Kalau saya sich mending dapat kunjungan banyak walaupun gak dapat peringkat maksimal dari SE

    02 August, 2009 09:42

  • OK..OK..menambah ilmu lagi ini. Tapi kadang saya heran juga, ada keyword yg dianggap tdk terlalu penting kadang masih saja menambah jumlah pengunjung, lumayan...bagi orang yg blank masalah SEO kayak saya sih...hehehe

    02 August, 2009 18:34

  • @ alfon >>> banyak belajar saja pada model artikel/postingan blogger lain yang dianggap cukup sukses dalam nembak keyword. Atau mas bisa juga terus eksperimen. Lama-lama pasti bakalan mahir sendiri. Yakin deh. Kuncinya, rajin-rajinlah meriset lewat google. Rajin-rajin pula menggunakana tools perekam keyword yang masuk ke blog kita dari search engine.

    @ BlogoDolar >>> saya belum pernah menggunakan tools khusus untuk mengecek tingkat persaingan keyword. Yang saya gunakan cuma google mas. Bagi saya itu sudah cukup sih.

    @ bisnis jenius >>> mending dapet kunjungan rutin setiap hari dari mesin pencari, ketimbang cuma dapet trafik melimpah sesaat. Mungkin gitu kali ya...hehehe.

    @ ferdian adi >>> yang perlu dicatat, keyword gak penting itu memperoleh banyak pengunjung dari mana? Dari search engine atau kunjungan langsung dari blogger lain? hihihi

    03 August, 2009 15:02

  • Kalau saya anggap postingan saya bisa menjadi 'traffic getter' saya akan mencoba tembak keyword. tapi jarang sekali saya lakukan. seringkali saya menebak saja (PD saja) 'ini kayaknya bisa menarik orang'.

    tapi saya anjurkan sahabat blogger untuk melakukan prosedur yang tepat seperti yang anda jelaskan di atas. jangan seperti saya akhir-akhir ini nongol hanya untuk posting saja sudah itu menghilang. hehehee

    03 August, 2009 15:56

  • @ haris >>> hehehe. Saya kadang juga gitu kok mas, terutama pas cuma punya sedikit waktu luang untuk online. Update posting tetap jadi prioritas saya. Setelah itu baru berkunjung ke rekan-rekan atau membalas komentarnya.

    Soal 'traffic getter', saya kadang juga cuma menebak tanpa menguji tingkat persaingan atau kemungkinan nilai SEO-nya. Tapi untuk keyword musiman (karena ada peristiwa khusus atau event khusus), biasanya saya akan sangat memperhitungkan nilai SEO-nya.

    03 August, 2009 16:14

  • Artikel apapun kalau sudah menyangkut ilmu seo, selalu saya santap habis kang...
    memang masih nyubi niy, perlu banyak belajar

    09 August, 2009 02:20

  • wah sudah lengkap pisan nie tulisannya.. luar biasa mas triknya... tapi baru berapa persen yang saya jalanin..

    09 August, 2009 18:29

  • @ khairudin >>> saya juga masih niyubi kang. POstingan di atas sekedar berbagi pendapat dan pengalaman pribadi saya saja. Makasih ya.

    @ torik >>> triknya biasa aja kok mas. Dan mungkin sudah banyak yang tahu kali ya. Tapi kalo emang dijalankan, saya yakin hasilnya pasti bakalan gak mengecewakan. Thx ya.

    20 August, 2009 15:16

  • Ikutan belajar dong Mas, saya bukan pemula tapi Pra-Pemula, Nol banget

    Makasih ya

    24 August, 2009 01:52

  • @ doblogger follow >>> kembali mas. Saya sebenarnya bukan expert loh di bidang SEO. Ulasan tips di atas cuma berbagi berdasarkan hasil pengamatan dan pengalaman pribadi saya selama mempraktekkan SEO sepengetahuan saya.

    25 August, 2009 11:39

  • seo itu gampang2 susah, gampang kalo keyword yg kita tembak kena sasaran, susah kalo pengunjung nol..hiks...

    28 August, 2009 11:48

  • Postingan yang bagus mas. Aku juga lagi belajar nembak keyword nich. Banyak yang meleset tapi. :D
    Namun syukur juga karena bisa mendapatkan pengunjung dari Search Engine berkat Dummy Blog. :)

    02 September, 2009 22:06

  • @ solusi internet >>> pengunjung nol karena keyword yang kita bidik terlalu ketat persaingannya atau karena emang gak ada yang nyari pake keyword tsb :D

    @ Belly >>> Wah, selamat ya karena udah berhasil memanfaatkan blog dummy dengan sukses. Semoga makin terlatih deh dalam SEO. Thx.

    03 September, 2009 11:43

  • Hmmh,kalau begitu apa yang saya lakukan selama ini sudah cukup benar tinggal submit ke situs iklan baris gratis. Ini yang tidak pernah saya lakukan...

    01 January, 2010 22:41

  • Wah.. thanks banget atas tips hebatnya, langsung dicoba moga-moga bisa sukses dan berhasil...

    22 January, 2010 15:38

  • krn blog ane baru buat kemarin, ane msh belum berani nembak kw dulu mas..

    13 October, 2010 14:39

  • belum pernah terpikirkan oleh saya, terima kasih sekali lagi

    12 November, 2010 19:17

  • wooowww...sangat detil sekali,ok akan saya coba...terima kasih banyak atas postingannya ya

    16 May, 2011 22:17

  • makaasi sob atas infony akan sy terapkan d kontes SEO sy :D

    09 August, 2011 18:20

  • nice info,top..sangat bermanfaat khususnya untuk saya, tks gan infonya

    sukses

    06 February, 2013 23:39

  • oh begitu ya sob, luar biasa ne tips nya. ane coba deh kalau gitu.
    thanks sharing dan info nya gan
    salam blogger Indonesia

    01 August, 2013 10:21

  • keren tipsnya gan,, ijin coba ye

    19 August, 2013 19:53

  • mantap gan, nanti saya praktekan.. :D

    27 August, 2013 09:27

  • Mantap,mampir ya gan di blog ane
    Www.mochnan.blogspot.com

    25 September, 2013 21:37

  • Mantap,mampir ya gan di blog ane
    Www.mochnan.blogspot.com

    25 September, 2013 21:38

  • Daftar Kontes SEO 2016 HADIAH PULUHAN JUTA!!== > http://sukasukague.16mb.com/2016/09/daftar-kontes-seo-2016-hadiah-puluhan-juta.html

    22 October, 2016 22:15

  • Post a Comment

    Silakan tulis komentar sesuai pendapat pribadi kamu

    Back to Top
     

    kafe28 Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template | Top