27 September 2009

27 September 2009

10 Indikator Perkembangan Blog

perkembangan blogPerkembangan sebuah blog pada hakikatnya tak bisa dilepaskan dari angka-angka yang menunjukkan kuantitas. Memang, tak selamanya kuantitas itu menunjukkan kualitas. Namun bicara soal berkembang atau maju - terlebih lagi di dunia blogging - mau tak mau kita harus mengacu pada angka-angka. Seperti yang tercermin pada 10 poin berikut ini.

1. Jumlah postingan.
Apakah terus bertambah secara kontinyu dari waktu ke waktu? Idealnya, blog yang berusia 3 bulan setidaknya harus sudah punya 30 postingan. Dengan asumsi, dalam sebulan bisa mempublish 10 artikel. Nah, kalau sudah berusia 6 bulan atau setahun? Berarti minimal harus sudah punya stok postingan sebanyak 60 atau 100-an.

2. Jumlah pengunjung harian.
Apakah terus meningkat secara bertahap dari waktu ke waktu? Jika dalam jangka waktu 3-6 bulan ternyata visitor hariannya tidak mengalami peningkatan berarti, berarti blog anda kurang berkembang. Atau bisa dibilang sangat lambat perkembangannya.

3. Rangking alexa.
Apakah cenderung meningkat, stagnan atau malah menurun grafiknya? Coba evaluasi dalam jangka waktu 3/6 bulan sekali.

4. Pagerank.
Jika sudah 3 bulan, 6 bulan, atau bahkan setahun ngeblog – ternyata pageranknya kok masih betah di angka nol atau satu? Kalau begitu, anda harus lebih bekerja keras lagi dalam hal internal link building, banyak berkomentar di blog Do follow, berusaha menjadi top komentator di blog yang memasang plugin top commenters, serta secara konsisten memposting konten unik dan orisinil (sehingga berpotensi untuk memperoleh backlink atau trackback dari blogger lain).

5. Jumlah rata-rata komentar yang masuk.
Makin bertambah jumlah rata-ratanya (yaitu jumlah total komentar dibagi dengan jumlah total postingan), berarti makin berkembang blog anda. Begitu pula sebaliknya. Poin ini juga dievaluasi dalam jangka waktu tertentu.

6. Jumlah pageview harian.
Coba evaluasi dari waktu ke waktu (misalnya setiap bulan atau 3 bulan sekali). Apakah cenderung mengalami peningkatan, stabil, atau malah menurun?

7. Jumlah pageview per visit.
Makin besar persentasenya, berarti makin banyak artikel blog anda yang memiliki daya tarik (sehingga diklik oleh para pengunjung). Silakan baca artikel Cara Meningkatkan Page View Blog sebagai referensi.

8. Persentase bounce rate.
Bounce-rate ialah besarnya persentase jumlah pengunjung yang langsung meninggalkan blog anda setelah membuka 1 buah artikel atau setelah mengakses halaman depan blog anda. Makin kecil jumlahnya, berarti makin menarik lah blog anda sehingga pengunjung betah berlama-lama. Selengkapnya mengenai bounce rate silakan baca artikel Page View dan Bounce Rate yang ditulis oleh isnuansa (mbak nunik yang cantik).

9. Persentase direct visitors.
Yaitu banyaknya kunjungan langsung ke url utama blog anda (tanpa referrer atau perantara situs lain). Makin besar persentasenya, menandakan makin populer dan makin disukai-lah blog anda. Sebab mereka lebih memilih langsung mengakses blog anda karena merasa sudah sangat familiar.

10. Persentase kunjungan dari search engine.
Sepertinya poin ini bertolak belakang dengan poin 9 di atas. Namun sebenarnya begini :
semakin banyak persentase kunjungan dari mesin pencari, biasanya itu karena semakin banyak artikel blog anda yang teroptimasi dengan baik. Oleh sebab itu, anda patut berbangga jika ternyata sumber kunjungan terbesar pada blog anda adalah berasal dari mesin pencari (minimal 50 %). Lebih besar lebih baik, terutama jika persentasenya cenderung meningkat. Sebab itu menandakan blog anda makin berkembang.

***

Nah, 10 parameter di atas saya kira sudah sangat mewakili secara umum.

Sebenarnya ada lagi yang lebih khusus, misalnya jumlah pelanggan RSS atau jumlah pengunjung yang berlangganan artikel terbaru blog kita melalui feed. Atau bisa juga jumlah pengunjung yang menyimpan link blog kita pada menu khusus yang mampu menampilkan judul postingan terbaru sebuah web/blog. Itu pun tergolong pelanggan RSS. Contohnya seperti menu My Favorit Blog yang ada pada sidebar blog ini.

Sebagai pelengkap, anda bisa juga baca artikel dari blogguebo tentang Parameter Blogger Sukses.

Bagaimana dengan perkembangan blog anda sendiri jika mengacu pada 10 indikator di atas? (Btw, blog saya ini terus terang malah mengalami penurunan pada beberapa poin diatas).

Sumber gambar : istockphoto.com


Dukungan kontes >>> apa sih asyiknya belajar seo?

32 comments:

  • indikatornya 10 buah,tapi tidak satupun saya masuk dalam salah satunya :(((

    28 September, 2009 01:08

  • wah.. makasih nih dah sharing.. hehe..

    28 September, 2009 01:32

  • wah beart juga ya parameternya?

    apalagi punya saya yang blognya hanya berisi opini pribadi yang jarang dicari orang lewat search engine :(

    28 September, 2009 06:24

  • Pertama, terimakasih dulu atas linknya, Mas Iskandar.

    Kedua, bicara soal parameter blog, blog saya masih belum bisa stabil. Setelah berumur kurang lebih 2 tahun, isnuansa dot com hilang karena server yang rusak, sedang saya tidak pernah back up, jadi saya harus mulai dari awal untuk promosi lagi, karena selama beberapa bulan saya harus kehilangan domain tersebut.

    Sekarang sudah lumayan dari beberapa parameter, seperti PR yang untungnya masih tetap 3, alexa kemarin saya copot widgetnya jadi nggak naik-naik nilainya jadi makin ramping.

    Kalo page view hampir rata dari waktu ke waktu 2 koma sekian. Belum pernah sampe 3. Soalnya banyak sekali link-link yang mati, sedangkan pengunjung banyak datang dari search engine, jadi mereka langsung lari karena 404, hehehe..

    Itulah sebabnya bounce rate saya makin tinggi daripada sebelumnya.

    Maaf kepanjangan komentarnya. ;-)

    28 September, 2009 14:34

  • @ isnuansa >>> sip deh mbak. Komentarnya sangat melengkapi dan memperkuat ulasan saya dia atas. Wah, page view 3 koma sekian itu gede loh mbak. Saya aja nggak pernah nyampe 2 pageview-nya. Oya, 404 itu error yach kayaknya..hehe. Resiko pake hosting berbayar ya begitu deh (hidup gratisan..).

    Thc berat ya mbak udah nambahin.

    28 September, 2009 14:44

  • wah idikasi menurunya alexa dan komentar terjadi pada blogku, memang saya sadar betul akhir-akhir ini blog saya sedang terlantar.. mudah-mudahan kedepan tetep semangat ngeblog

    28 September, 2009 17:00

  • wah banyak yah indikatorna tapi kok blog saya g rame2 yah...

    28 September, 2009 17:29

  • Kalu blognya fokus ke niche monetisasi; MUNGKIN ada tambahan indikator lain perkembangan blog, yaitu meningkatnya earning atawa pendapatan uang dari blog tersebut. Saya katakan MUNGKIN karena ini di luar Topik yang diangkat dalam posting di atas.

    28 September, 2009 18:53

  • Iya sob, thanx infox y.. Bwt bahan masukan bwt blogq..

    28 September, 2009 19:11

  • pagerank masih jadi penilaian ya???

    28 September, 2009 22:14

  • wah... matap mas... pengunjung blog saya akhir2 ini berkurang mas... mungkin karena kesibukan saya sehingga jarang posting dan blog walking kali ya mas....

    nice post mas....

    29 September, 2009 13:26

  • @ torik >>> terlantar kan pasti ada penyebabnya. Asal jangan karena males aja..hehe

    @ munawar am >>> benar sekali kang. Pendapatan yang meningkat termasuk salah satu indikator perkembangan blog, khususnya blog yang dimonetisasi. Makasih buat tambahannya.

    @ Rusa Bawean >>> pagerank kan dinilai berdasarkan banyaknya backlink yang diperoleh sebuah blog. Baik itu kualitas, maupun kuantitasnya. Nah, kalo bnyak dapet backlink, biasanya itu karena banyak relasi atau karena banyak yang suka dengan konten blognya. Itu salah satu ukuran perkembangan blog.

    @ T.Wahyudi >>> makasih mas. Pengunjung blog saya ini juga menurun loh dalam sebulan terakhir. Mungkin penyebabnya kita sama.

    29 September, 2009 14:03

  • Setuju Mas. Kalau jumlah penghasilan, masuk indikator gak ya?

    01 October, 2009 01:42

  • @ Blogodolar >>> masuk kang. Tapi buat blog yang dimonetisasi aja kali yach :D

    03 October, 2009 17:40

  • waduh yang ini saya banyak yang ga dapet..
    apalagi blog yang lama, PR aja digebuk sampe PR0

    03 October, 2009 20:59

  • Belum pernah intens merhatiin 10 indikator ini mas. Makanya perkembangannya keliatan lumayan seret he he he. Belakangan PR ku malah di DO jadi N/A

    04 October, 2009 21:21

  • kalau alexa rank dari 3jutaan truz jadi 900.ooo an dalam sebulan apakah baik mas???

    mohon sarannya..
    thankyou.. :D

    salam hangat

    07 October, 2009 14:34

  • dari 10 indikator diatas,yg nyangkut cuma nomer satu ..

    07 October, 2009 16:20

  • Kalau pengunjung dari SE sih udah lumayan, sayang bounce ratenya masih gede dan page/visitnya masih kecil. Hehehe...

    08 October, 2009 05:22

  • Belakangan saya juga ngitung2... :p sepertinya belum memuaskan... :)
    trims sharing nya kang...

    10 October, 2009 05:27

  • Ternyata itu indikatornya ya...
    Saya Coba lihat deh...
    hehhehe... maklum nyubi

    11 October, 2009 21:10

  • Blog gw masih gurem sob..jd belum memenuhi standar...
    Akan berusaha tapi...

    12 October, 2009 09:59

  • ada tips ndak untuk point no 10? karena saya lihat kunjungan ke saya semuanya direct link.

    19 October, 2009 15:46

  • afdil >>> coba perbanyak membahas/memposting sesuatu yang mengandung keyword populer. Keyword populer artinya banyak digunakan oleh para pencari via search engine. Lebih detail caranya silakan baca artikel tips nembak keyword.

    19 October, 2009 15:55

  • Kalau tanggal tua begini ni, si Is suka kumat malasnya....
    Hiatus sampai tanggal 1 Nopember..hihihihi..
    semangat is...

    20 October, 2009 13:06

  • @ khai >>> hihihi... Bukan malas Om, tapi karena mati ide :D

    20 October, 2009 23:43

  • lha... caranya gimana bos... ajarin yak ;)

    23 October, 2009 09:47

  • wah bagus juga infonya... aku pemula yang baru buat blog...sebenarnya uda lama namun baru sebulan lalu aku mulai postingan awal untuk blog aku...
    makasi mas atas infonya mungkin sangat berguna buat blog aku, phatinjo.blogspot

    03 November, 2009 00:05

  • Klo ngecek page rank di Alexa gimana sih caranya? Minta bimbingannya donk

    13 November, 2010 20:01

  • saya rencananya mau buat blog baru sungguh sangat terbantu dengan adanya blog ini, postingannya sangat bernutrisi.. mohon izin ngobrak-abrik..

    29 November, 2010 19:50

  • Post a Comment

    Silakan tulis komentar sesuai pendapat pribadi kamu

    Back to Top
     

    kafe28 Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template | Top