21 October 2009

21 October 2009

Kelebihan Blog Do Follow dari Sisi SEO

blog do followPostingan kali ini sekedar sharing pengalaman pribadi saya seputar kelebihan blog Do Follow. Khususnya bila ditinjau dari sisi SEO. Dilatarbelakangi oleh sebuah mitos yang menyatakan bahwa blog do follow biasanya sangat dibenci oleh search engine. Benarkah demikian?

Mari kita telaah dan analisis sedikit pengalaman saya setelah mendofollowkan blog ini semenjak beberapa bulan yang lalu.

Dari hasil iseng-iseng mengecek berbagai keyword yang diketikkan oleh pengunjung (sehingga nyasar ke blog ini), ternyata banyak juga yang nyantol karena tertarik dengan penggalan kalimat dalam area komentar (yang ikut terindeks oleh crawler search engine).

Dari mana saya bisa tahu? Biasanya saya punya kebiasaan memeriksa keyword apa saja yang nyantol ke blog ini (lewat bantuan tools pemonitor trafik, seperti feedjit dan histats). Kemudian keyword-keyword tersebut saya cek langsung di mesin pencari (terutama google). Tujuan saya yaitu untuk melihat hasil crawler dan SERP-nya.

Dan hasilnya, tak jarang penggalan kalimat dalam area komentar ikut terindeks pada hasil pencarian. Kejadian ini umumnya terjadi ketika keyword spesifik yang diketikkan pencari tersebut tidak ada dalam isi postingan. Hal ini bukan saja terjadi pada blog saya, tapi saya amati juga terjadi pada beberapa blog do follow lain (contohnya blogguebo).

Mengapa kalimat dalam area komentar bisa ikut terindeks oleh mesin pencari?

Dugaan saya, hal itu disebabkan karena crawler/spider search engine menganggap area komentar tersebut sebagai bagian dari konten blog. Kenapa bisa begitu? Lagi-lagi ini cuma dugaan saya, yaitu karena status Do Follow yang diterapkan pada area komentar.

Crawler search engine mungkin menganggap sebuah backlink (yang timbul dari status Do Follow) pada area komentar sebagai konten blog yang layak untuk diindeks.

Jadi kesimpulannya, status Do Follow pada link komentar berpotensi mendukung optimasi halaman posting sebuah blog di mesin pencari.

Status do follow ini sangat menguntungkan SEO blog berplatform blogger/blogspot yang tidak punya plugin meta description untuk setiap halaman postingnya.

Untuk blog wordpress, status do follow ini akan bermanfaat ketika keyword yang diketikkan pencari tidak terdapat pada isi meta description postingannya.

Bagaimana dengan status Do follow pada menu blogroll, terutama yang menampilkan deretan judul postingan terbaru suatu blog?

Pengalaman dan hasil pengamatan saya juga membuktikan, bahwa kondisi tersebut juga mendukung SEO blog itu. Sebab judul postingan blog lain yang tampil di situ dianggap oleh crawler search engine sebagai bagian dari konten blog tersebut. So, siapa bilang blog do follow dibenci oleh mesin pencari?

Malahan ada sebuah pernyataan menarik yang intinya menyatakan bahwa :
“setiap kali sebuah postingan pada blog do follow dikomentari, maka search engine akan ikut mengindeksnya. Jadi jika makin sering atau makin banyak dikomentari, SERP postingan tersebut akan semakin bagus pula. Sebab search engine dengan cepat mengenalinya dan menganggap sebagai sesuatu yang fresh”.

Bagaimana rekan-rekan blogger sekalian? Tertarik mendofollowkan link komentar blog anda? Atau mungkin punya pengalaman/pendapat yang berbeda? Ditunggu nih komentarnya.

Sumber gambar : numb3rblog

Dukungan kontes >>> apa sih asyiknya belajar seo?

55 comments:

  • Izin mengamankan tempat pertama Is... Bolehkan Is??

    21 October, 2009 14:26

  • Jadi malu menggunakan nama Mengembalikan Jati Diri Bangsa ini terus.. udah mual2 juga sebenarnya IS nulis kalimat tsb.

    Ketakutan para blogger (terutama saya) tidak men-dofollowkan blog adalah karena ceteknya pengetahuan tentang SEO. Kita banyak membaca postingan sahabat yang mengatakan "Pagerank blog gw turun gara2 gw ubah jadi do follow". AKhirnya pendapat itu menyebar luas dikalangan blogger, dan menjadi sebuah momok yang menakutkan termasuk saya.

    Padahal bila kita bisa mengoptimasi blog baik secara onpage maupun offpage maka keseimbangan inbound dan outbound akan terjaga. dan pada akhirnya kita tidak akan mengalami penurunan PR. eh, benar gitu ya Is??

    Sorry kalau salah, maklum saya masih ngantuk Is *alesan, bilang ajah kagak ngerti* kekekekekek..

    21 October, 2009 14:36

  • kita jg bisa dapat backlink dari blog nofollow asalkan di postingannya itu minimal 100 blogger yg memberi komentar termasuk kita di dalamnya.

    *Blogspot jg bisa pasang meta deskripsi di setiap postingan lo, ini referensinya : http://pancallok.blogspot.com/2009/07/pasang-meta-tag-di-setiap-postingan.html

    Salam hangat kang dari Makassar, saya Panca.

    21 October, 2009 14:50

  • postingannya menarik kang, aku baru aja mau bikin blog trus rencana mau ngasih dofollow.

    21 October, 2009 14:53

  • salah besar jika mas mengatakan bahwa mesin google hanya mengindekx komentar di blog dofollow. buktinya blog saya nofollow, tapi komentar sahabat2 ikutan terindek.

    bisa dibuktikan dengan mengcopy: "nomer siji wis tak link loh rosss" di mesin google. itu adalah komentAr pertama dalam tulisan http://www.ingateros.com/2009/10/tukar-link-dofollow-dengan-web-dan-blog.html
    gimana hasilnya? terindeks bukan?

    21 October, 2009 15:57

  • saya paling malas merubah menjadi blog dofollow. rentan jadi tempat sampah para pemburu backlink, apalagi kontestan SEO. yang hanya komen "nice post", info keren nie" dsb. seolah gak menghargai tulisan dan blog kita.

    21 October, 2009 16:03

  • Template baru yang saya pakai Koq menunjukkan bahwa link komentator Koq Dofollow, pada hal secara default, wordpress kan me-nofollow-kan link komentar, saya cari-cari susah, jadi biarlah. Apa ini kemudian menunjukkan bahwa Blog Saya sekarang Dofollow?

    21 October, 2009 16:24

  • tapi jika ada link di dalam kotak komentar (link spam),, apa juga ikut keindex??? apa nanti enggak dianggap link farm dalam suatu postingan??? *cuma nanya aja... :D*

    21 October, 2009 17:40

  • srtubuh karo komentare erros (Komentar loh Lip, uduk erosse)
    koment di bloggku juga nyanthol di mbah gugel kok.
    TP tetep wallahu alam.
    Yang namanya SEO adalah ilmu gaib

    21 October, 2009 18:16

  • thanks my lord..
    this is really helpful for me..
    good job

    21 October, 2009 18:40

  • Saya masih nyoba nyoba nih mas is, mencoba mahamin gmn supaya blog ku lebih exis. Thanx infonya sob :)

    21 October, 2009 21:41

  • tapi komentar di sebuah posting blog dofollow juga bisa mempengaruhi posisi kita di kontes SEO, sebuah contoh saat saya ikut salah satu kontes SEO, justru deskripsi yang terindeks google adalah keyword lomba yang ada di komentar bukan yang di posting, kejadian ini hingga beberapa hari tapi akhirnya google mengindeks deskripsi yang di posting :D

    tapi baguslah itu berarti keyword yang dianggap google tidak hanya yang ada di posting tapi juga di kotak komentar, makanya posisinya kadang bagus dihalaman google.

    salam sesama blog dofollow

    22 October, 2009 17:43

  • @ eros >>> wah, thx berat nih sob buat sanggahannya. Artinya status link komentar nggak ngaruh yach terhadap indeks google.

    @ mengenbalikan jati diri bangsa >>> bisa juga dianggap link farm sih. Tapi untuk masalah tsb, pengetahuan saya masih terbatas. Mungkin bisa ditanyakan pada yang lebih berkompeten. Thx.

    @ munawar am >>> pas saya cek statusnya NO FOLLOW kok kang. Kan ada atribut rel ekxternal no follow. Coba cek di page source.

    @ IHSAN >>> bener banget mas. Itu bisa merugikan kita yang juga ikutan kontes. Lain soal kalo demikian kondisinya. Salam juga ya dari sesama blog do follow.

    22 October, 2009 21:47

  • Punyak saya juga aneh, seperti yg dialami Kang Nawar.
    Saya nggak pernah ngerasa ngrubah blog, tapi tiba2 jadi dofollow.

    22 October, 2009 23:01

  • @ marsudiyanto >>> link komentar pada blog Pak Marsudi pas saya cek no follow kok Pak. Coba cek pake pludin add on fiefox nodofollow.

    22 October, 2009 23:09

  • betul sekali om......blog sya juga saya cek disana banyak juga terindeks dari komentar. tentunya komentar yang sesuai dengan keyword yang kita bidik. thnks share-nya

    22 October, 2009 23:27

  • @ sobatsehat >>> wah, saya dapat tambahan yang semakin memperkuat sahring saya di atas. Makasih banyak ya sob.

    22 October, 2009 23:31

  • mendofollowkan blog, ehm gimana ya, Pikir-pikir dulu degh

    23 October, 2009 00:09

  • Pengalaman saya, walapun blog saya bukan dofollow, namun banyak juga kata kunci dari komentar yang terindeks di Google.

    Menganai men-dofollow kan blog, saya belum tertarik Mas. Alasannya:
    1. Saya ingin komentar yang masuk benar-benar nyambung dengan isi tulisan. Bukan sekadar mencari backlink saja.

    2. Saya setting Top Komentator dengan status dofollow. Jadi, bagi 10 Top komentator tiap bulannya mendapat link do-follow terus tuh. Silakan dicek di sidebar Top Komentator,.

    23 October, 2009 06:09

  • ^^ do follow no follow apapun ntu yang penting blog gue nampang di jajaran pertama heehehe

    23 October, 2009 06:54

  • hhhmm.... orang mendofollowkan blog... atau menofollowkan blognya... pasti punya alasan tertentu.....

    dan kebetulan, blog saya masih tetap nofollow... :)

    23 October, 2009 07:14

  • informasi yang menarik mas, makasih :)

    23 October, 2009 09:29

  • jadi blog dofollow dibenci oleh search engine itu cuma mitos toh?

    23 October, 2009 09:39

  • Mungkin pemaikaian kata "dibenci" saja yang kurang tepat digunakan oleh blogger lain yang menulis tentang blog dofollow.

    Mereka "mengikuti" memakai kata itu tetapi sejatinya tidak tahu maksud sebenarnya. Dalam pandangan saya, "dibenci" itu digunakan untuk menggambarkan turunnya page rank sebagian blog dofollow, sehingga mereka mengasumsikan google membenci blog dofollow. Padahal sejatinya, malah menguntungkan kan?

    Tetapi memang setuju dengan Kang Yudiono, saya juga beralasan yang sama kenapa tidak dofollow. Bukan karena takut berbagi backlink, tetapi lihat saja postingan ini: berapa banyak yang hanya terlihat basa-basi dan terkesan "nitip link"?

    cmiiw.


    Apa kabar, Mas Is?

    23 October, 2009 11:18

  • Dofollow dan nofollow hanya berlaku pada link bukan teks, dan jika memakai logika keyword density teks-teks dalam komentar malah dapat membahayakan besaran keyword density, karena akumulasi teks di posting + komentar :)

    23 October, 2009 11:29

  • kata siapa?
    punyaku walau no follow, semua komentar terindex koq

    23 October, 2009 12:42

  • Hmm.. Gak cm dofollow aj kq mas yg komenx bs terindex.. Btw, bgmn carax ya biar link keluar ma link masuk jd imbang. Semenjak jd dofollow blogq ancur2an, bnyk artikel yg terlempar dari peredaran. Pdhl bbrp ada yg msk hal pertama..

    23 October, 2009 19:19

  • kok saya tambah bingung ya, mana yang bener ada yang no follow tapi komentarnya masih terindex. mungkin ini hanya berlaku untuk pengguna worpress.org ya Mas, kalau blogger.com tetap harus mendofollow blognya biar bisa terindex komentarnya...

    23 October, 2009 20:20

  • yang saya takutkan justru dari kualitas blog itu sendiri, terlalu banyak link keluar...

    sebenarnya, saya memangdang nya untuk jangka panjang

    24 October, 2009 09:19

  • @ isnuansa >>> setuju banget mbak ^_^ (soal salah persepsi itu). Tapi soal komentar basa-basi, biar ajalah. Saya nggak terlalu mempermasalahkan. Bagaimanapun juga, mereka menyumbang trafik dan sudi berkunjung. Kalo pun berniat cuma nyari backlink, ya udah resiko. Itung-itung saya sedekah..hehehe. Toh, pagerank blog ini gak turun-turun dari 3 kok :)

    @ ABI >>> sorry BI, saya agak kurang setuju nih soal kalimat "dan jika memakai logika keyword density teks-teks dalam komentar malah dapat membahayakan besaran keyword density, karena akumulasi teks di posting + komentar"

    Pengamatan saya, keyword pada komentar cuma terindeks di mesin pencari jika keyword spesifik yang diketikkan pencari tidak terdapat pada isi postingan (tapi satu/dua kata nyantol di judul).

    @ Blogodolar dan Rusa Bawean >>> thx berat buat bantahannya. Sori, saya agak keliru menyimpulkan sesuatu ^-^

    @ kerjakeras >>> solusinya ya harus diimbangi dengan upaya internal link building dan terus berusaha menyajikan konten yang bermanfaat+unik, sehingga kemungkinan untuk diberi backlink oleh blogger lain semakin terbuka. Harus berusaha menjalin hubungan baik juga sih dengan blogger2 lain. Upayakan memberi terlebih dahulu.

    @ rudy azhar >>> kemungkinan besar begitu mas. Tapi dari sharing komentator di atas, ternyata blogspot yang no follow pun area komentarnya terindeks kok. Jadi kesimpulannya bukan terletak pada status do follow atau no follow.

    24 October, 2009 12:29

  • sebenarnya saya juga belum begitu tahu tenatang mnfat dofollow scara detail.. tapi setelah membaca komentar kang abi jadi ingat sama materi belajr blog yang pernah sya pelajari tempo doeloe :D

    24 October, 2009 16:15

  • bukannya itu hanya masalah robots diijinkan atau tidak mengindeks konten?

    di wordpress, kita bisa atur agar search engine tidak mengindeks berkas comment.php. misal saat mencoba menelusuri di kolom search: dani site:example.com. jika disetel agar tidak terbaca mesin telusur Internet, ya isi komentar dan komentator yang bersangkutan memang tidak akan terlacak. saya pernah menulis tentang ini dulu.

    jadi tidak terkait link nofollow atau dofollow. tapi ke robots. masalah link itu mungkin lebih banyak terkait ke pagerank. :) cmiiw

    25 October, 2009 09:35

  • Tapi kalo isi komentarnya sangat gak terkait sama konten utama, bukannya malah menjatuhkan di SERP Mas??

    26 October, 2009 21:52

  • @ dani >>> wah, tambahannya sangat bermanfaat buat saya mas. Makasih banyak ya. Sepertinya benar apa yang mas katakan itu. Postingan di atas sekedar kesimpulan sementara saya saja. Ternyata masih mentah..hehehe

    @ Hangga >>> nggak juga sih. Kalo keyword dalam komentarnya nggak ada di postingan dan malah digunakan pencari, malah berpotensi tampil di hasil indeks loh.

    26 October, 2009 22:20

  • Mas Is menurutku blog dofollow dan nofollow sama aja yang penting Traffiq kunjungannya Gede, bukan kah kita senang kalau banyak komen terutama komen yang berhubungan dengan artikel. kalau masalah index ga ke index aq coba cek di utility backlink blog nofollow juga ikut membacklink cuma komennya banyak bener tuh kata pancallok cuma ga pernah ngitung kalau komen lebih dari 100.

    salam Kenal mas Is

    Bali

    27 October, 2009 14:45

  • @ Kenali Pandeglang >>> wah, bener banget mas pendapatnya. Kesimpulan saya di atas agak keliru dan mentah. Buktinya banyak sanggahan dari para penganut blog nofollow. Makasih banyak ya.

    27 October, 2009 14:52

  • Mas Is Coba deh kasih komen di blogku walaupun blogku nofollow di kotak komen tapi ada recent koment yg dofollow, jadi blog yg ada recent komen dofollow juga dapat memberikan becklink

    kesimpulannya : Blogku termasuk dofollow juga
    kalau ga percaya cek di tool analisis baclink

    thanks for sharingnya

    27 October, 2009 14:55

  • @ Mengembalikan jati Diri Bangsa >>> ntar saya kunjungi dan cek ya mas. Makasih banyak sudah berkunjung dan berkomentar di sini. Salam kenal ya.

    27 October, 2009 15:01

  • iya mas Is, kita sama-sama belajar dan intinya kita ngeblog bukan mengejar Page Rank tapi mengejar traffiq kunjungan dan tetap berkarya dengan menulis, hal ini sangat baik untuk kemajuan Dunia Online Kita.

    empat hal yg saya dapati dari ngeblog

    1. Teman
    2. Belajar SEO untuk meningkatkan traffiq
    3. Belajar Menulis Artikel Sendiri
    4. Duit, hehehe

    mungkin ada teman2 yang mau nambahin atau Mas Is Sendiri

    Salam Kenal

    GoMe Bali

    27 October, 2009 15:11

  • blog mashengky dari no follow ke do follow.. nggak banyak pengaruh nya

    27 October, 2009 16:21

  • Saya setuju kalau ada beberapa kata di kotak komentar kadang terdeteksi google mas,

    28 October, 2009 22:27

  • Mantap sob, bbrapa blogger memang takut men-dofoollow blognya dgn alasan PR bs turun. tp klo diperhatikan google sendiri(blogspot) scara defaul ga mendofollowkan templatenya ya, why?, apa brarti google ga mau repot mengindex komentar atau sperti yg mas Abi bilang dmn keyword posting+komentar bs membahayakan density keyword yg artinya bila kebanyakan keyword malah bs dianggap spam oleh SE.

    Tp terlepas dr itu mendofollowkan blog mrupakan cara yg mulia krn bs membantu backlink sobat2 lainnya.asal jgn sampai kebanjiran spam aja yah.

    makasih mas sgt bermanfaat.

    29 October, 2009 08:08

  • Google benci dofollow blog? Yang benar saja!! Gimana donk dengan blog dofollow yang PR nya gede? Ko masih eksis tuw???

    01 November, 2009 11:26

  • @ nyubi >>> PR-nya bisa gede mungkin karena jumlah link masuknya lebih besar ketimbang jumlah link keluar. Itu dulu dugaan saya mas.

    01 November, 2009 23:46

  • Setelah saya baca postingan ttg dofollow ini dan mengamati perdebatan seru sobat ttg do-nofollow di komentar...

    Saya makin jaid binguuung.... :O wahahaha...
    intinya saya ndak akan men dofollowkan semua tautan blog saya sblm punya inbound link yg mencukupi, katanya biar PR gak anjlok inbound dan outbound link minimal jg harus sama, [bener gak nech, just ngasal :D]

    04 November, 2009 21:25

  • Yup, memang benar!! Thanks banget dah share ilmu yang bermanfaat.

    20 November, 2009 10:19

  • informatif bgt artikel2 disini ( bukan spam lho ) . diluar kekurangan dan kelbihan blog yang sudah do follow ( blog saya sudah do follow ) sya megang prinsip, memberi lebih baik daripada meminta, so mo pagerank 0 or minus kek, yg penting do follow. sukses terus om !

    23 November, 2009 01:25

  • @ MasEdi >>> ikuti aja kata hati mas :D

    @ dukdukmonl >>> setuju banget mas. Makasih ya sudah berkunjung dan berkomentar di blog ini. Salam kenal aja.

    23 November, 2009 20:11

  • duh bingung mau komentar apa kang...

    yang jelas ulasan sampean tentang blog dofollow, sangat menarik untuk dibaca :D

    11 December, 2009 14:24

  • gara2 baca artikel ini jadi ingin pindah ke konsep blog dofollow...artikelnya bang is kok seperti ada magnetnya ya..rasanya selalu setuju pas baca.. :lol

    13 January, 2010 16:54

  • hmm jadi mempertimbangkan nih ikut jadi do follow apa ngga yh??

    28 October, 2010 17:05

  • Saya setuju dengan bung @MengembalikanJatiDiriBngsa pada komentar urutan kedua, informasi-informasi semacam itu membuat blogger-blogger indonesia bagaimanaaa gitu jadinya..

    Akan tetapi ada benarnya juga mendofollowkan outbound link dapat menurunkan pamor blog di mata search engine. Kenapa? karena topik pembahasan pada link yang keluar tidak berkesinambungan dengan topik blog bersangkutan..

    begitulah pendapat saya

    01 March, 2013 11:57

  • Post a Comment

    Silakan tulis komentar sesuai pendapat pribadi kamu

    Back to Top
     

    kafe28 Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template | Top