20 August 2009

20 August 2009

Duo Maia vs Mahadewi vs T2, Lebih Dahsyat Mana?

Format grup vokal/grup musik berupa duo sepertinya tengah menjadi tren baru di dunia musik Indonesia. Saya pribadi selaku penikmat musik sangat menyambut baik fenomena ini. Lumayan memberikan warna baru soalnya (di tengah dominasi grup band atau penyanyi solo).

Untuk segmen pria, Yovie & Nuno masih saya anggap yang terbaik. Toh, peta persaingan di pasar tersebut (grup duo pria) masih kurang begitu ketat. Untuk saat ini, mungkin cuma Pasto-lah yang turut meramaikan persaingan di segmen tersebut (selain Yovie & Nuno). Nah, yang terlihat cukup ketat dan lebih banyak pelakunya yaitu pada segmen grup duo wanita. Ada 4 grup yang paling menonjol dan paling laris di segmen ini, yaitu Duo Maia, Mahadewi, T2, dan yang terbaru ini yaitu The Virgin.

Namun pada kesempatan ini, saya coba membandingkan ketiga grup yang lahir terlebih dahulu (minus The Virgin, berhubung masih baru).

duo maia1. DUO MAIA

Pasangan Maia Estianty dan Mei Chan terlihat cukup serasi menurut saya. Mereka terlihat bisa saling melengkapi saat perform. Maia yang lebih keibuan dipadukan dengan Mei Chan yang lebih cerdik dan lebih centil. Jika dinilai dari sisi komersil, pasangan ini punya kekuatan pada konsep kostum mereka yang selalu unik setiap kali tampil (baik di video klip maupun secara live).

Aksi panggung mereka juga cukup atraktif, terutama Mei Chan yang selalu terlihat enerjik (punya kemampuan dance yang sangat bagus saya lihat). Selain itu, suara khas Mei Chan juga jadi nilai jual yang cukup bagus. Ditambah lagi dengan kekuatan lagu-lagu ciptaan Maia yang selalu punya ’sesuatu’. Contohnya lagu Ingat Kamu, EGP, dan yang teranyar yaitu Penghianat Cinta.

mahadewi2. MAHADEWI

Dari trio Dewi-Dewi kini menjadi duo Mahadewi (pasca hengkangnya Ina yang lebih memilih bersolo karir di jalur musik jazz). Sebenarnya saya lebih suka grup ini berformat trio karena lebih terasa menjual (ketika masih ada Ina yang bersuara jazzy). Praktis, ketika hanya tersisa Puri dan Tata, Mahadewi seperti grup duo yang kehilangan taringnya. Bayang-bayang kebesaran Dewi-Dewi sepertinya masih sulit dilepaskan.

Oleh karena itu, perlu kerja keras ekstra bagi manajemen Republik Cinta (selaku manajer yang menaungi Mahadewi) agar grup duo ini bisa sukses dan punya karakter yang kuat. Saat ini, Mahadewi menurut saya masih belum punya branding dan selling-point yang kuat. Saat perform pun, mereka masih terlalu sering membawakan satu lagu hits andalan saja, yaitu lagu Sumpah I love You. Ke depannya, mereka harus membawakan lagu-lagu lain agar karakternya bisa lebih mengkristal.

Walau begitu, yang saya sukai dari Mahadewi adalah wajah ayu dan penampilan anggun dari Puri (salah satu vokalisnya). Apalagi pundaknya, wow..indah banget...hehehe. Puri punya pundak yang sangat bagus (nggak kalah ama pundaknya Bunga Citra Lestari tuh...). Untuk personel lain, yaitu Tata, saya sarankan agar ia menggunakan kostum yang lebih macho (sesuai dengan karakter wajah sangar dan suaranya yang ngerock). Kalau dipaksain dengan kostum feminim kok rasanya kurang cocok ya?

T23. T2

Beranggotakan dua penyanyi manis jebolan AFI (Akademi Fantasi Indosiar), yaitu Tiwi dan Tika. Grup duo ini menurut saya punya kekuatan paling besar dari sisi lagu-lagu hits mereka yang selalu catchy (enak didengar). Lirik-liriknya sangat mudah dipahami, lugas, membumi, sangat remaja, dan selalu bernuansa ceria. Coba dengar saja lagu OK, Lelaki Cadangan, Bronies, Jangan Lebay, hingga hits terbarunya yang berjudul Malu-Malu Dong. Semuanya dekat dengan kehidupan sehari-hari.

Aksi panggung T2 juga tak kalah menarik. Gaya centil Tika dan terutama Tiwi sangat pas dengan karakter lagu-lagu mereka. Kemampuan berhubungan dengan audiens dari T2 juga bagus. Duo Tiwi dan Tika juga tak lupa selalu menebar senyum manisnya setiap kali tampil. Body language mereka juga terlihat nyaman dan pas saat bernyanyi di panggung. Pokoknya enak dilihat deh.

Ditambah pula dengan konsep kostum yang simpel tapi menarik (tetap remaja dan modis). Sekilas, konsep pakaian panggung mereka mungkin mirip dengan Duo Maia yang sering menggunakan stocking warna-warni plus rok mini sebagai paduan. Namun belakangan ini saya lihat T2 sudah agak jarang menggunakan stocking. Mungkin biar kelihatan lebih seksi kali ya?

***

Nah, kalau harus dinilai mana yang lebih dahsyat antara Duo Maia, Mahadewi, dan T2 – semuanya sangat menghibur buat saya. Untuk aksi panggung dan konsep kostum, Duo Maia sedikit lebih unggul. Namun jika mengacu pada ke-catchy-an lagu, T2-lah pemenangnya. Kalau Mahadewi masih harus banyak berbenah.

So, bagaimana menurut kamu sendiri? Ditunggu nih komentarnya pada kolom di bawah ini.

Dukungan kontes >>> apa sih asyiknya belajar seo?

43 comments:

  • Wah, kalo saya mah suka ketiganya mas...Tapi kalo suruh milih satu diantara ketiganya maka saya pilih T2 karena belum tercemar oleh gosip-gosip yang ga enak untuk menunjang popularitas.

    20 August, 2009 18:01

  • gue tetep pilih slank..

    walao secantik pa pun penampilan mereka..ehehehhe

    20 August, 2009 20:25

  • Mahadewi jelas pilihan saya
    cuma Duo Maia yang bisa jadi saingan, yang lain masih jauhhhh

    20 August, 2009 20:28

  • Masa iyo kang! Pudak'e yuri bagus. Aku malah gag pernah merhatiin. Oia kang mau ngucapin:
    Assalamu 'Alaikum Wr. Wb,
    Barangkali banyak khilaf dalam menulis dan berkomentar, izinkan hamba yang hina ini mengharaf maaf, Minal Aidzin Wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir dan Bathin. Selamat Menunaikan Ibadah Puasa, Semoga Kita Semua diberi kekuatan dan kemudahan dalam menjalankan setiap PerintahNya, Amiin...

    Kang! Jika berkenan, sudilah kiranya menempatkan nama Rusli Zainal Sang Visioner di bagian Blogroll blog kang is, setidaknya sampai 12 sept sahaja. Keikhlasan bantuan BACKLINK dari kang is amat sangatlah berarti bagi saya, tiada yang dapat yang berikan sebagai gantinya, kecuali Backlink balik dan Do'a Jazakumullahu Khoirol Jaza' wa Syukroon Katsiron 'ala Nushrikum.
    Wassalamu 'Alaikum Wr. Wb

    21 August, 2009 00:49

  • Kalau saya malah suka dengan maha dewi,,,suaranya keren2...duo maia si maia estiantynya suaranya pas2an... :D tapi semuanya punya kelebihan masing2..

    21 August, 2009 10:29

  • @ Peluang Bisnis Ricky >>> bener banget mas. T2 emang lebih aman dan bersih dari gosip. Kalo yang lain kayaknya emang udah pernah ketimpa gosip dan isu untuk mendongkrak popularitas yach. Makasih buat kunjungannya. Salam kenal aja.

    @ nur ichsan >>> weleh, SLANKERS nih kayaknya. Okelah kalo gitu. Saya juga suka SLANK kok, tapi album yang lama sih. Kalo yang sekarang rada kurang menurut saya. Tapi tetep rock n roll kok musiknya.

    @ Rusa Bawean >>> ciee..yang doyan ama MahaDewi. Tapi kayaknya MahaDewi masih perlu pembuktian deh. Harus lebih banyak nyanyiin lagu lain.

    @ Muslihun >>> sama-sama kang. Lama gak nongol nih? Soal link, nanti saya pasang deh dengan ikhlas. Mumpung mau bulan Ramadhan (beramal, walaupun cuma ngasih backlink gratis...hehehe).

    @ Untuk Pemula >>> Mahadewi punya kualitas kok dari sisi vokal penyanyinya. Puri ngepop dan Tata ngerock. Cuma saya ngerasa kurang aja tanpa Ina yang bersuara jazzy. Semoga nantinya mereka bisa eksis deh ya. Thx.

    21 August, 2009 17:10

  • saya gak milih semua wes, percuma. mending saya pilih yayangku ae xixixi *taboki eros*

    21 August, 2009 20:58

  • Saya lebih memilih Mahadewi Mas, karena suaranya khas dan aksi panggungnya oke :D

    21 August, 2009 22:30

  • wah 3-3 nya punya lagu dan ke unkan sendiri kalau mahadewi sama duomaya kayaknya ada kesamaan
    tapi menurut aku 3 gruop ini sangat bagus dalam dunia tarik suara. soalnya aku suka 3-3nya :D

    21 August, 2009 23:48

  • @ blogodolar >>> aksi panggung mahadewi lumayan sih. Suara vokalisnya juga saling melengkapi. Tapi saya lebih suka pas masih ada Ina (Dewi-Dewi).

    @ edylaw >>> saya juga suka semua mas. SEmuanya memberikan warna baru di dunia musik Indonesia. SEmoga mereka bisa eksis yach. Salam kenal.

    @ Mengembalikan Jati Diri Bangsa >>> hmm, binal? Boleh juga kayaknya :)

    22 August, 2009 21:56

  • saya vote T2
    karena disamping punya suara oke, mereka masiy belia *ngiler* :X

    23 August, 2009 01:53

  • @ mas Khairudin >>> T2 emang paling belia di antara ketiga duo di atas. Personelnya juga manis dan imut kan? hihihi

    23 August, 2009 15:06

  • T2 donk. hehehe..
    cute sekali..

    24 August, 2009 11:16

  • @ faLdy >>> yups.. T2 emang kiyut banget yach, terutama Tiwi tuh..

    25 August, 2009 12:18

  • saya choose mahadewi aja deh ..

    sekarang emang lg trende yah band duo gitu mpe udah ada 4 band yaah ce smua pula .. heraaan hohoho

    26 August, 2009 22:43

  • @ Mencari Blogpreneur Sejati >>> ada juga kok yang cowok, tapi baru 2 setau saya (Yovie & Nuno dan Pasto). Semoga nantinya yang cowok juga makin banyak yach. Thx.

    27 August, 2009 15:47

  • Kalau sy pilih T2 jg deh. Alasannya, ada deh

    08 September, 2009 14:54

  • Keknya saya suka Mahadewi dan T2 deh... :D

    08 October, 2009 05:45

  • kalau gue sih duo MAIA , secara group ini yang paling eksekutif terlihatnya , Duo Maia gituloh

    02 November, 2010 13:47

  • Duo Maia selalu pilihan gue. Gue ngefans berat dngn Duo Maia, kalau yang lainnya mah bagaikan semut di bandingkan duo maia

    02 November, 2010 13:52

  • Betul banget , MAIA is the best of the best
    MAIA SANG JUARA

    02 November, 2010 13:54

  • betul betul betul .....
    MAIA sang Juara

    02 November, 2010 14:06

  • MAIA ...... aQ teriakkan seperti itu di saat orang betanya group duo terkeren dan nggak ada matinya.

    02 November, 2010 14:11

  • Mahadewi lebih dahyat (kualitas, aksi panggung)

    01 March, 2011 10:48

  • group duo tertua adalah RATU yang di gawangi oleh Maia estianty yang sekarang nama gruopnya adalah DUO MAIA, so dilihat dari kualitas terbaik Hanyalah DUO MAIA

    27 March, 2011 10:36

  • Menurut gue sih ya urutannya adalah sbgai berikut:

    1. MAIA
    2. T2
    3. The VIRGIN (andai di bahas juga)
    4. Mahadewi

    27 March, 2011 10:38

  • Gini Ya DUO MAIA itu nggak isa di bandingin dengan sesiapapun , ya karena level Maia sangatlah tinggi , Yg lainnya itu baru junior junior semuanya

    27 March, 2011 10:46

  • Dari seribu bintang yang bersinar, hanya satu Bintang yang yang menurut gue tidak hanya bersinar dari luar tapi juga dari dalam
    dia adalah MAIA si Sang Juara

    28 March, 2011 18:49

  • Kayaknya sudah jelas duo MAIA dahh..
    Sampe aku ngetik hingga detik ini, duo MAIA masih ngeksis dimana2,kostumnya juga tetep beda,dan suaranya Maia Estianty skr bagus (mungkin tiap hari ngotot latihan). Dan si centil Meychan juga bikin geregetan. suara meychan awalnya emg terkesan dibuat2,,tp skrg ga lagi, dan ternyata emg keren,unik,fantastik.

    01 April, 2012 14:17

  • aku mah milih t2 deh cantik-cantik keren-keren juga lagunya..
    aku juga suka sama mahadewi cuma aku suka sama tata doang keren loh vokalnya serak-serak gimana gitu.. ;;)

    02 February, 2013 09:42

  • Cantik-cantik lagi mereka semuanya aduh... seandainya.....

    28 July, 2013 18:39

  • Setuju Bingit sama Anonymous nomer 35,
    DUO MAIA is the BEST Duo ever after!
    Aku cowok, tapi aku suka duo ini.
    selain pioner, duo ini selalu punya penampilan berbeda dan ga bosen.
    si Hot Meychan skrg udah punya karakter sendiri, suaranya dahsyat, mampu mencapai nada2 tinggi ga kayak sebelumnya.
    Musikalitas Maia yg oke bgt (pop-elektrik) selalu jadi cirikhas dan jadi kelebihan duo ini.
    Yang paling aku suka, kostum mereka skrang sering ada bendera Union Jack, mantap Gilaaa..
    sukses untuk album terbaru mereka : Berdua

    17 December, 2013 11:50

  • MahaDewi donggg .......
    dari segi apapun tetep MahaDewi yangg paling kerennn (y)

    26 December, 2013 21:01

  • yoooo tetep mahadewi ..
    suara, aksi panggung, penampilan, dan semuanyaa dehh ... mahadewi is the best .. !!!!

    26 December, 2013 21:03

  • gue pilihh MAHADEWI ... !!
    MAHADEWI tetep yang paling atas .... !!

    maju teruss MAHADEWI .. !!
    ( walopun sekarang tampil dengan format trio, trio Mahadewi ) :D

    26 December, 2013 21:05

  • Post a Comment

    Silakan tulis komentar sesuai pendapat pribadi kamu

    Back to Top
     

    kafe28 Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template | Top