24 October 2009

24 October 2009

Postingan Lambat Terindeks? Mungkin Ini Penyebabnya

indeks googlePostingan yang saya publish beberapa hari lalu (tentang kelebihan blog do follow) ternyata sangat lambat terindeks oleh search engine google. Bahkan yang muncul cuma halaman home (ketika saya ketikkan keyword sesuai judul lengkap artikel tersebut, dengan diapit tanda petik dua).

Kalau tanpa tanda petik malah tidak muncul sama sekali. Malahan yang muncul adalah keyword judul postingan tersebut yang terdapat pada area komentar blog-blog lain, terutama yang menggunakan plugin commentluv (yang notabene berstatus no follow). Waduh… Jadi malu juga nih
Nekat membahas masalah kelebihan blog do follow (yang saya klaim membantu terindeksnya postingan dengan lebih cepat). Eh, yang terjadi pada postingan tersebut malah sebaliknya. Pukulan telak nih buat saya.

Tapi tunggu dulu. Yang salah bukan status do follownya. Setelah saya renungkan sejenak, ini dia 5 penyebab mengapa postingan blog bisa lambat terindeks oleh google :

1. Frekuensi update yang jarang sekali.

Dua bulan terakhir ini saya sudah jarang sekali menulis/memposting artikel untuk blog ini. Penyebabnya? Silakan baca tentang mati ide karena sudah jarang nonton tv. Yang jelas, saya telah melakukan salah satu Kesalahan Ngeblog.

Efek nyata : beberapa postingan terakhir blog ini tidak secepat dulu lagi dalam hal proses indeks oleh mesin pencari. Kondisinya tidak seperti saat saya masih rutin dan sering mempublish artikel (beberapa bulan lalu). Di mana dalam seminggu antara 2-3 postingan. Sekarang? Satu post per minggu saja masih ngos-ngosan rasanya.

2. Pergantian template yang agak berbeda struktur dengan template sebelumnya.

Struktur di sini lebih saya maksudkan pada hal-hal yang bisa mempengaruhi SEO (optimasi blog di mesin pencari). Dan jujur saja, perbedaan utama struktur template yang sekarang saya gunakan dengan struktur template sebelumnya yaitu terletak pada bagian “post header line”-nya.

Mungkinkah itu berpengaruh terhadap SEO? Bisa jadi. Buktinya artikel tentang kelebihan blog do follow (yang menjadi artikel perdana semenjak “berganti baju baru”) sangat lambat terindeks oleh google. Seperti yang telah saya jelaskan sedikit di awal paragraf.

Tetapi indeks postingan lawas sepertinya tidak terpengaruh oleh perubahan template ini. Mungkin karena perbedaan strukturnya tidak terlalu mencolok.

3. Terjadinya error pada settingan google sitemap.

Hal ini pernah saya alami. Efeknya ternyata membuat postingan terbaru saya lambat terindeks oleh google.

4. Mensetting/mendaftar ulang google sitemap yang tidak bermasalah.

Inilah kesalahan saya semenjak berganti template. Proses verifikasi google sitemap ternyata bisa mempengaruhi kecepatan indeks terhadap artikel yang baru kita publish. Mungkin karena proses penyesuaian yang butuh sedikit waktu.

Pesan saya, jika google sitemap blog anda tidak bermasalah atau tidak error, sebaiknya jangan kembali mendaftar/mensubmite ulang (walaupun mungkin blog anda berganti template).

5. Jadwal posting yang kurang teratur.

Beberapa bulan lalu saya secara rutin memposting review/ulasan acara The Master RCTI setiap hari Sabtu/Minggu. Mungkin karena sudah akrab dengan Mbah google, artikel-artikel review saya tersebut dengan mudah dan cepat sekali terindeks di halaman hasil pencarian. Cuma dalam selang waktu beberapa menit saja.

Sekarang? Kondisinya sudah agak berbeda. Saya sudah jarang update konten. Sudah begitu, jadwal posting pun tidak teratur. Efeknya? Ternyata cukup berpengaruh juga pada kecepatan indeks postingan terbaru. Terkecuali sudah banyak yang berkomentar atas postingan terbaru tersebut.

***

Ok. Cukup 5 poin dulu deh. Semuanya murni hasil pengalaman pribadi saya dengan blog ini. Mungkin ada tambahan lain? Komentar anda sangat saya butuhkan sebagai pelengkap sharing di atas.

Dukungan kontes >>> apa sih asyiknya belajar seo?

44 comments:

  • pertamax.... !! biar cepat terindex google, coba ketk sendiri keyword artikel sendiri di google, mungkin manjur :))

    24 October, 2009 17:19

  • @ rio2000 >>> kadang atau belakangan ini cara itu malah gak manjur mas buat blog ini. Penyebabnya ya 5 poin di atas itu ^-^

    24 October, 2009 17:22

  • Wah berarti frekuensi posting berpengaruh sama index di google ya mas? kalo saya setiap beres bikin posting langsung ping pake pingomatic (tapi ga tiap hari sih..)
    Thanks atas infonya mas

    24 October, 2009 17:23

  • Saya pernah mengalamai hal seperti itu Mas, walaupun saya sering update postingan.

    Namun, semenjak pakai plugin SEO All in One Pack (untuk WP.org, postingan saya jadi cepat terindeks di Google.
    Pernah saya cek, ada postingan yang setelah dipublish, 2 menit langsung ada di pencarian google :D

    24 October, 2009 20:59

  • wah, belajar dari pengalaman memang sangat manjur kang

    24 October, 2009 22:04

  • bagus massssss tutorialnyaaaaa

    25 October, 2009 11:13

  • @ Strategi Blogging >>> wah, saya kurang ngerti istilah ping :) Pengalaman saya memang membuktikan bahwa frekuensi posting berpengaruh terhadap hasil indeks, terutama kecepatannya.

    @ Blogodolar >>> wah, jadi gigit jari karena blogspot gak punya plugin SEO all in one pack. 2 menit udah terindeks itu kilat banget kang :D

    @ Pencerah >>> pengalaman sepertinya memang guru terbaik mas.

    25 October, 2009 16:01

  • infonya bermanfaat Mas, blog saya juga lambat banget terindex ama google sampai puyeng kepala nich, sampai saya manfaatin fasilitas facebook biar ada yang tahu...

    26 October, 2009 19:50

  • Atau mungkin juga karena kurang suplai backlink Mas... :D

    26 October, 2009 21:57

  • Bisa juga setiap postingan, terdiri kata kunci yang akan ditembak.Sebaiknya sih dalam bentuk bolt

    28 October, 2009 04:14

  • Mantab kang, artikelnya :)

    28 October, 2009 20:26

  • Wah terima kasih infonya mas Iskandar, bermanfaat sekali

    28 October, 2009 22:40

  • menurut saya penggantian tamplate terlalu sring lah merupakan penyebab utamanya. maaf saya pake plugin all in one SEO Pack jadi lebih cepat indeks nya ditambah lagi dengan menngunakan ping back

    28 October, 2009 23:19

  • Inilah susah jika berorientasi kepada SEO, kadang-kadang Mbah google suka ngambekan. hehehhe Saran menurut saya ada kemungkinan script yang ada di template ini kurang optimal coba dicek, dan dioptimalkan jika blogspot memungkinkan untuk di otak atik. Saya sendiri kurang mengerti tentang struktur script yang ada di blogspot. Saran tambahan pindah ke wordpress.org aja.

    29 October, 2009 01:09

  • Pengalaman Saya:
    1. Judul Artikel Sama dengan Judul Tulisan Orang lain
    2. Tidak memanfaatkan Google webmaster tools
    3. Update Posting pada jam sibuk Googgle.

    29 October, 2009 06:57

  • @ sobatsehat, deka, dan munawar am >>> makasih banyak buat sharing pendapat dan pengalamannya. Untuk pindah ke WP, belum memungkinkan rasanya untuk saat ini. Dan masalah template, saya sampai saat ini terus berusaha memperbaiki strukturnya.

    29 October, 2009 21:59

  • hmmm... begitu ya mas Is, makasih infonya

    03 November, 2009 11:22

  • Mantap kang artikelnya! Bisa jadi pembelajaran buat yang lainnya, hehe

    03 December, 2009 15:07

  • persis betul dng masalah yg saya hadapi skarang, sy hny bisa nunggu sj, nge-ping pun ndak mempan, banyakin backlink pun nggak mempan, ndak tahu lg mau gimana..

    01 May, 2010 23:30

  • wah bagus mas advise nya, saya lagi bingung nih, kenapa dengan kategori tas laptop web saya turun 3 point padahal saya cek di webmaster tidak ada apa2, mohon infonya kalo pernah ngalami mas, thanks

    12 October, 2010 19:50

  • wah kasusnya hampir sama euy.. cuma saya renungkan sepertinya saya tidak mlakukan 5 kesalahan tersebut.. gak tau juga apa penyebabnya

    21 October, 2010 08:25

  • ooo...ternyata...saya submit ulang sitemap saya...tak taunya pengaruh sama index ya mas...maksih informasinya mas.....

    16 December, 2010 18:47

  • trus gimana supaya semua postimgan terindeks google tanpa adanya duplikat konten mohon pencerahannya gan?

    26 March, 2011 01:57

  • konsisten dalam posting jadi salah satu kunci untuk cepat terindek google,,,makasih infonya

    28 June, 2012 19:54

  • Cara seting google site map gimana gan?

    22 August, 2012 10:42

  • makasih kaka infonya, nice banget

    25 September, 2012 18:42

  • posting seminggu 2-3 kali..setiap habis posting di ping-omatic/pingler....1 jam kemudian akan terindex...

    18 November, 2012 11:11

  • Postingan blog aku kok tidak terindeks ya gan?.. malah pas aku cari pake keyword, malah keluar alamat blog home page aku :(.. mhon bantuaannya gan..

    23 December, 2012 11:02

  • postingan yg menarik kunjungan balik www.naufalthedarkness.bllogspot.com

    06 January, 2013 20:47

  • Sama nih masalahnya sama Saya, awalnya posting Saya dalam waktu hitungan detik sudah ada digoogle tapi sekarang lama untuk terindex google, padahal Saya cuma 1 hari doang ga update,,,

    29 January, 2013 13:32

  • saya juga lagi galau nih, lama betul indeks googlenya, padahal dulu, gak sampe 1 menit sudah appear di search engine...

    02 February, 2013 10:29

  • kemungkinan yang terjadi pada blog ku karna gonta ganti template...klo yang lain mah gak ngerti hehehe

    13 March, 2013 19:41

  • Malah cepetan yang copas daripada yang aslinya.. Galau

    20 April, 2013 12:12

  • menarik nih . . .
    http://electrozone94.blogspot.com/

    17 August, 2013 11:31

  • menarik nih . . .
    http://electrozone94.blogspot.com/

    17 August, 2013 11:33

  • nasibnya sama kaya ane gan, 2 postingan ane yang terakhir sudah lama gak terindeks, padahal sebelumnya hanya 2 jam juga terindeks. jadi males ane posting lagi

    14 September, 2013 16:00

  • Mungkin blog ane karna masih baru ya makanya susah terindeks di google

    29 December, 2014 22:28

  • Dicoba dulu tips nya Gan ..

    05 August, 2015 19:19

  • Post a Comment

    Silakan tulis komentar sesuai pendapat pribadi kamu

    Back to Top
     

    kafe28 Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template | Top