17 August 2009

17 August 2009

5 Alasan Kenapa Artikel Numbering Wajib Ada di Blog Anda

artikel numberingArtikel numbering adalah salah satu jenis konten blog yang pada bagian judulnya selalu terdapat angka, terutama pada bagian awal judul. Biasanya berfungsi untuk merincikan sesuatu. Bisa berupa tips praktis atau tutorial yang dibagi-bagi dalam beberapa langkah. Contoh : 7 Tips Praktis untuk Meningkatkan Page View Blog Anda, 4 Tips Ampuh untuk Mempertahankan Semangat Ngeblog Anda, 5 Tips Nembak Keyword, dan 3 Tips Memilih Template Blog.

Bisa juga berupa daftar sub judul rincian argumentasi, contohnya seperti artikel yang sedang anda baca saat ini. Atau contoh lain : 5 Penyebab Kebosanan Ngeblog, 7 Kebiasaan Pengeblog Sukses, 5 Manfaat Menulis KOnten yang Unik dan Orisinil di Blog Anda, dan sebagainya.

Selain itu, rincian sesuatu tersebut pun bisa berwujud daftar obyek tunggal. Misalnya berupa nama tempat, nama film, nama buah, nama sayur, nama kota, nama blog, atau bahkan nama orang. Contohnya artikel 18 Penyanyi Pria Indonesia Bersuara Paling Khas dan 5 Pelawak Termahal Indonesia.

Lalu, mengapa artikel jenis rincian seperti ini saya anggap wajib ada di blog anda? Inilah 5 alasannya :

1. Lebih menarik untuk diklik pada hasil crawler mesin pencari.

Contoh, ketika anda mencari informasi tentang tips tertentu pada mesin pencari dengan sebuah keyword. Dan hasilnya ternyata ada salah satu judul posting yang pada awalnya berupa angka. Besar kemungkinan anda akan tertarik untuk mengklik judul tersebut bukan? Tidak peduli walaupun link judul tersebut tidak berada pada posisi urutan pertama.

Contoh kasus : coba anda ketikkan keyword ”tips ngeblog untuk pemula” di google. Pada daftar hasil pencarian, judul posting manakah yang lebih menarik dan penasaran untuk anda klik?

Hal tersebut berlaku pula ketika anda mencari informasi yang bukan berupa tips. Hasil pencarian di halaman pertama tetap berpotensi untuk mereferensikan artikel numbering kepada anda. Dan artikel rincian seperti itu biasanya punya magnet khusus ketika tampil di hasil pencarian halaman pertama.

2. Punya magnet yang kuat ketika tampil pada menu daftar posting.

Contohnya jika tampil pada menu Recent Post, Related Post, Random Post, atau Popular Post. Pengunjung biasanya sangat tergoda untuk mengklik atau membaca artikel yang judulnya seperti hendak merincikan sesuatu. Judul seperti itu dianggap mengandung rahasia yang biasanya mengundang rasa penasaran. Betul nggak?

3. Cenderung lebih disukai pembaca.

Dengan terbagi-bagi dalam beberapa rincian, pembaca umumnya merasa tidak begitu kesulitan memahami dan mencerna isi artikel tersebut. Di sinilah salah satu kekuatan artikel numbering dalam memikat pembaca.

4. Cenderung lebih tinggi page viewnya.

Hal ini berhubungan erat dengan poin 1-3 di atas. Bahkan pengunjung/pembaca yang sama tak jarang akan kembali mengklik/membaca artikel jenis rincian ini di kemudian hari. Dalam arti, ia bisa berulangkali membacanya. Sebab artikel jenis numbering ini umumnya punya daya tarik jangka panjang. Setuju? Efek positifnya tentu saja akan meningkatkan page view blog anda.

5. Berpotensi besar menjadi artikel pilar.

Artinya, artikel numbering ini sangat berpotensi menjadi penyangga aliran trafik abadi dan berkesinambungan bagi blog anda (dari waktu ke waktu). Berdasarkan pengamatan saya, blog-blog yang bertrafik tinggi, berpage view besar, populer, atau punya banyak penggemar umumnya memiliki banyak aset berupa artikel numbering. Sang pemilik/pengelola blog-blog tersebut rupanya sudah sangat menyadari kekuatan artikel rincian berupa numbering sebagai pilar penyangga blog mereka.

Nah, masalahnya sekarang mungkin terletak pada bagaimana cara menemukan ide untuk dijadikan artikel numbering? Bagaimana pula cara mengolah ide mentah tersebut hingga bisa menjadi artikel rincian yang baik dan menarik?

Kuncinya cuma satu : jadilah kreatif!

Berusahalah menghubung-hubungkan beberapa hal dalam satu bingkai yang sama. Itu saja resepnya. Atau jika perlu, berpikirlah di luar kotak atau kebiasaan awam selama ini. Selebihnya, kreatifitas andalah yang berperan.

Nah, selamat mencoba. Sudahkah blog anda punya banyak artikel numbering sebagai aset?

Dukungan kontes >>> apa sih asyiknya belajar seo?

33 comments:

  • bener juga mas tipsnya ,,

    saya pakai dech

    17 August, 2009 20:37

  • wah mantap nih tipsnya, thanks

    18 August, 2009 00:24

  • Bisa diterapkan Ilmu seperti ini biar maknyus,, thanks Mas...

    18 August, 2009 08:30

  • bener juga nih.
    Praktek ahh...
    Makasih infonya mas...

    18 August, 2009 10:49

  • Yup sebenarnya itu disarankan ada, tapi saya kalau nulis artikel tuh spontan aja, jadi gak tau ada berapa poin yang bakalan tak bahas.. hehehe

    18 August, 2009 11:09

  • Tulisan blog saya lebih banyak jenis postingan ini. Kalau saya menamakannya postingan daftar (list post).

    Anyway, Saya setuju dengan 5 alasan sampean Mas.

    18 August, 2009 12:52

  • @ Bisnis Online >>> hehehe. Saya dulu juga suka gitu mas. Tapi belakangan ini saya bikin planning dulu sebelum publish. Biar sedikit memberikan daya tarik aja kalo udah dipublish.

    @ Blogodolar >>> syukurlah kalo begitu kang. Berarti kang Yudiono sudah sangat menyadari kekuatan jenis artikel list atau artikel daftar tsb. Thx ya. Oya, blognya mas medhy aginta (blogguebo) kan juga banyak tuh artikel model daftar.

    18 August, 2009 20:08

  • ew.. sayangnya saya ndak kreatif mas.. jadi bikin artikel senyeplosnya saja.. heheheh...

    19 August, 2009 00:17

  • oh gitu too.. thanks tipsnya..
    maklum newbie

    19 August, 2009 14:22

  • Saya mengucapkan SELAMAT menjalankan PUASA RAMADHAN.. sekaligus Mohon Maaf Lahir dan Bathin jika ada kata kata maupun omongan dan pendapat yang telah menyinggung atau melukai perasaan para sahabat dan saudaraku yang kucinta dan kusayangi.. semoga bulan puasa ini menjadi momentum yang baik dalam melangkah dan menghampiriNYA.. dan menjadikan kita manusia seutuhnya meliputi lahir dan bathin.. meraih kesadaran diri manusia utuh..

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaank
    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

    19 August, 2009 18:34

  • trims atas penjelasannya. pemberian nomor seperti yang anda sebutkan sangat baik mengingat waktu waktu yang diperlukan pengunjung sangat singkat.

    19 August, 2009 22:26

  • Thanks infonya... Muantap tenan...

    20 August, 2009 07:14

  • @ KangBoed >>> amiin kang.

    @ Haris >>> betul mas. Pemberian nomor memang bisa lebih mempermudah pemahaman dan juga kecepatan pembaca dalam menangkap inti gagasan postingan kita. Thx ya.

    20 August, 2009 15:29

  • hoo... gitu toh...
    aku cuma beberapa artikel yg pake angka

    apa ngga ada ya???

    21 August, 2009 12:01

  • @ Dinda Watson >>> yang lebih tau kan kamu :)

    22 August, 2009 21:58

  • aku malah belum pernah make sama sekali Is.baru denger kali ini..
    siap2 praktek ni
    makasih is

    23 August, 2009 01:56

  • @ mas khairudin >>> sama-sama mas. Sekedar berbagi aja nih buat rekan-rekan sekalian. Semoga bisa berguna ya buat naikin page view dan trafik blognya. Amiin.

    23 August, 2009 15:15

  • Akan saya praktekkan dalam posting selanjutnya. Awas ya kalau pageview-nya tidak bagus. Hahaha... kok ngancam?

    Tapi bener, akan saya praktekkan. Tunggu saja tanggal tayangnya.

    25 August, 2009 17:38

  • @ kombor >>> hahaha (malah ngancem nih). Tapi makasih banyak aja ya kang. Tips ini berdasarkan pengamatan saya cukup efektif kok.

    27 August, 2009 15:44

  • bener juga yahh...kbanyakan ebook yg sukses juga menggunakan numbering..

    28 August, 2009 12:02

  • Wah bener mas...saya juga pernah baca di beberapa artikel netter yang lain...n sekarang saya akan lebih menambah posting numbering

    31 August, 2009 10:38

  • Saya jg mo ikutan pk tips ini deh

    08 September, 2009 14:57

  • saya paling ngga betah nulis model numbering ini. karena seringnya, abis nulis saya tambahin lagi sendiri. jadi malah ngga sesuai judul. :)

    09 October, 2009 07:19

  • ooo... Ternyata berpengaruh ya...
    maaf mas... saya berlama-lama di blog ini buat belajar blogging...

    11 October, 2009 21:24

  • mantaps....mas....belajar lagi ah....

    26 January, 2010 20:43

  • jadi tambah pinter dech bermalam disini ...
    makasih mas tips tips nya........

    12 May, 2010 18:39

  • waduh berarti pemikiran ane selama ini yang berfikir numbering pada judul post gak berpengaruh ternyata salah.. makasih nih mas atas pencerahannya.

    13 October, 2010 14:36

  • Untuk point nomer 1 apa hubungannya sama crawl

    07 November, 2012 16:01

  • Post a Comment

    Silakan tulis komentar sesuai pendapat pribadi kamu

    Back to Top
     

    kafe28 Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template | Top