26 October 2009

26 October 2009

Memasang Menu Top Komentator pada Blog, Perlukah?

top commentators

Di antara sekian cara untuk berbagi backlink dengan sesama blogger, memasang menu top komentator merupakan salah satu langkah yang sangat bijak. Mengapa?

Coba posisikan diri anda sebagai tamu yang berkunjung ke suatu blog. Dan kebetulan blog tersebut adalah blog yang secara rutin anda kunjungi. Termasuk secara rutin pula anda komentari setiap postingan terbarunya. Dan ternyata anda menemukan nama+link blog anda tampil sebagai salah satu komentator terbanyak (pada list menu Top Commentators).

Bagaimana perasaan anda? Tentunya sangat senang dan sekaligus merasa sangat dihargai bukan? Ya, sebuah perasaan yang sangat manusiawi saya kira. Siapa yang tidak senang jika eksistensinya diakui oleh si pemilik blog lewat keberadaan menu tersebut.

Lalu bagaimana manfaat bagi si pemilik blog yang memasang menu Top Komentator tersebut?

1. Membuka potensi untuk memperoleh pengunjung tetap (pengunjung setia).

Logikanya sederhana saja. Ketika seorang pengunjung merasa keberadaan dan kerja kerasnya berkomentar diakui, biasanya ia akan bersemangat untuk kembali mengunjungi blog tersebut (lagi dan lagi). Tentunya untuk tetap meninggalkan komentar. Namun dalam hal ini, mari kita coba berpikir positif dahulu. Sebaiknya singkirkan prasangka buruk soal motivasi memperoleh backlink (di balik rajinnya pengunjung tersebut berkomentar).

Toh, siapa tau mereka rajin berkomentar karena ingin menjaga hubungan silaturahmi dengan si pemilik blog atau bisa saja karena tertarik dengan topik postingan yang dibacanya.

2. Membuka potensi untuk memperoleh komentar dalam jumlah besar.

Jumlah besar di sini sebenarnya relatif. Bagi sebagian blogger, 20 komentar pada sebuah posting mungkin dianggap sudah lumayan banyak. Namun bagi yang lainnya mungkin masih dianggap sedikit. Intinya, keberadaan menu Top Commentators sangat mungkin mendorong para pengunjung (terutama dari kalangan blogger) untuk meninggalkan komentarnya. Apalagi jika ia baru pertama kali berkunjung.

Bukan tidak mungkin kelak ia akan menjadi pengunjung tetap (ingat poin 1 di atas).

3. Membuka potensi untuk meningkatkan page view blog.

Hal ini berkaitan erat dengan poin ke-2 di atas. Logikanya, ketika dalam sekali kunjungan seorang visitor membuka lebih dari satu link postingan, maka nilai page view blog tersebut tentunya semakin bertambah. Efeknya juga cukup mendukung upaya meningkatkan alexa rank.

4. Memperoleh kesan yang positif dari para pengunjung (terutama dari kalangan blogger).

Bisa berupa kesan tidak pelit berbagi backlink, kesan ramah, kesan bersahabat, kesan murah hati, kesan pandai menghargai, dan sebagainya. Intinya bisa menjadi modal yang sangat baik untuk menjalin networking dengan sesama blogger. Ingat poin 1 di atas.

***

Kesimpulan
Saya kira lebih banyak keuntungannya (ketimbang kerugian) jika anda mengaktifkan menu Komentator Terbanyak pada sidebar blog anda. Tentunya dengan mempertimbangkan 4 manfaat di atas.

Bagaimana menurut anda? Jika belum memasangnya, apa alasan anda?

Sekedar saran
Untuk rekan-rekan blogger yang sudah mengaktifkan menu ini, sebaiknya direset setiap bulan (jika memungkinkan). Hal ini demi memberikan peluang/kesempatan yang sama bagi semua pengunjung, terutama dari kalangan blogger yang ingin mempromosikan blognya dan memperoleh backlink gratis.

Dukungan kontes >>> apa sih asyiknya belajar seo?


39 comments:

  • Saya sangat setuju sekali dengan pendapat Anda Mas Iskandaria. Tujuan saya memasang top komentator di blog saya sebagai apresiasi bagi pengunjung yang sering berkomentar.

    Saya mensetting link top komentator sebagai dofollow, sehingga "ramah" bagi google crawler.

    Saya juga heran kenapa beberapa teman melepaskan plugin top komentator di blognya. Munhkin saja mereka mengurangi penggunaan plugin atau memang pelit "backlink" ;)

    Btw, terima kasih backlink ke tulisan saya. Namun, backlink ini tidak teridentifikasi di blog saya, sehingga saya gak tahu lebih cepat. Biasanya kalau backlink langsung teridentifikasi di recent comments dan masuk ke section "Link to This Article" di postingan saya.

    27 October, 2009 14:54

  • @ Kang Yudiono Blogodolar >>> wah, nggak tahu juga ya kenapa bisa tidak teridentifikasi. Mungkin karena lambatnya hasil indeks google terhadap postingan ini kang. SEmenjak berganti template baru, saya rada heran juga, kenapa indeks bisa lambat. Mungkin ada yang perlu saya benahi pada struktur template ini. Makasih kang.

    27 October, 2009 14:59

  • Memang seperti yang tertulis di atas, banyak keuntungan plugin top komentator. Hanya untuk blog-blog yang sudah lebih ramai sebaiknya diset pergantiannya setiap minggu.

    Salut buat Mas Iskandaria, yang selain memasang dofollow pada blognya, tetap memberikan fasilitas top komentator, dofollow juga. Ada lho, top komentator yang diset ke nofollow.

    Saya, meskipun kolom komentar dan top komentator dofollow, hanya saya gunakan jika perlu, [artinya kalo nggak ada postingan baru, ya nggak memaksakan untuk jadi top komentator] dan nggak sekedar ngejar backlink.

    Matur nuwun.

    27 October, 2009 17:20

  • hmmm coba di coba deh....... bos titip iklan nih..... mbah punya kontes seo kecil2an nih yah sapa tau tertarik........

    27 October, 2009 18:08

  • wah..
    aku masang kayk gituan tapi ngga tau kalo manfaatnya segede ini.. maklum.. masih pemula aku..

    thanks atas info nya..

    27 October, 2009 21:49

  • Pemasangan top komentator say rasa perlu tuh mas.Disamping sipemberi komentator merasa dihargai juga selain mendapat hal yang disebutkan diatas, si topkomentator juga akan mendapat kujungan dari pengunjung blog lainnya.Sama-sama kan

    28 October, 2009 03:57

  • Menurut saya tergantung bagaimana yang punya blognya berpandangan dofollow atau nofollow. kalo saya tengah-tengahnya aja deh. hehehe

    saya sendiri memakai top komentator tapi sengaja saya set nofollow, alasannya Top komentator saya gunakan untuk mengetahui siapa yang paling rajin berkunjung keblog saya dan alasan nofollow karena saya tidak mau blogger yang cuma mengejar banyak commentar untuk backlink, kalo backlink saya sudah sediakan di blogroll.

    apalagi yang terlalu memikirkan nofollow atau dofollow. kadang saya mikir kenapa sich banyak sekali yang memusingkan ini (dofollow/nofollow) sebenarnya mau cari teman ngeblog atau mau hanya untuk SEO aja. Just My Opinion.

    28 October, 2009 08:07

  • hmm.hmm... hmmm...
    boleh juga dicoba
    tanks ilmunya

    28 October, 2009 08:42

  • masuk boz... dulu saya pasang top komentator tp skarang nggak. nggak tau kenapa?

    28 October, 2009 12:23

  • Lha saya sudah pasang, cuma ndak jalan. Bisa bantu tutor ga mas? Makasih

    28 October, 2009 13:27

  • walah aku ga pasang lagi :(

    28 October, 2009 14:20

  • @ isnuansa >>> sekedar buat menghargai yang sudah rajin komen mbak. Perkara mereka cuma mau ngejar backlink atau sekedar mau mempromosikan blognya, ya itulah resiko adanya plugin ini. Tapi bagi saya nggak terlalu masalah sih buat tipe yang cuma mau ngejar backlink.
    Oya, ternyata ada yang nofollow yach. Intinya tergantung kondisi blog kita aja deh. Kalo menu blogroll udah do follow, mungkin nggak perlu mendofollowkan top komentator. Sebaliknya juga.

    @ Deka >>> kita nggak usah ikutan pusing yack kalo gitu :) Ya, intinya tergantung kondisi blog kita saja deh. Kalo link komentar atau menu blogroll udah do follow, maka menu top komentators bisa dinofollowkan.

    @ nyubi >>> nggak jalan gimana ya maksudnya mas? Saya liat menunya tampil kok.

    28 October, 2009 15:34

  • good afternoon bloggers,
    I hope with all my heart you would want to give us a link on my blog so that all the content in my blog can be fully detected by google

    28 October, 2009 19:05

  • Maaf mas Iskandar, maksudnya cara nge reset nya, gtu.. Mohon pencerahan :)
    TeriMa kasih, di tunggu :)

    28 October, 2009 21:17

  • Setuju Mas Iskandar, memancing pengunjung sesama blogger untuk lebih semangat komennya, saya juga mas :)

    28 October, 2009 22:31

  • yang koment diatas . blogger ngetop semua nih.......saya baru saja memasang plugin top comment tapi nggak tau nih om gamana supaya do follow ?

    28 October, 2009 23:10

  • salam super,,,
    wah patut di pikirakn ya !! saya juga jadi terisnpirasi,,
    kunjugan baliknya ya !!!

    28 October, 2009 23:20

  • Sudah lama saya menghilangkan widget top komentator; atas dasar motivasi yang kuat dari posting di atas, saya akan coba memasangnya kembali; kira-kira Iskandaria masuk gak yah di top komentator blog Saya?

    29 October, 2009 06:38

  • saya juga ingin memasang plugin tersebut. tapi belum tau caranya. gimana ya?

    29 October, 2009 19:35

  • cara bikin top kometator gimana yah, hahah

    29 October, 2009 20:20

  • @ nyubi >>> direset maksudnya dikembalikan seperti keadaan awal. Jadi mulai dari nol lagi. Untuk plugin top komen blog wordpress, saya kurang tahu cara meresetnya. Mungkin bisa ditanyakan kepada yang lebih berkompeten.

    @ sobatsehat >>> blog mas kan pake WP kayaknya yach. Kalo buat mensetting do follow pada blog WP terus terang saya kurang tahu mas. Soalnya saya pake blogspot.

    @ afdil dan Reza Fauzi >>> cara pasangnya cukup copy dan paste kode javascript-nya di menu add html. Kodenya silakan dicari di google. Banyak banget tuh :D Googling aja dengan keyword cara pasang top commentators.

    29 October, 2009 21:47

  • hem saya dulu sempat pasang mas...tapi eror...blognya ndak mau keluar makanya saya cabut lagi ^_^

    hem tujuan awl saya memasang plugin top commentator itu yah:
    1. memang untuk mengapresiasi rekan-rekan pengunjung yang udah datang membaca postingan saya...

    2. untuk melihat juga siapa yang sering hadir, absen dan siapa yang sering bolos hehe

    salam mas is

    30 October, 2009 08:37

  • @ alfred >>> wah, kalo plugin top comment di blog WP saya kurang tahu juga kenapa bisa error. Dicoba lagi deh mas. 2 tujuan tersebut bener banget. Oya, menu top komen blog saya ini kadang juga suka error mas (nggak mau muncul). Bahkan sering reset/berkurang sendiri angka2nya :)

    30 October, 2009 14:19

  • Setuju bro.. kalo menurut pendapatku sih perlu juga krn cukup berpengaruh utk memancing pengunjung meninggalkan komentar :-)

    30 October, 2009 17:15

  • saya pasang top komentator dengan tujuan apresiasi ke pengunjung, terlepas dari visitor tersebut hanya ingin mencari backlink atau tidak ..

    30 October, 2009 22:17

  • emang ada setting buat blogspot yak untuk top komeng tiap bulannya, bagi dong?

    02 November, 2009 12:23

  • saya sudah pasang nih, thx infonya :)

    02 November, 2009 13:24

  • betul banget kaf ..
    seneng rasanya kl nama kita termasuk di list top komentator ..
    ada kebanggaan tersendiri .. hehehe

    Cara Membuat Website

    02 November, 2009 16:08

  • Efek positifnya pengunjung jadi bersemangat kasih komen, apalagi kalau top commentator ada hadianya. :D Tapi jeleknya, terutama buat Blogger user, top commentator kan pake javascript. :((

    02 November, 2009 18:11

  • @ Kenali Pandeglang >>> biasanya reset secara otomatis tuh bro. Tapi tergantung script yang kita pake juga sih. Kalo yang saya pake di blog ini biasanya reset otomatis. Nggak tau juga sih cara meresetnya kalo pake tips manual. Mungkin harus dicabut dulu sementara waktu, misalnya satu hari. Abis itu pasang lagi. Mudah-mudahan jadi nol kayak semula.

    02 November, 2009 20:33

  • hhhmmm... baru tahu saya mas... dulu saya sempat pasang... tapi saya buang lagi karena kurang sreg dengan hadil tampilannya.... :)

    03 November, 2009 07:56

  • Betul mas... saya jg mau masang pd saat ganti theme nich. Txs info-nya

    22 November, 2009 12:15

  • duh..bang is mengulanginya lagi..setelah rasanya ingin jadi blog dofollow..kini saya juga ingin pasang widget itu..emang bener2 ada magnetnya artikel blog ini..izin bookmark dulu y blognya :D..

    13 January, 2010 17:02

  • tergantung tujuan dalam menulis blog
    klo saya hanya sekedar berbagi pengalaman
    dan ingin mengetahui tanggapan dari pembaca yang sudi berkunjung ke blog saya..
    blog saya juga bukan buat monetize seperti paid review..
    banyak manfaat, kekurangan dikit tapi akan menarik minat orang untuk nyepam di blog
    maaf pendapat saya demikian
    salam

    26 January, 2010 11:04

  • ada tipsnya top komentator tapi kenapa ngga di lakukan di blog ini mas?

    28 March, 2010 03:21

  • @ eldo :
    Soalnya sekarang blog ini sudah saya khususkan untuk topik hiburan dan buat para pengunjung dari search engine (bukan kalangan blogger). Jadi sengaja saya hapus tuh widgetnya.

    Ketika saya menulis tulisan ini, blog ini masih dua tema. Tapi sekarang tema blogging sudah pindah ke kafegue.com

    28 March, 2010 14:43

  • jgn lupa srng2 kunjungi balik,,
    bagi para blogger yg pengen punya klpmpk ttp agar blog nya srng dikunjungi dan iklan na diklik tiap hari,,hub shinigamixstreet@gmail.com

    31 March, 2010 14:07

  • makasih gan infonya. ini sangat membantu keraguan saya sebagai pemula.

    22 December, 2012 20:28

  • Post a Comment

    Silakan tulis komentar sesuai pendapat pribadi kamu

    Back to Top
     

    kafe28 Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template | Top