01 July 2009

01 July 2009

Take Me Out Indonesia : Acara Perjodohan yang Lumayan Menarik dan Unik

Satu lagi hadir program acara perjodohan (berformat game-show), yaitu Take Me Out Indonesia. Tayang setiap Jumat malam pukul 21.30 Wib di Indosiar. Acara mirip kontak jodoh ini sepertinya bakalan menyedot banyak perhatian pemirsa televisi Indonesia.

Mengapa? Dari hasil pengamatan saya selama menonton salah satu episodenya (khususnya ulangan episode ke-2 yang tayang pada Sabtu 27 Juni 2009 kemarin), konsepnya terlihat sangat menarik dan lumayan menghibur. Nilai entertaining acara ini cukup terasa ketimbang acara jodoh-jodohan yang pernah muncul sebelumnya di dunia televisi tanah air.

Betapa tidak, Take Me Out Indonesia menyuguhkan sebuah reality-show perjodohan yang dikemas dalam format/konsep game-show. Format detailnya seperti ini :
“Pada setiap sesi, dihadirkan sosok seorang pria single yang diharapkan bisa mencuri simpati/menggaet hati sekitar 30 wanita single yang sedang mencari calon pasangan hidupnya. Ke-30 wanita single tersebut hadir di studio acara pada 30 meja berlampu. Nah, dalam setiap tahap pengenalan profil si pria single, wanita yang merasa kurang sreg bisa memadamkan lampu di mejanya (dengan cara menekan tombol pemadamnya) sebagai tanda penolakan terhadap pria single yang dihadirkan tersebut.”

Nah, di situlah salah satu sisi menarik acara ini. Ada yang langsung memadamkan lampu mejanya begitu tahap pertama baru dimulai (dimana si pria single baru memperkenalkan nama, usia, dan pekerjaannya). Sebagian lagi baru memadamkan lampu (menolak) ketika tahap kedua, yaitu tahap ketika diputarkan cuplikan beberapa video mengenai keseharian si pria single tersebut.

take me out indonesia
Hingga akhirnya tersisa minimal 3 orang wanita yang masih menghidupkan lampunya (tanda tertarik atau menaruh simpati pada si pria single tersebut). Kalau demikian kondisinya, si pria diwajibkan mengajukan sebuah pertanyaan yang sama pada 3 wanita itu. Selanjutnya si pria harus mengeliminasi satu di antara tiga wanita yang tersisa. Dan akhirnya memilih 1 di antara 2 setelah kembali mengajukan pertanyaan.

Lucunya, ada beberapa pria yang belum sampai di akhir sesi (belum sempat memperkenalkan dirinya lebih jauh) langsung ditolak oleh semua wanita yang ada Usut punya usut, ternyata umumnya karena penampilan fisik si pria yang kurang meyakinkan, kurang macho, kurang berwibawa, atau karena pekerjaannya yang dianggap kurang sreg (sehingga membuat para wanita merasa ilfeel duluan).

yuanita christianiSingkat cerita, acara ini lumayan memberikan gambaran real mengenai tipikal pria yang berpotensi mampu mencuri simpati dan menggaet hati para wanita. Begitu pula sebaliknya (tipikal wanita yang berpotensi disukai pria). Ada yang lebih tertarik karena tampang, penampilan fisik secara keseluruhan, pekerjaan, bagian tubuh tertentu yang dirasa punya pesona khusus, inner beauty, maupun kepribadian (sisi dalam).

Namun secara keseluruhan, saya melihat bahwa faktor tampang atau penampilan fisik yang menawan belum tentu mampu menjadi pemikat utama. Termasuk faktor pekerjaan/kondisi ekonomi si pria. Banya juga peserta acara ini lebih terpesona oleh sisi kepribadian calon pasangan yang akan dipilihnya. Dan itu lebih cenderung menerminkan sisi inner beauty.

Jadi buat para pria maupun wanita jomblo, yakinlah bahwa kecantikan/daya tarik sejati itu sebenarnya berasal dari dalam diri kita sendiri. Tepatnya berasal dari kepribadian dan konsep diri yang kita miliki.

Sedikit kekurangan yang tidak saya sukai dari acara ini yaitu adanya babak lain usai terpilihnya beberapa pasangan yang cocok. Tepatnya babak yang melibatkan penilaian dari Dewan Cinta yang bertindak sebagai juri voters. Saya rasa tidak perlu lah ada babak ini. Sebab itu cuma membuat durasi acara jadi bertambah panjang dan terkesan bertele-tele. Khas variety-show Indosiar yang sudah menjadi ciri khas selama ini.

choky sitohangOverall, Take Me Out Indonesia cukup menghibur dan edukatif sebagai sebuah tontonan. Pemilihan Choky Sitohang dan Yuanita Christiani sebagai duet pembawa acara juga sangat tepat. Mereka sangat baik dan pas memandu acara ini. Tidak perlu diganti deh. Apalagi penampilan fisik kedua host laris tersebut sangat menarik bagi dua kalangan penonton. Choky ganteng dan Yuanita manis abiz. Klop deh


yuanita christianiyuanita christiani
yuanita christiani, salah satu presenter take me out indonesia



30 comments:

  • Pertamax !!!! ha ha ha, kata saya sih kurang menarik tapi yo wes ga papa lah

    01 July, 2009 13:58

  • seru memang..sy juga nonton kemaren, bagi yang jomblowati bisa ikutan sapa tahu dapat jodoh di sana...ok

    01 July, 2009 15:59

  • saya pernah sekali nonton
    kok kek nya kurang menarik ya menurut saya
    beberapa cowok di perebutkan 30 cewek dalam waktu yang singkat. tanpa mengenal satu sama lain langsung deal. engga seperti kontak jodoh yang perkenalan sehari baru memutuskan.

    Eros
    Kontestan Alnect Computer.

    01 July, 2009 16:45

  • kalau yang ini lebih berbobot dibanding reality show perjodohan yang lainnya.
    Setuju?

    01 July, 2009 21:47

  • saya juga suka liat tapi kadang2 acara ini didramatisir...

    02 July, 2009 05:26

  • Alhamdulillah akhirnya bisa mampir ke rumah yang istimewa ini lagi, maaf mas baru sempet Online lagi, kemarin abis off beberapa minggu karena kesibukan dunia ofline.
    kalo mengenai perjodohan seperti di atas saya kurang setuju, kesannya laki-laki ngrebutin begitu banyak perempuan.

    02 July, 2009 09:07

  • @ Evil_septian >>> gak papa mas. Mungkin sudut pandang dan selera kita beda ya.

    @ iwan setiawan >>> tuh, seru kan ternyata. Kayaknya emang lebih seru yang ini deh ketimbang acara sejenisnya. Bahkan menurut saya lebih natural.

    @ Pencerah >>> mau ikutan tapi tempat tinggal saya sekarang jauh dari jakarta bos :)

    @ Blog Ijo >>> yups, setuju deh kalo yang ini dinilai lebih berbobot. Soalnya lebih natural aja dan nggak terlalu didramatisir kayak yang lain.

    @ anggi >>> kadang-kadang aja sih. Tapi secara keseluruhan saya liat cukup natural kok.

    @ torik >>> bukan laki-lakinya yang ngerebutin, tapi wanitanya yang ngerebutin satu laki-laki. Tapi kalo dibilang ngerebutin sih kayaknya kurang tepat deh. Soalnya nggak semua peserta wanita menyukai pria yang ditampilkan. Jadi tidak ada unsur rebut-rebutan di situ.

    02 July, 2009 14:20

  • mampir laginih Sobat....bisa tukeran link? saya tunggu ya..ok sukses selalu

    02 July, 2009 16:45

  • @ iwan setiawan >>> boleh kok kalo mau tukeran link. Abis ini langsung saya pasang deh link blognya mas di menu blog favorit. Thx.

    02 July, 2009 17:13

  • fotonya yuanita om... diaplod dong.. ^^

    hehe, gak diaplod takut dirubung semut yak.. kan maniz... :D

    oiya, boleh tukeran link? ^^ salam kenal...

    02 July, 2009 17:14

  • @ neilhoja >>> lah, kan udah ada tuh fotonya? Gak liat ya..hehehe. Ntar ditambah lagi deh fotonya. Linknya udah saya simpen tuh di menu blog favorit :) Cek aja..

    02 July, 2009 17:22

  • setuju sama kalimat trakir, yuanita emank enak diliat. kmaren udah sempet liat cuplikan acaranya dan kliatannya lumayan menarik :D

    buat cowo yang baru dateng udah dimatiin lampunya, turut berduka cita yah wkwkwkwkw

    02 July, 2009 18:52

  • saya berprasangka...

    jika acara ini laris
    nantinya akan banyak dapat kritikan pedas..
    alasannya bisa lihat saja nanti

    acaranya in door
    tapi kenapa siarannya gak LIVE ya???

    saya gak yakin ini acara reality...
    :)

    kalau dibilang EDUKATIF
    edukatif dari mana mas???
    hehehe

    02 July, 2009 21:42

  • lucu banget. tapi pesertanya lumayan berani dan jujur sih :)

    02 July, 2009 21:55

  • @ Ferry Prima >>> wkwkwk.. komentar mas bikin saya mesem-mesem sendiri jadinya :) Kasian banget ya si cowok itu yang belum apa-apa udah ditolak...hihihi

    @ Rusa Bawean >>> yach, kita liat aja nanti. Acara ini LIVE kok mas. Yang saya tonton kemaren siaran ulangnya (berhubung saya nggak nonton siaran LIVE-nya, karena pada jam yang sama, saya lebih milih nonton acara THE MASTER di RCTI).
    Untuk sementara ini, saya masih melihat apa yang tersaji adalah real (bukan akting). Gak tau kalo pesertanya udah mulai abis nantinya :) Soal nilai edukasi, saya melihat dari apa di balik terpilihnya beberapa pasangan. Mereka umumnya tertarik karena ada kepribadian tertentu dari lawan jenis (peserta acara ini) yang menjadi pesona. Di situlah nilai edukasinya buat saya. Bahwa nggak selamanya faktor tampang, pekerjaan, atau penampilan fisik bisa membuat wanita/pria tertarik buat jadiin calon pasangan hidup.

    @ sibaho >>> tuh kan, lucu dan seru banget kan. Tapi ada juga jujur yang malah menyakitkan perasaan salah satu peserta cowok, yaitu ketika si cewek terang-terangan mengatakan nggak suka karena giginya maju :) Akhirnya, disumpahin tuh cewek (agar keturunannya lebih tonggos dari si pria itu). Duh...ngeri banget kalo udah kena sumpah kayak gitu.

    02 July, 2009 22:13

  • wah,sy baru tau klo ada acara kyk ginian...entr nonton klo sempet..

    02 July, 2009 22:32

  • bener kita ambil pelajaran disana banyak banget buat seorang pria

    03 July, 2009 14:55

  • klo saya ikutan, bisa2 ke-30 nya bakal tetap bertahan hingga akhir.
    hahahhahaha...

    ~songong lebih baik daripada minder. :P

    03 July, 2009 19:56

  • memang menarik buat tontonan, tapi tidak edukatif..

    11 July, 2009 19:24

  • gw paling kocak waktu kapan itu baru masuk uda langsung pada mati semua .. keciaan sumpah

    presenter si choki gw akuin doi mang yahud klo bawain acara jadi menarik abiezz top dah

    12 July, 2009 02:07

  • @ computer freeware >>> hahaha..emang lucu ya pas waktu itu. Kalo choki punya kelebihan dari sisi karakter suara dan ketenangannya. Mirip mas Tantowi Yahya tuh dari sisi ketenangannya.

    13 July, 2009 14:41

  • sbelumnya ak mau ngucpin slamat aja buat Chocky yg telah berhasil menurutku ngebawa'in acara take me out ini...
    smoga acara ini bisa dinikmati para pemirsanya

    23 July, 2009 11:29

  • Klo menurutku...
    acara ini ckup bgus...n ak liat hostnya jg uda berhasil ngebawain acara ini..
    acara ini jg ckup unik karena 30 cwe hrs memilih 1 pria...tp klo gak suka bisa langsung menolaknya..
    Tp ak patut memberikan acungan jempol bagi penyelenggara pertamanya...

    Acara ini kren..tp syang yaa, indonesia cuman meniru dr luar negeri..dan ak liat banyak skali reality show indonesia yg mrupakan hsil adopsi dr negeri asing..

    mudh2an kbiasaan ini bisa dihilangkan dan bisa mencetuskan acara berbobot dr hsil kretifitas org indonesia sendiri...

    24 July, 2009 15:17

  • @ nzar and lifestory >>> setuju banget ama pendapat kamu. Thx ya buat komentarnya.

    24 August, 2009 16:45

  • klo menurut aq take me out bagus cukup menghibur bgt aq sering nonton yg take celebrity outnya luchu bisa ngilangin strezz

    01 March, 2010 13:26

  • nach klu yg ini gua setuju gan...emg bner sgt mnrik bgt,,aplg d.tmbh 2 mc yg cocok..tp sayangnya ckrg dh gk da lg.

    18 February, 2011 19:38

  • halo kakak penulis.. menarik baca artikelnya.. boleh sharing2? kebetulan sy sedng melakukan sdkt riset tntng acara ini. menurut kakak penulis, knp program seperti ini diciptakan ? apakah ada pengaruh budaya dari negara asal pemproduksi program ini. big thanks buat jawabannya ntr :D

    14 October, 2013 01:35

  • Post a Comment

    Silakan tulis komentar sesuai pendapat pribadi kamu

    Back to Top
     

    kafe28 Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template | Top