17 September 2009

17 September 2009

Ketika Cinta Bertasbih 2 : Tak Seheboh Seri Sebelumnya

kcb 2Hari pertama penayangan mega film Ketika Cinta Bertasbih 2 terasa biasa saja. Tak seheboh dan se-membludak seperti yang saya alami ketika menonton serial perdananya beberapa bulan lalu. Begitulah yang saya rasakan.

Mulai dari saat membeli tiket masuk, suasana terlihat sangat sepi. Boro-boro mau ngantri, begitu datang ke lokasi bioskop Ayani 21, saya langsung dengan leluasa membeli tiket. Pemandangan yang sangat kontras bila dibandingkan dengan beberapa bulan lalu, dimana sebelum loket dibuka saja, para penonton sudah begitu membludak dalam antrian. Sedangkan tayang perdana KCB seri 2 hari ini? Area di depan loket terlihat kosong melompong (khususnya pada jam tayang perdana, yaitu pukul 12.00 Wib).

Mungkin saja karena sudah banyak yang pulang mudik. Atau bisa jadi karena para calon penonton lebih memilih jam tayang berikutnya. Atau bisa saja lebih memilih hari lebaran untuk menonton film yang pada seri pertamanya cukup mengguncang ini.

Tapi setelah saya mengecek kursi yang tersisa (saat membeli tiket), ternyata separuh kursi sudah terisi penuh. Why? Mungkin saja sudah dibooking sejak loket dibuka. Akhirnya saya dapat jatah kursi F-9. Lumayan masih agak nyaman buat nonton sih.

Sekilas jalan cerita/sinopsis KCB 2

Pada seri kedua ini, setting cerita sudah tidak lagi di Mesir, tapi boleh dibilang 100% di Indonesia. Maklum, beberapa tokoh utamanya (seperti Khairul Azzam, Anna Althafunnisa, Furqan, dan Elliana) sudah kembali dan menetap tanah air.

Azzam sudah lulus kuliah dari Universitas Al Azhar Mesir. Begitu pula Anna dan Furqan, yang akhirnya resmi menikah. Namun masalah kemudian muncul ketika Furqan tak kunjung memberi nafkah batin kepada Anna istrinya. Hal itu berlangsung hingga 6 bulan (lama banget yach? Emangnya ada istri yang tahan dengan kondisi seperti itu?…)


adegan kcb 2

adegan ketika Azzam sedang makan bersama keluarganya dan sekaligus menjamu Elliana

Di sisi lain, Azzam mulai berupaya mencari pekerjaan usai tamat kuliah. Profesi kurir jadi pilihan pertamanya. Hingga akhirnya ia membuka usaha bakso cinta Jadilah Azzam sebagai pengusaha. Petualangan Azzam dalam mencari jodoh pun berlanjut. Namun sayangnya, 3 kali ia mengalami kegagalan. Penyebabnya ada-ada saja.

Kembali ke rumah tangga Anna dan Furqan. Apa yang terjadi selanjutnya?

Anna akhirnya minta cerai kepada Furqan setelah mendengar pengakuan jujur Furqan soal penyakit HIV-nya. Bagaimana reaksi Furqan? Bagaimana pula akhir rumah tangga mereka? Bagaimana akhir kisah petualangan pencarian jodoh oleh Azzam?

Tidak seru kan kalau saya bocorkan. Ntar pembaca sekalian jadi males nonton seri kedua KCB ini. Jadi biar tahu akhir kisahnya, saksikan saja di bioskop. Mumpung pas momen Idul Fitri, jadi pasti banyak duit kan? Hehehe…

Pendapat/komentar saya

Kalau harus dinilai secara keseluruhan sih, film ini masih terkesan lebih didominasi oleh masalah jodoh-jodohan. Tapi nilai-nilai Islam tetap tersaji dan terkemas dengan baik dalam sebagian besar scene. Seperti saat dialog antara Anna dan ayahnya soal keputusan bercerai yang ia ambil. Termasuk saat Kyai Luhtfi (ayah Anna Althafunnisa) berdialog beberapa kali dengan Azzam.


adegan film kcb 2
adegan ketika Anna Althafunnisa sedang berdialog dengan ayahnya (Kyai Luthfi)

Begitu pula saat Azzam memberikan kebebasan pada tunangannya jika suatu ketika ingin menikah dengan lelaki lain karena tidak kuasa menunggu kesembuhan Azzam (usai mengalami kecelakaan yang menyebabkan kakinya patah).

Nilai Islam lainnya tercermin dengan sangat baik nan indah pada sikap dan perilaku Anna Althafunnisa. Salut banget deh buat Oki Setiana Dewi sebagai pemerannya. Aktingnya di KCB 2 ini masih mampu membuat saya terpesona dan sekaligus jatuh cinta

oki setiana dewi
ini dia Oki Setiana Dewi, si pemeran Anna Althafunnisa yang sangat lembut nan mempesona akhlaknya


Kredit plus juga untuk akting Dedy Mizwar yang sangat berkarakter sebagai Kyai Luthfi. Di sekuel kedua ini, porsi peran Dedy terasa lebih banyak. Dan efeknya, nilai religius KCB 2 sangat terbantu oleh aktor senior tersebut. Begitu pula Niniek L.Karim yang berperan sebagai ibunda Azzam. Aktingnya sangat natural sebagai sosok seorang ibu yang sangat mendambakan anak sulung semata wayangnya agar segera menikah.

Sedikit kekurangan film Ketika Cinta Bertasbih 2

Nilai-nilai perjuangan Azzam usai menjadi sarjana dan kembali ke tanah air masih kurang dieksplorasi. Terutama nilai etos kerja. Terkesan seadanya dan lebih menonjolkan sisi pencarian jodoh. Harusnya kalau menurut saya sih lebih digambarkan lagi bagaimana Azzam perjuangan membangun usaha/bisnisnya. Termasuk bagaimana ia berupaya mencari pekerjaan dan bekerja sebagai kuli/karyawan (sebelum memutuskan untuk berbisnis sendiri).

Dan akan lebih baik lagi jika dimasukkan nilai-nilai ajaran Islam yang berhubungan dengan BEKERJA SEBAGAI IBADAH.

Namun overall, KCB 2 tetap menawarkan sebuah cerita sederhana yang dikemas secara membumi dan sekaligus Islami. Walau tidak se-menyentuh penyampaian pesan moral di seri pertamanya, seri kedua ini tetap layak tonton buat anda. Salah satu pesan bagusnya yaitu :
walau jodoh berada di tangan Tuhan, sebagai hambanya kita tetap wajib berikhtiar untuk mencari dan menemukannya. Dan yakin-lah, segala ikhtiar yang telah kita lakukan, walaupun beberapa kali "belum berhasil", kelak akan diganjar oleh-Nya dengan sesuatu yang jauh lebih baik bagi kita. Bahkan bisa membuat kita takjub bersyukur!

Seperti akhir cerita film Ketika Cinta Bertasbih 2 ini yang berujung happy ending

Dukungan kontes >>> apa sih asyiknya belajar seo?

24 comments:

  • hmm... entah kenapa sejak awal sy kurang suka film ini. mending baca novelnya. :) *meski sejujurnya saya punbelum pernah baca novelnya* hihi

    18 September, 2009 05:15

  • saya juga tidak suka dengan film yang berasal dari novel

    saya hanya khawatir imaginasi indah yang saya bangun beserta kesempurnaa tokoh cerita sesuai novel, hancur setelah melihat film yang berasal dari imaginasi sutradara

    film KCB kasusnya sama dengan fil AAC, sama2 tidak bisa menjiwai kesempurnaan novelnya Kang Abik

    18 September, 2009 05:52

  • Baca2 resensi film sambil belajar...
    Novelnya belum baca, filmnya juga belum nonton

    18 September, 2009 06:53

  • Saya ngga nonton KCB satu sih jadi ngga tau jalan ceritanya—but nice review bro :)

    18 September, 2009 09:55

  • hanya tren sesaat yang jika diteruskan tentu orang akan jemu dan bosan.

    18 September, 2009 14:20

  • hihio.. saya kurang tertarik, yang pertama aja belum nonton..

    18 September, 2009 22:34

  • @ IHSAN >>> menurut saya apa yang tersaji di film KCB ini beda banget dengan yang di AAC. KCB jauh lebih bermakna dan menyentuh dalam menyajikan pesan-pesan moral dan nilai-nilai Islam. Suer deh. Pesan-pesan di KCB menurut saya lebih terkemas indah ketimbang di AAC.

    Masalah tidak sebanding dengan novelnya, jelas saja. Bahasa tulisan punya cakrawala tersendiri untuk merambah imajinasi pembacanya. Beda dengan media audio-visual seperti film.

    Dan menurut saya, film KCB ini sudah sangat Islami dan bagus dalam menyampaikan nilai-nilai Islam secara indah dan tidak menggurui.

    Kalo novelnya terlalu banyak bahasa kiasan yang puitis :D

    @ Eros >>> walau tren sesaat, genre film Islami kayak gini sangat menyegarkan perfilman nasional kalo menurut saya. Lumayan menyegarkan rasa dahaga saya akan film-film yang berani menentang arus. Terutama dari sisi muatan dakwahnya.

    19 September, 2009 05:28

  • Minta maaf tidak menjadikan kita hina, Memberi maaf tidak menjadikan kita bangga, Tapi saling memafkan yang akan membuat kita menjadi mulia.. Toqobbalallahu minna wa minkum taqobbal yaa Kariim, Minal aidin wal faidzin, kami haturkan Mohon maaf lahir dan batin.


    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430 H, selamat meraih hari kemenangan nan fitri. semoga tahun depan kita dapat berjumpa kembali dengan bulan Ramadhan yang penuh rahmat dan maghfirah.


    Dari Admin Indonesia Menulis.
    Muslihun Al-lampani
    Beserta keluarga besar kami di Lampung dan Jambi.

    19 September, 2009 20:57

  • Allahu Akbar3x, La Ilaha Illallah, Allahu Akbar, Walillahilhamd...

    Mungkin berlu diupdate dengan Ketika Cinta Bertakbir

    Selamat Idul Fitri, Mohon Maaf Lahir Batin.

    19 September, 2009 22:36

  • Silaturahmi kepada semua blogger

    Minal Adin Wal Faidzin Mohon Maaf Lahir Bathin

    20 September, 2009 18:33

  • Saya yang nomer satunya saja belom nonton dan bukunya juga belom pernah baca, jadi ya nggak ngerti jalan ceritanya.

    tipi dan film lokal saya jarang nonton Mas ;)

    23 September, 2009 12:20

  • Kelihatannya saya nunggu CD originalnya beredar nih baru bisa nonton he he.
    Apa kabar mas is? Mohon maaf lahir batin ya. Tambah ciamik nih blognya :D

    24 September, 2009 20:01

  • awalnya
    aku berencana u/ nonton KCB episode 2, sayang premire film ini mepet banget dengan waktu mudik, jadi gak sempet nonton sampek sekarang d, dan ini juga berlaku pada kebanyakan orang, gak kaget kalo bakal sepi. lagian banyak yg kecewa pada episode 1 nya.

    25 September, 2009 23:43

  • @ Rusa Bawean >>> faktor mepet ama lebaran ternyata cukup berpengaruh yach. Tapi kalo karena kecewa dengan episode 1-nya sih kayaknya sedikit aja. Banyak yang suka ketimbang yang kecewa kalo saya amati.

    26 September, 2009 17:30

  • kalau mau melihat orang kecewa apa tidak
    cobak baca kembali review saya saat itu...

    perasaan banyak yg kecewa
    hehe

    29 September, 2009 01:46

  • @ Rusa Bawean >>> weh, gitu ya ternyata. Mau ngecek dulu ah ke TKP..

    29 September, 2009 14:21

  • I have fun with, result in I discovered just what I was taking a
    look for. You've ended my 4 day lengthy hunt! God Bless you man. Have a great day. Bye

    Feel free to surf to my web site ... private krankenversicherung grenze
    Also see my website - top all inclusive resorts

    22 February, 2013 23:31

  • Link exchange is nothing else but it is only placing the other person's web site link on your page at proper place and other person will also do same in favor of you.

    Also visit my web-site :: private krankenversicherung für Kinder

    24 February, 2013 14:44

  • With havin so much content and articles do you ever run into any issues of plagorism or copyright violation?
    My website has a lot of completely unique content I've either authored myself or outsourced but it looks like a lot of it is popping it up all over the web without my authorization. Do you know any solutions to help reduce content from being ripped off? I'd certainly appreciate it.



    Here is my web page :: Usuari:YJOBrock - Wiki d'intercanvi de la Xarxa Punt TIC
    my site > versicherung im vergleich

    26 February, 2013 14:20

  • Greetings from Florida! I'm bored to death at work so I decided to check out your site on my iphone during lunch break. I enjoy the information you present here and can't wait to take a look when I get home.
    I'm shocked at how fast your blog loaded on my mobile .. I'm not even
    using WIFI, just 3G .. Anyways, fantastic blog!

    Here is my blog - Utente:HEmmett - WikiDsy
    my web page :: SISEC 2011 : UserPageterrabunti

    02 March, 2013 09:20

  • Hello I am so delighted I found your site, I really
    found you by accident, while I was searching on Askjeeve
    for something else, Nonetheless I am here now and would just like
    to say many thanks for a tremendous post and a all round interesting blog (I also
    love the theme/design), I don't have time to browse it all at the moment but I have book-marked it and also included your RSS feeds, so when I have time I will be back to read a great deal more, Please do keep up the fantastic job.

    my page best hosting provider
    my site > internet money making

    09 March, 2013 11:39

  • Hi! This is kind of off topic but I need some help from an established blog.
    Is it tough to set up your own blog? I'm not very techincal but I can figure things out pretty fast. I'm thinking about making my own but I'm not sure where to begin. Do you have any points or suggestions? Thank you

    Feel free to surf to my weblog: private krankenversicherung einkommen

    17 March, 2013 05:43

  • I’m not that much of a online reader to be honest but your
    sites really nice, keep it up! I'll go ahead and bookmark your website to come back in the future. Many thanks

    My web page :: click the next page

    02 April, 2013 23:41

  • Post a Comment

    Silakan tulis komentar sesuai pendapat pribadi kamu

    Back to Top
     

    kafe28 Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template | Top