05 October 2009

05 October 2009

Jumlah Postingan dan Pengaruhnya Terhadap Trafik Blog

posting blogPada artikel sebelumnya tentang perkembangan blog, saya menyebutkan bahwa salah satu indikatornya adalah jumlah postingan. Lalu, bagaimanakah hubungannya dengan trafik blog? Berbanding lurus atau malah kurang berpengaruh?

Idealnya, pertambahan jumlah postingan dalam jangka waktu tertentu juga diikuti dengan peningkatan jumlah pengunjung harian blog tersebut.

Hasil pengamatan dan survei kecil-kecilan saya menyimpulkan :
“Blog-blog dengan jumlah pengunjung ratusan per hari pada umumnya memiliki stok postingan sebanyak ratusan pula”. Tapi jangan dibalik ya kesimpulannya

Blog rezafauzi dan blogguebo misalnya (ratusan visitors/hari). Atau blognya mas yep yang konon punya ribuan pengunjung per hari. Ketiganya punya aset postingan yang lumayan banyak.

By the way…

Pada beberapa kasus lain malah menunjukkan hal sebaliknya, di mana kuantitas postingan cukup banyak dan bahkan bertambah secara kontinyu (berkat sering update), namun pengaruhnya bagi peningkatan jumlah pengunjung rata-rata per hari blog tersebut ternyata sangat kecil.

Mengapa bisa terjadi demikian? Nanti anda akan tahu sendiri setelah menyimak bagian penutup tulisan ini.

Ada juga blog yang jumlah trafik rata-rata per harinya justru lebih besar daripada jumlah total postingan yang dimilikinya. Itu baru hebat namanya! tepuktangan

Saya sangat salut dengan blog seperti itu, sebab dengan jumlah artikel yang belum seberapa banyaknya (di bawah 100), ia bisa mendatangkan pengunjung harian yang lumayan (minimal 100-an visitors/harinya). Blog ini juga pernah mengalami hal demikian. Tapi sekarang malah menurun gara-gara sudah jarang update konten hangat

Untuk blog yang SEO oriented, biasanya kuantitas posting sangat berkaitan erat dengan kunjungan harian yang terjadi. Setiap artikel yang dipublish biasanya diharapkan bakal menyumbang trafik dari mesin pencari. Entah berupa trafik musiman, trafik berkala, maupun trafik abadi yang selalu mengalir. Minimal 1 artikel bisa menjaring 1 pengunjung. Syukur-syukur bisa lebih. Kira-kira begitulah logikanya kalau boleh saya umpamakan.

Jadi jika misalnya sebuah blog sudah punya sekitar 100-an artikel, maka visitor hariannya sudah memungkinkan untuk mencapai 100-an pula. Dengan catatan, artikel-artikel yang diposting mengandung keyword populer dan teroptimasi dengan baik (sehingga bagus secara SEO).

Nah, bagaimana dengan blog anda sendiri?

Sudah sebandingkah trafik hariannya dengan jumlah postingan yang anda miliki? Kalau belum, berarti anda harus lebih banyak menulis dan mempublish sesuatu yang populer, banyak dicari/dibutuhkan, dan sedikit pesaingnya di mesin pencari. Tentunya diikuti dengan memperkuat backlink agar posisinya bisa lebih bagus di search engine.

Dukungan kontes >>> apa sih asyiknya belajar seo?

83 comments:

  • Postingan saya masih di bawah 100. Alhamdulilah, page views hariannya di atas 100 namun pengunjungnya rata-rata 50 per hari. Sekarang ini lebih dominan pengunjung yang datang dari search engine.

    Perihal jumlah postingan, saya pikir mempengaruhi trafik blog. Saya pernah menulis satu postingan per hari selama 3 minggu, hasilnya menunjukkan trafik blog di atas 150. Masih kecil sih, namun lumayan buat blog sederhana saya :D

    05 October, 2009 23:41

  • Betul kang, kemarin saya dapat limpahan dari mbah gugel berkat nurdin m top

    06 October, 2009 00:00

  • jumlah postinganku baru 98
    tapi
    kalo jumlah pengunjung perharinya diatas 100-200an
    :)

    06 October, 2009 06:08

  • wah klo blogku walau posting hampir mencapai 200 tapi visitornya tetap dikit

    karena memang postingnya banyak yang pribadi, makanya jarang dicari

    kecuali BW terus-menerus

    he he he he

    06 October, 2009 06:16

  • Pada beberapa kasus lain malah menunjukkan hal sebaliknya, di mana kuantitas postingan cukup banyak dan bahkan bertambah secara kontinyu (berkat sering update), namun pengaruhnya bagi peningkatan jumlah pengunjung rata-rata per hari blog tersebut ternyata sangat kecil.

    Dari sekian kategori blog dilihat dari visitornya, blog saya termasuk yang kategori di quote atas ituh... :lol:

    06 October, 2009 10:03

  • blog nya aku paling tiap hari cuma belasan orang yang mampir....hehehehehe

    07 October, 2009 10:45

  • @ Blogodolar >>> wah, bagus itu kang. Kesimpulannya jumlah posting memang cukup berpengaruh ya pada trafik harian yang terjadi. Thx berat buat sharingnya. Trafik harian saya sekarang malah menurun menjadi sekitar 50-an aja. Padahal dulu rata-rata di atas 100 :(

    @ Pencerah >> nah, berarti sukses dong nembak keyword-nya. Salut deh mas..

    @ Rusa Bawean >>> tapi kalo diintip pake indostats kok masih kurang dari 100 tuh? hehe. Saya lihat masih lebih besar angka yang tercatat pada histats ketimbang hasil tracker indostats.

    @ IHSAN >>> hehehe. Nyadar juga akhirnya kenapa posting pribadi kurang bisa menyedot pengunjung dari google :D

    @ isnuansa >>> hohoho..Sabar aja mbak. JUmlah pengunjung yang banyak kan gak selalu penting untuk semua jenis blog. Kalo isinya lebih banyak bersifat curhat, kayaknya gak perlu banyak pengunjung.
    Tapi kalo buat nulis sesuatu yang sekiranya bisa dibagikan untuk pembaca lain, maka trafik cukup penting. Biar lebih banyak yang merasakan manfaat dari apa yang kita tulis.

    07 October, 2009 11:01

  • kayak blog mas is ini... rame terus... gak sepi.. sepi...

    07 October, 2009 11:12

  • @ T.Wahyudi >>> gak juga sih mas. TRafik hariannya masih di bawah 100 nih belakangan. Dulu sempet di atas 100 sih.

    07 October, 2009 11:21

  • Untuk menaikkan trafik jurus paling jitu adalah blogwalking :D

    07 October, 2009 12:34

  • @ hopskole >>> tapi itu cuma sedikit pengaruhnya kalo menurut saya :D Sebab bagaimanapun juga trafik dari mesin pencari lebih melimpah.

    07 October, 2009 12:42

  • pengunjung saya justru banyak dari digg.com

    07 October, 2009 13:22

  • trafik tinggi tapi konversi kurang, gimana pula jadinya???

    07 October, 2009 13:55

  • saat komentar ini dibuat blog ku baru posting 20 artikel, rata2 pengunjung 70an, paling gede 127 ... menurut google analytics

    07 October, 2009 13:58

  • hem.. baru sebulan ngeblog... perlahan tapi pasti akan sesuai harapan..
    baik dari segi trafik kualitas dan kuantias postingan...
    nice tips mas...
    salam hagat
    ALFRED

    07 October, 2009 14:21

  • kalau menurut teori juga: ketika sebuah blog memiliki konten yang banyak semuanya terindex di google akan meningkatkan kualitas blog tersebut untuk nantinya dihidangkan di halaman depan google untuk keywords yang ditargetkan. Dan update content teratur adalah salah satu unsur penting saat Google bot crawling dan mengindex halaman atau postingan kita. Jadi wajar kalau blog yang sudah bertahun-tahun (diasumsikan punya archieves article yang banyak pula)lebih mudah menduduki halaman depan google dan menembak keywords lebih mudah daripada blog yang lahir kemarin sore dan update konten sejam sekali. Just another thought btw:-)

    07 October, 2009 14:48

  • wah, klo sy masih jauh, apalagi visitor dari search enggine, yg keindex cuma home doang .. masih bergantung dari referal alias BW ...

    07 October, 2009 17:51

  • Alhamdulillah udah bisa melebihi jumlah postingan... :D

    08 October, 2009 05:34

  • Blog saya sudah 220-an artikel, belum genap satu tahun, kategorinya juga saya tambahkanl biar kelihatan sesak. bagaimana dengan trafik blog saya menurut teropongan Iskandaria?

    08 October, 2009 17:35

  • @ rudyazhar >>> kalo begitu keadaannya, berarti blog tersebut kurang punya daya tarik jangka panjang mas. Bisa jadi sekedar "menjebak" pengunjungnya.

    @ bloggerspeed >>> wah, tambahan yang berharga sekali mas. Makasih banyak nih. Begitulah adanya tentang karakteristik crawler search engine. Salam.

    @ kangnawar >>> saya amati blog kangnawar belakangan ini banjir pengunjung terus tuh setiap harinya. Sampe ratusan. Pasti dari search engine yach. Sukses tuh nembak keywordnya. Soal penambahan kategori, itu bagus juga untuk mendukung SEO. Saya malah cuma sedikit kategorinya.

    08 October, 2009 22:37

  • artikel saya kurang dari 40 biji, traffiknya masih skala normal... :)

    10 October, 2009 05:02

  • oww.. jumlah posting yang banyak atau sedikit ternyata juga berpentaruh dengan trafik blog ya?
    wah berarti memang posting sangat penting.
    jadi harus sering-sering posting ya.
    Iklan Baris

    10 October, 2009 09:58

  • Kalo blog saya termasuk punya banyak stock postingan tapi sepi pengunjung. Apa karena kurang rajin blogwalking ya kang? Tolong pencerahannya kang!

    10 October, 2009 21:34

  • bener banget kalo 1 posting 1 pengunjung, berarti kalo 1000 posting insya Allah 1000 pengunjung :)

    11 October, 2009 06:47

  • @ Muslihun >>> mungkin karena keywordnya kurang populer sehingga jarang digunakan para pencari via search engine. Bisa juga karena kalah SEO dari para pesaing. Itu dulu komentar saya kang.

    11 October, 2009 16:56

  • Begitu ya... Baru tahu jumlah posting ternyata berpengaruh terhadap jumlah kunjungan

    11 October, 2009 20:45

  • Jujur dari dulu cuma segitu, 200-an... yg ada juga bisa berkurang Is

    12 October, 2009 10:07

  • waduh kayanya saya masih perlu belajar banyak neh...

    12 October, 2009 18:39

  • kalo saya sih perhari antara 80-120 visitor perhari
    jumlah postingan baru 38, banyakan nembak keyword ^0^

    13 October, 2009 15:58

  • wah kalo postingannya dikit tapi pengunjungnya banyak, emang seo sejati tuh mas

    13 October, 2009 16:00

  • Belum berani nembak-nembak keyword, bandwidth kecil masalahna :D

    13 October, 2009 18:00

  • @ belajar blog >>> wah, hebat tuh mas SEO-nya :)

    @ khai >>> ntar kalo dah punya rejeki banyak (karena menang kontes) kudu nambah bandwith tuh..

    14 October, 2009 09:44

  • blognya seh ga ada masalah,,cuma web barunya yg bermasalah,,udh mati2an makai jurus seo model macem2...PR msh 0.tp gpp seh alexa lumayan ramping trus ,,udh laku buat paid review biarpun web nya msh terhitung muda ( 1 bulan) hhehee

    14 October, 2009 12:35

  • sepakat dengan penelitian diatas

    14 October, 2009 17:13

  • setuju mas. Tapi bagi newbie seperti saya, harus rajin-rajin blogwalking agar visitornya meningkat

    15 October, 2009 00:37

  • Wahh keren2 nih content-nya..
    kembangkan lagi..
    mudah2an blog saya bisa bagus kaya gini. Hha.

    Salam kenal dari Ce-Tek
    (Cerdas Teknologi : Berita dan Informasi seputar Teknologi)
    Silahkan berkunjung dan jgn lupa komentar di blog saya yahh.. Hhee..
    Mohon kritik dan saran buat blog baru saya.

    15 October, 2009 02:41

  • Kalau punyaku dulu waktun aktip ngeblog sehari pengunjung halaman sekitar 200an/hr dan visitor sktr 110-an dan yg nyangkut coment cuman 50-60an... itu karena aktip nulis dan sering masuk blog pilihan di blogdetik dan detik.com

    Tapi sekrang liat aja sendiri :D gara2 3bln lebih ga update, pengnjung kabur :D *Paling hanya tertolong saat kasus Nurdin M Top mencuat ternyata banyak yg di anter sm Om Google ke blogku :D

    Sekrng coba pengin aktip lagi :D
    *Trik kasih komentar dg yg Dirimu lakuin boleh gue contex juga nich :) Kn comentnya jadi koihatan byk yach ? :D

    Oia, mumpung masih lebaran, maap lahir batin yach :)

    15 October, 2009 07:29

  • @ mel >>> wah, hebat tuh mbak. Saya aja dengan PR 3 malah belum dimonetisasi nih. Alexa malah turun terus gara-gara udah jarang update. Duh..

    @ afdil >>> iya mas. Itu bagian dari trik untuk mempromosikan blog yang masih baru. Itung-itung sebagai upaya untuk menjaring pengunjung setia nantinya.

    @ RendyRasta >>> oke deh. Ntar saya kunjungin deh. Sabar yach. Thx udah berkunjung ke sini.

    @ Aribicara >>> walah, trik apaan yach? Kayaknya saya kalo ngasih komen nggak pernah pake trik khusus deh...hehehe.

    Blog ini juga dulunya sempet ratusan visitor per hari. Tapi sekarang menurun drastis mas. Wajar aja, saya udah jarang banget posting artikel hangat. Maaf lahir batin juga nih mas Ari (sesama alumni Pintunet).

    15 October, 2009 12:03

  • saya dulu punya temen dengan postingan cuman 10an trafik 100-200 per hari. tak lebih karena dia suka blogwalking dan ninggalin komentar kesana kemari. kunjungan balik dan linkin meningkatkan tajam, sehingga kualitas blognya di perhitungkan di mesin google, meski bahasa yang digunakan tidak SEO friendly.

    16 October, 2009 10:38

  • waduh punya saya masih jauh dari harapan berarti mas. postingan 200an lebih tapi kunjungan perhari gak lebih dari 200 hiks.

    16 October, 2009 10:39

  • Wah visitor blogku baru ratusan sehari

    16 October, 2009 11:42

  • @ Eros >>> wah, ternyata blogwalking juga bisa jadi sumber kunjungan yang dahsyat yach. Tapi menurut saya trafik gratis dari mesin pencari masih lebih menggiurkan :D

    @ Pulsa Murah >>> sabar aja ya mas. Yang penting terus berusaha kan?

    @ Kuliah Gratis >>> itu sudah sangat lumayan loh untuk ukuran blog. Ratusan per hari itu sudah gede buat saya.

    16 October, 2009 14:24

  • Namapaknya begitu.Blog saya masih kurang 100 posting tapi pageview rata 200.Mungkin kalau semakin banyak postingan kan banyak pilihan bagi pembaca.Jadinya banyak yang berkunjung

    16 October, 2009 14:37

  • @ blogpopuler >>> wah, itu bagus mas. Artinya banyak postingan mas yang menarik bagi pengunjung untuk diklik.

    16 October, 2009 14:54

  • mampir kesini ah, biar ketularan dapat ilmu

    16 October, 2009 22:38

  • waahh punya saya masih muda.. harus kerja keras nih.. :D

    18 October, 2009 08:19

  • salam kenal, saya masih blogger pemula maz. masih butuh banyak ukungan and tips dari maz....
    kayaknya postingan saya masih dikit bangetz nich and pengunjungnya pasti dikit juga....
    oiya mas, cara ngecek jumlah pengunjung perhari itu gimana ya Maz?....

    20 October, 2009 16:07

  • Jumlah postingan saya masih di bawah 100, kebut lagi ah. pingin juga punya pengunjung sampe ribuan he he he.

    20 October, 2009 21:24

  • @ ILHAM >>> cara ngeceknya menggunakan tool pemonitor trafik seperti histats, sitemeter, atau google analytics mas. Harus memasang kodenya pada blog kita.

    20 October, 2009 23:37

  • Tapi bagusnya gimana ya, ada yang blognya menurut saya kurang menarik dan postingan masih kurang tapi jumlah pengunjungnya banyak banget.

    21 October, 2009 04:28

  • @ blogpopuler >>> kalau begitu kondisinya, mungkin saja karena ia rajin blogwalking. Atau bisa juga karena mayoritas atau beberapa postingannya teroptimasi dengan baik di mesin pencari. Bisa pula karena sekedar nembak keyword tanpa isi yang baik. Cuma bagus di SEO, tapi kurang di bobot kontennya.

    21 October, 2009 12:54

  • saya sich tidak terlalu musingin masalah seo yang penting posting artikel secara berkala (maksudnya kapan aja kepingin gitu)..soalnya kalau musingin seo seperti kata om iskandaria diatas..terkadang isinya cuma gitu-2x aja

    21 October, 2009 22:19

  • frekwensi postingan sepertinya berpengaruh sekalu terhadap alexa rank ya pak ?

    23 October, 2009 09:57

  • Waduh....
    Saya bacanya jadi minder nih..
    Mudah2an saya tetap semangat untuk ngeblog

    24 October, 2009 09:58

  • @ sibaho way >>> cukup berpengaruh mas. Pengalaman saya dan beberapa rekan blogger lain begitu sih.

    @ Blogsigit >>> kok minder melulu mas? ^_^

    24 October, 2009 12:32

  • mas, klo blog saya gimana? apa bedanya traffick sama pageviews? truz, klo statistik wordpress, emang ga valid ya mas?mesti pke indosat tracker gitu?

    25 October, 2009 03:51

  • salam kenal bang. kunjungan pertama dan comment pertama.

    menarik sekali artikel artikel yang disampaikan. *ctrl+d*
    mengenai jumlah postingan dan pengaruhnya terhadap traffic. postingan saya kurang dari 70 tetapi kayaknya trafficnya rata-rata diatas 100/harinya. penyebabnya sendiri gak tau, apa karena saya make WP? apa gmn.

    26 October, 2009 21:29

  • @ ianto >>> bisa jadi karenamayoritas postingan mas teroptimasi dengan baik di mesin pencari, sehingga bagus posisinya dengan keyword yang populer. Makasih buat kunjungan pertamanya. Mampir lagi ya di lain waktu..

    26 October, 2009 22:30

  • Memang benar survey mas itu, tentang ratusan pengunjung dan artikel

    29 October, 2009 00:02

  • saya newbie bang, postingan masih sedikit, pengunjung di bawah seratus, kasihan ya...

    salam saja deeh, informasi yang berguna.

    29 October, 2009 23:22

  • @ Badruz >>> salam kenal balik ya. Makasih sudah berkunjung ke sini. Jangan berkecil hati ya. Pengunjung harian blog saya juga masih sedikit kok. Masih di bawah 100. Tapi saya tetap semangat ngeblog.

    30 October, 2009 14:38

  • @ DReamhouse >>> trafik ialayh jumlah kunjungan yang terjadi. Sedangkan pageview ialah jumlah link postingan atau link blog kita yang dibuka oleh pengunjung. Soal tools statistik, untuk WP saya kurang tahu juga yach. Tapi kalo bisa sih pake juga tracker stats yang lain. Misalnya sitemeter, histats, atau indostats.

    30 October, 2009 14:41

  • mau naikkan trafik, coba yg ini bro http://tezaktrafficpower.net.tc
    maximalkan fitur2nya... good luck!!

    01 November, 2009 23:47

  • begitu ya mas .. menarik juga

    05 November, 2009 11:26

  • artikel saya sebanyak hampir 70 artikel
    UV kisaran 100 / day
    PV kisaran 200 - 300 PV / day
    saya bersyukur bahwa google berbaik hati, hingga blog saya yang masih bayi dengan PR0 punya posisi bagus di SERP.
    Saya senang ada review kayak gini, keep it up

    13 January, 2010 20:11

  • @ dwi :
    Wah, berarti blog kamu tergolong bagus tuh di mata google. Jumlah pengunjung hariannya melebihi jumlah total artikel. Sip deh kalo gitu. Tetep update yach.

    13 January, 2010 20:33

  • Berati dengan bertambahnya jumlah postingan secara otomatis jumlah visitor meningkat ya mas.

    19 May, 2010 12:59

  • @ Zaiful Anwar : kesimpulan yang tepat mas. Tapi dengan catatan, keyword pada judulnya berpotensi digunakan para pencari via SE :-)

    19 May, 2010 13:22

  • Sudah pernah beri komen disini.Tapi mau komen lagi bahwa memang benar tuh mas, banyak postingan banyak pengunjung dan page view.Saat ini blog saya pengunjungnya sudah diatas 500 dan page viewnya sudah diatas seribu.

    21 May, 2010 04:40

  • @ blogpopuler : wah, salut ya mas. Semoga tambah semangat deh ngeblognya. Thx buat sharingnya mas.

    21 May, 2010 10:21

  • Terima kasih sharing infonya mas, saya juga kepingin punya jumlah pengunjung yang melebihi jumlah artikel di blog saya :)

    30 November, 2010 21:46

  • thx ya tipsnya.. sangat bermanfaat sekali.
    jgn lupa berkunjung juga ke web saya di:
    http://www.house-arch.com
    terima kasih,

    21 July, 2011 21:30

  • Mantap Sob...
    oia kalo ada waktu berkunjung ke blogku ya

    28 September, 2011 20:07

  • Kalo saya lebih setuju jumlah postingan sebanding dengan jumlah trafik, semakin banyak postingan berarti potensi pengunjung dari mesin pencari semakin banyak

    15 October, 2011 19:12

  • berarti yang paling bagus postingan bnyak dan berkualitas? :)

    25 November, 2011 08:56

  • alhamdulillah dapat pencerah buat newbie dari komen2 nya emang di perlukan kerja keras ya untuk bisa mendapakan jumlah pengunjung yang banyak.
    thanks all

    26 September, 2013 09:48

  • jumlah postingan meningkatkan peluang dibaca orang, komentar juga ya ke blog saya www.goocap.cm

    23 September, 2014 15:04

  • Gan, saya mau nanya nich. Postingan saya sekarang sudah sampai 112 postinga, dan setelah say cek juga artikel saya berada pada posisi 2-3 di serp one google. Tapi saya herannya juga pengunjung saya perhari nggak samapi 50 an cman 30 pengunjung perhari. Itu karena faktor apa ya gan, minta penjelasannya dong...!!!??

    08 June, 2015 12:43

  • nice info, izin nyimak dan praktekan gan, tapi terkadang kita tdk tau cara kerja google.

    30 December, 2015 02:03

  • Post a Comment

    Silakan tulis komentar sesuai pendapat pribadi kamu

    Back to Top
     

    kafe28 Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template | Top