25 October 2009

25 October 2009

Antara Kangen Band, Wali, ST 12, dan Hijau Daun

Band beraliran musik melayu beberapa bulan terakhir ini sepertinya tengah menjadi primadona baru di blantika musik Indonesia. Tak bisa dipungkiri fakta meroketnya Kangen Band, ST 12, Wali, lalu disusul oleh Hijau Daun. Empat grup musik tersebut sangat mewakili ciri khas nuansa ala melayu dalam balutan pop.

Apa saja kelebihan, ciri khas, dan perbandingan antara keempat band tersebut? Berikut ini sedikit paparan pendapat pribadi saya mengenai mereka.

kangen bandKANGEN BAND

Orang-orang boleh saja menilai band ini tidak punya kualitas musikal yang baik. Bahkan mungkin dianggap buruk. Tapi fakta tak bisa dipungkiri, lagu-lagu mereka banyak disukai dan menjadi hits. Kualitas bermusik Kangen Band mungkin standar, tapi tidak dengan lagu-lagu yang mereka ciptakan (terutama dari sisi harmonisasi irama dan liriknya).

Buat saya pribadi, hits-hits Kangen Band cukup easy-listening. Terlebih dengan balutan nuansa melayu yang khas dan iringan suara vokalisnya yang tak kalah unik. Itulah kekuatan utama band asal Lampung ini.


wali bandWALI

Mulai dikenal publik sejak melesatnya hits berjudul DIK beberapa tahun lalu. Band inilah yang paling kuat ciri khasnya di antara 3 band melayu lainnya. Mereka tidak malu menjual musik bernuansa Padang sebagai komoditi utama. Coba dengar saja beberapa hits mereka seperti Dik, Emang Dasar, Cari jodoh, Orang Bilang, dan yang sedang naik daun saat ini yaitu Baik-Baik Sayang. Semuanya Padang banget deh.

Kualitas bermusik WALI boleh saya nilai cukup bagus. Skill individu para anggota band ini tergolong di atas skill para pemain Kangen Band. Sebagai sebuah grup yang mengusung musik daerah, WALI terbilang sangat berhasil membentuk image dan karakter mereka di tengah persaingan yang cukup ketat dengan sesama band lainnya.


st 12ST 12

Sebenarnya band ini sudah mulai dikenal luas ketika album pertama mereka sukses beberapa tahun lalu. Namun popularitas mereka meroket tajam semenjak meledaknya album PUSPA di pasaran. Dan berlanjut hingga album repackage yang juga banyak menyumbangkan hits. Jadwal manggung yang super padat dan banyaknya lagu mereka dijadikan soundtrack sinetron membuktikan kejayaan band bernuansa Malaysia ini.

Apa ciri khas, nilai jual, atau kekuatan dari ST 12 ?

Menurut saya mereka pintar meramu lirik, aransemen musik, dan irama lagu mereka menjadi sesuatu yang komersil (plus easy-listening). Mayoritas lagu ST 12 terbukti sering menjadi hits. Mulai dari album pertama hingga terbaru saat ini.

Dan semua itu diperkuat lagi dengan karakter suara sang vokalis yang cukup khas (yaitu Charly). Ciri khas utama suaranya terletak pada cengkok. Sangat mirip dengan tipikal cengkok para vokalis band slow rock asal Malaysia.


hijau daunHIJAU DAUN

Muncul paling buncit di antara ketiga band ala melayu lainnya (yang sudah lebih dahulu nongol) tidak membuat band asal Lampung ini kehilangan daya tarik. Buktinya, hits perdana mereka yang bertitel “Suara (Kuberharap)”, langsung mencuri banyak perhatian penikmat musik Indonesia.

Bahkan hits kedua (Cobalah) langsung dipilih menjadi theme song atau soundtrack sinetron Inayah yang ditayangkan Indosiar. Secara musikal, saya belum bisa banyak menilai band ini. Namun bicara kekuatan atau ciri khas utama, menurut saya Hijau Daun mengandalkan karakter vokal Dide (sang vokalis) sebagai jualan utama. Sah-sah saja, asalkan tetap diimbangi dengan musik yang sinergis.

***

Di antara 4 band di atas, yang manakah menurut anda lebih berkualitas? Silakan beropini atau berpendapat. Walaupun banyak orang menyebut aliran mereka sebagai musik Melayu, saya tetap memandang musik mereka sebagai musik Indonesia. Tepatnya lagi musik Indonesia yang mencoba keluar dari pakem selama ini.

Dukungan kontes >>> apa sih asyiknya belajar seo?

43 comments:

  • waduh klo ditanya paling berkualitas, saya bingung juga.
    soalnya dari grup band tsb tdk semua lagunya yang saya sukai tapi hanya beberapa saja, yaaa yang easy listening itulah. he he he

    25 October, 2009 16:24

  • @ IHSAN >>> wah, saya juga cuma suka lagu-lagu yang easy listening gitu. Tapi kan bisa dinilai dari berapa banyak lagu mereka yang jadi hits dalam satu album. Thx sob.

    25 October, 2009 16:30

  • Lagu-lagu keempat group band tersebut saya dengar ketika anak-anak memutarnya. Kebetulan karena usia sudah mulai beranjak senja saya lebih suka dengar lagu-lagu klasik.

    25 October, 2009 19:06

  • apapun kita orang para penikmat musik lah yang menjadi barometer kesuksesan mereka

    25 October, 2009 19:20

  • aku malah suka campur sari .. xixiix

    anyway semua genre musik aku suka ... temasuk semua yang diatas .. enak ajah di kuping :))

    25 October, 2009 20:21

  • Sing paling mantep ya ST12 menurutku

    26 October, 2009 19:13

  • buat saya wali ama ST12, hahaha yang lain gak dah...

    26 October, 2009 19:20

  • kalau saya pribadi suka ama Kangen Band Mas, musiknya lebih mudah dicerna timbang yang lain.
    mengenai Hijau Daun suara vokalisnya kok agak mirip Ariel Peterpan (sekarang nama bandnya apa ya?)...

    26 October, 2009 19:55

  • @ Rudy Azhar >>> emang rada mirip mas. Kalo nama baru Peterpan saya masih belum tau juga tuh mas.

    26 October, 2009 21:55

  • Saya sih lebih suka Wali ajah... :D

    26 October, 2009 22:02

  • Saya pilih ya mana y? Kangen band aj deh :D pdhl dulu awal2 gak suka bgt, tp lama2 lagunya enak tuh :D

    27 October, 2009 13:16

  • Dari keempat band tersebut, saya menyukai ST12 karena lagu-lagunya banyak "yang kena" di hati.

    Beruntung saya bisa menyaksikan Live Concert mereka di salah satu Cafe di Makassar, bulan Februari lalu. Wow, dahsyat banget dan saya merinding saat mereka melantunkan lagu "Jangan Pernah Berubah".

    27 October, 2009 14:59

  • @ Kang Yudiono >>> wah, saya belum pernah Kang nonton konser live-nya. Tapi mwendengar lagunya saja di tv, saya pernah juga merinding beberapa kali. Itu membuktikan mereka memang punya sesuatu yach. Makasih sharingnya kang. Suka nonton konser juga nih. Kalo saya sih suka banget :D

    27 October, 2009 15:04

  • Kalo disuruh milih manakah yang lebih berkualitas? saya lebih suka ST-12 alasannya saya suka dengan musik dan lirik mereka serta beberapa lagunya ada beberapa yang nyangkut dihati saya. hehehe

    Namun tetap saya lebih suka alira Musik Dangdut.
    Dangdut is the best, hahahahah

    28 October, 2009 08:14

  • @ Deka >>> wah, penggila dangdut rupanya :D Kualitas musik ST 12 menurut saya memang bisa dibilang yang terbaik di antara 4 band melayu di atas.

    28 October, 2009 15:36

  • Saya suka tapi tak terlalu, maksudnya kalo mood nya cocok, oke gtu :)

    28 October, 2009 20:21

  • kalo saya lebih suka hijau daun, inspiratif baget

    28 October, 2009 23:13

  • jujur saya sangat suka sama st12,lgu2nya byk menjadi inspirasi buat saya,aku suka bgt ma charli karena kepribadiannya yg bgs bgt.aku suka banget

    29 October, 2009 09:44

  • Kurang suka yang mendayu-dayu

    03 November, 2009 10:12

  • waah .. kalau saya sih semuanya suka ..
    selama musiknya asik tuk didengar dan dinikmati .. maka saya suka2 aja ..
    lagipula teteeepp mereka jauh lebih baik dari saya, menyanyi saja fals .. trus gak ada satu instrumen musik yang bisa saya mainkan ..

    Cara Membuat Web

    06 November, 2009 17:12

  • klo aq tuch ska am st donk aq kan st setia tapi aq ugach ska am smua kuqz....heeheehee

    10 November, 2009 16:48

  • eh cuuy, gitarisnya wali tuh namanya sapa ?
    dahsyat juga tuh skilnya...
    terutama setting/stelan efek ma soundnya..
    dengerin aja melodi di part akhirnya lagu dik
    aneh juga sih kemeran gue liat live cuma pake digital efek loh..
    bukan Stombox, tapi bisa ngeluarain suara yang lumayan gahar..
    (walaupun ngga bisa ngalahi gaharnya setelan gitar cella kotak, hehehe),
    salut deh buat doi...
    --------------------------------------------------
    seneng bgt gue baca tulisan2 disini,,,
    srasa diblog gue sendiri... hehehe...

    03 December, 2009 14:09

  • @ yos >> wah, nggak tau juga ya bro. Coba aja cari di google...hehehe. Tapi gue akui, skillnya gitaris WALI lumayan juga. Pernah liat duelnya dengan KanGen Band nggak? Waktu itu WALI bawain salah satu lagu Kangen Band. Hasilnya, jadi jauh lebih keren bro!

    Thx berat nih udah banyak baca tulisan gue. Kebanyakan isinya mungkin masih dangkal, soalnya gue cuma pengamat musik amatiran...hehehe

    04 December, 2009 14:41

  • Indonesia tak dapat dilepaskan dari Melayu. Indonesia berakar dari sana. Jika dikatakan sebagai musik Indonesia ataupun Melayu, itu sah2 saja.

    21 December, 2009 19:40

  • @ Nila Rahman : Setuju banget mbak. Mungkin banyak yang sudah lupa dengan sejarah bangsa kita ya. Makasih buat komentar dan kunjungannya ke blog ini.

    22 December, 2009 14:05

  • harus kangen band yang nomer satu

    09 January, 2010 00:29

  • Ku ska bgt ma lgu-lgu mrka cZ TOP DAH
    lgu-lgunya nyentuh bgt coyzzzzzzzzz

    13 May, 2010 11:09

  • d'bagindas patut diperhitungkan...

    15 June, 2010 11:54

  • kalau aku sih suka sama wali dan ST 12 karena musik plus lagu-lagunya enak banget...

    06 October, 2010 14:07

  • dari 4 band diatas, urutan teratas tentunya ane lbh milih wali, kangen band, ST12 dan terakhir hijau daun. meski dari penggemar ST12 mempunyai penggemar yang jauh lebih banyak dibanding 3 band yang lain, tapi saya msh lbh suka sama wali n kangen band.

    13 October, 2010 14:20

  • WAAAAHH... TERNYATA PERKIRAAN SAYA BENAR!! LAGU2NYAWALI KOK MIRIP MUSIP PADANG YA? TERYAMA YG TETAP BERTAHAN. TU MUSIKNYA MIRIP BANGET SM MUSIK KASET2 VCD YG DIBAWAKAN BAPAK SY. SEBENARNYA BPK SY ASLI PADANG, TP SAYA BELUM PERNAH BERKUNJUNG KE PADANG. CM.., SEJAK KECIL SY SERING MENDENGARKAN LAGU2 PADANG KYK DISCO MINANG GITU. MESKIPUN GAK TAU ARTINYA, TP SENENG DENGERINNYA, JD INGAT SM BPK. CZ JRG PULANG, INI AJA UDAH 2 TH GAK BS PULANG...

    09 November, 2010 17:05

  • Kalau dari segi kualitas dan skill individu kayaknya ST12 gan.... Kangen band juga bagus, cuman lebih dominan di gitarisnya si "Dodi"

    01 March, 2011 11:32

  • aq gag suka band ke 4 d atas,karna menurut ku lirik nya cengeng,patah hati melulu gag mendidik,n skill nya juga standar,
    gitaris wali di banding kan dg EET gitaris Edane jauh bgt Skill nya,,,
    masalah mereka hits jelas aza mereka di naungi major label,tp mreka cuma top di indonesia,
    spa yg tw SID / THE S.I.G.I.T,itu band indo yg sering main di australi,krena kualitas yg mreka punya,
    mnurut q lagu yg hits di negeri ini justru yg gagk berkualitas,Ironis!

    04 April, 2011 13:37

  • setaip band memiliki keunggulan masing masing, tergantung bagaimana kita menikmatinya.

    15 October, 2011 09:44

  • menurut saya semua nya berkualitas..
    tapi st12 lah yang sangat berkualitas....

    18 October, 2011 09:20

  • kalau saya kangen band aja deh..Saya melihat dari perjuangan nya yg dri 0 sampai menembus dapur rekaman..Salut to kangen band

    07 April, 2012 23:18

  • lagu2 ciri khas band yang diatas itu semuanya adalah melayu habis

    29 September, 2012 16:33

  • Dan ada org yg blg musik melayu itu IRONIS........
    Yg berpendapat gak obyektif itulah yg PALING IRONIS...

    19 October, 2012 12:46

  • This comment has been removed by the author.

    This comment has been removed by the author.
  • Semua suka.Tapi paling saya suka KANGEN BAND karena lagu2 mereka mewakili perasaan aku banget..
    KANGEN BAND THE BAST OF THE BAST...

    27 June, 2013 13:08

  • Post a Comment

    Silakan tulis komentar sesuai pendapat pribadi kamu

    Back to Top
     

    kafe28 Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template | Top