22 August 2009

22 August 2009

Ketika Postingan Copas Malah Jadi Nomor 1 di Google

postingan copasMembahas masalah copy-paste atau plagiator di dunia jurnalistik seakan tiada habisnya. Tak cukup di dunia nyata, fenomena ini pun ternyata banyak juga terjadi di dunia maya seperti halnya internet. Yang paling menyebalkan ialah ketika beberapa artikel orisinil di blog kita malah seenaknya dicopas secara mentah dan dipublish di blog sang plagiator, tanpa menyertakan link ke halaman artikel kita yang dicopasnya tersebut.

Bahkan yang paling bikin kesal yaitu ketika kita menemukan kenyataan pahit, bahwa artikel kita yang dicopas dan dipublish di blog sang plagiator tersebut malah memperoleh posisi atau hasil SERP (search engine ranking position) yang jauh lebih bagus atau lebih tinggi peringkatnya di hasil crawling mesin pencari

Mengapa google terkesan tidak punya sistem perangkingan posisi berdasarkan originalitas isi posting? Artinya, konten atau isi postingan yang murni hasil copy-paste seharusnya tidak boleh tampil pada halaman pertama. Apalagi sampai jadi nomor satu! Apakah tidak ada sistem filter agar postingan orisinil yang lebih dulu dipublish bisa dijamin menang dalam SERP?

Kasihan kan dengan link artikel aslinya yang malah ketendang ke urutan nomer sekian pada hasil SERP.

Malahan pada kasus tertentu, link postingan aslinya malah melorot jauh atau bahkan malah menghilang dari halaman pertama google. Dan itu pernah terjadi pada beberapa postingan saya yang dicopas oleh segelintir blogger. Link artikel copasnya memperoleh posisi bagus di google. Namun link asli punya saya yang menjadi korban copas malah menghilang dari halaman pertama. Duh, kesian banget ya saya…(nasibmu lah naak..)

Itu hanya satu contoh saja. Sebenarnya mungkin lebih banyak lagi fenomena serupa yang menimpa blogger lainnya (selain saya). Dengan kasus-kasus merugikan seperti ini, saya tidak bisa berbuat banyak selain menghimbau bagi rekan-rekan blogger yang masih punya nurani dan etika.

Boleh jadi, kebiasaan mengcopas artikel yang sudah dimuat di media lain akan memberikan keuntungan besar bagi anda (entah dari sisi trafik maupun penghasilan online). Tapi apakah anda tidak kasihan dan tidak memikirkan perasan orang lain yang telah anda manfaatkan untuk kepentingan pribadi tersebut?

Bagi pembaca sekalian, silakan beri komentar anda atas fenomena di atas. Bagi yang punya pengetahuan lebih tentang SEO, mohon sedikit dijelaskan, mengapa hal itu bisa terjadi? (sesuai judul artikel ini).

Mungkinkah karena backlink postingan copas itu lebih besar ketimbang backlink postingan aslinya? Dan sepertinya memang karena itu. Coba simak artikel berjudul Optimasi Artikel Blog yang dicopas.

Atau mungkinkah itu terjadi karena kekeliruan sistem google dalam menafsirkan duplikat content? (sehingga yang jadi korban malah postingan aslinya…duhh)

Sumber gambar : blog romeltea

Dukungan kontes >>> apa sih asyiknya belajar seo?

60 comments:

  • saya malah makin percaya, semakin besar PR seseorang, maka sekalipun artikel tsb dapat copas, maka yang muncul di google serp adalah yang punya PR tinggi tsb.
    sudah berpuluh kali saya buktikan hal itu dengan blog saya..

    23 August, 2009 01:51

  • Ibarat orang nyontek, tapi malah nilainya lebih bagus...
    Berarti google bukan pengawas ujian yang baik ya...

    23 August, 2009 03:33

  • di sinilah funginya SEO Mas

    google memang punya sistem pengenalan konten yang ori dan yang copas, tapi jika SEO blog itu rendah dan SEO sang plagiator itu bagus, maka google akan memilih yang kekuatan SEOnya lebih tinggi untuk di tempatkan di posisi pertama.

    hal seperti ini juga pernah saya jumpai di postingan teman saya yang diikutkan dikontes SEO tapi di Copas oleh peserta lain. alhasil, postingan dia melorot jauh dari halaman satu dan si plagiator itu tadi justru yang ada di halaman satu.

    karena teknik SEO si plagiator yang bagus, maka google memilih diantara postingan kembar yang ada, dan pilihannya jatuh kepada plagiator dan menyingkirkan postingan yang original.

    maaf kalau salah.

    23 August, 2009 07:16

  • Malu ah Copas, apalagi gak ijin yg punya ya. Tapi dulu pertama kali nge blog pernah juga (h2x) sekrg nggak dong ya..

    23 August, 2009 15:21

  • nah untuk itu kita cantumkan sumber aslinya :)

    23 August, 2009 15:23

  • @ khairudin >>> ada benarnya mas, bahwa PR menentukan SERP di google. Tapi yang lebih tepat mungkin bukan PR blognya, tapi PR halaman postingnya. Nah, tingginya PR halaman posting kan biasanya ditentukan oleh kuantitas dan kualitas backlink.

    @ marsudiyanto >>> bener banget mas. Itulah ironinya. Nggak adil kan kalo gitu :(

    @ IHSAN >>> wah, bener banget tuh mas. Faktor SEO dan backlink kayaknya berperan di situ. Kalo udah gitu, mau gak mau kita sebagai blogger wajib belajar SEO sedikit lebih dalam dan mempraktekkannya guna mencegah agar tidak kalah oleh para plagiator. Thx berat ya buat tambahannya.

    @ doblogger follow >>> syukurlah kalo ghitu mas :) Udah tobat yach...hehehe. Tapi ngopas tetep sah kalo nyantumin link atau sumber aslinya.

    @ Cell Phone Reviews >>> setuju abis deh!

    23 August, 2009 15:53

  • Disinilah sedikit2 kita perlu kuasai Ilmu SEO...
    Biar nggak jadi injak2an.

    23 August, 2009 18:37

  • Blog yang tidak SEO friendly jarang didatangi crawler .. maka saat ada posting baru bisa2 dalam 3 hari masih belum diendus oleh google. Sedangkan copas dilakukan sebelum 3 hari itu dan segera terindex, maka pasti artikel awal yang asli yang dianggap copas malahan... karena belakangan ketahuannya oleh google

    ini yang sering terjadi ....

    Kecuali 2 blog sama2 kuat maka seo baru berperan..

    23 August, 2009 19:15

  • Saya setuju sekali Mas. Sudah saatnya para plagiator kembali ke hati nurani dengan tidak melakukan copas.

    Cepat atau lambat, para plagiator adalah mereka yang menggali kuburnya sendiri di dunia online :)

    23 August, 2009 21:12

  • dulu saya pernah mengalami yang demikian...
    sebel juga rasanya. padahal untuk menulis postingan tersebut juga gak sebentar. maklum gagap menulis.

    23 August, 2009 21:20

  • mungkin karena yang copas banyak melakukan blogwalking

    23 August, 2009 21:44

  • iya...kalo ada yang copas...jadi kesel sendiri, apalagi kalo yang copas lebih jago SEO. kan jerih payah nulisnya ngga dinilai sama google...sedihnya. trus harus digimanain ya orang-orang yang suka copas tanpa menaruh link atau nama penulis asli?

    kenali dan kunjungi objek wisata di pandeglang

    24 August, 2009 00:59

  • waduh Mas Iskandaria, jadi pingin COPAS lagi gara2 di semangatin, gak lah

    Salam sahabat

    24 August, 2009 01:42

  • Perlu jadi perhatian google deh kayaknya ini...klo kaya gini dibiarkan terus kan orang jadi males nulis2 lagi di internet...

    24 August, 2009 05:24

  • beruntung yang kopas ya mas.... tapi nagis... yang dicopas... ;))

    24 August, 2009 08:00

  • blog saya pengennya cuma cerita keseharian..
    apa ada ya yang copas kegiatan keseharian saya? hehehe..

    24 August, 2009 11:14

  • Wah yang kek gini nih yang bahaya... Dah capek2 nulis original eh malahan di nomor duakan :(

    24 August, 2009 13:27

  • mungkin google hendak "menghukum" bangsa ini krn suka beli produk bajakan he he he

    24 August, 2009 14:15

  • @ marsudiyanto >>> sepertinya SEO mau tak mau memang harus sedikit dikuasai tekniknya. Dan saya memang sedang berusaha terus untuk meningkatkan SEO berbagai postingan di blog ini mas. Alhamdulillaah...yang jadi korban copas gak begitu banyak kok.

    @ albri >>> bener banget mas. Tapi blog saya cukup cepet kok keindeksnya. Dalam beberapa menit aja (usai dipublish) udah keindeks oleh google (dengan keyword pada judulnya). Makasih banyak buat tambahannya yang berarti.

    @ blogodolar >>> menggali kubur sendiri kan sama dengan BUNUH DIRI ya kang :) Mudah-mudahan pelakunya sadar ya. Makasih.

    @ alamendah >>> ternyata ada juga yang senasib dengan saya. Memang sebel banget rasanya ya. Tapi kita ambil hikmahnya aja kali ya (agar bisa lebih mempelajari SEO). Thx.

    @ CumaINI >>> kayaknya memang begitu. Mereka juga suka nyari ilmu SEO kayaknya. Dan pada umumnya mereka itu suka nembak keyword buat ngejaring pengunjung blognya.

    @ Pasang Iklan Gratis >>> bisa jadi demikian mas. Kita gak bisa berbuat banyak deh. Cukup ambil hikmahnya saja untuk mulai mempraktekkan sedikit teknik SEO untuk mendukung backlink postingan original kita. Thx ya.

    @ dobloger follow >>> kalo bisa sih artikel copas gak lebih dari 25 persen aja dari total jumlah postingan blog kita. Kalo mayoritas kan malu tuh :)

    @ elsadra >>> setuju banget! Lama-lama blogger idealis bisa males untuk update blognya. Dan itu sudah terjadi lho pada sebagian blogger senior yang cukup terpandang. Duhh..

    @ T.Wahyudi >>> nangis semaleman mas...hihihi

    @ faldy >>> nah, kalo model konten blog curhat kayaknya gak bakalan ada yang mau copas. Sungguh beruntunglah mas :)

    @ alhejawi >>> begitulah mas. Semoga ada hikmah aja yang bisa diambil yach. Makasih.

    @ waroeng ubuntu >>> mungkin juga ya...hehehe (tapi kayaknya google gak pilih kasih tuh).

    24 August, 2009 17:05

  • Kadang-kadang kesel juga se, waktu artikel kita di co-pastee..Terus muncul di search engine, mala lebih rendah dibanding ama orang yang co-paste artikel kita..
    But, what can we do--'

    24 August, 2009 21:44

  • duh.. kasihan.. orang yang bisanya ngopas tersebut adalah orang yang tidak kreatif, dan bisanya hanya membajak,
    mungkin hati para pengcopas itu memang kebal oleh hinaan orang alias muka gedek atau tidak tau malu.

    25 August, 2009 10:47

  • Maaf kang linknya ke blog utama aja kang....

    25 August, 2009 11:47

  • @ Mus >>> oh, iya kang. Ntar saya edit deh ya. Ditunggu aja.

    25 August, 2009 11:50

  • Publikasikan saja blog hasil copasnya, nanti kita kutuk bersama

    25 August, 2009 15:48

  • @ Pencerah >>> wah, saya belum tega mas. Tapi sebagai petunjuk, coba googling dengan keyword komedian termahal indonesia

    Di posisi nomer 4 ada postingan copasan dari blog saya. Dulu postingan plagiator tersebut sempat bertengger di urutan puncak. Tapi Alhamdulillah..sekarang udah saya rebut kembali tuh tahta (horeeee..berkat teknik SEO sederhana sih).

    25 August, 2009 16:58

  • Menurut saya, Google hanya melihat reputasi domain, bukan reputasi penulisnya. Apabila PR domain itu tinggi, Google akan lebih mempercayai artikel dari domain yang lebih tinggi PR-nya. Google tidak dapat melihat reputasi penulisnya.

    Mengapa demikian?

    Karena Google bukan manusia. Jadi, enak to, manteb to jadi tukang kopas yang punya domain ber-PR tinggi?

    Hehehe... orang yang ngerti SEO tetapi mentalnya hanya sebatas tukang kopas itu hanya seperti penyamun saja.

    25 August, 2009 17:35

  • Gak tau juga tuh....
    Bukan ahli SEO soal'x, hehehe....
    Hanya Om Google yang tau :D

    Btw, salam kenal yah :)

    25 August, 2009 20:09

  • wah saya nggak paham seo dan bajak membajak mas.
    jangan patah semangat ya mas.

    25 August, 2009 21:35

  • saya juga pernah mengalami hal yang sama persis kamu rasakan
    emang nyesek rasanya mending kalo doi masih kasih link balik lha ini dengan jelas2nya gak dikasih apa2 wedew ..

    tapi selama kualitas blog kita lebih baik dalam PR atau indexingnya, mungkin kalo kejadian seperti diatas bisa jadi hanya sementara, kek dulu saya juga beberapa waktu habis itu udah balik lagi jaid no1 dan yang copas tepat dibawahnya .. masih tetep paraah hohoho

    26 August, 2009 22:41

  • Semangat bro, ijin pasang ke list blog ya :D

    27 August, 2009 11:44

  • Memang benar kasihan bagi yg membuat artikel aslinya.. Aku jg pernah mengalaminya lho..

    27 August, 2009 14:36

  • @ kombor >>> wah, saya dapet tambahan komentar yang sangat bagus lagi nih. Sepertinya memang karena hal itu kang. Semoga kita tidak bermental demikian yach. Makasih banyak.

    @ Narzis Blog's >>> salam kenal kembali deh.

    @ endar >>> gak papa mas. Saya tetep semangat kok sampai saat ini. Thx ya buat support-nya.

    @ Kenali dan Kunjungi Obyek Wisata di Pandeglang >>> yups..bener banget. SEkarang postingan asli saya udah kembali jadi nomer 1 kok di google. Udah saya rebut kembali tuh tahta-nya dari tangan si plagiator. Semua karena main backlink dan internal link building. Thx ya buat tambahannya.

    @ cak win >>> tetep semangat kok cak. Diijinin deh :)

    @ Iklan Baris Gratis >>> wah, kita senasib ternyata yach..

    27 August, 2009 15:55

  • wah, SEO lagi..
    gak ngerti.

    salam kenal dulu mas. :D

    27 August, 2009 17:25

  • @ kisaranku >>> salam kenal juga mas :D

    28 August, 2009 09:28

  • saya pernah ngalami hal itu mas. saya nulis tentang tutorial instal java di hp samsung e590. saya search di google tak satupun artikel yang membahasa ini baik inggris ataupun indonesia.

    saya dapat artikelnya di forum dengan bahasa rusia. setengah mati saya translate dan posting di blog.

    ehh...satu minggu kemudian ada blog lain yang copas dari blog saya, dan langsung jadi teratas di google...

    28 August, 2009 17:19

  • @ arifin >>> wah, turut prihatin ya mas. Tapi itu bisa kita rebut kembali (tahta nomer 1-nya) dengan teknik internal link building alias membangun backlink. Perlahan tapi pasti, yakin deh, postingan asli kita bisa kembali menang SEO. Saya sudah membuktikan dengan keywordpelawak termahal Indonesia

    28 August, 2009 20:48

  • Yang saya tahu emang begitu mas. pernah saya baca web orang bule sono, beliau uji coba dengan bikin web khusus artikel copas trus kumpulin ribuan backlink, hasilnya dapat rangking di SERP google. Intinya, backlink yang banyak...

    30 August, 2009 07:06

  • @ hadi >>> wah, saya dapet tambahan yang semakin menguatkan perkiraan saya, bahwa faktor backlink adalah faktor paling berpengaruh selain keyword (dalam SEO). Makasih banyak ya mas.

    30 August, 2009 15:58

  • e-book saya ttg optimasi gmail juga pernah dipakai oleh seorang blogger, tanpa pamit/ijin dl ke saya. sempet down juga....tapi ya, sudahlah. itu jadi ujian bagi kopier pasteor blogger ituh... :)
    smoga ke depannya jd lebih kreatif.

    30 August, 2009 20:58

  • padahal biasanya hasil kopasan itu sulit lo masuk halaman 1st
    *#$^&*()

    01 September, 2009 00:17

  • trus cara ngindarin supaya ngga di copas gimana ?

    01 September, 2009 06:30

  • @ kreatips >>> supaya nggak dicopas sih bisa pake plugin atau tools khusus, tapi itu masih punya kelemahan (masih bisa dicopas). Jadi sulit banget sih kalo mau mencegah. Akhirnya kita cuma bisa ikhlasin aja deh kali ya.

    01 September, 2009 13:53

  • copas, sepertinya merupakan kebiasaan kita yang sulit di tinggalkan. sepakat kalo google mem" banned " blogger yang suka copas

    02 September, 2009 00:04

  • Ini seperti SEO Balapan pada posting Saya :), seperti loh Mas, bukan persis. Menyalip di tikungan tanpa permisi. Diihlaskan saja, mumpung bulan Ramadhan... hemmmm... (karena saya tidak bisa memenuhi permintaan komentar yang nyambung)

    02 September, 2009 02:34

  • @ sobatsehat >>> wah, boleh juga kalo dibanned. Biar kapok yach. Tapi khusus yang copas tanpa nyertain link sumbernya aja kali ya.

    @ Munawar AM >>> gak papa kang. Sangat nyambung kok, terutama dari sisi analoginya. Pas banget!

    02 September, 2009 12:25

  • maklum lah yang namanya maling lebih pintar, dan bakalan lebih dikenal daripada yang dimaling.

    03 September, 2009 12:20

  • @ Blog Ijo >>> sungguh mengenaskan ya mas :(

    03 September, 2009 13:28

  • Yang di copas terlalu bodoh kali ya. sampe-sampe kalah sama yang copas.

    Ga enaknya jadi orang bodoh ya gitu mas. makanya jadi blogger yang pinter dong. biar ga kalah sama yang tukang copas.

    07 September, 2009 03:06

  • @ Jay >>> sekarang saya udah gak sebodoh dulu kok mas dalam ilmu SEO. Maklum, dulu kan masih newbie, jadinya gak terlalu ngerti SEO. Tapi alhamdulillah, sekarang sudah rada lumayan mengerti teknik SEO. Thx buat masukannya.

    07 September, 2009 14:19

  • copas meng copas memang susah dihendikan di dunia maya ini, namun alangkah baiknya jika copas tersebut dilakukan dengan etika....cmiiw

    08 September, 2009 06:40

  • COPAS men COPAS emang udah jadi kebiasaan orang walaupun tak semua orang dan tak namun alangkah baik dan bijaknya kalaw copas itu di sebutkan sumbernya kasihan orang udah cape mikir begitu aja di ambil orang....

    08 September, 2009 16:30

  • tadi gugling pake keyword no satu di gugel kok nemu blog ini,masalah copas ya?blog saya isinya semua saya copas sendiri dan publish di blog dummy hii hi hi saya setuju dengan mas albri dan kang kombor,

    13 September, 2009 17:14

  • @ Animation >>> setuju mas!

    @ maxall >>> maksudnya pake keyword nomor 1 di google kali yach.. Soal publish artikel copas di blog dummy, mungkin maksudnya copasan dari blog utama kita buat mendukung SEO-nya ya..

    13 September, 2009 19:14

  • postingan copas sebenarnya bisa dilaporin lho ke googlenya.. tapi entah deh prosesnya berapa lama.. :D

    18 September, 2009 22:15

  • I read this artiсle cοmpletelу about the
    comparison of hotteѕt and eaгlier technolοgіes, іt's amazing article.
    Look into my homepage http://www.onlinepaydayloansking.co.uk/

    16 January, 2013 19:40

  • These ωill hаνe slightly higheг ρгісes compared fоr thе equіνalent consumеr-grade veгsions thаt is if you happen to be buying
    merely а feω With clouԁ comρuting, thеse asρects tаke a furthеr dimenѕion because іn the remotenеsѕ with the storаgе

    mу wеb ρage: Tao of badass

    28 February, 2013 19:26

  • As a pгeсautionary stеp, usually do not stall
    the position of purchаsing the outfits to thе lаst dаy with
    thе сhriѕtening * Outdated Photos

    Μy web blog - Tao of badass

    28 February, 2013 19:26

  • This post is invaluable. When can I find out more?


    Look at my homepage :: how to get pregnant

    15 May, 2013 10:53

  • Post a Comment

    Silakan tulis komentar sesuai pendapat pribadi kamu

    Back to Top
     

    kafe28 Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template | Top