25 September 2009

25 September 2009

5 Idealisme Kaku Penghambat Kemajuan Blog dan Solusinya

idealisme ngeblogPada dasarnya, seorang blogger wajib memiliki idealisme agar blognya bisa maju dan berkembang. Saya sangat yakin, blog-blog ternama yang punya banyak penggemar pasti dilandasi oleh idealisme (yang teguh) dari pengelolanya.

Tanpa idealisme yang kokoh dan benar dari si pemilik blog, biasanya blog yang dikelola akhirnya cuma menjadi “blog tidak jelas” yang kurang punya daya pikat jangka panjang. Namun ada kalanya prinsip yang dipegang oleh seorang blogger berpotensi untuk menghambat perkembangan blognya sendiri. Bukannya malah mendukung

Berikut ini 5 prinsip kaku yang menurut saya bisa menghambat kemajuan sebuah blog :

1. Saya tidak mau menulis sesuatu yang sudah banyak ditulis oleh blogger lain.
Solusi --> coba kemas sesuatu yang sudah banyak ditulis tersebut dengan sajian yang berbeda dari kebanyakan. Percayalah, pembaca/pengunjung umumnya menyukai sesuatu yang unik (walaupun topiknya mungkin sudah banyak diangkat). Bingung seperti apa sih defenisi konten yang unik? Kalau begitu, coba baca artikel Konten Unik dan Orisinil sebagai Daya Tarik Utama Blog.

2. Saya tidak mau memposting tulisan yang berjenis curhat.
Solusi --> utamakan/fokuskan menulis curhat yang sekiranya mengandung hikmah atau sesuatu yang bermanfaat bagi pembaca. Sebaliknya, sebisa mungkin hindari/minimalkan menulis curhatan yang terkesan sekedar menceritakan pengalaman pribadi tanpa nilai sesuatu bagi pembaca.

3. Saya tidak mau menulis konten berjenis berita hangat.
Solusi --> jika anda tidak pede bersaing secara SEO dengan situs portal berita (yang biasanya lebih menguasai search engine), coba gali dan angkat poin-poin penting yang belum begitu terekspos oleh portal berita maupun blog berita. Tentunya yang masih berkaitan erat dengan peristiwa hangat yang sedang terjadi. Selengkapnya cara agar bisa bersaing dengan situs portal, anda bisa baca artikel Antara Blog Berita dan Portal Berita.

4. Saya tidak mau menggunakan gaya bahasa yang kurang sesuai dengan EYD.
Solusi --> cobalah untuk mulai menyelipkan sedikit gaya bahasa obrolan sehari-hari ke dalam tulisan anda. Bukankah anda tidak sedang menulis skripsi atau karya tulis ilmiah di dalam blog anda? Tentu saja anda tidak harus 100 % menggunakan bahasa obrolan. Cukup jadikan sebagai bumbu pun tak mengapa. Terutama untuk sedikit mencairkan kekakuan gaya bahasa tulisan yang mungkin saja terjadi (akibat terlalu berpatokan pada EYD).

5. Saya tidak mau terlalu banyak menyelipkan candaan ke dalam postingan saya.
Solusi --> selipkan saja satu atau beberapa buah emoticon ke dalam postingan anda. Itu pun sudah lumayan memberikan kesegaran tersendiri bagi pembaca. Dengan catatan, pemilihan dan penempatan emoticon-nya harus tepat/relevan dengan konteks kalimat yang dipilih.

***

Oke. Cukup 5 poin saja dulu deh. Kira-kira, ada nggak rekan-rekan yang punya idealisme seperti di atas? Kalau saya pribadi mengakui masih berusaha membebaskan diri dari belenggu 5 prinsip kaku tersebut. Tentunya tidak harus sampai meninggalkan karakter saya sendiri dalam ngeblog. Intinya, ambil jalan tengah saja deh.

Sebenarnya masih banyak lagi contoh idealisme kaku yang berpotensi menghambat perkembangan sebuah blog. Silakan anda tambahkan pada kolom komentar di bawah ini.

Dukungan kontes >>> apa sih asyiknya belajar seo?

30 comments:

  • Saya juga masih mencari cara agar blog bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama Is. Tapi sedang dalam penggarapan (pilem kali pake penggarapan segala) :)
    Curhatan yang punya nilai tambah. Yup. itu yang sedang dan akan saya lakukan dimasa yang akan datang..

    25 September, 2009 19:00

  • idealisme penting, sebagaimana kelima hal yang tercantum diatas juga penting. tapi satu hal yang terlupakan... PASSION.

    gairah seorang blogger dalam menulislah yang membuat blog tahan lama dan mampu memberikan "sesuatu" kepada yang membacanya... salam

    25 September, 2009 20:56

  • Betul kang. Kalau pingin nulis ya tulis aja apa yg ada diotak. Biar mengalir dgn sendirinya

    25 September, 2009 23:40

  • gak setuju ah kalo saya punya 5 prinsip di atas akan menghambat kemajuan blogku

    berarti...
    blog yg maju ituuuuu...

    1. menulis, seperti yg banyak ditulis orang
    2. isinya curhat
    3. menggunakan bahasa obrolan, kadang juga
    4. banyak canda, emo dimana-mana
    wahhh
    berarti blogku gak bakal maju donk,padahal blogku jarang banget curhat, jarang pake bahasa obrolan, jarang banget cengengesan pake emo, jarang juga canda...

    gmn dong mas solusi buat aku???

    t

    26 September, 2009 00:03

  • Wah mantap nih... Pernah juga ngalamin hal-hal di atas... Untungnya bisa diatasi... :D

    26 September, 2009 04:32

  • bener juga nih cz ketika kita terlalu kaku pada akhirnya malah kita sendiri yang rugi

    26 September, 2009 15:26

  • @ Rusa Bawean >>> weh, gak gitu kali maksudnya. Sepintas sih kalo dibalik emang begitu logikanya. Tapi kalo menurut saya mungkin begini :

    1. POin ini bisa membuat blog jarang terupdate gara-gara kita terlalu gengsi memposting sesuatu yang udah banyak ditulis.

    2. Poin ini juga berpotensi mengekang kreativitas dan produktivitas. Mengapa? Gara-gara "anti" nulis curhat atau sharing pengalaman pribadi, blog kita nantinya bisa kehilangan ciri khas sebagai sesuatu yang bersifat person. Ntar malah kayak situs web biasa atau web yang terlalu formal tanpa sentuhan pengalaman pribadi si pemiliknya. Kalau si pemilik lagi mati ide, ntar malah bisa jadi jarang update karena terlalu ogah nulis pengalaman sebagai bahan postingan. Logis kan?

    3. Poin ini kalo kita gak punya senjata andalan buat menjaring trafik melimpah dalam waktu sesaat, maka biasanya blog kita lambat banget peningkatan rangkling alexa-nya. Pengalaman saya, aleza-rank blog ini dengan cepat meningkat ketika saya berhasil nembak keyword. Dan itu terjadi karena saya memposting berita hangat.

    4. Poin ini kalo kita terlalu kaku dalam menulis, biasanya sedikit saja pembaca yang betah melototin tulisan/blog kita karena udah ngerasa tegang atau pusing duluan. Logis kan? Nah, kalo begitu logikanya bisa berpotensi menghambat peningkatan jumlah pembaca setia blog kita.

    5. Poin ini kalo kita terlalu serius dalam mengemas gaya bahasa juga bisa berpotensi seperti poin 4 di atas. Yach, gak perlu terlalu banyak diselipin canda atau guyon lah. SEwajarnya saja. Dan gak semua tulisan cocok diselipin guyon juga kan? Takutnya kalo terlalu kaku dalam menulis, pesan yang hendak kita sampaikan dalam tulisan tersebut jadi kurang tersampaikan karena pembaca keduluan berkerut keningnya :D

    Itu aja dulu tanggapan saya. Maaf kalo postingan di atas terkesan sok ngajarin...hehehe

    26 September, 2009 17:22

  • @ khai >>> saya juga sedang berusaha begitu kang. Tapi sepenuhnya kan tergantung pembaca juga yach. Sebab pembacalah yang lebih merasakan "sesuatu" tersebut.

    @ arifin >>> setuju mas. Gairah menulis itu juga sangat penting, sehingga blog bisa rutin terupdate. Sayangnya, mungkin tidak begitu banyak ya yang mampu mempertahankan gairah menulis di blognya. Banyak yang gugur di tengah jalan sebelum blognya benar-benar berkembang.

    26 September, 2009 17:47

  • karena saya termasuk orang yang tidak pandai menulis maka yang ada diblog saya hanyalah menulis apa yang saya lihat dan amati saja

    26 September, 2009 18:23

  • good point..
    4 buLan sejak punya domain sendiri, saya masih bingung kaLo mw posting..
    mudah2n artikel ini bisa membantu saya menentukan arah bLog...

    26 September, 2009 18:51

  • kalau aq sekarang dalam tahap menentukan arah blog.. jadi artkelnya masih campur..
    thanx sharingnya..

    26 September, 2009 20:33

  • Assalamu’alaikum wr. wb.,

    Maaf kalo ngga nyambung sama postingannya

    Saya mengucapkan selamat hari raya Iedul Fitri dan mohon maaf lahir

    bathin atas segala kesalahan dan khilaf yang tidak berkenan dihati

    selama kita berinteraksi. Semoga Allah Swt menerima ibadah shoum kita

    di bulan Ramadan, menerima sholat-sholat kita sepanjang ramadan,

    menerima taubat dan mengampuni dosa-dosa kita semua dimasa yang lalu.

    Dan semoga Allah selalu menaungi kita semua dalam rahmat dan

    hidayah-Nya. Amiin.

    Minal aidzin wal faizin, taqobbalallahu minna wa minkum.

    Wassalamu’alaikum wr. wb.

    26 September, 2009 21:01

  • Wah kalo ssaya termasuk content writer yang kaku :D

    26 September, 2009 21:47

  • Dulu, 4 hal [selain curhat], gue banget tuh, Mas. Tapi sekarang pelan-pelan saya kurangi, satu yang pasti, saya mulai nulis tentang blogging. Jadi ya, mencoba sesuai jalur.

    28 September, 2009 14:49

  • @ isnuansa >>> sama dong. Kalo saya juga 4 hal tsb. mbak (yang gue banget..hehe). Sekarang juga udah mulai saya kurangin. Sebab bisa membuat blog saya jarang terupdate.

    28 September, 2009 15:06

  • Masih berkaitan dengan Komentar di posting sebelumnya; idealisme "cepat kaya dengan ngeblog" juga mungkin bisa menghambat bahkan menjadikan blog mengalami stagnasi sampai menjadi domain mati.

    **Btw... kalau saya ngoment kok kadang kolom komentarnya muncul 2 kolom yaahhh?

    28 September, 2009 19:01

  • hehe
    mantaf juga jawabannya, makasih ya

    tapi mas
    saya masih blom setuju
    hehe

    justru saya pengennya kalau bisa, sekali lagi kalau bisa menghindari yg terlalu person, bahkan malah saya pengen kek situs/ web formal gitu, lebih profesional

    hehe

    soalnya saya pengennya
    pembaca blogku gak cuma blogger, yakni masyarakat umum?

    jadi, pentingkah segala sesuatu tentang saya diketahui orang banyak, toh saya bukan selebritis

    28 September, 2009 22:31

  • @ munawar am >>> setuju kang. Idealisme "cepat kaya dengan ngeblog" juga bisa membuat blog jadi berhenti karena mungkin keduluan patah semangat gara-gara impian menghasilkan uang lewat blog "belum tercapai".

    Soal kolom komentar muncul 2, saya juga kadang mengalami. Biasalah, error khasnya blogspot yang belum bisa saya atasi :D

    @ Rusa Bawean >>> bener juga sih. Sebenarnya saya juga pengen kayak gitu kok. Makanya di blog ini sedikit banget postingan bernada curhat ngalor-ngidul gak jelas :D

    Unsur person maksud saya yaitu gimana agar kita bisa lebih banyak menulis opini/pendapat pribadi kita sendiri dalam postingan. Dan kalo perlu juga ditambahkan pengalaman pribadi sebagi penguat/pelengkap. Cukup seperlunya atau sewajarnya saja.

    Jadi makna "personal" di sini gak selalu identik dengan hal-hal pribadi yang gak penting :D

    29 September, 2009 14:17

  • Idealisme kaku lain mungkin: tidak mau membacklink tulisan lain karena takut page rank-nya turun.

    01 October, 2009 01:48

  • @ Blogodolar >>> hehehe. Bener banget tuh kang. Sip deh.

    03 October, 2009 18:00

  • Kok hampir semuanya nyirdir saya sih mas. :D Tapi tidak ada sesuatu yang instant jadi rileks aja

    05 October, 2009 22:15

  • @ afdil >>> setuju banget mas. Thx ya sudah berkunjung ke sini. Salam kenal.

    05 October, 2009 22:36

  • bener banget. menjadi sukses ngeblog ternyata 'melakukan apa yang harus dilakukan bukan yang ingin dilakukan'

    makasih artikelnya...

    23 October, 2009 09:42

  • kuncinya..ya ikuti aja kata hatikan bang is,mau tulis artikel apa..karena pada dasarnya, dalam dunia blogging, gk ada batasan buat berpendapat :D

    13 January, 2010 17:28

  • @ Belajar SEO Blogspot :
    Yups. Bener mas. Yang penting tetap memegang etika penulisan saja deh. Thx ya.

    13 January, 2010 20:39

  • makasih infonya.. salam kenal aja untuk semua

    15 April, 2010 07:19

  • Kesempurnaan memang kadang sedikit menghambat jalan kita gan, saya setuju.

    01 March, 2011 12:11

  • Hey there! This is my first comment here so I just wanted to give a quick shout out and tell you I really enjoy reading your blog posts.
    Can you recommend any other blogs/websites/forums that go over the same topics?
    Thanks for your time!
    My web blog amphora tobacco

    06 December, 2012 07:33

  • Pretty! This was a really wonderful post. Thanks for providing
    this information.
    Feel free to visit my web page erinmore flake

    14 December, 2012 14:33

  • I will immediately seize your rss as I can't in finding your email subscription link or e-newsletter service. Do you've any?
    Please let me recognize so that I may just subscribe. Thanks.
    Look into my weblog ; cure acne overnight

    22 December, 2012 21:47

  • Post a Comment

    Silakan tulis komentar sesuai pendapat pribadi kamu

    Back to Top
     

    kafe28 Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template | Top